Film Temen Kondangan, Strategi Move On di Pernikahan Mantan

poster film temen kondangan

Apa rasanya jika mantan kita nikah duluan? Sakit? Nooo.. harusnya tidak ada rasa sakit. Semua harus sudah move on. “Biarkan sisa-sisa kenangan dibawa pergi bersama pernikahan itu.” Iih cakeep.. Yes, itu adalah salah satu quote manis Gading Martin salah satu pemeran dalam film Temen Kondangan. Kali ini saya mau review film Temen Kondangan yang memberikan strategi move on di pernikahan mantan.


Bismillahirrahmanirrahiim.. Assalamu’alaikum w.w... Ping.. Bunyi bel notification salah satu whatsapp grup di handphone saya berbunyi. Hmm.. ada kiriman video dari salah satu temen yang berjudul ‘Butuh Temen Kondangan’. Ketika saya buka, ternyata video tentang seorang wanita yang menyanyikan lagu patah hati di pernikahan mantannya, lalu mantannya menangis dan memeluk si wanita tersebut lalu pingsan. Ya ampuuuun, sampai segitunya ya?

Saya saat itu berpikir lebay banget sih itu penganten dan mantannya. Mungkin, saya bisa mengatakan ‘lebay’ karena memang saya nggak pernah mengalami harus melihat orang yang saya cintai menikah duluan. Yang ada saya yang meninggalkan mereka menikah lebih dulu. Jadi saya nggak pernah butuh temen kondangan. Eeeaaa.. sok cantik.

Nggak sih, bukan karena saya sok cantik. Semua karena doa saya dari SMP yang dikabulkan Allah. Salah satunya, menikah dengan orang yang tepat dari Allah. Saya pernah menulisnya di blog ini bagaimana dulu saya berjodoh dengan Pak Suami.

Baca : He’s not my type

Tapii.. bisa jadi sih akan ada drama, jika saya yang ditinggal nikah terlebih dahulu oleh orang yang saya cintai. Apalagi kalau statusnya masih jomblo. Duuh… Seperti Putri, tokoh utama dalam film Temen Kondangan karya MNC Picture ini.

Prescreening Film Temen Kondangan

Daritadi saya sebut-sebut film Temen Kondangan terus ya? Memang sudah tayang di Bioskop?
Jawabannya, ya belum lahh. Tuh, sub judulnya aja ‘prescreening’, tandanya baru promosi tayang sebelum launching filmnya.

Alhamdulillah Jum’at sore, tepatnya tanggal 24 Januari 2020, saya menghadiri undangan prescreening gala premier film Temen Kondangan bersama teman-teman dari ISB (Indonesian Social Bloggerpreneur). Ini kali ketiga saya ikut Prescreening Film bersama ISB. Yang pertama ada Mahasiswi Baru dan yang kedua 99 Nama Cinta yang semuanya produksi MNC Pictures.

Nah, film Temen Kondangan ini film terbarunya MNC Pictures. Rencana tayang di bioskop tanggal 30 Januari 2020. Film Garapan sutradara Iip Sariful Hanan ini bergenre komedi yang berangkat dari ide-ide sederhana tentang dilemanya seseorang untuk datang ke pernikahan mantan.

Seringkan yaa di media social kita temu meme jomblo yang susah untuk move on, apalagi harus diundang ke pernikahan mantan. Nah, berangkat dari situ Kang Iip sengaja mengangkat ide ini. Menurut dia ide ini sangat dekat dengan kehidupan banyak orang.

Pastinya kita sibuk mencari temen kondangan, biar terlihat kita sudah ‘laku’ dan move on. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai lahan bisnis dengan menyediakan jasa sewa temen kondangan. Yeekaan?

Keakraban Yang Terjalin Saat Syuting Film Temen Kondangan

Pada film ini banyak pelawak dan komikal yang ikutan beradu akting bersama para aktris dan aktor film. Ada Gading Marten, Kang Izur Mukhtar, Chika Waode, dll. Mereka beradu akting dengan Prisia Nasution, Samuel Rizal, Olivia Jensen, Kevin Julio, Reza Nanging, Yesling Wang, Imelda Therrine dll.

Bukan cuma yang muda, actor-aktor senior pun ikut berperan, ada Diah Permatasari, Pierre Gurno, dan Febi Febiola. Permainan mereka tak kalah kocak dengan pemain-pemain muda.

Suasana kekeluargaan juga terjalin diantara para pemain. Film yang digarap di kawasan Danau Lido, Sukabumi, Jawa Barat selama 12 hari membuat mereka semakin dekat. Karena disaat proses menunggu, mereka asyik bertukar mainan.

"Saat lama nunggu untung ada teman-teman yang bisa menghibur. Ada aja yang dikerjain kayak hang out everyday," kata Prisia Nasution. Mereka pun menyempatkan diri untuk saling menghibur.

Imelda Therinne juga mengatakan bahwa kebanyakan nunggu membuat mereka jadi kompak. Ada aja yang dikerjakan, sehingga terjalin pertemanan yang erat dan solid. Jadi enggak ada cerita bosan saat syuting.

Sinopsis Film Temen Kondangan

Film yang ditulis oleh Rino Sarjono dan Fauzan Adi Suko ini bercerita tentang selebgram yang diundang mantannya. Dan untuk pembuktian Putri (Prisia Nasution), sang selebgram, sudah move on dari mantannya, dia akhirnya memutuskan datang ke nikahan Dheni (Samuel Rizal) bersama pasangan.

Putri datang karena pernah memosting di instagramnya bahwa untuk datang ke kondangan mantan, wajib bawa pasangan. Nah, mulailah Putri membuat mind maping pria-pria yang mau dia ajak jadi temen kondangan dia.

Sari (Chika Waode), asisten Putri, menyarankan untuk mencari temen kondangan lebih baik yang Putri nggak kenal sekalian. Sari menawarkan sepupu kandungnya untuk menjadi temen kondangan Putri, yaitu Juna (Kevin Julio). Sari mempromosikan bahwa Juna ini sering diajak sebagai temen kondangan siapapun.

press confrence film temen kondangan
press confrence film temen kondangan (photo by farradilla)

Mulailah Putri menghubungi Juna. Namun sayangnya Juna tidak bisa dihubungi sama sekali. Chat Whatsappnya tidak dijawab-jawab. Saat galau menunggu jawaban Juna, datang Pak Galih (Gading Marten), Bos Putri ke ruangan kerjanya. Putri melihat Pak Galih sangat berpotensi untuk diajak menjadi temen kondangannya, karena Pak Galih Jomblo. Putri pun mengajaknya sambil becanda, khawatir ditolak si Bos. Pak Galih pun menyahutinya dengan becanda, tapi tidak ada jawaban kalau Pak Galih mau.

Masih menunggu jawaban Juna, tak sengaja Putri bertemu dengan Yusuf (Reza Nangin), teman sekelasnya saat SMA. Setelah ngobrol dan tau Yusuf tidak punya pasangan, putri pun memberanikan diri mengajaknya untuk menjadi temen kondangannya di nikahan Dheni. Yusuf pun langsung mengiyakan, karena memang Yusuf jatuh cinta dengan Putri sejak SMA

Begitu tiba di tempat pernikahan, Putri yang datang dengan Yusuf, harus dikejutkan dengan kehadiran Pak Galih dan Juna yang juga datang dan mengatakan sebagai kekasihnya Putri.. Jeng jeng..

Tanggal Tayang Film Temen Kondangan

Nah sudah baca sinopsisnya kan? Asli saya nonton filmnya ngakak terus. Ngakak melihat cara Putri mengatasi keruwetannya menghadapi 3 laki-laki di pernikahan mantannya. Soalnya sebagai selebgram, ia harus bisa menjaga nama baiknya untuk eksistensinya di dumay. Apalagi di kondangan ada kejadian-kejadian yang bikin Putri tidak bisa berkata apa-apa, salah satunya dilamar Pak Galih. Wak waaaaw

Nih.. nih... biar komplit saya kasih video trailernya.

Penasaran kaaaan? Yuk, siap-siap pantengin filmnya di bioskop tanggal 30 Januari 2020 ini. Akan serentak tayang diseluruh Indonesia. Cuuusss.. di bookmark tanggalnya, jangan sampai kelewatan film Temen Kondangan. Kita jadi tau looh strategi mengatasi move on di pernikahan mantan.

Selamat Menonton ^_^

Wassalam










66 comments

  1. Antara ngeselin, lucu, mau nangis dll kayaknya nih kesan di film ini. Aku ya ga tau rasanya datang di kondangan mantan hahaha :) Film Indonesia makin lama makin berkualitas dan menghibur penonton ya. Tapi cerita di sini Yusuf mau jadi temen kondangan Putri karena pas SMU dia udah suka ya....Ih ga sabar mau nonton deh. TFS mb Ade :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba, film Indonesia makin ke sini makin bagus banget. Ceritanya beragam, udah gak kayak sinetron-sinetron lagi. Kekeke. Jadinya kalo nonton ke bioskop gak berasa sayang gitu, bayar tiket 50 ribu. Hahahaha.

      Delete
  2. Qiqiqiqiiqiq, kalo aku jadi Putri, kayaknya milih Pak Galih aja dehh
    Soale papa Gading itu contoh nyata sosok yg udah move on dari mantan! :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, pake dilamar pula di tempat pesta ya kan.. jadi mupeng bqnban ya

      Delete
  3. Pernah nih aku ngalamin ditinggal mantan nikah. Aku Dateng sama sahabat dan ibu (yg juga diundang sama si mantan). Aku datang khalayak orang kondangan biasa. tapi sambutan dari keluarganya yang ga biasa. Berlebihan bgt sampe malu sendiri. Sampe tamu-tamu tertuju ke arah kami. Kami pun cuma saling senggol. Bersalaman dan mengucapkan selamat selayaknya tamu, kami tidak berfoto sama sekali dengan mempelai. Hahaha

    ReplyDelete
  4. kayaknya lucu nih film temen kondangan, palagi ngajak seseorang jd pendamping saat hadir di resepsi manta ya,, oh NO... jleb

    ReplyDelete
  5. Sakiit banget mbak kalau sampai kita ditinggalin mantan nikah.. Apalagi kalau kitanya masih jomlo. Auto menderita nggak sih? Hihi. Film ini kayaknya menarik banget deh apalagi setelah baca beberapa review dari yg lain juga..jadi makin penasaran.

    ReplyDelete
  6. Baca sinopsisnya, film ini sepertinya bakal bikin aku ngakak2 dan gregetan. Gak bisa mbayangin donk 3 orang datang sekaligus di pernikahan mantan. Padahal niatnya mah ngajak orang biar gak malu karena gak bawa pasangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngakak abis yaaahhhh.... dipilih3x hahahah kumpul jadi satu dikelilingi kumbang2 tamfaaan 😁

      Delete
  7. Bangga rasanya dunia perfilm.an indonesia saat ini sudah semakin maju, banyak film-fil garapan sutradara keren yang hasilnya nggak kalah dari film luar negeri

    ReplyDelete
  8. Hahhaaa..lucuu yaa keknya Temen Kondangan nih.
    Btw akupun sok cantik ahh, soale ku ninggalin mantan nikah eeaaa ..
    Nah, waktu mantan nikah temen kondanganku anakku yang udah menjelang smp, bagemana dia selama 11 tahun kutinggalin hahhahaa, rasain loh

    ReplyDelete
  9. Aku terbayang wajah si Ucup yang ke geeran hahahaha...menghibur sangat untuk jomblers hahaha

    ReplyDelete
  10. Kayaknyaa seruuuuu
    Ayuk yang mau kawani saya nonton boleh juga haha

    ReplyDelete
  11. Trus, akhirnya Si Putri sama Pak Galih bukan sih mba? Jadi penasaran dan saya suka kok dikasih sop iler (baca: spoiler). Kekeke. Pokoke kalo ada Gading Marten filmnya komedi abis ya.

    ReplyDelete
  12. Saya juga gak bisa ngebayangin karena gak pernah mengalami. Tetapi, lihat trailernya ternyata lucu juga. Seheboh itu kayaknya kalau datang ke kondangan mantan, ya hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku sendiri ga bisa move on liat filmnya Seru banget sumpah filmnya ini rekomendasi banget buat di tonton ajak keluarga sama sodara...

    ReplyDelete
  14. Aaakkkhh..tentu lucu banget ini film.. Apalagi ada Gading yang cocok banget main komedi, kalau doi main serius malah gak cocok, wkwkwkw....

    Diundang mantan menikah? Kayaknya aku gak dateng deh, wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Haha, nonton trailernya aja bikin aku geli Mba Ade, seru banget ini kalo ditonton sama suami biar Quality Time bareng.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada film tentang Temen Kondangan 😆. Kayaknya 2020 ini banyak film tentang pernikahan, dan bagaimana cara move on dari mantan. Kira - kira ada roadshow di Semarang ngga ya?

    ReplyDelete
  17. Baca ringkasan nya dan lihat trailernya bikin penasaran. Nonton ahhh tgl 30 Januari '20 biar bisa ngakak juga.

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen nonton lagi dong Ummi, soalnya bukan cuma menghibur dan biar bisa move on dari mantan aja, ini juga mengajarkan kepekaan bahwasanya ada yang menunggu diri ini tetapi nggak peka, Haddeh 😁

    ReplyDelete
  19. Wah. Ternyata mbak hadir juga, saya juga hadir. Film yang membuat gelak tawa penonton pada sore itu

    ReplyDelete
  20. Film dari MNC ya .... kira-kira kenapa ya diilih tema ini, apakah karena banyak yang punya pengalaman sama, terpaksa mencari temen kondangan? :D
    Eh malah penasaran dengan latar belakang pemilihan tema wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau jangan-jangan penulis skenarionya dapat banyak masukan dari para pecinta film tanah air supaya menuliskan kisah perempuan yang ditinggal mantan dan harus datang kondangan, hihihi ...

      Yaaa ... Anggap aja sih ujian dalam menjaga pertahanan hati, hahaha ...

      Delete
  21. oke nih film baru yg mau rilis ya... bsa dijadikan rekomendasi nontn nih

    ReplyDelete
  22. Kayanya seru nih film. Khususnya karena bintang utama Prisia Nasution, idolaku sejak dulu

    ReplyDelete
  23. Kalau gak pernah mengalaminya, kelihatan lebay ya hehehe. Kalo saya sih memilih gak usah datang meskipun diundang daripada pusing cari teman kondangan. Tapi sebagian orang tidak berpendapat demikian dan itulah yang bisa jadi bahan buat difilmkan :D

    ReplyDelete
  24. hahahahahaha, baru liat trailer aja udah ngakak, jadi penasaran mau nonton ih.
    Bentar lagi ya tayangnya.
    Kudu atur siasat nih biar bisa me time sejenak ngakak di bioskop :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak Rey, sama kujuga hahaha
      thriler an review Mbak Ade bikin kepo nih. Harus lingkari kalender nih buat nonton Temen Kondangan

      Delete
  25. Aku tuh suka banget sama aktingnya Prisia Nasution. Mau akting marah, sedih, gembira, kecewa, takut, semuanya terlihat begitu natural. Udah kebayang gimana akting dia di genre komedi seperti ini. Pasti keren juga.

    Eh, temen kondangan nih ya kalau menurut aku sih nggak dibutuhkan dalam rangka bukti bahwa sudah move on. Tapi lebih ke teman yang bisa jadi pengalihan perhatian dari tatapan mata penuh prihatin orang-orang maupun keluarga ke kita. Ini lebih pas sih, kalau buat aku, hahaha ...

    ReplyDelete
  26. saya belum pernah sih Mba dapat undangan mantan, hehe.

    ReplyDelete
  27. Wah, bentar lagi tayang ya. Jadi pengen nonton bareng suami. Soalnya kami sama-sama nggak punya mantan. 😂

    ReplyDelete
  28. Seru ya Mbak udah duluan nonton screeningnya :D

    Duh, aku ga pernah diundang dinikahan mantan nin:D tanggal 30 harus nonton

    ReplyDelete
  29. Dari judulnya aja udah seru ya, apalagi didukung oleh pemain profesional. Jadi enggak sabar mau nonton film ini pas tayang di bioskop nanti

    ReplyDelete
  30. Udah liat trailernya, filmnya keliatan kocak banget nih. Yup bagusan kalau ke kondangan mantan jangan sendirian ya eh tapi kalau sampai ngajak 3 orang juga bisa berabe, hihi jado kebayang rusuhnya.

    ReplyDelete
  31. Kondangan ke pernikahan mantan itu fenomena sedunia. Setelah 10 tahun pun masih banyak yang memgingat kenangan itu, meski beberapa telah menjadi rasa malu atau rasa geli.
    Tapi bagaimanapun, menonton film ini, selain terhibur dengan kekocakan cerita, juga terhibur dengan kenangan akan kenangan sendiri saat harus kondangan ke mantan.
    Alhamdulillah saya tak pernah melakukannya, karena tidak tahu kapan ia menikah.

    ReplyDelete
  32. Udah liat trailernya, aku kok ngakak. LUcu banget, soalnya ada 3 temen pria yang di kondangan ngaku pasangannya si prisia nasution.

    ReplyDelete
  33. AKu nih justru penasaran sama Gading Martin hahahaha dia kalo nikah undang Giselle gak sih? (ghibah dimulaaaai)

    ReplyDelete
  34. Pasti bikin ngakak ada chika waode, terus papa gading....dijamin pasti banyak adegan yang lucu dan bikin pengen ketawa terus. Menanti tgl 30 nihhhh ah

    ReplyDelete
  35. Keknya saya perlu nonton film ini biar ngga gagal move on terus sama mantan. Hehe

    ReplyDelete
  36. Hahahaha, lucu nih film. Ngangkat tema yang related banget dengan kehidupan kita. Mantan, mantan kalo masih sayang ya jangan dijadiin mantan. Kalo udah mantan, lah kenapa harus terus jaim.

    ReplyDelete
  37. Filmnya humor ya Mba, wkwkw... Untunglah, jadi kaga baper2 amat yg nonton. Aku sendiri pernah keduluan mantan nikah, alhamdulillah gpp, ga ada baper2nya, hahaha. Udah putusan ya udah aja, balik lagi kita temenan kek zaman masih TK, hahahaha

    ReplyDelete
  38. Emang banyak ya meme tentang mantan hahaha cerita yg belum usai ini bisa banget jadi ide cerita. Kayaknya lucu bgt filmnya, jd pengen nonton euy

    ReplyDelete
  39. seru ya film temen kondangannya, para pemainnya juga kece parah, eh penasaran deh aku jadinya

    ReplyDelete
  40. saya mah sudah ditinggalin nikah semua mantan haha.. dan ga hadir ke satu pun pesta pernikahan mereka. ya sudahlah, soalnya ga penting juga.

    filmnya bakal nonton sih. berusaha utk nonton film2 indonesia. terutama yg bagusnya.

    ReplyDelete
  41. Wakwak jadi penasaran akutuuu
    Jadipilih siapa si Putri ya, Juna, Pak Galih atau Yusuf...
    Duh, memang menyakitkan kalau ditinggal nikan mantan duluan, meski ga ngalamin sendiri karena aku malah ninggalin dia nikah eh..wkwkwk
    Catet dah tanggal tayang Temen Kondangan. Pengin nonton!

    ReplyDelete
  42. Trailernya aja kocak yah, saya udah kebayang banget nih rusuhnya di nikahan Dheni deh.

    ReplyDelete
  43. Aku mengira ini film bakalan romance banget secara tentang pernikahan mantan yang selalu berujung galau. Owalah ternyata filmnya sangat sarat kelucuan dan sangat menghibur. Semua aktor/aktrisnya begitu apik dengan perannya masing-masing

    ReplyDelete
  44. Aku udah nonton trailernya nih kemarin. Kayaknya sih bakalan seru yaaaa. secara yang main juga aktingnya gak diragukan lagi. Siap-siap ngakak terhibur deh keluar dari bioskop pikiran jadi refresh lagi ya

    ReplyDelete
  45. Masuk dalam wishlist film temen kondangan, jadi penasaran pengen nonton nih ...

    ReplyDelete
  46. Yeay besok launching ya film temen kondangan. Tak sabar untuk menonton filmnya. Lucu dan menghibur sekali filmnya mba Ade :)

    ReplyDelete
  47. Ya ampun, kok bisa sih hihi nggak kebayang kocaknya, bingung cari teman kondangan, pas ada sekaligus tiga orang!

    ReplyDelete
  48. Duh kocak banget abis lihat trailer filmnya. Hahaha. Penasaran deh aku sama filmnya. Btw emang bener sih kalo ke nikahan mantan jangan sendirian, apalagi mantan yang berkesan :))

    ReplyDelete
  49. Film ini tuh rekomen banget buat kita yang gak bisa move on apalagi dari mantan yah...

    ReplyDelete
  50. Kok kangen sama aktingnya Kevin Julio yaa...
    Uda mature sekarang yaah...dulu-dulu inget banget mainnya FTV.

    Putri cantik begono..
    Haahha...pantang dilewatkan!

    ReplyDelete
  51. Lucu banget ini filmnya mbak, duuh aku ngeliat nya berasa banget ketika dulu susah nyari gandengan ke pesta pernikahan mantan

    ReplyDelete
  52. Trailernya lucu juga ya. Jadi pengen nonton nih aku. Mana tayangnya bentar lagi nih. Jadi pengen ngajak pak su nonton sebentar.

    ReplyDelete
  53. Astaga baca sinopsisnya jadi ngakak. Trus gimana tuh kelanjutannya nasib si putri. Ga kebayang dah kalau yag kayak gitu kejadian bener di dunia nyata. Pasti kacau bgt

    ReplyDelete
  54. Aku belum pernh pengalaman ngundang dan diundang mantan. Rasanya mengingat saja lupa*eh

    Tapi kalau skrg diundang aku keliatan bangey moveonnya. Serombongan makan sama suami dan anak-anak wkwkw

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah saat mantan pertama nikah nggak diundang jadi sakitnya nggak terlalu dalam haha. Tapi mantan selanjutnya aku datang ke nikahannya. Udah kebal nggak baper malah baik-baik saja.

    ReplyDelete
  56. Mulai tayang hari ini, ya? Wah, asyik banget ini. Saya menonton trailernya dan memang seru. Harus tonton. Penasaran, siapa yg lamarannya diterima Putri. Wkwkwk

    ReplyDelete
  57. Kayaknya film ini bakalan pecah banget deh. Jadi penasaran. Apalagi ada Prisia Nasution salah satu aktris favorit aku banget.

    ReplyDelete
  58. Karena habis lihat trailer film ini aku berpikir, fenomena ini kayanya bisa saja ada di dunia nyata ya Mba.

    ReplyDelete
  59. Kocaaaaak sih ini pasti nanti filmnya. Kesel tapi kalau misal diundang ke nikahan mantan beneran. Nggak sanggup dateng!

    ReplyDelete
  60. Hahayyy... Pak mantan mah nikahnya pada di kampung bininya, haha... So eykeh terhindarlah dari kondangan ke pak mantan. Kayaknya asyik ini ya Ummi filmnya, untuk relax pengisi weekend.

    ReplyDelete
  61. udah kebayang kacaunya saat tiba di kondangan hehehe.

    Eh barusan tadi baca blog kocak juga 9 cara agar gak pingsan di kondangan mantan

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^