Cara Mengenali Ciri-ciri Bouncer Bayi yang Baik

bouncer bayi


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai hai..
Menjadi orangtua jaman now itu membahagiakan sekali. Karena saat ini banyak banget perlengkapan bayi yang sangat membantu orangtua, jikala orangtua ingin mengerjakan sesuatu. Bahkan perlengkapan bayi bukan sekedar menenangkan, tapi juga mampu menstimulasi kecerdasan anak. Salah satunya adalah Bouncer Bayi.

Ketika Abang Fi masih kecil, bouncer bayi masih berupa alas tidur biasa dengan mainan diatasnya. Tapi pas jamannya Adek Fi, bouncer bayi sudah merupakan tempat duduk yang bisa bergoyang dan bisa keluar musik.

Bouncer bayi jadi teman Adek Fi dari usia 3 bulan bahkan hingga usia 1 tahun keatas. Kalau usia 1 tahun keatas, mainan di bouncer dilepas dan jadi tempat duduk santai buat Adek Fi.


Saya ingat benar bagaimana saya tertolong oleh bouncer bayi ini ketika Adek Fi diusia 1 tahun keatas. Adek Fi ini anaknya lincah banget. Setiap kali saya ke dapur ia ikutan ke dapur. Sering kali ia kepleset karena jalannya masih belum ajeg. Atau saat saya di dapur dia dengan asyiknya naik tangga sendirian ke lantai 2. Siapa yang nggak ngeri coba?

Kalau bukan bulan puasa, saya masih dapat bala bantuan dari Mama Ayu disaat saya memasak atau sebaliknya. Tapi kalau bulan puasa, mama ayu siang sudah pulang, jadi otomatis saya agak bingung saat menyiapkan makanan berbuka puasa. Walaupun makanan sudah siap masak, kan tetap saja saya meninggalkan sebentar ke dapur.

Akhirnya saya meletakkan Adek Fi di bouncernya, bouncer hadiah saat lahir Adek Fi dari pegawainya papa. Alhamdulillah Adek Fi anteeeng banget selama saya mengerjakan masakan untuk berbuka. Apalagi sambil ditemani cemilan.



Bouncer bayi atau baby bouncer saat ini memiliki banyak pilihan produknya yang beredar di pasaran. Bahkan di toko-toko online juga sudah banyak menawarkan produk baby bouncer dengan berbagai varian desain. Namun perlu diketahui bahwa sebelum kita membeli baby bouncer, kita harus memastikan bahwa baby bouncer tersebut aman digunakan.

bouncer bayi
Adek Fi sedang duduk santai di bouncer bayinya

Untuk mempermudah kita memilih bouncer bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dari segi keamanannya, yaitu :

1. Penyangga yang Kuat

Bouncer bayi yang baik haruslah memiliki penyangga yang kuat. Penyangga memiliki fungsi penting untuk menjaga agar bouncer bisa berfungsi maksimal. Kalau penyangganya saja sudah tidak kuat, maka bouncer tidak akan bisa menopang tubuh bayi dengan baik.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa sebuah bouncer bayi memiliki penyangga yang kuat. Kita bisa langsung meletakkan bouncer ke lantai kemudian cobalah untuk menggoyangkan bouncer. Jika bouncer bisa berdiri stabil maka bisa dikatakan bahwa bouncer tersebut memiliki penyangga yang kuat.

2. Alas yang Besar

Bouncer bayi yang baik harus memiliki bagian alas yang besar bahkan harus lebih besar dari bagian atasnya. Selain berpengaruh pada keamanan, alas yang besar juga berpengaruh pada kenyamanan si bayi. Pastikan juga bagian alas memiliki karet pelapis agar bouncer tidak mudah tergelincir.

3. Titik Kunci

Sebuah bouncer bayi harus memiliki titik kunci yang memadai. Paling tidak, bouncer bayi harus memiliki tiga titik kunci. Letak titik kunci ini bisa bervariasi pada masing-masing produk. Titik kunci pada umumnya berada di bagian pinggang sebanyak dua titik kunci dan satu titik kunci di bagian bawah.

Namun, ada juga produk bouncer bayi yang memiliki lebih dari tiga titik kunci. Titik kunci ini ada untuk menjaga kestabilan bouncer bayi sehingga bayi tidak akan mudah jatuh. Jadi, pastikan kita mengetahui letak titik kunci pada bouncer bayi yang akan kita pilih.

4. Bagian Tempat Duduk

Setiap orang tua tentu selalu berusaha memastikan bahwa anak mereka selalu nyaman. Oleh karena itu, ketika membeli bouncer bayi cobalah untuk memeriksa bagian tempat duduk. Pastikan tempat duduk bouncer bayi empuk dan bisa membuat bayi merasa nyaman selama berada di bouncer.


Nah, setelah kita mengetahui kriteria bouncer bayi yang aman, saatnya hunting bouncer bayinya nih. Mencari bouncer bayi ini gampang-gampang susah. Karena tidak semua toko offline itu menyediakan bouncer bayi yang baik dan bagus.

Biasanya saya lebih memilih belanja bouncer bayi secara online dan saya mencarinya di Bukalapak. Bukalapak menawarkan begitu banyak pilihan perlengkapan bayi termasuk bouncer bayi dengan beragam pilihan bentuk dan warna. Harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat.

Jika teman-teman ingin membeli bouncer bayi di Bukalapak, teman-teman bisa langsung lihat-lihat di link ini nih : https://www.bukalapak.com/tag/bouncer-bayi. Tapi tetap harus teliti dan hati-hati yaa. Budayakan membaca deskripsinya dengan detail.

Nah, selamat belanja ^_^


Wassalam





27 komentar:

  1. Jaman dulu belum ada bouncer ya. Sekarang sudah ada. Orangtua seneng. Si kecil juga.

    BalasHapus
  2. Alas yang besar jadi perhatian ya apalagi kalau anak besar badanya. Ingat dulu anak kecil aku sambi di bouncer anteng putar lagu anak anak.

    BalasHapus
  3. Bouncer bayi goyang gini lagi in banget sekarang. Baru tahu kalo ternyata punya efek stimulus yg bagus untuk anak. Btw harganya biasanya berapaan sih mba?

    BalasHapus
  4. saya termasuk telat mengenal bouncer ini anak saya udah keburu gede, yang ada bouncer dikira buat loncat haha.

    BalasHapus
  5. Aku dulu waktu beli bouncer gak pake banyak mikir dan lihat2 detil. Aku milih karena harga dan tampangnya. Ternyata kudu diperhatikan ya beberapa halnya.

    BalasHapus
  6. Waah. .Boleh juga nih tipsnya kak. .Kapan2 boleh dong share tentang tips membersihkan bouncernya. Soalnya namanya juga bayi yaa, kadang klo gak pake pampers itu loh pipisnya sembarangan. Nah, kalo pas pipis di bouncer cara bersihinnya gimana ya?

    BalasHapus
  7. Ternyata milih bouncer memang gak bisa sembarangan ya. Kalau mau awet dan aman bagi bayi, tentu kita mesti memilih bouncer yang berkualitas.

    BalasHapus
  8. Semakin inovatif yaa perlengkapan untuk bayi. Ada bouncer seperti ini jadi pengen beli buat keponakan. Terima kasih informasinya Mak*

    BalasHapus
  9. Lagi pengen nyari bouncer bayi buat adik saya yg mau lahiran insya Allah bulan depan, lalu baca artikel ini.. jadi kebantu banget deh. Makasih mbak.

    BalasHapus
  10. milih bouncer aku kira terserah mbak, ternyata emang ada trik buat menambah stimulus anak

    BalasHapus
  11. Harus kuat memang ya bouncernya. Harus pandai pilah brand juga. Brand jadi jaminan mutu

    BalasHapus
  12. wah buat persiapan nanti neh.. ternyata ga harus asal pilih ya mba..

    BalasHapus
  13. Tempat duduk memang hal penting ya, Teh. Karena kalau pas pilihnya akan nyaman juga digunakannya. Dulu sih belum ada bounce. Adapun sepertinya gak semua orang mudah mendapatkannya. Tapi saat ini cukup dimudahkan, terlebih di zaman yang serba digital ini. Pesan online aja udah bisa :)

    BalasHapus
  14. Saya dulu beli bouncer ga mikir apa2 hihi yang penting lucu aja, eh ternyata banyak ya pilihannya, Thanks info nya

    BalasHapus
  15. Iya bener mbaa apalagi klo bocah dah berat banget tp msh suka nyantai di bouncer jd umurnya udah kelewat tp msh suka duduk disana jd hrs cr yg mayan kuat.

    BalasHapus
  16. bouncer memang bisa bikin anak-anak nyaman. Kalau anak merasa nyaman, orang tua pun tenang :)

    BalasHapus
  17. Ini info PENTING banget. Jadi gal salah pilih. Harga gal bohong. Tapi keselamatan Dan kenyamanan anak itu prioritas

    BalasHapus
  18. iyaaa. boleh ini klo dapat diskon atau cashback gede hhehhee...

    BalasHapus
  19. Bouncer anakku masih ada loh. Masih tersimpan rapi. Dan bouncer ini berguna bgt untuk si dede waktu itu. Dia jd bisa anteng mainan buku kain dan maem buah sambil dipegang sendiri.

    BalasHapus
  20. Bouncer anak2 dulu dibeliin kakek neneknya sejak zaman Maxy, yg harga lumiyin haha. Maklum ccu pertama. Awet banget sampai lungsur ke adek dan sampek sekarang. Pegennya sih ntr kuwariskan buat ponakan (entah kapan haha)

    BalasHapus
  21. Penting banget memilih bouncer yg kokoh ya. Akupun dulu sebelum beli survey dan detail banget lihat reviewnya.

    BalasHapus
  22. Dapet hadiah bouncer jamannya Mada lahiran, gak kepake karena anaknya gak betah ditaruh di bouncer. Mada lebih suka golar-goler di atas tempat tidur atau di lantai pakai alas bayik tebel. Padahalnya Ibuknya pengin banget anaknya bisa anteng di bouncer hihihi.

    Aku pernah liat bouncer yg bisa goyang2 sendiri itu kayak yg dipakai anaknya Raffi Ahmad itu. Canggih !

    BalasHapus
  23. makasih sharenya mbak, bermanfaat nih buat nanti aku milih bouncer buat anak.

    BalasHapus
  24. Haduh dedeknya anteng banget ya, Mbak, duduk di bouncernya. Pasti nyaman banget deh. Makasih tips buat pilih bouncer yang baiknya ya, Mbak.

    BalasHapus
  25. Sekarang jadi bisa membedakan bouncer bayi, makasih infonya mba

    BalasHapus
  26. Anak anak suka duduk di bouncer soalnya rasanya kaya di ayun ayun gitu yaaa.. hihihi. Makasi sharingnya ya mbak Adeee

    BalasHapus
  27. Weh Adek Fi nyantai2 di bouncer ya, haha... Kalau bouncer-nya nggak nyaman, bocah lama2 bisa ngamuk juga yak karena bosen.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^