Inilah Perbedaan Cara Kerja Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang bisa memudahkan Kita dalam mencuci pakaian. Kini Kita tidak perlu repot-repot membilas dan mengeringkan pakaian-pakaian Kita dengan menggunakan tangan. Cukup menekan beberapa tombol saja, pakaian-pakaian Kita bisa bersih dan kering seketika. Harga beberapa mesin cuci pun berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi dan performa yang diberikan. Harga mesin cuci Sharp terbaru tentu akan berbeda dengan mesin cuci merk lainnya.




Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Teman-teman tahu yaaa, yang namanya mesin cuci itu sudah menjadi kebutuhan kita setiap hari. Terutama untuk kita yang tinggal di perkotaan. Mesin cuci sudah menjadi barang wajib yang harus kita miliki, apalagi yang memiliki balita macam saya ini.

Dari fungsinya, mesin cuci hadir dalam 2 variasi, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci 2 tabung ini hadir terlebih dahulu sebelum mesin cuci 1 tabung. Macam saya ini. Saya mengenal mesin cuci pertama kali ya mesin cuci 2 tabung, yaitu mesin cuci yang memiliki dua tabung dengan masing-masing berfungsi sebagai pencuci dan pengering baju.

Sesuai perkembangan teknologi, maka diciptakanlah mesin cuci 1 tabung untuk membuat kita makin praktis dalam cuci mencuci.

Nah, kali ini saya mau menjelaskan bagaimana cara kerja masing-masing mesin cuci tersebut.


Cara Kerja Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung

Walaupun sudah diproduksi mesin cuci 1 tabung, saya tetap prefer menggunakan mesin cuci 2 tabung. Kenapa? Mungkin saya termasuk orang yang jadul yaaa.. saya ngerasa nggak bersih saja sih. Hahaha.. Ini efek pernah merasakan 2 mesin cuci tersebut.

Tapi biar paham, teman-teman bisa baca cara kerja dari masing-masing mesin cuci tersebut. Mungkin terlihat sepele, tapi masih banyak looh yang belum tahu bagaimana cara kerjanya.

1. Mesin Cuci 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung ini memiliki 2 jenis kap bukaan, yaitu front loading (bukaan depan) dan top loading (bukaan atas). Kedua jenis bukaan kap ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, mana yang lebih nyaman untuk digunakan.

Mesin cuci 1 tabung ini biasanya beroperasi secara otomatis, tetapi ada juga mesin cuci 1 tabung yang mengharuskan pengisian dan pengosongan air secara manual. Cara kerja dari mesin cuci 1 tabung yaitu sebagai berikut.

  1. Masukan beberapa pakaian kotor, baik itu berupa baju, celana, rok, dan lain-lain ke dalam tabung. Sebelum memasukan ke dalam mesin cuci, pastikan tidak ada benda-benda yang tertinggal di dalam sakunya agar benda tersebut tidak merusak mesin cuci. Selain itu, pisahkan juga pakaian berwarna putih agar tidak terkena noda dari pakaian lain yang berpotensi luntur.
  2. Memasukan deterjen pilihan Kita.
  3. Pilihlah pengaturan yang ada pada layar display mesin cuci tersebut sesuai dengan jenis dan jumlah cucian Kita. Ikuti beberapa petunjuk dari buku panduan agar tidak terjadi kesalahan.
  4. Tunggu hingga proses pencucian dan pengeringan pakaian Kita selesai. Proses tersebut tentu saja dilakukan secara otomatis dalam waktu yang bersamaan.


2. Mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci 2 tabung ini umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung, seperti harga mesin cuci Sharp terbaru. Mesin cuci ini umumnya dioperasikan secara manual dan lebih mudah untuk digunakan. Cara kerjanya yaitu sebagai berikut:

  1. Masukan pakaian-pakaian Kita yang kotor ke dalam tabung pencuci. Pastikan tidak ada benda-benda tajam yang tertinggal di saku-saku pakaian tersebut. Setelah itu masukan detergen dan mulai putar cucian sesuai dengan durasi yang Kita inginkan
  2. Setelah selesai dicuci, masukan pakaian ke dalam tabung pengering.



Demikianlah beberapa perbedaan cara kerja ke-dua mesin cuci tersebut. Jadi, jenis mesin cuci mana nih yang akan kita beli setelah ini? Apa pun jenis mesin cuci yang akan dibeli, pastikan kita membelinya di toko terpercaya, seperti Bukalapak.com. Tidak hanya menawarkan produk berkualitas, di Bukalapak Kita juga bisa cek harga mesin cuci Sharp terbaru.

Selamat mencuci ^_^


Wassalam







2 comments

  1. JAdi tau beneran,,sebwlumnya ga tau sam sekali, makasih mba keep posting info yang bermanfaat y

    ReplyDelete
  2. Dulu nenek punya nih mesin cuci 1 tabung. Emang bikin ringkas kerjaan sih, haha... Cuma pemakaian air jadi lebih. Kalo yang di rumah sekarang sih yang 2 tabung.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^