Cara Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Jadi Chef dengan wajah cantik dan glowing, apalagi sudah masuk usia diatas 35 tahun, seperti Farah Quinn, pastinya jadi idaman para pencinta kuliner. Tapi teman-teman tau nggak kalau asap dapur yang berasal dari makanan yang kita masak itu, bisa menimbulkan efek penuaan dini. Bahanyanya takkalah dengan asap rokok. Hmm… jangan khawatir yaa, karena saya akan bocorkan tips mengatasi penuaan dini dari asap dapur. Yuk, cekidot! 

you golden age refening serum

Bismillahirraanirrahiim, Cara Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Manusiawi sekali jika setiap orang, terutama wanita, pastinya ingin selalu terlihat awet muda. Wajah cerah, bersih dan tanpa flek atau kerutan. Termasuk juga saya, tapiii.. siapa yang sangka jika ternyata kulit bisa terlihat kusam dan terjadi penuaan dini bukan karena kita sering main layangan diluar yang terpapar matahari atau jalan-jalan yang berefek debu nempel diwajah kita, melainkan dari dapur pun kita bisa terkena masalah kulit kusam dan penuaan dini tersebut.


Dampak Buruk Asap Dapur bagi Kulit Wajah

Sebagai Food Blogger, pastinya sehari-hari saya berkutat di dapur dengan uap panas dari masakan. Menurut artikel yang pernah saya baca, uap panas itu lah yang bisa bikin wajah kita kering, kusam, timbul flek dan terjadi penuaan dini. Dari artikel tersebut, ada statement dr. Lula Kamal yang mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian profesor ahli dalam bidang onkologi dan radiologi, asap dapur yang dihasilkan saat memasak atau mengolah masakan sama buruknya dengan asap rokok. Wuiiih… serem kaan?

Asap dapur yang keluar itu adalah hasil pembakaran atau oksidasi yang mengeluarkan beragam zat kimiawi seperti CO2 (karbon dioksida), SO2 (sulfur dioksida) dan NO2 (nitrogen dioksida). Ketiga zat kimia tersebut jika diserap tubuh, terutama wajah, dapat menyebabkan kulit menjadi kering karena terkikis kelembapan alaminya, kusam seperti terbakar, warna yang menggelap (flek hitam) serta berminyak. Yang kesemua efek tersebut membuat seseorang mengalami penuaan dini.

Saya pikir dulu yaa wajah kusam itu karena pola makan dan hidup kita yang tidak sehat, ternyata oh ternyata... asap dapur juga bisa menjadi faktor dominan penuaan dini terjadi.


Skincare untuk Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Dari seluruh artikel kesahatan, penuaan dini dari asap dapur dapat dicegah dengan menggunakan sunblock sebelum memasak. Macam orang mau jalan-jalan atau berenang saja yaa pakai sunblock. Akhirnya saya pun pakai deh tuh ya yang namanya sunblock. Memang sih nggak terlalu kusam, tapi kulit wajah saya masih saja berasa kering dan agak kesat.

“Coba pakai serum dulu, De baru kasih sunblock!” saran dari seorang teman. Apalagi usiaku sudah diatas 40 tahun. Dia menyarankan agar saya menggunakan serum anti aging, biar wajah lebih kenyal dan halus seperti saat usia kita 20 – 30 an. Hmm…

Mulailah hunting serum anti aging yang bisa bantu mencegah penuaan dini dari asap dapur. Hingga akhirnya saya berkenalan dengan Y.O.U Beauty.


Y.O.U Beauty, Brand Skincare untuk Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Memang Indonesia ada banyak produk anti aging yang ditawarkan, namun yang menjadi produk  favorite anti aging serum ada pada produk keluaran Y.O.U Beauty dengan Y.O.U Golden Age Series. Y.O.U Beauty merupakan brand kecantikan internasional dari HEBE Beauty Group. Y.O.U  Golden Age Series ini mempunyai banyak rangkaian produknya. Berhubung saya butuhnya serum maka saya cari produk serum antiagingnya. Alhamdulillah nih ada ternyata, yaitu Y.O.U Golden Age Refining Serum.


Y.O.U Golden Age Refining Serum Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Y.O.U Golden Age Refining Serum ini hadir sejak Januari 2020. Bahkan berdasarkan hasil survei dari Home Tester Club, World's Biggest Grocery Review Platform, tahun 2021 ini, Y.O.U Golden Age Refining Serum masuk ke dalam produk favorite anti aging di Indonesia. Hmm… jadi produk favorite tentunya cocok di kebanyakan kulit wajah orang Indonesia. Saya jadi makin penasaran kan mau coba.


Kemasan Y.O.U Golden Age Refining Serum

Alhamdulillah begitu paket Y.O.U Golden Age Refining Serum tiba, saya langsung suka dengan kemasannya. Dengan box luar berwarna emas, menunjukkan kelas elegan dari produk tersebut. Makin terlihat elegan ketika melihat warna botol Y.O.U Golden Age Refining Serum yang mempunyai gradasi warna kuning coklat keemasan dan hitam. Mungkin karena untuk ‘golden age’ semua warna kemasan bernuansa emas.

Seperti kebanyakan botol serum, bentuk botol Y.O.U Golden Age Refining Serum juga mempunyai tutup berupa pipet. Sayangnya botol Y.O.U Golden Age Refining Serum ini terbuat dari kaca, jadi kudu hati-hati kalau mau kita bawa traveling ya.  


Tekstur dan Wangi Y.O.U Golden Age Refining Serum

Setelah saya buka, tekstur dari Y.O.U Golden Age Refining Serum ini agak kental, namun ketika diaplikasikan diwajah ia seperti air. Ringan dan cepat sekali menyerap di wajah. Dan ada wangi-wangi lembut, seperti wangi daun teh. Seger gitu dan tidak mencolok. Wanginya baru bisa tercium ketika kita mengendus langsung ke dalam botol atau saat mengplikasikan diwajah.

you golden age refening serum



Kandungan dan Manfaat Y.O.U Golden Age Refining Serum untuk Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Tentunya kandungan yang dimiliki Y.O.U Golden Age Refining Serum ini nggak sembarangan dong ya, jika sampai dapat predikat sebagai produk favorite anti aging serum di Indonesia.

Ada Punica Granatum Extract atau ekstrak buah delima, Sodium Hyaluronate/Hyaluronic Acid, Agave Tequilana Leaf Extract atau Ekstrak daun agave biru, Jojoba Seed Oil, dan Achillea Millefolium Extract atau Ekstrak Daun Seribu. Dimana semua kandungan ekstrak dalam Y.O.U Golden Age Refining Serum ini memiliki manfaat untuk Anti-Wrinkle yang membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garis halus dan kerutan.

Manfaat lain dari Y.O.U Golden Age Refining Serum juga membantu kulit terasa lembab dan kenyal serta meningkatkan produktivitas kulit. Nah, membuat kulit lembab ini nih salah satu manfaat yang bisa bantu kulit wajah kita dalam mencegah penuaan dini dari asap dapur.


Cara Pemakaian Y.O.U Golden Age Refining Serum

Untuk cara pemakaiannya Y.O.U Golden Age Refining Serum nggak sulit kok. Kita cukup lakukan tahapan berikut ini :

  • Aplikasikan 1-2 tetes serum pada wajah yang bersih.
  • Pijat dengan gerakan memutar.
  • Tepuk-tepuk wajah kita sampai formula terserap sepenuhnya. 


Mudah kan? Tentunya kalau kita mau mendapatkan hasil yang optimal gunakan juga rangkaian perawatan wajah Golden Age lainnya secara teratur. 


Review Menggunakan Y.O.U Golden Age Refining Serum untuk Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Hingga saya mengeluarkan tulisan ini saya memang baru menggunakan serumnya 3x, tapi saya sudah merasakan manfaat dari serum ini. Kulit saya yang tadinya pakai sunblock aja masih berasa kering, setelah 3 hari pakai (pagi dan malam) saya merasakan perbedaannya. Kulit wajah saya terasa lebih kenyal (moist) dan halus lembut. Sunblock yang saya gunakan jadi lebih cepat menyerap, nggak bikin muka lengket karena krim sunblock yang memang kental.

Apalagi saya juga menggunakan Y.O.U Golden Age 2 in 1 Essence. Orang bilang kalau mau lebih oke lagi pakai Essence sebelum pakai skincare, jadi semua produk skincare lebih mudah terserap oleh kulit wajah. Lagi pula Y.O.U Golden Age 2 in 1 Essence mengandung AHA yang membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kelembapan kulit. Pas kaan.

Oiya saya juga menggunakan Y.O.U Golde Age Energizing Eye Cream. Biar sekalian matanya terlindungi. Kan nggak lucu yaa kalau kulit wajah sudah terlindungi dari asap dapur, matanya nggak. Secara sunblock kan nggak boleh sampe mata. Biar matanya juga terhindar dari penuaan dini dari asap dapur.

you golden age refening serum

Kok nggak sekalian coba semua produk Y.O.U Golden Age Series, De? 

Namanya juga baru mencoba, saya memilih produk Y.O.U Golden Age sesuai kebutuhan saya yang mencegah penuaan dini dari asap dapur terlebih dahulu. Kalau sudah oke, mungkin kedepannya saya berpikir untuk mencoba semua rangkaian Y.O.U Golden Age Series.


Harga dan Tempat Membeli Y.O.U Golden Age Refining Serum untuk Mencegah Penuaan Dini dari Asap Dapur

Sebagai produk favorite anti aging serum di Indonesia pastinya serum ini bisa didapatkan di toko kecantikan terdekat serta Y.O.U Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada dengan harga Rp 129.000.

Sedangkan untuk Y.O.U Golden Age 2 in 1 Essence seharga Rp 149.000 dan Y.O.U Golde Age Energizing Eye Cream seharga Rp 109.000

Bukan cuma online aja, setiap pembeli juga berkesempatan mendapatkan 1 free gift hanya dengan datang ke offline store mitra Y.O.U Beauty. Duuuh mayaaan kaan.

Pastinya untuk mendapatkan 1 free gift menarik di offline store mitra Y.O.U Beauty ada cara-caranya, yaitu :

  • Kunjungi Y.O.U Offline Store (100+ toko yang berpartisipasi dan dapat dilihat di Highlight).
  • Post foto dengan photo frame Y.O.U Golden Age Serum dan upload di Instagram Story.
  • Follow akun @youbeauty_idn dan akun Instagram toko yang dikunjungi.
  • Tag 2 orang teman dan gunakan hashtag #FavoritenyaAntiAgingSerum dan #YukVisitYOU
  • Berikan username Instagram, email dan nomor HP ke beauty advisor Y.O.U Beauty.

Kalau sudah kita lakukan semua tahapan diatas, kita langsung mendapatkan 1 FREE GIFT.

Menarik kan?

Nah, teman-teman yang ingin mendapatkan hadiah-hadiah menarik lainnya dari produk favorite anti aging serum di Indonesia ini, bisa gabung bersama Y.O.U Community dan ikuti aktivitas regulernya. 

you golden age refening serum

Sekarang sudah tau kan cara mencegah penuaan dini dari asap dapur? Yaitu menggunakan rangkaian Y.O.U Golden Age plus Sunblock. Selamat mencoba! 


Wassalam









25 comments

  1. OMG, aku baru tahu kalau asap dapur bikin tua. Pantes ya aku awet muda, jarang masak wkwkkw. Nggak ding, aku juga pakai skincare ini, dan suka

    ReplyDelete
  2. Wah, asap dapur ternyata berpengaruh juga sama kulit wajah yah mbaaak.
    Aku udah pernah cobain pake Y.O.U Golden Age Refining Serum, beli waktu ada promo tanggal kembar di marketplace dan langsung suka karena memang bikin kulit wajah jadi lebih kenyal nih.

    Jadi kepo pengen cobain juga essence dan eye cream dari YOU nih

    ReplyDelete
  3. Wah iya dong. Sekarang kan udah makin familiar skincare untuk menjaga kulit muka, buat kita2 yg demen masak. Jadi gak ada alasan muka gak kece karena asap dapur ya, Mi, haha... Cantik plus jago masak, ah emang miss nita banget deh, hahahah... Eh Ummi juga dong :D

    ReplyDelete
  4. Free gift-nya menarik, Mbak. Apalagi kalau gift-nya produknya boleh milih sendiri, waah mau banget. :)

    ReplyDelete
  5. Ternyataaa aku bisa penuaan dini karena di dapur ya 😅 asap dapur bikin kulit kering. Aku yg memang berkulit kering nih mba. Wah bisa nambah kering. Hiks... perlu skincare yg kayak gini nih aku biar moist kulitnya ya mba Adeee

    ReplyDelete
  6. Baru tahu banget nih mbak kalau asap memasak itu hampir sama efeknya sama asap rokok. Jadi besok² pakai serum dan sunblok dulu sebelum masak deh...

    Btw, aku penasaran sama skincare Y.O.U golden age ini, ntar coba kepoin ah

    ReplyDelete
  7. Ini yang belum banyak orang yang tahu kayaknya ya, termasuk aku, huhu. Paparan asap dapur ternyata bisa menyebabkan penuaan dini, harus dirawat dengan produk yang tepat seperti Y.O.U ini ya Ummi, wanna try bangeeet

    ReplyDelete
  8. Banyak hal membuat kita tua, dan itu dikatakan normal karena selalu dilakukan nyaris semua orang. Kita bisa melakukan banyak hal termasuk memasak kalau punya skincare terbaik seperti ini.

    ReplyDelete
  9. Selama ini gak kepikiran kalo asap dapur bakal bikin penuaan dini haha..ternyata ya.. bisa juga jadi penyebab penuaan dini...

    ReplyDelete
  10. Waduuuhh aku baru rau asap dr masak memasak di dapur bisa bwrsampak buruk buat wajah kita. Apa kabar emak2 yg tiap hari di dapur? Jadi harus banget ya mbak merawat wajah sejak dini pake serum ni supaya awet muda

    ReplyDelete
  11. Pas dengan yg pernah saya baca, yakni asap dapur itu juga ngaruh ke kulit. Maka, meski di rumah aja, tetep kudu pake skinker (termasu tabir surya). Plus kalau bangun tidur, jangan langsung nyalain kompor. Tapi basuh wajah dlu utk ilangin krim malam. Buat temen2 muslimah sih auto yaa karna kan wudhu buat subuhan :)

    ReplyDelete
  12. Berada di rumah terus pun, kulit wajah tetap berisiko mengalami masalah, ya. Karena dari asap dapur pun bisa mengakibatkan penuaan dini. Udah gak ada alasan lagi deh untuk mager. Saya juga pakai rangkaian Y.O.U yang ini.

    ReplyDelete
  13. Aku baru mencoba beberapa serum mba, sejauh ini alhadulillah cocok-cocok aja. Aku jadi penasaran mau cobain serumnya Y.O.U deh

    ReplyDelete
  14. Ya ampun, ternyata asap dapur bisa menyebabkan penuaan dini ya, bukan cuma matahari aja... Serem... Harus rajin pakai sunscreen ya meski di rumah aja... Penasaran juga sama serumnya...

    ReplyDelete
  15. Ini yg ga disadari para bu ibu ya efek asap dapur apalagi di rumah belum pasang cooker hood. Jdi pengen coba serum YOU

    ReplyDelete
  16. iya, semakin sering kena asap dapur semakin wajah kena penuaan
    makanya perlu dirawat ya mbak, salah satunya ya dengan pakai serum dari Y.O.U ini

    ReplyDelete
  17. Iya ya, efek asap dapur nggak bagus untuk kulit wajah. Jadi inget, kadang kalo pulang kampung sering banget nih kena asap karena disana masaknya masih pake kayu, udah kebayang kan tebel banget asapnya.
    Makasih ya mbak infonya, meski di dapur skincare jangan lupa.. Masak tetep, skincare an wajib biar tambah glowing.. Eaa ahahaha

    ReplyDelete
  18. Walo jarang masak, tapi aku juga terpapar UV banget deh mbaaa
    karena ke mana2 naik motor.
    sip sip, kapan2 mau coba produk Y.O.U ini ah
    mantuullll

    ReplyDelete
  19. Tantangan seorang Mama Digital yaa, kak Ade.
    Selain perkara sinar biru dari digital, juga asap dapur. Perlu banget menggunakan rangkaian produk Y.O.U Golden Age Refining.

    ReplyDelete
  20. boleh juga nih mak, aku kadang suka masak juga, hehehe. btw cara pemakaian serum ini, dimana-mana sama yah, tinggal lagi kandungannya dan efeknya. You ini sering banget aku liat si store, iklannya juga banyak, tapi belum nyoba.

    ReplyDelete
  21. asli baru tau kalau asap dapur bikin tua, berapaan yaa mbak harga skin care ini semua ? bisa-bisa aku jadi malas masak neh, takut penuaan dini....wkkk, masak kudu pakai skincare lengkap...omg

    ReplyDelete
  22. Bener banget mbaa, emang asap dapur itu kayaknya ga keliatan, tapi bisa bikin kusam wajah ya. Aku aja ga nyadar selama ini asal kusamnya dari mana, wong jarang ke luar rumah 🤣. Kayaknya musti coba Y.O.U serum ini nih

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku bertanya-tanya, kenapa ya kok ibu makin banyak flek dan kulitnya cepet keriput sejak punya rumah makan. Ternyata ini jawabannya, asap dapur ngaruh ke kulit wajah.
    Y.O.U Golden Age refining serum bisa buat nyamarin milea enggak ya? Aku pake serum yabg ada niacinamide belum kelihatan hasilnya heuheuuu

    ReplyDelete
  24. Iya nih, ibu-ibu kudu waspada. Asap dapun bisa bikin aging lebih cepat ya di kulit wajah. Btw, penasaran dengan produk YOU ini. Jadi kepengen nyoba feh 😍

    ReplyDelete
  25. Baru tau mbak kalo asap masakan juga bikin wajah kita cepet mengalami penuaan dini. Kupikir hany matahari aja, siap siap kencengin skinkernya lagi nih. Pengen nyobain Y.O.U juga ah next time ;)

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^