10 Logo Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Bayi Yang Aman

Seringkali kita dalam memilih produk bayi, tidak memperhatikan logo apa saja yang tercantum dalam kemasannya. Yang penting lucu, ada gambar bayinya, cocok buat bayi, dll. Padahal logo dalam kemasan itu perlu banget loh diperhatikan. Sudah adanya logo tersebut, berarti sudah teruji klinis produknya. Nah, saat ini saya akan menuliskan apa saja sih logo-logo yang harus diperhatikan dalam memilih produk bayi yang aman.




Bismillahirrahmanirrahiim.. Assalamu’alaikum w.w... “Bang, tolong belikan lotion Adek ya di Indomart. Jangan lupa yang ada logo hypoallergenicnya.” Kalimat itu selalu terlontar jika saya meminta tolong Abang Fi membelikan produk bayi yang aman untuk Adek Fi.

Yes, jagoan saya yang kedua ini punya masalah kulit dari dia bayi. Jadi saya selalu memperhatikan produk-produk bayi yang aman untuk perawatan tubuhnya. Yang paling utama saya cari ya ada logo Hypoallergenic.

Dulu, waktu masih usia dibawah 1 tahun, Adek Fi itu mudah sekali terkena alergi. Terutama debu dan air pam. Jika terlalu berdebu atau habis mandi pakai air pam, badannya seperti orang digigit nyamuk. Bentol-bentol merah, tapi bukan berupa titik, melainkan ruam-ruam.

Awalnya saya pikir Adek Fi alergi karena makanan, ternyata saya salah. Baru saya ketahui ketika menginap di rumah papa. Setiap mandi disana atau tidak mandi seharian, badannya pasti bentol-bentol merah. Iya, di rumah papa masih menggunakan air PAM. Jika pulang ke rumah Depok menggunakan air tanah, badan adek Fi aman dan bersih.

Kebersihan bukan harus dijaga untuk anak yang mempunyai alergi debu seperti Adek Fi, tapi kebersihan memang harus dijaga sampai kapan pun. Terutama bayi baru lahir, dimulai dari 1000 hari pertamanya. Sebab di 1000 hari pertamanya, bayi masih rentan terkena kuman. Imunitasnya masih berkembang untuk mencari celah perlindungan yang terbaik bagi tubuhnya.

Saya pernah menghadiri sebuah seminar kesehatan, dimana dalam seminar itu dibahas tentang kesehatan anak. Nah, saat itu dr. Herbowo, nara sumber dalam seminar tersebut menjelaskan bahwa penyebab tertinggi kematian pada anak itu adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman. Hamper 5 juta anak meninggal setiap tahunnya karena kuman. Duuh ngeri banget yaaa..

Kuman bukan cuma bakteri, tapi termasuk virus, parasit dan jamur. Dan semua itu terpapar di sekitar rumah kita. Penyumbang kuman terbanyak pada produk bayi itu ada pada stroller, tas bayi dan dot bayi (plus botol bayinya tentu).

Logo-Logo Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Bayi Yang Aman

Selain menjaga kebersihan, kita juga perlu memperhatikan barang-barang yang berada disekitar anak-anak. Semua produk yang aman digunakan untuk bayi, harus teruji klinis sebelum dipasarkan. Biasanya tanda teruji klinis itu dengan adanya beberapa logo yang terpampang di kemasan produk bayi. Nah, berikut logo-logo yang harus diperhatikan dalam memilih produk bayi yang aman.

1. Food Grade

Jika ada logo food grade, berarti produk bayi tersebut sudah aman teruji klinis untuk kesehatannya. Jadi aman bagi kesehatan bayi.

2. Hypoallergenic


Logo hypoallergenic menandakan bahwa produk bayi tersebut aman bagi bayi-bayi yang mempunyai alergi. Dengan adanya logo hypoallergenic, meminimalisir iritasi kulit, gatal dan kasar pada kulit.

3. Dermatology Tested

Logo dermatology test ini ada hubungannya dengan logo hypoallergenic, karena masih berhubungan dengan kulit. Arti dari logo dermatology adalah produk bayi tersebut sudah aman diuji dan berada di bawah pengawasan ahli kulit (dermatolog). Biasanya logo ini juga ada di produk-produk kosmetik.

4. Paraben Free

Paraben adalah bahan pengawet yang biasa digunakan dalam sebuah produk untuk menghindari pertumbuhan jamur, terutama ditempat-tempat yang lembab, seperti segala jenis sabun, lotion, shampoo, deodorant, dll.

5. Natural Anti Bacterial


Adanya logo ini berarti bahan-bahan yang digunakan dalam produk adalah bahan-bahan alami.

6. Microbiological Test


Makna dari logo micribiological test menandakan bahwa produk tersebut sudah aman teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya.

7. Halal MUI


Karena sebagian besar rakyat Indonesia itu muslim, maka logo halal sangat diperlukan. Jika sudah ada logo halal MUI menandakan produk tersebut aman dan halal untuk digunakan atau dikonsumsi. Logo ini biasanya terdapat pada logo makanan dan perawatan kulit bayi.

8. Logo Usia


Pada produk-produk mainan, akan terdapat usia yang aman untuk digunakan. Karena ada ada beberapa mainan yang bisa membahayakan jika dimainkan sebelum usianya.

9. Nomor BPOM

Produk apapun yang masuk di Indonesia sebaiknya memiliki no BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Jika sebuah produk memiliki no BPOM maka produk tersebut dinyatakan aman untuk dikonsumsi atau digunakan.

10. Logo SNI


Logo SNI (Standar Nasional Indonesia) ini logo standard nasional yang dikeluarkan pemerintah untuk keamanan sebuah produk. Biasa logo SNI ini ada pada produk mainan anak.

Semua logo-logo diatas pasti saya perhatikan dalam setiap membeli produk bayi yang aman. Bukan Cuma mainan dan makanan saja, bahkan sampai ke sabun pencuci perlengkapan makan Adek Fi pun saya memperhatikan itu.

Sebab, Adek Fi tuh hobi banget bermain lego, mulai dari lego yang berukuran besar sampai lego yang kecil-kecil. Ia akan fokus dan tekun dalam berkreasi membuat benda apapun yang dia sukai. Mulai dari dinasaurus, monster truck, pesawat, ekscavator, dll.

Cuma jeleknya Adek Fi ini, kalau lagi santai leha-leha, itu balok-balok lego suka diisep-isep. Jadi Umminya dapat kerjaan tambahan deh, untuk mencuci mainannya secara berkala. Kalau tidak, aduuuh jadi inget bahaya kuman itu.. hiks. Untuk sabun pembersihnya saya menggunakan Sleek baby bottle Nippel & Accessories Cleanser.

Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi

Kalau dari judulnya memang Sleek Baby ini digunakan untuk pembersih botol minuman anak, tapi kegunaan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi bukan cuma sekedar pembersih botol, melainkan bisa membersihkan perlengkapan bayi lainnya, seperti mainan.


Yes, saya menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi untuk membersihkan priring dan gelas makannya. Selain itu saya gunakan untuk membersihkan mainan Adek Fi.


Kenapa harus Sleek Baby?
Alasan saya memilih Sleek Baby pembersih botol dengan 8 proteksi, karena logo-logo yang saya jabarkan dari no 1 – 6 ada di Sleek Baby. Berhubung Sleek Baby ini merupakan produk sabun pembersih, maka ada 2 tambahan logo lagi untuk produknya, yaitu High Quality Consentrate dan Stain Removal.

Dengan mempunyai standar High Quality Concentrate, cukup menggunakan sedikit saja Sleek Baby, sudah mampu membersihkan perlengkapan makan dan mainan Adek Fi. Sedangkan Stain Removal berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap dan lemak pada perlengkapan makan juga mainan Adek Fi.

Dengan 2 logo tambahan, berarti Sleek Baby memiliki 8 proteksi sebagai produk bayi yang aman untuk digunakan. Fungsi Sleek baby pembersih botol dengan 8 proteski bukan sekedar mencuci perlengkapan makan dan mainan anak saja, tapi juga bisa digunakan untuk mencuci buah-buahan sebelum dikonsumsi. Banyak kan, kegunaannya?

Selain itu Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi mempunyai 2 ukuran botol 500 ml dan 150 ml yang bisa kita bawa kemana-mana. Jika habis, kita cukup beli refillnya yang berukuran 450ml. Jadi dimanapun tempatnya kita bisa menjaga kebersihan benda-benda yang dibawa anak kita.


Sayangnya saya baru menggunakan Sleek Baby ini disaat Adek Fi berusia 2 tahunan. Seandainya Sleek Baby sudah ada sejak Adek Fi lahir, pasti sudah saya gunakan untuk menjaga kebersihan Adek Fi di 1000 hari pertamanya.

Nah, buat para ibu baru yuk, mulai cermat melihat logo yang harus diperhatikan dalam memilih produk bayi yang aman sejak bayi baru lahir. Semua demi kebersihan anak-anak kita di 1000 hari pertamanya.

#SleekBaby #SleekBabyAlamiMelindungi #SleekBaby8Protection #1000HariPertama
#PerlengkapanBayi #ProdukBayi #BayiBaruLahir #PembersihBotol

Wassalam











46 comments

  1. Menjadi konsumen memang kudu cerdas ya, sehingga logo-logo yang udah disertakan di kemasan bisa menjadi bermanfaat. Kutermasuk yang kulit badak, apa-apa cocok kalau produk yang ditemplokin ke kulit. Tapi emang sih, begitu ini menyangkut anak, langsung lebih hati-hati banget milihnya.

    ReplyDelete
  2. Banyak juga yang harus diperhatikan ternyata ya.
    Kalau saya selama ini kalau beli makanan yang diperhatikan logo halal. Kalau beli mainan yang diperhatikan logo usia. Itu aja, yang lain belum memperhatikan. Mesti diperbaiki nih pola perhatiannya saat belanja

    ReplyDelete
  3. Aku jarang memerhatikan logo di dalam produk bayi. Hadeeh! Ibu macam apa coba! Tapi aku udah pakai Sleek juga dong kayak Mbak Ade :)

    ReplyDelete
  4. Memiliki anak kecil apa lagi yang berbakat alergi memang harus lebih hati2 ya memilih produknya

    ReplyDelete
  5. Aku udah coba beberapa deterjen bayi tapi paling cocok sama si sleek ini. Masih pakai sampai sekarang :)

    ReplyDelete
  6. Waalaikum salam. Mba senangnya baca tulisan ini jadi tahu banyak soal logo logo yang aman. Seringnya liat yang MUI halal, SNI dan bbrapa aja. Nggak tahu kalau banyak gini :)

    ReplyDelete
  7. Waaah, Adek Fi mirip banget sama Mika nih sukanya masukin lego ke mulut. Aku sampe gemassshh... Takut ketelen sama kotor kan ya mba Ade.. Bukan hanya botol sama tempat makan aja yang perlu dibersihkan ya, mainan juga penting. Sekarang mesti lebih teliti lagi nih sama logo-logo, aku kadang nggak ngeh logo-logo itu artinya apa... Hehe

    ReplyDelete
  8. aku baru liat yg paraben. maklum dah lama ga soping perlengkapan bayi hihihi
    ada sleek jadi tenang ya kebersihan alat makan dan mainan terjamin

    ReplyDelete
  9. Kalau pembersih peralatan makanan bayi emang harus dipilih dengan kriteria seperti di atas ya. Ga bisa pake pencuci piring biasa.

    ReplyDelete
  10. Di jaman now, menjadi orang tua, asalkan rajin browsing dan membaca, in syaa Allah bisa cerdas ya Mbak. Kayak tulisan Mbak Ade ini ... informasinya bagus banget bagi para orang tua dalam memilih produk untuk bayi dan toddler-nya. Nah, ada pula infprmasi tentang Sleek Baby yang punya 8 proteksi.

    ReplyDelete
  11. Sleek memang serbaguna dan bagus untuk bayi dan anak2.

    ReplyDelete
  12. Wah logonya banyak juga ya. Sleek baby cocok bgt berarti untuk bayi dan anak2

    ReplyDelete
  13. Tapi iya sih, aku dulu kalau beli produk bayi memperhatikan sekali logo-logo yang ada dikemasannya. Yang paling utama kalau makanan pasti logo halal dulu trus kalau peralatan makannya yang utama aku cari biasanya food grade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak.. emang harus teliti memilih ya.. kita harus lihat logo2 yang sebenarnya informadi. penting ttg produk tsb

      Delete
  14. Oiya bener banget ini punya anak emang harus banget pinter memilih produk tertentu gitu salah satunya sleek baby ini yah..

    ReplyDelete
  15. Iya, anak-anak tuh mainannya pun harus dimandikan hihiagar terlindungi dan aman dari kuman dan kotoran yang nempel ya mbal

    ReplyDelete
  16. Kita memang dituntut jadi konsumen cerdas, ya. Logo-logo seperti itu gak boleh diabaikan. Apalagi kalau punya anak dengan bakat alergi

    ReplyDelete
  17. Ya ampuun kemana aja saya, taunya logo halal MUI dan SNI doang hehe. Yang hypoallergenic malah baru ngeh sekarang.

    ReplyDelete
  18. Wah sebenrnya banyak ya.. logo yang perlu diketahui untuk produk bayi/anak.. Selama ini paling yang hypoallergenic tested aja yang dilihat hehe

    ReplyDelete
  19. Paling sering Aku cuma liat tgl expired dn logo halalnya mba,,, ternyata bnyak bngt yg hrs diperhatikan y

    ReplyDelete
  20. wajib banget pilih produk yang aman buat bayi ya, Allhamdulillah Sleek memenuhi persyaratan semuanya jadi tenang deh orangtua. Dipakai buat keluarga juga gak apa-apa ya mbak biar aman semua

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak ya, logo pada produk itu. Dan semua ada maknanya. Saya biasanya cuma melihat logo usia dan halal mui saja. Next hrs lebih perhatian pada logo-logo yang lain.
    Produk sleek bagus dan cocok untuk bayi. Jadi ga was-was kalau pakai Sleek.

    ReplyDelete
  22. Makanya aku ga sembarangan pilih pembersih buat alat makan anak2 mba secara gitu takut salah produk. Untung aku pilih sleek juga buat bersih2

    ReplyDelete
  23. Noted, makasih informasinya yah bener - bener harus memperhatikan ya produk bayi ini jangan sembarangan, saya udah percayakan sleek sejak neng Marwah lahir loh, 11tahun lalu.

    ReplyDelete
  24. Sering banget saya nggak begitu merhatiin logo-logo yang emak jelasin di atas. Sekarang jadi ngerti deh pentingnya buat merhatiin logo produk saat beli di toko :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama...ternyata memang banyak logo yang harus kita perhatikan ya, terutama buat produk bayi . Mesti hati-hati.
      Manfaat sekali nih infonya yaa :)

      Delete
  25. Nah ini penting diketahui para orangtua nih, supaya memilih produk bayi jadi tepat ya mba

    ReplyDelete
  26. Toss dong
    Mainan si kecil juga saya bersihkan pakai Sleek.
    Sejak anak pertama sudah klop sama pembersih satu ini, apalagi ada 8 Perlindungan

    ReplyDelete
  27. Bermanfaat banget, kaka...
    Selama ini asal ada logo MUI sama SNI aja yang di pelototin.
    Harus banyak baca untuk membeli sebuah produk yaa...

    ReplyDelete
  28. Ternyata SNI saja nggak cukup ya, aku jarang lihat yang paraban free, biasanya aku lihat yang food grade, perlu lebih teliti lagi

    ReplyDelete
  29. Diriku taunya logo halal MUI dan BPOM doang, hahah... Ternyata banyak ya logo2 untuk produk anak. BTW sabun untuk bersihin mainan pun ada ya, Ummi.

    ReplyDelete
  30. bener banget, yang namanya pilih produk buat anak, jangan sampai deh kita coba-coba, resikonya itu looooo

    dengan memperhatikan logo-logo yang mbak sebutkan, ini juga membantu kita para orang tua, memilih produk yang tepat dan aman buat anak. makasih mbak sharingnyaaa

    ReplyDelete
  31. Kalau membeli produk untuk anak memang harus diperhatikan dan teliti ya mba ... terutama logo² nya, karena kita akan tenang kalau produk buat anak sudah tertera logo diatas

    ReplyDelete
  32. Waalaikumsalam
    Dengan memperhatikan logo yang disertapkan pada kemasan produk bayi maka kita jadi tahu apakah itu aman atau tidak untuk bayi kita. Tentu kepedulian seperti ini perlu mengingat bayi masih rentan akan segala sesuatu.
    Termasuk kebersihan tempat makan. Syukur sudah ada Sleek Baby yang membantu para ibu dengan 8 proteksi yang dimiliki

    ReplyDelete
  33. Udah punya dua anak dan baru ngeh semua logo di atas setelah baca postingan ini. Saya tahunya beberapa logo aja, gak selengkap yang mbak Ade jelaskan.

    ReplyDelete
  34. Dulu semasa anak-anak masih kecil, aku juga selalu menyediakan Sleek di rumah. Tapi dulu kok ya nggak kepikiran ya buat mencuci mainan pakai Sleek? Padahal mainan tuh bisa banget kotor dan jadi tempat sembunyinya kuman. Lantai rumah kotor bisa rutin dipel. Tapi mainan anak? Duh, duh ...

    Para ibu baru nggak boleh kayak aku begini, yaaa ...

    ReplyDelete
  35. Paling jarang liat logo no. 6 itu mba, microbiology test. Kalau Sleek saya emang suka karena deterjennya minim, parfumnya juga soft banget, dan hypoallergenic

    ReplyDelete
  36. Itulah yang membuat Kita harus memperhatikan bacaan dalam label jangan sampai salah. Untungnya banyak perusahan seperti sleek baby yang mempunyai tanda tersebut sehingga sang Bunda mengetahui dan mengerti kandungan di dalam botol

    ReplyDelete
  37. Senangnya sekarang banyak produk yang memperhatikan soal logo ini, Mbak. Jadi kitanya senang.

    ReplyDelete
  38. Dan hal yang paling mendasar dalam memilih produk bayi sangat penting ya, karena anak-anak daya tahan tubuh belum seperti kita orang dewasa.
    Masih sangat rentan sekali

    ReplyDelete
  39. Bersyukur yah 10 logo penting ini ada semua di sleek ummi, aku juga pake sleek dari anak pertama hingga kini hehhee alhamdulilah cocok sekali

    ReplyDelete
  40. Produk Sleek emang bagus yah mba ade ,kakak iparku jg pake produk ini hampir semuanya produknya sleek

    ReplyDelete
  41. Saya juga pakai Sleek mbak terutama saat anak anak masih bayi. Untuk mencuci pompa asi dan alat makan. U cuci baju juga pakai sabun cuci baju dari Sleek

    ReplyDelete
  42. Ooo begitu, cukup ribet juga ya mbak punya anak, tapi kayaknya seru juga banyak detail yang harus diperhatikan, aku juga pakai sleek untuk cuci botol tumblr secara kalo pake sabun pembersih biasa wanginya suka ketinggalana gitu, iyuh

    ReplyDelete
  43. Selama ini cuma merhatiin logo MUI, usia, sama SNI aja. Jadi lebih tau banyak kriteria yg lain ternyata :)

    ReplyDelete
  44. Wah. Apalah aku baru tau kalo Sleek bisa dibuat nyuci mainan. Kemane aje guweh, ya ampun..
    Kalau mainan Adek Fi dicucinya seberapa sering? Cara nyucinya gimana? Direndem gitu kah?

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^