Membuat Menu Buka Puasa dari Keju dengan Oven Terbaik

Membuat menu buka puasa mengenyangkan dari keju yang simpel dengan menggunakan oven terbaik, yaitu Cosmoven CO-9226 RCG.




Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Keju, adalah makan favorite buat saya dan keluarga. Kami semua pencinta keju. Aneka makanan rasanya nikmat banget kalau diberi tambahan keju. Sakin sukanya, saya pernah mereview restoran yang everything is cheese.

Baca : Review Mozza Bistro Bogor, Surga Bagi Para Pencinta Keju

Karena sukanya kami dengan keju, saya selalu nyetok setiap bulannya di rumah keju batangan. Biasanya keju yang saya stock itu keju chedar dan keju quick melt. Apalagi bulan Ramadhan ini. Stock keju saya yang biasanya cuma 2 kotak sebulan, kini bertambah 2x lipat. Sudah pasti deh, kejunya dipakai buat menu buka puasa.

Menu buka puasa favorite kami setiap lebaran itu, harus ada Pisang Gencet. Yang toppingnya bertabur coklat dan keju. Hmm.. kalau mau resepnya, saya juga pernah tulis kok di blog ini.

Baca resep keju lainnya : Pisang Gencet, Pisang Goreng Keju, Bayam Kentang Nugget



Kenapa sih Mba suka keju?
Karena resep yang saya lihat di instagramnya Tasty dan Chefclub, itu simple-simple bangeeeet. Menu-menu yang disajikan di instagram mereka itu pasti ada keju dan dagingnya. Iyalah yaaa, namanya bule kan demen keju. Makanya kita pun dijuluki keluarga bule juga karena suka keju. Bule.. potan.

Nah, Cuma niiiih... ada yang saya sebel kalau sedang lihat video tutorial resep-resep tersebut. Kebanyakan resep mereka itu masakannya dipanggang. Secara saya nggak punya oven.. hiks.. eh, ada ding oven seng yang pakai kompor atau biasa disebut Otang.

Dengan berat hati, selama saya nggak punya otrik (oven listrik), saya hanya mengumpulkan link-link tutorial masak yang menggunakan panggangan. Hingga Ramadhan ini, Allah baru mengabulkan doa saya yang ingiiin sekali punya otrik. Nggak tanggung-tanggung Allah langsung kasih otrik dari oven terbaik Cosmoven type CO-9926 RCG. Barakallaaaaah..

Maka mulailah saya mengeksekusi semua resep panggang yang saya kumpulkan. First test, saya coba membuat Smoke Cheese Pastry. Ini nih resepnya.

Smoke Cheese Pastry (Roasted Smoke Cheese)

Bahan-bahan :

  • Pastry instant 1 lembar ukuran 30x30cm
  • Smoke Beef secukupnya
  • Keju Mozzarella/Quick Melt secukupnya
  • Kuning Telur 1 butir
  • Oregano (optional)
  • Kertas roti untuk alas loyang

Cara membuat :

  1. Potong-potong pastry selebar smoke beef.
  2. Potong-potong keju memanjang berbentuk stick sesuai panjang smoke beef.
  3. Pipihkan pastry dengan menggunakan botol atau penggiling roti.
  4. Susun pastry, lalu smoke beef terakhir keju. Gulung seperti risoles.
  5. Tusuk-tusuk pastri dengan garpu.
  6. Olesi atas pastri dengan kuning telur menggunakan kuas.
  7. Bubuhkan oregano. Oregano ini selain menambah rasa guri, juga membuat harum pastry.
  8. Panggang pastry dengan temperatur 200 derajat Celcius dan api atas bawah, selama 20 menit.
  9. Nah, Smoke Cheese Pastrynya siap disajikan.

Buat teman-teman yang masih bingung baca tutorial memasaknya,silakan lihat channel youtube Ade UFi tentang membuat cemilan praktis berbahan keju dibawah ini ya :


Tips-tips :

  • Makan selagi panas, karena kejunya masih lumer. Kalau sudah dingin kejunya membeku lagi dan jadi kenyal seperti karet.
  • Lebih nikmat dimakan dengan saos sambal/tomat
  • Sebelum memipihkan pastry taburi alas pipihan dan tangan dengan tepung terigu. Fungsinya agar adonan tidak lengket

Tentang Oven Listrik Cosmoven CO-9926 RCG

Pertama kali ovennya tiba, saya kaget juga, ternyata ovennya besar banget. Kapasitasnya hingga 26 liter. Beda sedikit dengan lebar otang. Kalau dari gambarnya bisa masuk 1 ayam, tapi menurut saya 2 ayam pun masuk itu.


Oiya, Cosmoven CO-9926 RCG ini bisa buat grill ayam juga. Dia memiliki pemanggang yang berputar (BBQ Rotisseries Pick), macam di restoran kebab. Bedanya ini horizontal bukan vertikal. Selain ayam juga ada tempat buat manggang ikan. Trus nggak usah khawatir remah atau ceceran bumbu akan merusak bagian bawah oven, karena ada cramb tray (alas remah) jadi oven tetap bersih.

Ruang dalam cosmos pun terdapat 2 rak. Jadi macam otang aja deh. Aah, jadi mau buat kue lebaran pakai Cosmoven nih. Udah ada nih resepnya, siap eksekusi. Xixixixi..

Berikut video unboxing Cosmoven CO-9926 RCG



Mba, Oven listrik kan wattnya lumayan nyedot. Nggak takut boros listrik?
Hmm.. setau saya oven dari cosmos sebagian besar sudah diproduksi rendah daya listrik (low watt), termasuk cosmoven CO-9926 RCG ini. Untuk penggunaan api bawah atau api atas saja hanya menyedot 400 watt, tapi kalau penggunaan api atas dan bawah 800 watt dengan daya 220v, 50 Hz.

Saat jajal pertama kali memanggang, sebelum eksekusi smoke cheese pastry, saya menggunakan api bawah saja pastrynya sudah matang kok. Makanya begitu eksekusi smoke cheese pastry, dengan menggunakan api atas bawah, matangnya lebih merata.

Yang paling membedakan cosmoven dangan otrik lainnya, terdapat mode stay on. Mode stay on ini fungsinya agar oven tetap dalam kondisi suhu yang sama walau tak digunakan. Fungsi mode stay on ini pas banget buat yang bikin kue kering banyak, seperti para penjual kue kering. Dimana ovennya nggak berhenti memanggang.


Kabarnya sekarang Cosmoven mengeluarkan type yang lebih besar lagi kapasitasnya, yaitu VRL series. Semua fungsinya serupa dengan Cosmoven CO-9926 RCG. Bedanya hanya di 3 hal, yaitu

  • Kapasitas lebih besar (35 Liter, 45 Liter, 66 Liter), sehingga daya pun menjadi lebih besar yaitu 600 watt (api atas/bawah) dan 1200 watt (api atas bawah).
  • Ada lampu dalam oven (interior light)
  • Memiliki sistem convection agar panas dapat terdistribusi secara merata. 
Nah, cocok banget nih buat teman-teman yang punya bisnis home industri untuk kategori makanan/kue panggang.

Kalau mau tahu info lengkapnya, teman-teman bisa mengunjungi web-nya oven terbaik cosmos yaitu www.cosmos.id . Teman-teman bisa dapat informasi lengkap tentang produk cosmos. Bahkan ada whatsapp online kalau mau langsung chat customer servicenya.

Naaah, sekian dulu resep menu buka puasa kali ini yaa.. tunggu resep memanggang berikutnya dengan Cosmoven CO-9926 RCG. Happy Cooking ^_^

Wassalam








20 comments

  1. Halo mbak Ade :D Waaaah, jadi begitu toh perbedaan watt 400 dan 800 cara penggunaan api atas (dan) atau bawah ya? Berarti kalo bikin smoke cheese pastry ini bagusnya pakai api atas dan bawah ya supaya matangnya merata dan lebih cepat, begitu? Kita sekeluarga demen banget kejuuuuu ;) Kayaknya aku mesti praktekkan resepnya nih. Secara sebenarnya gampang ya tapi malesnya itu ampyuuuun deh. Btw, bagi resep salad buahnya dong hehehe :)

    ReplyDelete
  2. Wah, tampilan ovennya keren begini, cantik deh bikin kita mamah2 jadi kepengen masak dan bikin kue terus hihihihi :) Cosmoven ini kapasitasnya lumayan besar. Watt nya juga bisa besar maupun kecil ya tergantung penggunaan apinya. Api atas atau bawah, bisa juga atas sekalian bawah. Enaknya keduanya aja biar matangnya merata. Kirim dooooooong sini!

    ReplyDelete
  3. lelehan kejunya menggoda banget, asik y punya oven listrik di rumah, bisa banyak kreasiin makanan buat kita dan anak2

    ReplyDelete
  4. Abis baca trus liat videonya cuuusss aku langsung pingin beli pastry instan hahaha.. Belom pernah nyoba nih aku mba bebikin pake pastry instan. Ini resepnya gampang ya keliatnnya. Bahannya juga nggak banyak tapi keliatannya enak bangeeeet... Duh, pas itu dipotong trus kejunya meleleh bikin seneng hatikuu.. hahaha Suka banget sama kejuuu.. :D

    ReplyDelete
  5. Kejunya meltiiiing, jadi mupeng pengin bikin jugaaaa
    Ini microwave oven wish list akuuu mba
    Semoga ada rezeki untuk mengadopsi oven ini, aamiiiin :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Kayaknya kok enak banget ya keju dioven, jd kebayang pizza deh 😅 rasa gurihnya nendang... Tp sayangnya aku gak punya oven

    ReplyDelete
  7. Puasa puasa begini lihat makanan yang ada keju-kejunya rasanya meleleh deh. Oven zaman sekarang yang ada listriknya, watt nya juga nggak gede-gede amat ya ternyata.

    ReplyDelete
  8. Simple dah kalau urusan membuat kue dengan hadirnya cosmos oven, dan jadi mupeng dong lihat keju nya 😍

    ReplyDelete
  9. Aku tuh paling senang saat mencoba oven ini. Ya ampun akhirnya ada oven listrik yang kece, watt kece dan bisa di andalkan. Cosmos emang pilihan

    ReplyDelete
  10. Noted, aku jadi tau mba Ade nemu resepnya dimana, hehe... Keju tuh emang paling bikin meleleh deh kalau bagi yg suka mah. Main ke Perigi bawa ini dong mba, haha *nodong

    ReplyDelete
  11. Smoke cheese.. mashaAllah mba ade ini selalu sukses membuat aku auto ngeces saat liat postingan makanannya di IG atau di blog.. sepertinya bisa buat usaha sendiri nih mbak, aku bakalan jadi yang pertama beli.. open order smoke cheese ini please!

    ReplyDelete
  12. Mbak Adeee.... Ini resepnya bikin ngiler banget! Aku mau coba ah buat Alula. Dia suka banget sama keju. Duh bikin makin ngerayu suami buat beli ovennya

    ReplyDelete
  13. Bikin ngiler deh kalau makanan berbau keju karena aku suka banget! Ditambah masaknya pakai oven yang praktis dan efisien.

    ReplyDelete
  14. Makanan yang dipanggang memang lebih sehat. Ini resepnya gampang karena bahannya instan semua. Kayaknya orang Betawi itu emang demen keju, karena babehku juga demen banget ame keju wkwk

    ReplyDelete
  15. Produk Cosmos memang selalu bisa diandalkan dan hasilnya selalu sempurna, kebetulan aku blm punya oven nih mba, nabung aja kali ya biar bisa bikin cemilan enak macam ini

    ReplyDelete
  16. Ada loh mbak temenku yang nggak suka keju. Heran aku..
    Padahal keju tuh menambah selera makan, apalagi mozzarella. Susah ditolak!

    ReplyDelete
  17. Bisa menyajikan yang terbaik buat keluarga saat bulan puasa itu sangat menyenangkan ya. Kesukaan anak saya juga memang sajian simple dengan bahan dasar keju seperti ini. Dimakan saat masih hangat beneran terasa nikmatnya

    ReplyDelete
  18. Duh, ngiler lihatnya. Kayaknya gampang ya bikinnya. Save resepnya ah. Nanti kalo senggang kepengen bikin. Pinjem dulu oven listrik ke kakak :D

    ReplyDelete
  19. Liat makanannya auto lapar aku, dari dulu aku juga pengin banget beli oven listrik tapi selalu maju mundur takut dayanya terlalu besar 😅

    ReplyDelete
  20. Eyaampuuunn itu lelehan kejunya. Menggiurkan banget deh, Mbak. Jadi makin pengen kan saya punya oven. Abisnya oven di rumah udah lama rusak

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^