Cara Membuat Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia

Selama ini Creamy Spinach yang kita coba di restoran steak atau western bahkan di hotel-hotel, kebanyakan agak hambar. Sementara lidah orang Indonesia itu Sukanya gurih, karena masakan Indonesia kebanyakan berbahan dasar kelapa atau santan. Nah, kali ini saya akan menulis cara membuat Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia.

Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Dua Minggu lalu saya mengajak teman-teman Food Blogger untuk mengikuti #brushchallange versi makanan. Maklum kan buat food blogger ya. Dan bahan yang dipakai adalah telur. Saya kepikiran untuk buat Telur Sembunyi, tapi saya namain dengan bahasa Betawi, yaitu Telur Ngumpet.



Lalu setelah video jadi salah satu teman yang memang chef asli, bukan food blogger lagi, bilang kesaya. “Mba, telur sembunyi itu namanya Scott Eggs dan temannya itu Creamy Spinach dan Hollandies Saus plus keju mozzarella”.

Wooow.. saya kebayang itu enaknya seperti apa. Saya langsung cari tutorial dan resepnya semua yang disebut Mas Jun (temen Chef yang beri tahu itu) di youtube. Dan semua bahannya itu mudah banget dibuat, bahan-bahannya juga bukan bahan susah. Maka untuk awal saya buat Creamy Spinach terlebih dahulu, karena kebetulan semua bahan ada di kulkas.

Asal Mula Creamy Spinach

Tadinya sebelum saya menulis resep, saya mau cari tau dulu nih sejarahnya Creamy Spinach itu apa. Siapa yang menemukan dan makanan khas mana. Ternyata setelah saya googling, saya nggak menemukan sejarahnya.

Hanya saja saya jadi tau kalau Creamy Spinach itu awalnya hanya sebuah sop bayam biasa. Nah dari sejarah sup bayam ini saya jadi tau asal mula Creamy Spinach.

Berdasarkan artikel Sup Bayam di Wikipedia, Sup Bayam ini dulu makanan khas raja-raja Cina (duh.. saya langsung kebayang drama Korea yang serial kerajaan). Nah menjadi makanan raja paling mewah ketika ditambah dengan tahu putih. Sop bayam dengan tahu putih itu diberi nama Emerald and White Jade Soup. Bayamnya menandakan sebagai Zamrudnya (emerald) dan tahu putihnya sebagai giok putih (White Jade). Tuh kaaan dari namanya aja sudah keliatan mewahnya ya. Namanya juga makanan Raja.

Sup Bayam asal mula Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia
Emerald and White Jade Soup asal mula Creamy Spinach (photo by wikipedia)

Namun di India, susu menjadi kuah wajib yang digunakan untuk sup bayam, mereka menyebutnya dengan nama Sup Palak. Duuh.. Sup aja ada yang malak ya.. xixixi..

Nah, kalau Palak Soup ini bayamnya di hancurkan (diblender halus) dan dicampur dengan susu, sehingga Nampak seperti bubur bayam.

Palak Soup bagian dari Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia
Palak Soup bagian dari Creamy Spinach (photo by Hebbert.com)

Beda di India, beda juga dengan di negara barat. Di Negara Barat, bayamnya dibiarkan utuh. Creamy Spinach bisa menjadi hidangan pendamping untuk makan steak atau Scotch Eggs seperti yang dibilang Mas Jun tadi.

Resep Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia

Nah, setelah tau asal mulanya, kali ini saya mau mencoba membuat sup bayam ini, namun saya ambil yang ala western food dulu ya, yaitu Creamy Spinach. Doain aja saya niat mau buat Palak Soup. ^_^

Namun walaupun saya ambil yang ala western, rasanya tetap saya pakai Creamy Spinach cita rasa Indonesia. Soalnya, jujur.. saya memang suka makanan western, tapi kebanyakan hambar. Semetara lidah saya lidah orang Indonesia, Sukanya dengan yang gurih. Lidah mecin kalau kata orang-orang sih.. xixixi..

Bahan-bahan Creamy Spinach


  • Susu full cream 250ml (bisa diganti dengan santan instan/cooking cream)
  • Bayam 2 iket (rendam air garam sebelum masak)
  • Tepung terigu 1 sdm
  • Butter/Margarine 3 sdm
  • Bumbu uleg : 2 siung bawang putih dan 1 buah biji pala
  • Garam dan lada bubuk secukupnya
  • Bubuk Cabe secukupnya (optional)


Cara membuat Creamy Spinach


  • Panaskan margarine hingga mencair (saya pakai ini karena yang ada ini di rumah, kalau resep aslinya sih unsalted butter).
  • Masukkan tepung terigu, lalu aduk hingga mengental.
  • Masukkan susu full cream/santan instan/cooking cream dan aduk hingga setengah mendidih.
  • Masukkan bumbu uleg, garam, lada bubuk (ladanya boleh lada putih atau lada hitam. Yang ada aja di rumah). Lalu aduk hingga rata. Teman-teman kalau mau praktis, ogah nguleg-nguleg, bisa juga kok mengganti bumbu uleg, lada dan garam dengan bumbu sop instan kurang lebih 1 sdt rata, jangan munjung ya. Rasanya agak lebih gurih kalau pakai bumbu instan ya.
  • Kalau mau rasa agak sedikit pedas, tambahkan bubuk cabe.
  • Masukkan bayam dan aduk-aduk hingga bayamnya layu. Jangan kelamaan ya, karena masak bayam kalau kelamaan bisa hilang khasiatnya.
  • Nah, Creamy Spinach cita rasa Indonesia siap disajikan.


Nah, simple kan cara membuat Creamy Spinach cita rasa Indonesia? Kenapa cita rasa Indonesia, karena rasanya gurih dan seperti rasa sup Indonesia. Kalau creamy spinach yang asli itu nggak pakai biji pala dan rasanya cendrung agak hambar. Makanya saya buat yang dicintai lidahnya orang Indonesia.

Saya sengaja buat sayuran bayam ini ke segala jenis masakan yang menarik untuk dimakan anak-anak. Sebab anak-anak saya tuh susah banget makan sayur dan bayam satu-satunya sayuran yang ga bau langu menurut saya. Jadi saya akalin begini deh. Dulu saja saya buat Bayam Kentang Nugget, biar anak-anak mau makan bayam. Semoga cara membuat Creamy Spinach Cita Rasa Indonesia ini bisa jadi panduan teman-teman yang buka puasanya mau ala-ala bule. ^_^

Selamat mencoba!

Wassalam










25 comments

  1. Diriku mau ganti brokoli ah, karena kalau bayam kurang doyan diapa=apain, hahah... Enak ini Ummi buat cemal-cemil. Ini bagus juga buat Kahfi anaknya adek, ntar gak pake bubuk cabe aja.

    ReplyDelete
  2. Mbak Ade, aku mah salfok sama menu telur ngumpet itu dan aku pun juga lihat video lempar-lemparan telur itu. Seru dan kreatif, akhirnya aku juga mendapatkan beberapa inspirasi menu makanan dari telur. Kalau si Creamy Spinach ini aku biasanya bikin juga di rumah karena pada doyan juga.

    ReplyDelete
  3. Maak, kalo Creamy Spinach-nya pake bawang, gak enakkah? Kepikiran ini karena kita kan kayak gak lengkap rasanya kalo tanpa bawang ... eh atau pikiran saya saja ini ya? hehehe.

    ReplyDelete
  4. Duuuh, enaknyaaa 😍 Jadi berasa makan di hotel nih hehehe. Aku kepengen ngikutin resep mbak Ade nih. Susu full cream ada, dll juga ada. Tinggal realisasinya nih. Oh, dari negeri Cina toh... Biat buka puasa pas nih 😍😍

    ReplyDelete
  5. Hmm, nyam nyam nyaammm endolita nih Mbaa
    Kapan2 daku mau coba ahh
    makasiii resepnya ya

    ReplyDelete
  6. Autoo ngilerr aku baca resep creamu spinach, mana pas digabungkan sama scott egg dgn sausnya langsung bayangin breakfast ala2 western, eh brunch deng... Trus makannya sambil bareng2 sama sahabat dekat pasti worth to wait sampe Corona ini berakhir

    ReplyDelete
  7. Seingatku aku pernah makan tuh sup bayam yang ala kerajaan China.
    Tahunya memang putih banget dan halus.
    Cuma aku suka takut makannya.
    Takut apa, Maria?
    Takut nambah muluk, hahaha.

    ReplyDelete
  8. kalau bayam masih belum melangkah terlalu jauh, nih masih direbus dengan jagung dan wortel sama digoreng doang atau tumis

    semoga bisa mengincipi nih creamy spinach nya ala Ade ufi

    ReplyDelete
  9. Gampang buatnya nih umi. Pengen nyoba dan kasih ke anak-anak deh. Pengen rasain rasanya creamy-nya itu loh.

    ReplyDelete
  10. Waaah abis ini mau coba bikin ah.Pas banget ada semua bahannya di rumah. Bisa buat variasi masak bayam nih. Makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  11. eh itu mas jun kan chef...ada huruf A di belakangnya ga mbak ade? Juna gitu hehehe #halahkepomulu :D

    btw...kapan2 nyoba aaah. Selama ini masak bayam paling buat sup, sayur bening, atau keripik bayam :D

    ReplyDelete
  12. sesekali ah aku masak bayam dengan cara yang berbeda, aku nyontek resepnya ya mbak. Biasanya kan masak bayam ya gitu-gitu aja hehehe pakai jagung pipil aja

    ReplyDelete
  13. Duh, kayaknya enak ini, bikinnya juga gak sulit ya
    tapi gak bisa makan sering2 ya ini, kadar lemaknya lumayan soalnya :D

    ReplyDelete
  14. Saya sering bikin ini buat anak2 dan masak simple. Jd praktis tapi bergizi anak juga suka. Rasanya enak dong ala saya. Hahaha

    ReplyDelete
  15. Duuuh sepertinya enak sekali. Baru tau bayam bisa dimasak ginian. Biasanya cuma disayur bening aja mbak.

    ReplyDelete
  16. Bisa dicoba nih mba resepnya, buat besok buka puasa, sepertinya seger banget

    ReplyDelete
  17. aku sukaaa dengan creamy spinach mba. Soalnya memang enak dan asli segeer. Buat pecinta sup kayak aku ini selalu jadi favorit

    ReplyDelete
  18. Wah ini dia yang saya tunggu-tunggu, resep bayam creamy supaya tidak cepat bosan memakannya.

    ReplyDelete
  19. Hmmm....sepertinya yummi dan sehat. Mau coba yg udah jadinya aja, kira-kira ada resto yg jual ngak mbak di indo?

    ReplyDelete
  20. Wah, ide bagus untuk menu anak pas sahur, nih. Anakku termasuk tipikal yang sulit makan sayur, mbak. Jadi aku selalu putar otak mengakali gimana caranya si daun hijau ini masuk ke makanan anak. Kadang aku cincang halus trus masukin ke omelet. Kadang aku goreng crispy pake tepung bumbu. Makasih resepnya, mbak. Nanti sahur mau aku cobain langsung.

    ReplyDelete
  21. Duh mupeng nih. Pengen bikin creamy spinach di rumah tapi gak pede aja aku mba. Di rumahku jarang ada yang doyan creamy creamy selain aku. Lebih suka makanan lokal. Huhu

    ReplyDelete
  22. Kayaknya yummy creamy spinachnya. Penasaran kalo aku bikin begitu suami mau gak ya. Hahaha.

    Itu yang diblender alus apa gak langu ya Mbak?

    ReplyDelete
  23. Ini mirip sayur bobor bayam yang dibuat kental ya mba pake buter, enak dimakan pas puasa gini bikin nyaman pencernaan,, tapi ada pala dan bubuk cabenya ya,, ga salah sih jadi suguhan kalangan atas dulunya,,,

    ReplyDelete
  24. Secara tampilan menggoda ya mbak, tapi sayangnya aku gak pernah doyan makanan yang creamy- creamy gini. Bayam bisa diganti sayuran lain juga kali ya?

    ReplyDelete
  25. Cara membuat creamnya mirip dengan bikin Cream putih carbonara yaa. Enak ini ya gurih dan lezat. Kebayang creamynya bayam diginiin

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^