Tips Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi

Friday, May 24, 2024

Siapa sih yang nggak suka nasi? Untuk orang Indonesia Nasi adalah makanan pokok yang menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Biar sudah makan lontong, roti, bacang (makanan yang bahan utamanya beras) tetap saja buat orang Indonesia judulnya “belum makan”. Tapi… seringkali nasi yang kita masak tuh nggak bisa tahan lama dan mudah basi. Ujung-ujungnya jadi boros, karena banyak nasi terbuang…hhh… Nah, kali ini saya mau berbagi tidak tahan lama dan mudah basi, Tips Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi.

Rice Cooker Sekai Tahan dan Anti Basi 48 jam

Bismillahirrahmanirrahiim, Tips Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi

Jaman now, memasak nasi sudah tidak lagi menggunakan dandang. Yes, semua sudah menggunakan rice cooker. Dengan rice cooker kita nggak perlu lagi mengaduk aron nasi, nggak perlu lagi mengkukus di dandang, dan yang jelas nggak perlu capek cuci piring perlengkapan masaknya yang tidak sedikit.

Namun, resiko memasak nasi dengan rice cooker ini tidak bisa tahan lama. Nasi jadi lebih mudah basi. Nah, berikut Tips Memasak Nasi Dengan Rice Cooker Agar Tidak Mudah Basi

1. Pilih Kualitas Beras yang Baik

Nasi yang pulen, enak dan nggak mudah basi, bahan utamanya jelas dari beras yang berkualitas. Jenis beras yang berbeda memiliki kekuatan tingkat ketahanan yang berbeda pula. Untuk beras yang menghasilkan nasi tahan lama, kita bisa memilih beras dengan kadar air yang rendah, seperti beras pulen atau beras basmati. Hindari beras pera yang mudah lembek dan cepat basi.

2. Cuci Beras dengan Bersih

Sebelum masak nasi, beras sebaiknya kita cuci terlebih dahulu, untuk menghilangkan menghilangkan kotoran, debu, dan kelebihan pati pada beras yang dapat menyebabkan nasi cepat basi. Cucinya 3 – 4x bilas yaa.. jangan terlalu bersih juga, karena nutrisi beras bisa hilang.


3. Takaran Air yang Pas

Saat memasak, pastikan takaran airnya pas yaa.. karena kebanyakan air membuat nasi lembek dan mudah basi. Takaran air juga dilihat dari jenis berasnya. Takaran air yang tepat sangat penting untuk menghasilkan nasi yang pulen dan tahan lama.


4. Beri Bahan Tambahan Lain

Suka nggak sih kita dapat informasi untuk memberikan bahan tambahan lain agar nasinya lebih enak sebelum kita memasaknya? Nah, ternyata beberapa bahan tambahan tersebut selain menambah aroma nasi lebih haru dan rasa lebih enak, mampu mencegah nasi cepat basi. Bahan-bahan tersebut adalah daun salam, serai, atau bawang putih.


5. Masak untuk Sekali Masak

Kadang saking malesnya kita, memasak nasi di rice cooker dengan takaran lebih dari takaran makan sekali makan dalam sehari. Nah, biar nggak mudah basi, sebaiknya takar beras untuk dimasak menjadi nasi untuk sekali makan dalam sehari.


6. Biarkan Sejenak Nasi yang Baru Matang

Terkadang kita suka buru-buru mau makan saking laparnya, jadiii.. begitu lampu indicator rice cooker berubah warm, main buka dan ambil nasinya saja. Padahal kondisi tersebut nasi belum masak dengan sempurna, kalau istilah kita nasi belum tanak. Nah, agar nasi tanak setelah lampu indicator ke warm, diamkan terlebih dahulu selama 10 - 15 menit. Barulah kita simpan di tempat yang kedap udara dan sejuk. Jangan biarkan nasi berlama-lama di dalam rice cooker.


7. Aduk Nasi Setelah Matang

Saya ingat waktu melihat mama saya memasak nasi dulu. Beliau, walau menggunakan rice cooker, selalu mengaduk nasinya setelah nasi matang. Kalau menurut beliau biar makin enak. Ternyata kegiatan tersebut, mampu mencegah nasi basi. Mengaduk nasi setelah matang fugsinya untuk meratakan tekstur nasi dan mencegah bagian bawah nasi menjadi lembek, sehingga nasi bisa lebih tahan lama.


8. Pilih Rice Cooker Berkualitas

Pemilihan rice cooker juga menjadi hal penting untuk membuat nasi tahan lama dan tidak mudah basi. Salah satunya cari rice cooker yang memiliki kelebihan 3D Heating Elemen. Desain 3D heating elemet dirancang untuk mendistribusikan panas ke seluruh penampang panci bagian dalam (inner pot) dengan lebih merata. Ini bisa membantu menghasilkan nasi yang matang lebih konsisten, pulen, dan mengurangi risiko bagian nasi yang gosong atau tidak matang. Selain itu membuat nasi lebih tahan lama atau tidak mudah basi.

Nah itu tadi tips memasak nasi dengan rice cooker agar tidak mudah basi. Bicara soal rice cooker yang memiliki fitur 3D Heating Elemen, saya punya rekomendasi merek rice cooker tersebut, yaitu Sekai Rice Cooker CMW 515 dan Sekai Rice Cooker CMW 520. Kita coba kupas satu-satu yaa..


Sekai Rice Cooker

Sekai adalah merek peralatan rumah tangga berkualitas tinggi. Seluruh produk SEKAI telah memenuhi standar SNI dan bergaransi, sehingga kualitas selalu terjaga dengan baik. Sekai mempunyai produk rice cooker yang dengan memiliki fitur 3D Elemen dimana fitur tersebut mampu membuat nasi tahan lama hingga 48 jam. Duh kebayang 48 jam. Berarti nasi yang dimasak dengan Sekai Rice Cooker bisa tahan 2 hari ya.

Varian Sekai Rice Cooker yang memiliki fitur 3D Elemen Heating ada dua yaitu yaitu Sekai Rice Cooker CMW 515 dan Sekai Rice Cooker CMW 520.

Sekai Rice Cooker CMW 515

Pada Sekai Rice Cooker CMW 515 kapasitasnya hingga 1,8 liter untuk memasak, namun bisa mencapai 5 liter untuk menghangatkan. Dengan watt yang rendah, sebesar 395 Watt dan frekuensi 220 V / 50 Hz, Sekai Rice Cooker CMW 515 mampu menghemat listrik, sehingga bisa dioperasikan untuk semua kalangan.

Pancinya juga menggunakan teknologi Panci Nanotech, sehingga tidak mudah lengket, tergores dan mudah dibersihkan. Selain itu panci yang aman karena termasuk peralatan masak food grade (bebas PFOA & PFOS)

Rice Cooker Sekai Tahan dan Anti Basi 48 jam

Sekai Rice Cooker CMW 520

Varian kedua Sekai Rice Cooker yang merupakan #Ricecookerantibasi48Jam adalah Sekai Rice Cooker CMW 520.

Sekai Rice cooker CMW 520 ini merupakan rice cooker digital yang mempunyai tiga fungsi yaitu untuk memasak nasi, menghangatkan dan mengukus makanan, sehingga praktis digunakan.

Sekai Rice Cooker CMW 520 memiliki keunggulan yang sama dengan Sekai Rice Cooker CMW 515, bedanya hanya didesainnya. Memiliki 2 warna Bronze dan Rose Gold dengan permukaan stainless yang glossy, Sekai Rice Cooker CMW 520 terlihat mewah.


Rice Cooker Sekai Tahan dan Anti Basi 48 jam

Harga dan Tempat Membeli Sekai Rice Cooker

Buat teman-teman yang tertarik untuk menggunakan Sekai #RiceCookerantibasi48jam type Sekai Rice Cooker CMW 520 dan Sekai Rice Cooker CMW 515 bisa beli di link berikut https://bit.ly/3V7PEkj

Harganya juga pas lagi diskon looh, untuk Sekai Rice Cooker CMW 515 yang semula dijual Rp 511.000 menjadi Rp 244.500, sedangkan untuk type Sekai Rice Cooker CMW 520 yang memiliki harga normal Rp 574.000 menjadi Rp 245.000

Nah, tunggu apalagi? Selain mencoba tips memasak nasi dengan rice cooker agar tidak mudah basi, kita juga bisa beli langsung saja Sekai #RiceCookerantibasi48jam. Selamat mencoba!
Wassalam


4 comments

  1. Demi apa... ada rice cooker harganya gak nyampe 300ribu dan dengan kemampuan bikin nasi awet, gak mudah kering juga gak mudah lembek...

    Aku dari kemarin cari-cari rice cooker memang, ka Ade... Nuhun informasinya.
    Aku simpen dulu linknya.. mau ajuin proposal, hehehe.. Naksir Sekai Rice Cooker yang ada warna pink-nyaa.. kayanya pernah liat tipe ituu..

    ReplyDelete
  2. Kebetulan rice cooker mamak lagi rusak, ini beneran harganya separoh harga ma? Wah langsung buka shopee nih.

    ReplyDelete
  3. Aaaah kok pas banget sih aku lagi cari rice cooker! Dikau cenayang apa yaaaa
    aku nanti akan cari Sekai, ternyata tak terlalu mahal ya

    ReplyDelete
  4. Nasi pulen, enak dan berkualitas.Membuat nasi menjadi tidak mudah basi. Makan menjadi nikmat yah.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^