Dulux Colour Studio, Wahana Baru di Kidzania

dulux colour studio

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Pernah Ke Kidzania?
Terakhir saya ke kidzania itu tahun 2009, sudah 9 tahun yang lalu, disaat saya masih berprofesi sebagai guru SD. Lama yaaa? Kabarnya ada wahana baru di Kidzania dari Dulux, namanya Dulux Colour Studio.

Nah, pada tanggal 26 Sep 2018, saya diajak teman untuk kembali ke Kidzania. Saya senang banget. Dipikiran saya, saya mau ajak Adek Fi untuk bermain disana. Tapi sayangnya saya nggak jadi ajak Adek Fi, karena kami janjian untuk datang di shift pertama yaitu jam 09.00 – 13.00. Itu berarti kan kalau saya bawa Adek Fi, saya harus naik kereta jam 07.00. Dimana kereta masih penuh berdesakan bersama orang berangkat kerja. Ya sudah, tunggu kamu dapat field trip dari sekolah aja nanti yaa. ^_^


Tepat jam 09.00 saya tiba di Gedung Pacific Place Mall, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta. Saya menggunakan lift menuju lantai 6, dimana posisi Kidzania berada. Begitu tiba disana, ternyata tak banyak perubahan. Yang berubah kalau dari pintu masuk adalah harga tiket.. xixixi..

dulux colour studio
Tempatnya antri tiket di pintu masuk kidzania menuju dulux colour studio
Jika dulu kidzania usia 4 -16 tahun seharga Rp 150.000 dan 16 tahun keatas Rp 100.000, sekarang harga tiket masuk kidzania usia 4 – 16 tahun adalah Rp 200.000, sedangkan dewasa 150.000. Bahan sekarang ada tiket buat todler atau anak usia 2 – 3 tahun. Harga tiketnya dikenakan Rp 50.000. Itu harga tiket untuk weekday, kalau untuk weekend beda lagi. Masing-masing tinggal ditambahin saja Rp 50.000

dulux colour studio
Bayar dulu yaaa. Supaya bisa masuk ke dulux colour studio


Masih dengan prosedural yang sama, setelah membayar tiket kami diberikan gelang masuk. Warnanya orange. Kalau kata teman saya, seperti gelang power ranger.. xixixi..

dulux colour studio
gelang power ranger, eh bukan ding gelang masuk kidzania


Dari tadi kan kesebut-sebut terus kidzania. Kidzania itu apa sih?
Buat yang belum tau, atau belum pernah kesana, ini ada sedikit gambaran tentang Kidzania.

KidZania Jakarta tuh sebuah taman bermain yang bertema khusus (theme park). Bentuknya seperti sebuah kota, tapi disetting mini layaknya ukuran anak-anak. Bisa dibilang Kidzania itu ’kota’-nya anak-anak.

Konsep yang dibangun pada taman bermain ini mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) bagi anak usia 2 – 16 tahun.

Kidzania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi.

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

Saat ini telah beroperasi 24 KidZania yang tersebar di 19 negara. Di Indonesia adalah tempat berdirinya Kidzania yang pertama di Asia Tenggara.

Di gedung Pasific Place ini, KidZania menempati ruang seluas 7,500 m2 dengan kapasitas pengunjung maksimum 1,800 orang dalam 1 shift.

Sekian info tentang Kidzania, kini kembali ke cerita saya diawal ya.

Setelah kami mengenakan tanda masuk, kami diberikan cek untuk nantinya dicairkan sebagai uang yang kelak bisa digunakan di dalam Kidzania.

dulux colour studio
cek kidzania

dulux colour studio
uang kertas kidzania yang ditukar dari cek kidzania

Setelah menerima cek, kami menuju pintu masuk yang keluarnya langsung menuju alun-alun kota kidzania. Kami diminta berkumpul di restoran dekat alun-alun kota Kidzania untuk di beri briefing.

Briefing?
Iyes, kami hadir disana untuk mengikuti acara grand launching Dulux Colour Studio.

dulux colour studio
dulux colour studio kidzania

Profesi Baru di Dulux Colour Studio Kidzania

Pada tanggal 26 Sep 2018 tersebut, Dulux membuka wahana baru di Kidzania yang diberi nama Dulux Colour Studio.

Konsep permainan yang diusung pada Dulux Colour Studio ini untuk anak-anak yang suka menggambar dan mendesain ruangan. Yes, profesi Desainer, lebih tepatnya Desain Interior.

dulux colour studio
Opening Ceremony oleh Ibu Anastasia dan Bapak Keri (photo by dulux)

Sebagai merek cat dinding dekoratif terkemuka dari AkzoNobel, Dulux memberikan solusi bagi orangtua yang mendukung dan menstimulasi kreativitas anak dalam bidang seni desain.

Pada acara grand lauching Dulux Color Studio ini dihadiri oleh artis Ashanty bersama anaknya Arsy dan Ibu Anastasia Tirtabudi, Head of Brand and Consumer Marketing, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia).

Kami diajak bermain bersama Arsy di Dulux Colour Studio.

Berawal dari mengenakan baju celemek, sebelum anak-anak mulai mendesain ruangan.

Lalu anak-anak diberikan briefing apa yang harus mereka lakukan di Colour Studio tersebut. Briefing diberikan melalui tayangan televisi.

Setelah itu, mereka mulai menentukan warna cat yang sesuai untuk tembok ruangan duduk, melalui tab.

dulux colour studio
arsy mengenakan celemek

Dari menentukan warna, mereka diajak untuk mempraktekkan mesin pencampur warna.

Replika dan cara kerja mesin pencampur warna persis dengan mesin aslinya yang ada di toko material. Bedanya warna catnya hanya berupa tampilan layar monitor. Bukan cat sesungguhnya.

dulux colour studio
mesin pencampur warna cat

Selesai mencampur warna, mereka dikenalkan dengan tembok yang sudah di cat oleh Dulux EasyClean. Disana anak berkreasi untuk mencoret-coret temboknya, lalu belajar untuk membersihkan coretan mereka.

dulux colour studio
asyiknya anak-anak mencoret-coret dinding

Dulux EasyClean ini adalah produk cat emulsi berbahan dasar air yang mudah dibersihkan serta membantu melindungi dinding dari noda dan bakteri. Dilengkapi teknologi KidProof+™ yang inovatif dan berfungsi sebagai pelapis film khusus untuk mencegah dan menghambat noda masuk ke lapisan dinding.

Selain itu Dulux EasyClean memudahkan penggunanya untuk membersihkan tembok. Rangkaian yang diperkenalkan saat itu dilengkapi dengan manfaat tambahan yakni Anti-Bakteri, yang mana memberikan lapisan pelindung untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dinding

Jadi anak-anak aman untuk mencoret-coret serta menghapus kembali coretan mereka, tanpa takut bahan kimia dari cat mengganggu kesehatan anak.

Puas mencoret-coret, anak-anak diajak mendesain dinding kamar dengan menggunakan komputer. Nanti tampilan hasil desain terpampang di dinding melalui proyektor.

dulux colour studio
arsy asyik mendesain ruang kamarnya di dulux colour studio
dulux colour studio
layar proyektor untuk memudahkan desain ruangan
Selesai mereka mendesain, mereka diberikan properti desain sesuai gambar, untuk mereka tempel di dinding miniatur kamar.

dulux colour studio
Arsy asyik mendesain di dampingi Ashanty pada kamar dulux colour studio

Nah, setelah desain ruangan yang mereka atur sudah jadi, mereka bisa berfoto ria dengan properti foto yang disediakan. Lucu yaaa..
dulux colour studio
anak-anak berfoto ria setelah desain tembok dengan menggunakan properti

dulux colour studio
properti foto di dulux colour studio

Dulux Far Away Places di Dulux Colour Studio Kidzania

Dulux, merek cat dinding dekoratif terkemuka dari AkzoNobel ini telah lama menjadi solusi bagi para orangtua dalam mendukung dan menstimulasi kreativitas anak menjadi lebih optimal melalui Dulux EasyClean yang tersertifikasi ramah lingkungan.

Ibu Anastasia Tirtabudi berkomentar bahwa dengan menambahkan formula Anti-Bakteri ke dalam Dulux EasyClean, kami ingin menghapus kekhawatiran para orangtua ketika harus membebaskan anak mereka berkreasi dan bereksplorasi, yaitu dengan cara memberikan perlindungan terbaik terhadap noda dan bakteri pada dinding ruangan.

Asyiik, kita nggak perlu teriak-teriak lagi begitu melihat anak-anak siap corat coret di tembok. Mereka bebas berkreasi plus gampang dibersihkan. Anak senang, ortupun senang.. hehe.

dulux colour studio
Ibu Anastasia

Pada acara tersebut, kita juga dikenalkan produk baru Dulux, yaitu Dulux Far Away Places Ibu Anastasia mengatakan bahwa sangat senang dapat bekerja sama dengan Kidzania untuk merealisasikan Dulux Far Away Places melalui Dulux Colour Studio di Kidzania.

Fasilitas ini menjadi wadah untuk menginspirasi para anak-anak dan mendorong kreativitas mereka melalui cat dan warna sesuai dengan komitmen kami untuk memberikan warna bagi kehidupan.

dulux colour studio
paket toolbox dulux far away places

Dulux Far Away Places berupa peralatan dekorasi yang unik. Karena di dalam toolbox Dulux Far Away Places terdapat 6 pak Dulux Colour Play, satu set stensil, satu set stiker, selotip dan panduan pengerjaan Dulux Far Away Places.

dulux colour studio
Isi toolbox dulux far away places (photo by dulux)

Dulux Far Away Places ini mempunyai 8 tema yang indah dan pilihan 48 warna pilihan yang cerah, lengkap dengan panduan cara pengerjaan di dalamnya. Delapan pilihan temanya adalah :

• City of Heroes

• Princes Castle

• Into the Woods

• Under the Sea

• Up in the Sky

• Safari Land

• Into Space

• Treasure Island


Nah, kedelapan tema tersebut, ada pada komputer desain di Dulux Colour Studio Kidzania. Tetapi untuk merealisasikan ke dindingnya, menggunakan tema Under The Sea.

dulux colour studio

Paket Dulux Far Away Places ini kita gunakan di rumah loh, jadi hasil desain-desain di Kidzania bisa kita praktikan langsung di rumah untuk menghias ruang kamar anak.

Dulux benar-benar memberikan solusi yang dibutuhkan oleh para orangtua dan anak-anak untuk kegiatan bersama yang berkualitas, sekaligus menciptakan ruangan yang menginspirasi dan dapat menstimulasi kreativitas anak-anak hanya dalam satu paket. Hmm.. bisa nih buat ngedesain bareng sama Duo Fi di rumah.

Buat teman-teman yang bingung seperti apa Dulux Far Away Places, bisa tengok videonya nih. Disini ada panduan menggunakan Dulux Far Away Places.




Dalam sambutannya Ibu Anastasia menambahkan bahwa Dulux sangat senang dapat bekerja sama dengan Kidzania untuk merealisasikan Dulux Far Away Places melalui Dulux Colour Studio di Kidzania.

Sedangkan Bapak Kerry Riza, President of KidZania Jakarta menyambut baik dan sangat bersemangat pada pembukaan Establishment (wahana) Dulux Colour Studio ini. Anak-anak dapat bersosialisasi, bermain dan belajar dunia design interior. Dulux Colour Studio didirikan untuk mengenalkan ke berbagai warna, dan dekorasi rumah sejak usia dini.

dulux colour studio
Bapak Kerry Riza

Nah, asyik kan kita bisa mengajarkan ke anak-anak untuk mendesain ruangnya sendiri. Siapa tau kelak mereka akan menjadi desain interior terbaik.

Kita juga bisa mengajak anak bermain tanpa perlu khawatir, karena seperti yang saya tulis diatas bahwa cat dari Dulux formulanya sudah aman bagi anak-anak, jadi bonding bersama keluarga bisa teralisasi di rumah dengan Dulux Far Away Places ini.

Kita bisa beli secara online Dulux Far Away Places di blibli.com atau bisa juga masuk ke website Dulux Far Away Places.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dulux EasyClean, Dulux Far Away Places, dan Dulux Colour Studio KidZania, silahkan kunjungi: https://www.dulux-farawayplaces.com/id-id atau https://www.dulux.co.id/

Selamat bermain dan berkreasi dengan Dulux Far Away Places di Dulux Color Studio Kidzania. ^_^

Wassalam





40 komentar:

  1. Seru bangeettt....say terakhir ke kidzania tahun 2011 pasti banyak perubahannya ya sekarang?
    Btw Cat Dulux mengerti sekali ya bahwa cat itu memang harus anti bakteri karena anak-anak suka bgt nempel di tembok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tentunya mudah dibersihkan yah mbak

      Hapus
    2. Iya tembok teman kita semua.. hahaha. Pakai dulux gampang dibersihlan dan aman.

      Hapus
  2. Wahana mengasah kreatifitas ini, anak-anak suka. Anak saya di rumah suka corat coret tembok, ada tembok khusus di rumah yang isinya gambarnya anak lanang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah memang harus disediain 1 tembok buat mereka corat coret ya

      Hapus
  3. Huaa,,jadi pengen ke Kidzania lagi,, anak-anakku kalau kesini dari pertama buka sampai waktunya habis lho hehe. Btw kayaknya kalu kesana mau coba ke Dulux ahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba mba. Wahana baru nih. Kmrn nyobain juga lucu. Serasa bocah 😂😂

      Hapus
  4. Wah keren. Anakku kayaknya bakalan suka ke sana. Dia senang banget Corat coret

    BalasHapus
  5. Kalau dulux warna-warnanya itu selalu jadi nambah semangat. Apalagi mudah dibersihkan ketika ada noda di dinding.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah dibersihkan. Jadi tenang klo mereka coratceret di tembok

      Hapus
  6. Wah seru ya mbaaakk. Wahana barunya apalagi. Secara anak2 tu suka main warna,coret2an, ngecat2 gtu :D
    Moga2 ada rejeki bis abawa anak2 ke sana thx infonya :D

    BalasHapus
  7. Pas banget nih infonya. Pas aku juga lagi mau cat rumah.butuh ide dan inspirasi baru

    BalasHapus
  8. anak-anak pasti suka main ke sini yaa. Mereka bebas berkreasi dengan warna dan mendesain ruangnya sendiri, hehehe

    BalasHapus
  9. Aku pecinta warna biru juga. Colour dulux memang bagus banget diaplikasikan ke rumah. Soalnya warnanya menyatu dengan dinding. Di kidzania jadi seru ya.

    BalasHapus
  10. Ihhh lucu lucu banget ya designnya.. akhirnya ada solusi yah buat yg punya anak yg suka corat coret dinding.. huhuu

    BalasHapus
  11. anak jadi suka ngecat dan berkreasi dengan ruangan sesuai warna yang dia suka ya mba...

    BalasHapus
  12. Tempat yang penuh edukasi buat anak-anak , biar makin keasah kreativitasnya..

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah ke kidzania, baru sebatas niat tapi eksekusinya ketunda mulu. Jebul harga tiket masuknya udah naik naik lumayan tinggi ya mbak?

    Amyway, keren banget iihh itu dinding-dindingnya jadi lucu. Anak-anak sukaaa mesti

    BalasHapus
  14. Jadi pingin ke sana ajak keponakan mencoba wahana baru ini yang bagus banget supaya anak2 semakin kreatif juga inovatif nih... TFS yaa mbak

    BalasHapus
  15. Seru deh, pengen ngajak anak-anak ke Kidzania.
    Btw Dulux emang cat premium yang keren, favorit banyak orang yang suka akan kualitas :)

    BalasHapus
  16. Wah, keren ya jadi anak-anak sudah mengenal dunia desain interior sejak masih kecil. Jadi pengen ngajak keponakanku liburan ke Jakarta terus berkunjung ke Kidzania.

    BalasHapus
  17. Kalau anakku dikasih kamar yang dihiasi begitu ya pasti suka banget mba. Apalagi kreasi warnanya juga bagus-bagus ya. Kualitas dulux memang tak perlu diragukan lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes.. sejak dulu ya, Mba tidak mudah pudar dan ngeluoas pula

      Hapus
  18. suka banget sama dulux, warnanya cakep, pilihannya juga banyak. udah gitu, bau cat nya gak bikin mabok berhari-hari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya.. krn ga mengandung bahan kimia berbahaya kali ya?

      Hapus
  19. Aku dooong. Belum pernah ke kidzania. Hiksss.
    Insya Allah nanti ke sana ngajak si Rayhan. Dia pasti seneng dengan banyaknya pilihan permainan di sana.

    Btw aku sukaaa semua pilihan tema warna dari dulux di atas. Soft gitu warnanya..

    BalasHapus
  20. Wah keren banget nih kalo kamar anak diwarnai pakai Dulux.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget laaah. Ayo warnai.. masih banyak space tembok blm di cat kan?

      Hapus
  21. Saya ke Kidzania selalu ikutan rombongan anak sama teman sekolahnya. Harga jadi lebih ringan karena rombongan kwkwkw..saolanya bedanya lumayan euy
    Tapi keren banget memang. Apalgi kalau ada tambahan wahana baru seprti Dulux Colour Studio ini..
    Pasti makin hepiiii

    BalasHapus
  22. Dengan adanya dulux maka anak tidak takut bobo sendirian, anti bakteri dan juga betah di kamar .

    Pulang dari kidzania langsung pengen cat dinding kamar

    BalasHapus
  23. Dulu ke Kidzania nganterin murid-murid. Sekarang lebih bagus dan wahananya banyak. Area Duluxnya lucu sekali

    BalasHapus
  24. mba seru banget, ini temanya juga bagus-bagus banget, pasti anak-anak suka tuh,

    kamar jadi menarik dan pastinya bikin betah di dalam kamar

    BalasHapus
  25. Suka banget dng Kidzania. Konsep belajar dng bermain bikin anak senang.

    BalasHapus
  26. Kidzania ini emang tempat yg bagus buat anak anak. Nnti anakku udh ngerti mau aku ajak tapi nabung dulu secara HtM nya lumayan ya mak :D

    BalasHapus
  27. Udah bertahun-tahun di sini belum juga nih aku ke Kidzania haha. Jadi makin mupeng ih apalagi liat area Duluxnya. Nabung aaaah

    BalasHapus
  28. Belum pernah ke Kidzania karena usia si kecil yang masih di bawah dua tahun. Nanti kapan-kapan ma cobain ah. Melihat postingan teman-teman sepertinya seru dan sangat edukatif ya mom

    BalasHapus
  29. keren yaaa.. nggak cuma main, tapi anak-anak juga dapet edukasinya.. :)

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^