Tips Cara Make Up Natural yang Simpel

cara make up natural

Bismillahirrhmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Teman-teman yang mengenal saya, paham sekali kalau saya tuh orangnya nggak bisa dandan. Dan alhamdulillah keluarga saya paling nggak suka lihat saya dandan tebal banget a.k.a menor banget. Saya pernah di preotes Abang begitu saya coba di make up kan perias pengantin saat pernikahan Adik saya. "Ummi, tebel banget sih?"

Hmm.. Tapi yang namanya perempuan, pastinya tetap ingin tampil cantik. Alhamdulillah saya selalu dapat beauty class di beberapa event yang saya ikuti. Pada pelatihan tersebut, para tutor memberikan tip cara make up natural yang simpel.

Bagi teman-teman yang masih pemula di dunia make up, seperti saya, penting sekali untuk mengetahui tips cara make up natural yang simple namun tetap terlihat cantik. Jika saya harus mengikuti beauty class, namun sekarang tips-tips tersebut dapat kita temukan di video para beauty vlogger. Selain itu, banyak juga artikel kecantikan yang memberikan tips make up natural sesuai keinginan kita.

Kali ini saya akan berbagi tips cara make up natural yang bisa digunakan sehari-hari. Simak, ya!



Tampil sederhana dengan make up yang tidak berlebihan akan membuat penampilan kita terkesan alami dan natural. Namun terkadang, kita juga butuh make up minimalis ketika ingin menghadiri acara-acara tertentu, seperti undangan pernikahan, acara-acara kampus, dan sebagainya.

Pada dasarnya kulit kita tanpa polesan sudah memancarkan aura kecantikan sehingga tidak perlu make up yang menor untuk kesehariannya. Untuk itu, make up natural lebih banyak dipilih untuk kegiatan sehari-hari.

Inilah tips-tips menarik yang bisa kamu pelajari seputar cara make up natural.

Mengenali Warna dan Tipe Kulit

Sebelum bermake up, terlebih dahulu kita perlu mengenali karakter kulit yang kita miliki. Apakah warna kulit yang kita miliki tersebut, gelap, putih, atau sawo matang?

Selain karakter, perhatikan pula jenis kulit kita. Apakah itu jenis kulit kering, lembab, atau malah berminyak?

Dengan mengenali warna dan tipe kulit, maka kita dapat menentukan tipe kosmetik mana yang cocok untuk diaplikasikan nantinya.

Menggunakan Pelembab

Setelah menentukan make up apa yang akan dipakai, cara make up natural pertama yang bisa kita lakukan adalah menggunakan pelembab. Apalagi untuk emak.. eh.. ibu bangsa seperti saya ini.

Penggunaan pelembab di wajah kita ini berguna untuk melembabkan kulit wajah dan sebagai dasar make up. Dan dalam memilih pelembab disesuaikan dengan usianya ya.

Memakai Primer

Kosmetik yang satu ini, berfungsi agar make up natural kita tahan lama. Primer bisa kita aplikasikan sebelum memakai foundation di wajah. Hal ini bertujuan agar make up kalian dapat bertahan lama meskipun sudah berjam-jam.

Memilih Foundation dan Bedak yang Tepat

Setelah menggunakan premier, berikutnya adalah aplikasikan foundation dan bedak tipis di kulit wajah. Pilihlah warna foundation dan bedak yang sesuai dengan warna kulit kita, jangan sampai warnanya lebih terang dari warna kulitmu.

Untuk amannya, kita bisa memilih warna foundation atau bedak satu nomor di bawah (lebih gelap) dari warna kulit asli kita. Aplikasikan keduanya dengan tipis dan merata secara bergantian. Kamu harus mengaplikasikan foundation terlebih dahulu, barulah sapu tipis bedak ke seluruh wajah.

Memakai Blush On

Agar pipi terlihat natural merah merekah, gunakan blush on juga. Tapi penggunaannya tipis-tipis saja ya. Sapukan blush on secara tipis di pipi. Pilihlah warna soft pink agar wajahmu terlihat segar dan merona. Bagi kamu yang berkulit gelap, sebaiknya gunakan warna oranye atau yang bernuansa coral.

Memakai Maskara

Untuk riasan wajah yang ingin terlihat natural, kita tidak perlu memakai bulu mata palsu yang super badai. Sebab saya juga enggan memakainya, karena aturan agama. Pemakaian bulu mata palsu justru akan membuat wajah kita terlihat tua. Makanya saya cukup dengan memakai maskara yang akan mempertegas bulu mata. Hanya dengan maskara kita juga akan terlihat cantik, kok.

Baca Juga : Dengan mascara, mata biasa jadi istimewa

Memakai Pensil Alis

Pada riasan mata selanjutnya, kita bisa mempertegas alis dengan menggoreskan pensil alis secara tipis. Ingat, secara tipis! Karena jika terlalu tebal dan tajam, wajahmu malah akan terlihat aneh. Apalagi jika kita yang tidak bisa membuat alis sama bentuknya kanan dan kiri.. hiks.

Bagi yang sudah memiliki alis yang cukup tebal, tidak perlu menambahkannya dengan pensil alis. Cukup dengan merapikan alis matamu menggunakan sisir yang biasanya terdapat di sisi lain pensil alis.

Memakai Lipstik dan Lipgloss

Disentuhan terakhir make up natural, pakailah lipstik dengan warna soft pink atau nude agar bibir kita terlihat alami. Berikan sentuhan akhir dengan lipgloss agar bibir terlihat lebih fresh.


Nah, tips cara make up natural di atas sangat simpel, kan? Kita bisa mencoba make up natural ini di rumah, loh. Oiya, sebelum memulai make up, untuk kamu yang muslim pastikan make up-nya halal yaa, karena make up kan meresap kedalam kulit.

Baca juga : 5 alasan memilih kosmetik halal

Selamat mencoba!

Wassalam







Sumber gambar : 
pexels.com

2 komentar:

  1. Wiiih, baru tau tentang 'primer' :D Ini diaplikasikan ke wajah sebelum pakai bedak gitu? kayak alas bedak kali ya wkwkwkwk aku juga jarang dandan2an kecuali ke pesta pernikahan dll. Kalau ke rapat korlas tipis2 aja paling pakai pensil alis, lipstik kudu keren....bedak pun biasa aja. Ditambah blush on sekali2 aka kalo ingat hahaha :D

    BalasHapus
  2. Terimakasih tipsnya ya, aku masih bingung sama perdandanan, tapi kayanya harus berani mulai belajar, nemu info ini sip kayanya

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^