Tips Memilih Oli Motor Terbaik dan Cara Membedakan Enduro Asli atau Palsu

Eh tumben nih Ade bahas soal perolian motor? Emang ngerti? Biasanya bahas soal keluarga, makanan, kesehatan dan jalan-jalan. Udah ganti nichie blog, De? Loh, bahas tips tentang memilih oli motor terbaik kan juga masih berhubungan dengan keluarga dan makanan kok. Selama ini saya selalu bahas tentang Abang dan Adek Fi. Nah, kini saatnya saya membahas hobinya Pak Suami deh, yaitu tentang motor. Dan saya juga membahas nutrisi/makanan terbaik bagi motornya.

Ngobrol soal motor sama beliau membuat saya jadi paham bagaimana cara memilih oli motor terbaik. Malah sampai jadi tahu oli motor enduro asli atau palsu. Untuk lebih lengkapnya silakan dilanjut bacanya ya!

enduro oli motor terbaik


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Punya suami seorang pencinta motor itu sesuatu banget ya. Perhatiannya melebihi kepada istri. Malah sebelum ada Abang Fi, saya sempat jealous melihat betapa sayangnya dia sama Honda Tiger-nya. Makanya saya kasih nama SITI, kependekan dari Silver Tiger. Yes, motor Pak Suami adalah Honda Tiger 1997 berwarna silver. Sebenarnya Pak Suami tidak suka motor kesayangannya punya nama Siti. Saya aja yang demen menamai.. xixixi..

siti motor tiger pengguna enduro oli motor terbaik
Siti pengguna Enduro oli motor terbaik
Memang sih Beliau kenal duluan dengan Siti. Siti selalu menjadi teman kami sejak masa-masa pdkt, hingga kini. Sudah 20 tahun Siti menemani kami. Bahkan mungkin lebih, karena menurut Pak Suami, Siti sudah menjadi teman kuliahnya, yaaa itu sesuai tahun produksinya 1997.

Baca juga : Ini sebab saya bertemu Pak Suami

Walaupun usia Siti sudah semakin menua. Kondisi performa Siti tetap bagus dan awet muda. Padahal Siti tuh dah diajak touring keluar kota, mulai dari Depok - Subang, Depok - Lampung, Depok - Bandung dan yang terjauh Depok - Semarang. Dari semua rute itu hanya Depok – Semarang yang tidak saya dampingi.

Wuiih jauh amat jalannya, De? Iya, Pak Suami tuh senang berpetualang. Kami berdua punya hobi sama. Sama-sama senang berpetualang dan jalan-jalan. Hobi touring-nya itu tersalurkan sejak beliau masuk komunitas Honda Tiger. Nama komunitasnya Honda Tiger Mailing List (HTML).

Dari HTML itu lah beliau bersama teman-teman yang tinggal di Depok membentuk Club Motor Tiger wilayah Depok, yaitu DETIC (Depok Tiger Club). Boleh dibilang beliau angkatan pertama yang ikut terbentuknya DETIC. Namun sekarang beliau sudah tak lagi aktif, sejak kami fokus untuk program hamil.

Baca juga : Cara mendapatkan keturunan (anak)

Berkumpul dengan sesama pencinta motor, Beliau dapat banyak masukkan tentang perawatan motor yang baik seperti apa. Mulai dari bengkel yang bagus, toko spare part yang murah dan asli, hingga nutrisi yang baik untuk si Siti agar tetap sehat.

Nutrisi yang baik untuk Siti itu adalah oli motor terbaik. Banyangin aja, itu motor dari tahun 1997 masih enak diajak jalan jauh dan tetep kece tenaganya, walaupun tak seperti tarikan motor baru yaa. Tapi untuk motor sekelas usia Siti terbilang oke. Sampai teman-teman lama club motornya kalau ketemu Pak Suami bilang, "Gila, Bro.. Lo masih pakai tiger lama ini? Awet juga ya? Punya gue dah ancur nggak kepakai. Mesinnya sudah sering jajan."

Saya paham betul, Pak Suami ini termasuk orang yang apik. Dia kalau memilih sesuatu untuk perawatan barang yang dia suka nggak mau sembarangan. Pasti berkualitas. Termasuk memilih istri.. eh..

Untuk Siti, Pak Suami juga menjaga sekali perawatannya. Salah satunya memberikan oli motor terbaik. Saya malah dikasih tahu tipsnya sama beliau bagaimana memilih oli motor yang baik.

Tips Memilih Oli Motor Terbaik

Dari obrolan dengan Pak Suami tentang hobinya sebagai pencinta motor, saya jadi paham bagaimana harus memilih oli motor yang baik untuk motor kita.

1. Pelajari Karakteristik Motor Kita untuk Disesuaikan dengan Oli Motor terbaik.

Memilih oli motor itu sama halnya seperti kita dalam memilihkan nutrisi tebaik untuk tubuh kita, agar tetap sehat bahkan awet muda. Nggak boleh asal pilih. Kalau kita salah memilih, walaupun mahal dan promonya bagus, tetap saja bisa merusak tubuh. Itu sebabnya kita harus mengetahui karakteristik tubuh kita, begitupun dengan motor.

Saat membeli motor dan menggunakannya, kita pelajari betul karakteristik motor kita. Setiap motor mempunyai karakteristik yang berbeda-beda walaupun keluar dari pabrik yang sama. Seperti apakah mesinnya mudah panas atau motor sering dipakai di puncak yang dingin udaranya, atau motor kita jenis mesinnya 2 Tak atau 4 Tak, dll.

Dengan mengetahui betul karakteristik motor kita maka memudahkan kita memilih oli motor terbaik yang sesuai dengan karakteristik motor kita.

Iyalah yaa.. tubuh kita aja kalau mau memasukkan makanan harus tahu kebutuhan tubuh kita. Jangan berlebihan dan jangan pula kekurangan. Betul ga?

2. Pelajari Kode Jenis Oli Motor Terbaik Yang Dijual.

Biasanya saat membeli oli motor, kita akan ditanya jenis oli motornya. Kode oli motor itu diawali dengan SAE, lalu diikuti angka-angka dibelakang huruf SAE, seperti SAE 10W - 30 atau SAE 20W - 50

Kode-kode tersebut dibuat, tentu ada maknanya. SAE sendiri adalah kependekan dari Society of Automotive Engineer. Kode SAE ini berfungsi sebagai penunjuk indeks kekentalan oli.

Sedangkan 2 angka setelah huruf SAE dan sebelum huruf W menunjukkan kadar kekentalan oli motor kita. Semakin kecil angka tersebut, maka semakin encer olinya.

Biasanya keenceran oli motor ini digunakan tergantung dari karakteristik motor kita. Jika motor kita sering digunakan di udara dingin seperti puncak, maka sebaiknya memilih oli motor yang kadar kekentalannya kecil alias encer. Seperti 5W, 10W dan 15W.

Dan untuk motor yang sering digunakan di kota yang panas seperti Jakarta dan sering macet, sebaiknya menggunakan oli motor dengan kode 20W atau 30W.

Sedangkan 2 angka dibelakang huruf W merupakan temperatur dingin pada sebuah motor. Baik itu kondisi dingin karena cuaca atau kondisi dingin karena mesin belum dinyalakan.

Jadi jika ada kode 10W - 30 berarti oli ini sudah teruji di mesin motor yang dinyalakan dengan temperatur suhu -30 derajat celcius.

Oiya sebelum kode oli motor tersebut biasanya dibedakan juga dengan jenis oli motornya, seperti oli motor racing, oli motor standart (biasa), oli motor matic dan oli motor sport.

Kalau untuk Siti, Pak Suami memilih oli motor biasa dengan kadar kekentalan SAE 20W - 50. Cocok untuk nutrisi Siti karena kentalnya pas dan enak tarikannya. Taaaarik, Baaang.. Cuss.

3. Pilih Oli Motor Terbaik adalah yang dipajang Jauh dari Sinar Matahari Langsung.

Oli motor itu nggak ada kadarluasanya. Ia bisa dipakai sampai kapan pun. Hanya saja kelayakan oli motor terbaik harus kita perhatikan. Salah satunya adalah menjauhkan dari sinar matahari langsung ketika disimpan. Jika terkena sinar matahari langsung, kandungan oli akan berubah. Sehingga performa kerjanya tidak maksimal dan membuat mesin motor cepat rusak.

4. Tutup Botol Oli Motor Terbaik adalah yang Tersegel.

Oli yang sudah terbuka segelnya, sudah pasti akan terjadi oksidasi. Itu sebabnya segera ditutup rapat, jika tidak, hasil dari oksidasi tersebut membuat perubahan kandungan pada oli berupa endapan. Dan endapan ini akan merusak kerja mesin motor kita.

Oli motor yang sudah dibuka, sebaiknya digunakan tak lebih dari 2 bulan. Jika lebih akan terjadi perubahan. Jika sudah terjadi perubahan sebaiknya oli tidak digunakan lagi.

5. Beli Oli Motor Terbaik di Dealer atau Distributor Resmi.

Segala sesuatu yang berjudul "terbaik" itu pasti ada tiruannya. Begitu juga oli motor. Oli motor terbaik pasti ada tiruannya. Untuk mendapatkan produk yang asli, kita beli langsung di dealer-dealer resmi otomotif. Bukan berarti di eceran nggak ada yang asli. Ada, tapi beresiko tinggi. Kalau di dealer resmi sudah bisa dijamin oli motor yang dijual asli, bukan kaleng-kaleng.

Cara Membedakan Oli Motor Enduro Asli atau Tidak

Seandainya terpaksa harus beli di bukan dealer resmi, kita harus tahu cara membedakan oli mesin motor yang asli atau abal-abal..

logo enduro oli motor terbaik

Disini saya hendak memberikan informasi cara membedakan oli motor merk Enduro dari PT Pertamina Lubricants. Sebab, Pak Suami memakainya oli mesin motor Enduro sebagai oli idola kendaraannya dan oli motor terbaik untuk Siti, Honda Tiger tercinta.


1. Perhatikan Nomor Seri pada Tutup Botol Oli Motor.

Pada tutup botol oli mesin motor Enduro selalu ada nomor seri yang sama antara sil (segel tutup) dan leher botolnya. Seluruh angkanya pun posisinya sama persis atau sejajar. Jika berbeda atau posisinya tidak sejajar berarti sudah palsu atau sudah dibuka.
Nomor seri di tutup botol enduro oli motor terbaik
Nomor seri yang terdapat pada tutup botol enduro oli motor terbaik

2. Perhatikan Kode Bar (barcode) pada Badan Botol Oli Motor.

Di badan botol terdapat barcode yang akan di scan ketika hendak digunakan oleh para mekanik. Scan barcodenya terdapat pada aplikasi Pertamina Owrner and Mecanic Reward (Power) dari PT Pertamina Lubricants yang bisa di dowload di play store. Aplikasi itu hanya untuk owner dan mekanik saja. Jika sudah terscan, tidak akan bisa di scan 2x.

barcode scan di botol enduro oli motor terbaik
Barcode yang bisa di scan pada botol enduro oli motor terbaik

3. Perhatikan Kode Tahun Pembuatan Oli di Kemasan.

Jika kita membeli Oli Enduro PT Pertamina Lubricants, kita bisa lihat kode tahun pembuatan olinya di bagian bawah botol. Disana ada kode pembuatan oli.

Kalau tahun yang tertera pada kode tersebut sudah lama, misal tahun 2016/2017, bisa jadi botol tersebut botol lama yang di pakai kembali untuk memasukkan oli palsu.

kode tahun pembuatan enduro oli motor terbaik
Kode tahun pembuatan enduro oli motor terbaik


4. Beli di Distributor-Distributor Resmi PT Pertamina Lubricants.

Oli yang dijual di distributor resmi PT Pertamina Lubricants sudah pasti asli. Seperti tips memilih yang saya jabarkan diatas. Jadi usahakan tidak membeli di eceran.

Pengalaman Pak Suami Menggunakan Enduro Oli Andalan Semua.

Sejak bergabung dengan HTML, Pak Suami dapat masukkan memakai oli yang bagus buat mesin motor. Teman-temannya menyarankan untuk memakain Enduro karena kekentalan dan kualitas produknya.

Pak Suami memakai Enduro Standart SAE 20W - 50. Sebenarnya ada 4 jenis oli motor Enduro untuk motor 4T dan dan 2 untuk oli motor matic, yaitu :
  • Enduro 4T Racing SAE 10W -40
  • Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W -30
  • Enduro Gear 4T Full Synthetic Oil
  • Enduro Matic G SAE 20W, 30W -40
  • Enduro Matic SAE 10W, 20W, 30W
Dan 1 untuk motor 2T, yaitu Enviro 2T SAE 20

Untuk sekelas motor Honda Tiger mesin 4T dan sering dipakai touring jarak jauh. Juga digunakan untuk berkendara di kota yang terik seperti Jakarta, Endoro SAE 20W - 50 pas banget dengan karakteristik tersebut. Itu sebabnya mesin motor Siti bisa tahan lama.

Pak Suami memakainya sejak tahun 2005 dan tidak pindah kelain hati. Pokoknya buat Pak Suami Enduro jagonya oli. Padahal awalnya agak ragu. Dan Beliau akhirnya mau mencoba karena saat itu sedang ada promo 1 botol yang isinya 1 liter seharga Rp 19.000. Kalau harga oli motor Enduro sekarang di tahun 2020 di Depok kurang lebih Rp 40.000.

harga oli motor enduro oli motor terbaik
Harga oli motor enduro jagonya oli

Setelah dicoba, Pak Suami memang merasakan perbedaan dibanding dengan motor yang sebelumnya.
"Olinya lebih kental, tarikan mesinnya lebih enak dan lebih bertenaga".
Maklum ya biker, kalau dah touring bareng kecepatannya itu minimal 80 - 100 km/jam. Kalau tidak ada tenaganya bisa ketinggalan deh dari rombongan.

Apa yang dirasakan Pak Suami sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan oleh PT Pertamina Lubricants untuk Enduro SAE 20W - 50, yaitu :
  • Memiliki stabilitas shear yang sangat baik.
  • Memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start up.
  • Memberikan efek pendinginan dan pelumasan yang optimal pada temperatur dan kecepatan operasi yang tinggi.
  • Mencegah slip pada kopling basah.
  • Memiliki stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi yang tinggi.
  • Menjaga kebersihan mesin serta memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap pembentukan deposit pada piston.
  • Memberikan perlindungan yang optimal terhadap karat dan keausan yang berlebihan.
  • Memberikan akselerasi yang optimal sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.
Jadi wajar yaa, kalau Enduro ini menjadi oli andalan semua.

Tentang PT Pertamina Lubricants

PT Pertamina Lubricants adalah anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero). Perusahaan  yang didirikan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas.


Tujuan pendirian Perusahaan adalah meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri.

Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants mempunyai visi untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

Sedangkan misinya adalah melaksanakan bisnis solusi pelumasan dan memasarkan pelumas serta produk terkait secara kompetitif di pasar domestik dan luar negeri untuk memperkuat portofolio bisnis guna mengoptimalkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Nah, Pak Suami sudah membuktikan kecintaan dan kesetiaannya kepada Enduro, oli motor andalan semua untuk si Siti. Kini giliran teman-teman untuk membuktikannya. Saya sudah berikan tips memilih oli motor terbaik dan cara membedakan Enduro asli atau palsu, jadi jangan salah pilih ya!

Selamat mencoba ^_^

Wassalam












Sumber referensi tulisan dan foto :
Otomotif.tempo.co
Motorplus-online.com
Gridoto.com
Pertaminalubricants.com
Pengalaman dan dokumen pribadi

57 comments

  1. murah ya 40ribu tapi kualitasnya udah bagus gini, dulu aku kalo ganti oli sendiri jalan ke bengkel,sip deh udah tau merk yg dicari sekarang

    ReplyDelete
  2. Oooh jadi kalau buat motor tuh namanya Enduro ya? Kalau mobil Fastron? Hebat banget ya perusahaan anak negeri seperti Pertamina ini bisa memiliki proguk andalan yang mendunia. Jadi pemilihan merrk sangat berefek pada mesin2 kendaraan kita ya mb Ade? Ada harga ada rupa. Keren nih. Kalau Kawasaki Trail punya aa-ku pakai yang mana ya? hihihihi :D

    ReplyDelete
  3. Enduro memang oli andalan dalam merawat Mesin mba kupun pakai udah lama motor matic ku dr th 1997 alhamdulillah masih sehat2 mesinnya dan masih man dipakai smp sekarang

    ReplyDelete
  4. Oli Enduro ini emang bagus ya mba. Dan bagi yang gunakan motor harus memilih oli yang tepat seperti enduro ini

    ReplyDelete
  5. Mantap ya Enduro bikin mesin motor Siti jadi awet banget, udah termasuk motor langka itu, mewah dan gagah

    ReplyDelete
  6. Lengkaaaap ulasannya, keren. btw, itu si Siti antik banget ya mba, kayaknya tua2 keladi ni karena olinya aja pake enduro, oli terbaik

    ReplyDelete
  7. Hahahahaha namanya Siti, lucu banget Mba Ade. Salut ih Siti sudah berumur tapi masih bagus, kuat dan sangar, ternyata peraawatan dan olinya Enduro yaaa

    ReplyDelete
  8. Hadewww aku mah kudet banget soal duni perolian. Jadi suami biasa yang urus dan hapal gangi oli motor di rumah. Nanti tipsnya aku suruh suami baca deh hehehe

    ReplyDelete
  9. SITI Juaraaakk ya, huebaaatt!
    Pantesan doi setrooong banget, ha wong nutrisinya pakai oli motor terbaik!
    Yap, ENDURO emang top markotooopp!

    ReplyDelete
  10. masing-masing tipe motor punya olinya sendiri ya jangan sampai salah ganti oli. Untungnya Enduro dari pertamina cocok buat motor aku juga nih & belinya harus yang asli supaya gak merusak mesin motor

    ReplyDelete
  11. Ealah baru ngerti lho aku mba soal kode-kode di kemasan oli tuh ternyata artinya gitu. Menjelaskan tentang kekentalan atau keenceran dari oli tersebut. Oke mba, noted.

    ReplyDelete
  12. aku ga paham tentang perawatan motor. tipsnya aku simpen siapa tahu disuruh sama suami nanti buat ngerawat motor dg oli terbaik :)

    ReplyDelete
  13. Sips, mantap tipsnya, suatu saat ini bisa jadi refrensi agar tak tertipu dengan oli-oli palsu. Dan baru tahu, oli lebih kental, lebih enak, tarikan mesinnya lebih bertenaga. Yuhuuu!

    ReplyDelete
  14. Duh, ternyata saya gak seteliti itu. Paling merasa selalu bawa kendaraan ke tempat yang udah dipercaya kalau ganti oli. Padahal penting banget nih untuk tau ciri-ciri oli asli dan palsu

    ReplyDelete
  15. ya ampun SITI umurnya udah old banget ya, waktunya minta adek kali itu haha. Ehh tapi kalau pakai Oli yang bagus dan berkualitas macam Oli Enduro ini jadinya bisa membuat motor makin greng dong jalannya. Aku mau ikutan nyoba ah, biar ga kalah sama SITI yang sudah mengalahkan segalanya haha

    ReplyDelete
  16. Sepertinya perempuan jaman sekarang juga harus paham dengan pemilihan oli yang tepat untuk kendaraan bermotor mereka ya mbak. Kalau aku biasanya ganti oli itu sudah urusan suami, tapi sepertinya aku harus belajar juga nih.

    ReplyDelete
  17. Wahh sama mba, Suamiku juga dulu member HTML. Tapi dulu bgt jaman2 masih muda. Mudaaa :)))
    jaman2 blm kawin sama aku :)

    Dan skrg aku jadi tau gimana caranya membedakan asli dan palsu

    ReplyDelete
  18. Hihihi pantes aja suaminya gak mau motornya dinamain Siti. Tongkrongan motornya udah gagah gitu, masa dipanggil Siti? LOL, kan jadi keliatan feminim

    ReplyDelete
  19. Nah sepakat banget untuk pilih oli terbaik sebaiknya dari dealer resmi ya mba Ade. Kalo oli oke, kendaraan makin prima

    ReplyDelete
  20. Wah ada ya Enduro palsu? Ya ampuun sempat-sempatnya ya ada orang yang mau cari untung dari nipu orang lain dengan oli palsu.

    ReplyDelete
  21. Awet mba silver Tiger alias SITI nya.. pinter ngerawatnya pasti..

    ReplyDelete
  22. Padahal banyak yg mendisplay oli di tempat yg terkena sinar matahari langsung lo, bahkan panas banget. Baru tahu kalo g bagus ya. Next kudu pilih yg didisplay paling belakang.

    ReplyDelete
  23. Aku baru tau ga ada kadaluarsanya
    Motorku juga pake enduro soale kalau dilihat-lihat udah paling bener pakai enduro buat motor. Tarikannya beda lebih enak

    ReplyDelete
  24. Baru tahu lho aku kalau mbak Ade suka ngikut suami touring naek motor :D
    Wah teliti banget, sampai bisa tau beda oli palsu dan asli. Tapi krn olinya emang bagus jd banyak yang niru ya. Yg penting buat mengantisipasinya belilah di tempat yang terpercaya jg ya mbak, di distributor resminya

    ReplyDelete
  25. Terus terang, Mbak, kalau aku nggak paham nlas urusan oli.Tapi suamiku selalu pakek Enduro ini. Belinyanpun selalu di dealer, sekalian servis rutin.

    ReplyDelete
  26. Pas baca ini aku baru inget nih. Pak suami naroh oli diluar. Dan kena sinar matahari dunk. Duh mesti dibawa masuk ke dalam ya. TFS yaa

    ReplyDelete
  27. Enduro ini emang udah terpercaya dan banyak yang pake di setiap bengkel. Biar mesinnya tambah wuzzz..wuzzz pasa jalan..

    ReplyDelete
  28. neng siti gagah banget mba hihi, paksu juga nih sayang banget sama motor, tiap pagi di lap, tapi itu gak cukup ya, oli yang pas untuk motor bikin awet motor

    ReplyDelete
  29. Nah iya...
    Asalkan dirawat dengan baik, aku yakin kendaraan itu performanya tetap apik kok.
    Sama kaya motor mas yang selalu disayang-sayang, in syaa Allah anti-mogok.
    Oli Enduro andalannya...

    ReplyDelete
  30. Lucu amat nama komunitasnya, HTML. Pasti pinter coding nih, wkwkwk.. Btw, berarti Mak Ade tu istri kedua ya? Istri pertamanya si Siti, silver tiger, xixi...

    ReplyDelete
  31. Nyaris ngakak saya baca motor semacho itu dinamain SITI hahaha ... Mbak Ade inih ....
    Memang perlu ya gobrol sama suami tentang hobinya. Suami kalau suka cerita, kitanya jadi ngerti, paham gitu. Sekaligus paham sama pengeluarannya soal hobi :D

    ReplyDelete
  32. Terima kasih utk tipsnya mba..saya awam banget ttg motor nih..bisa pakai g bisa ngrawat..hihi.. Oya dalam utk Siti ya.hehe

    ReplyDelete
  33. Oli yg kualitasnya baik bikin kendaraan makin nyaman juga dipake ya mbak. Kadang aku bantu suami untuk bawa kendaraan ke bengkel, tiap ditanya ganti oli atau nggak pasti langsung ku iyakan untuk ganti

    ReplyDelete
  34. Sebagai orang yang gabisa naik motor dan awam di dunia motor, saya baca artikel ini sambil manggut2 dong hihihi.

    ReplyDelete
  35. jadi namanya SITI ya hahaha.... saya jadi kepikiran juga buat namain motor kesayangan suami, selama ini nyebutnya si verza aja sesuai merknya.

    ReplyDelete
  36. Kekentalan oli memang pengarauh banget. Kalau ga disesuaikan dengan motor yang kita punya, tarikannya biasanya kurang jos tuh.
    Btw aku pake Enduro juga yang racing karna sering dipake nanjak, hehe. Oli favorit aku sama suami nih Enduro

    ReplyDelete
  37. Wah enduro ini bagus ya mba. Dulu aku pakai motor ya tinggal pakai aja. Jadi nggak ngerti itu soalnya olinya. Untungnya aku suka service di bengkel resminya. InsyAllah olinya asli juga ya. Semoga hihihi. Selarang udah lama banger ga pake motor

    ReplyDelete
  38. Urusan oli memang harus serahkan pada ahlinya yaitu pak suami kalo saya mbak. Paling ikut bantu ke bengkel aja dan diganti sama kang service kalo aku yg ganti oli hehehe

    ReplyDelete
  39. Makasih tipsnya mba, walau saya gabisa motor tetep harus melek ya tentang ilmu permotoran biar bisa kasih masukan ke suami

    ReplyDelete
  40. Aku gak mau sampe salah pilih Enduro yang palsu . Biasanya beli langsung ke SPBU Pertamina pasti pas

    ReplyDelete
  41. Terimakasih jadi tahu aku sekarang membeda kan oli yang asli dan palsu .

    ReplyDelete
  42. Tipsnya oke juga. Soalnya memang sekarang harus lebih hati-hati ya, Mbak. Kita niatnya pengen bikin kendaraan awet dan nyaman, eh malah tambah rusak karena pakai oli palsu.

    ReplyDelete
  43. Wah ... Berarti harus lebih teliti lagi nih pilih enduro asli atau palsu. Sialnya kali pake yg palsu bisa merusak mesin

    ReplyDelete
  44. selama ini kalo persoalan perbengkelan gitu sudah dipasrahkan sama suami aja mba Ade, tapi kalo ngandalin dia juga kadang ga kepegang, jadi ganti oli bisa sama kita sendiri ya. Pengetahuan tentang kode oli tadi itu penting banget dan aku baru tau mba Ade hehe

    ReplyDelete
  45. Enduro memang terkenal bagus ya mbak. Produk negeri sendiri. Wajib kita dukung.

    ReplyDelete
  46. Biasanya biar g keliru beli yg palsu, aku beli di spbu pertamina atau klo nggak di bengkel bengkel resmi gitu

    ReplyDelete
  47. Ternyata motor pun perlu nutrisi ya, agar mesinnya awet. Nutrisi motor salah satunya adalah oli dan Enduro produksi dari Pertamina adalah jawabannya.

    ReplyDelete
  48. Ouw, ternyata begitu ya cara bedainnya. Selama ini, saya yang buta sama sekali sama urusan motor, kemarin baru tau tentang manfaat oli. Dan setelah mampir ke tulisan mba, saya jadi makin paham bahwa oli yang asli dari Pertamina ini ada ciri khususnya. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  49. Waa.. Keren sih mbak bisa bahas permotoran gini. Aku aja gak mudeng. Apalagi kalo sekarang udah gak naik motor lagi. Stay di rumah sama bocil. Jadi udah ga pernah lagi ribet beli oli, servis, dan kawan2nya. Hehehe

    ReplyDelete
  50. Iya nih ummi tumben banget bahas oli? hehehe aku tim terima beres ummi tapi baca ini jadi ngerti oh ternyata Oli Enduro begini :)

    ReplyDelete
  51. Hihihi..meski lulusan MIPA yang juga ngotak Atik masalah viskositas alias kekentalan dan beberapa kali uji kekentalan juga, tetep masih gak paham perihal oli soalnya selama ini motor selalu pak suami yang menangani, tapi setelah baca artikel ini saya lumayan tercerahkan..makasih mba

    ReplyDelete
  52. lengkap banget penjelasannya, Mbak. saya jadi tahu nih cara membedakan oli enduro asli dan palsu

    ReplyDelete
  53. Selama ini saya tahunya pake motor aja kurang tahu dengan masalah oli tapi sebenarnya hal yang kayak gini juga harus dipahami ya Mbak. Minimal tahulah oli apa yang sebaiknya digunakan.

    ReplyDelete
  54. Selama ini saya cuma tahu pake motor saja nggak terlalu memperhatikan olinya samapai asal aja pilih oli padahal nggak semua jenis oli yang dijual di pasaran itu asli ya Mbak.l

    ReplyDelete
  55. Kalau masalah oli ni suamilah yang lebih paham, aku mah cuma nemenin doang tapi iya emang oli enduro itu yang terbaik

    ReplyDelete
  56. Makasih mbaak infonya! Aku masih awam banget nih soal jenis oli. Taunya ke bengkel dan dikerjain aja hahaha. Ternyata kudu jeli juga yaa

    ReplyDelete
  57. kalo buat motor sih aku lebih nyaman pake federal oil min hehe. dan cara ngebedainnya mudah kok, cukup perhatiin packagingnya, printnya biasanya ngeblur kalo yang palsu

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^