5 Resep Olahan Daging Giling

Punya daging giling di rumah, tapi bingung mau dibuat apa? Kali ini saya berikan 5 resep olahan daging giling yang bisa digunakan untuk cemilan ataupun lauk. Lanjut yaa!

5 resep olahan daging giling


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Selama ini jika saya membeli daging giling, pasti untuk dibuat perkedel atau burger. Dan biasanya saya nggak terlalu banyak membeli daging giling. Paling 250 gram, itu dah banyak menurut saya untuk satu resep olahan daging giling.

Nah, kemarin ada teman yang menawarkan saya untuk membeli daging. Ia jual aneka macam daging. Harganya dibawah harga pasar, tapi nggak jauh banget sih. Misal harga pasar 120rb/kg, dia jual 110/kg. Cuma selisih 10rb, tapi enaknya daging diantar ke rumah. Kebetulan ia juga menjual daging giling. Pas banget deh dengan kebutuhan saya. Saya memang butuh daging giling untuk ikutan lomba masak di Instagram untuk membuat resep olahan daging giling. Maka belilah saya ke teman tersebut.

Saya langsung membeli 1kg daging giling. Harganya Rp 65rb. Murah kaan? Kalau beli di supermarket untuk 250 gram daging giling saja sekitar Rp 20rb – 30rb. Sayangnya di teman saya itu nggak bisa beli 250 gram, harus 1kg. Hmm.. nggak apa lah, kan mau buat resep olahan daging giling, yaitu Telur Tersembunyi (Scotch Eggs), siapa tau kurang, secara perlu daging banyak untuk menutup telurnya.

Begitu saya kerjakan resepnya, ternyata nggak butuh banyak daging giling. Hanya butuh 300 gram saja. Wak waaaw, trus yang 700 gram mau diapain ya? Secara kalau kelamaan di freezer juga nggak bagus. Apalagi kulkas saya ini freezernya sudah mulai nggak bagus. Butuh di lembiru (lempar beli yang baru.. xixixi). Setelah nguprek di google dan youtube, maka dapatlah 5 resep olahan daging giling yang bisa saya kerjakan untuk 1kg daging giling.

5 Resep Olahan Daging Giling

Nah, buat teman-teman yang sedang cari inspirasi masakan olahan daging giling. Bisa dicontek deh ini resepnya. Semoga bermanfaat yaa!

1. Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Nah resep olahan daging giling ini sudah pernah saya tuliskan di blog saya. Bagi yang mau melihat bisa langsung baca di tulisan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) versi Indonesia. Seperti yang saya tulis diatas, pada resep ini hanya membutuhkan 300 gram daging giling.

telur tersembunyi 5 resep olahan daging giling


2. Sweet Meatballs Saus Barbeque
Nah, untuk resep olahan daging giling ini kita hanya butuh 250 gram daging giling. Resep ini cocok untuk yang suka dengan rasa-rasa gurih manis. Catat yaa resepnya !

sweet meatballs 5 resep olahan daging giling


Bahan-bahan :

  • Daging giling 200 gram
  • Kentang 250 gram (atau kurang lebih 3 buah yang sedang)
  • Tepung roti 100 gram
  • Susu full cream 100 ml
  • Bawang Bombay ½ butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Saus barbeque 100 ml
  • Gula, garam, merica, secukupnya
  • Minyak goreng 2 sdm


Cara Membuat :

  • Potong kentang sebesar dadu, lalu goreng hingga matang. Sisihkan
  • Campur daging giling, tepung roti, susu, gula, garam, merica jadi satu. Aduk hingga membentuk adonan yang siap dibentuk.
  • Bentuk adonan daging giling seperti bakso. Sisihkan
  • Cincang halus bawang Bombay dan bawang putih.
  • Panaskan minyak, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
  • Masukkan meatball daging giling masak hingga setengah matang, lalu masukkan sedikit air untuk mematangkan meatball. Gunakan api kecil.
  • Masukkan saus barbeque, aduk hingga rata. Jika terlalu kental bisa tambah air sedikit.
  • Masukkan kentang goreng lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan gula, garam, merica dan aduk hingga rata. Koreksi rasa.
  • Sweet Meatball Saus Barbeque siap disajikan.


3. Oseng Buncis Daging Giling

Nah, untuk resep olahan daging giling ini bisa bagi teman-teman yang sedang diet, karena dicampur dengan buncis sebagai seratnya.

oseng buncis 5 resep olahan daging giling

Bahan-Bahan :

  • Daging giling 100 gram
  • Buncis 250 gram
  • Bawang putih 3 siung
  • Gula, garam, merica secukupnya
  • Minyak goreng 2 sdm


Cara Membuat :

  • Potong buncis menjadi 2 bagian. Sebelum dipotong, potong ujung buncisnya saja ya. Pangkalnya dibiarkan saja. Tapi kalau yang suka cara menyiangi buncis secara konvensional, potong dikit pangkal dan ujungnya untuk ditarik kulit pinggirnya.
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga harum.
  • Masukkan daging giling aduk hingga rata. Tambahkan sedikit air untuk mematangkan daging.
  • Masukkan buncis, masak hingga agak layu. Jika airnya mongering, tambahkan sedikit lagi air untuk mematangkan buncis.
  • Tambahkan gula, garam, dan merica, aduk hingga kecampur rata. Lalu koreksi rasa.
  • Tumis buncis daging giling siap disajikan.


4. Perkedel Kentang

Nah resep olahan daging giling satu ini menjadi lauk yang disukai anak-anak dirumah. Termasuk menu praktis dan cepat pembuatannya. Yuk catat resepnya ya!

perkedel kentang 5 resep olahan daging giling

Bahan-Bahan :

  • Daging giling 100 gram
  • Kentang 250 gram (kurleb 3 yang sedang)
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Telur 1 butir
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak buat menggoreng


Cara Membuat :

  • Potong kentang sebesar dadu, lalu goreng kentang hingga matang (agak sedikit kering).
  • Lumatkan kentang hingga hancur, seperti bentuk massed potato.
  • Masukkan semua bahan kecuali telur ke adonan kentang. Uleni hingga tercampur rata.
  • Bentuk adonan bulat pipih hingga adonan habis. Sisihkan.
  • Kocok lepas telur dengan diberi sejumput garam. Masukan adonan kentang kedalam kocokan telur, lalu goreng hingga kecoklatan dengan api kecil.
  • Perkedel kentang siap disajikan


5. Burger

Nah resep olahan daging giling ini termasuk masakan bule yang banyak disukai orang-orang. Daripada beli diluar mahal mending buat sendiri di rumah. Ini saya berikan resepnya.

burger 5 resep olahan daging giling

Bahan-Bahan Patty Burger :

  • Daging giling 400 gram
  • Bawang Bombay yang kecil 1 butir
  • Tepung roti 100 gram
  • Bawang putih 5 siung
  • Biji Pala 1/2 butir
  • Susu full cream 100 ml
  • Merica dan garam secukupnya


Bahan-Bahan Penyajian Burger :

  • Roti Bun Burger 4 buah
  • Keju slice 4 lembar
  • Tomat 2 buah
  • Saus barbeque secukupnya
  • Margarine secukupnya
  • Saos tomat/sambal secukupnya
  • Mayonaise secukupnya
  • Daun selada secukupnya


Cara Membuat Patty Burger :

  • Cincang bawang Bombay hingga halus
  • Uleg bawang putih dan biji pala hingga halus
  • Campur semua bahan patty dan bawang Bombay juga bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga membentuk adonan
  • Bentuk adonan patti bulat pipih sebesar roti bun burgernya.
  • Panaskan teflon dengan api kecil dan beri margarine sedikit saja.
  • Goreng patty burger diatas teflon. Olesi bagian atasnya dengan saus barbeque. Lalu balik burger dan olesi dengan saus barbeque. Masak hingga patty burger matang dengan kondisi api kompor kecil yaa, biar daging matang hingga kedalam.


Cara Menyajikan Burger :

  • Masak roti bun burger ke teflon bekas memasak patty. Posisikan roti bun burger yang bagian dalam ke arah teflon. Masak hingga kecoklatan. Jika sisa saus barbeque habis di teflon untuk roti bun berikutnya. Olesi dalam roti bun dengan margarin dan sedikit saus barbeque, lalu panggang di teflon. Ingat api kompornya tetap kecil yaa biar nggak mudah hangus. Masak hingga kecoklatan lalu angkat.
  • Olesi dalam roti dengan saus tomat dan mayonaise. Kalau teman-teman mau lebih enak mayonaisenya gunakan mayonaise wijen panggang dari Kewpie.
  • Setelah diolesi susun bahan penyajian seperti ini. Roti bun bagian bawah, daun selada, irisan tipis buah tomat, patty burger, keju slice dan terakhir tutup dengan roti bun bagian atas.
  • Nah burger siap disajikan.



Kelima resep olahan daging giling diatas, saya buat untuk 4 porsi orang dewasa. Untuk tumis buncis, sweet meatball dan perkedel bisa dimakan sebagai lauk 1 hari full. Makan siang dan makan sore (saya sih sore yaa sekitar jam 5.30 atau 6 ketika Pak Suami pulang, karena jam 7 udah nggak makan lagi). Kalau bulan puasa bisa dimakan saat makan malam dan sahur.

Kalau burger dan telur tersembunyi bisa sebagai variasi menu harian saja yang mau makan ala-ala bule. Makan siangnya burger, makan malamnya telur tersembunyi. Itu kalorinya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan kalori 1 hari. Diselingi sama minum es timun deh. Jadi bisa netralisir lemaknya.

Oke 5 resep olahan daging giling sudah saya sajikan, teman-teman tinggal memilih mau masak yang mana atau masak semuanya. Hmmm… Selamat mencoba! ^_^


Wassalam
5 resep olahan daging giling ade ufi









17 comments

  1. Ini mah semuanya resep favorit ya Ade, paling suka sama perkedel dengan daging cincang kalau di rumah

    ReplyDelete
  2. duh saya ngiler liat gambar Sweet Meatballs Saus Barbeque. Mau pesan lagu adzan magrib dulu ah

    ReplyDelete
  3. Kalau aku paling suka olahaan daging giling ditumis sama buncis dan wortel. Burger juga oke sih. Yang penting bumbunya pas dan pakai saus pedas dan tomat. Yang enak memang beli jadi sudah dalam bentuk gilingan. Malas kalau bikin2 sendiri hahaha padahal ada chopper di dapur. Next time lah tuh alat dikaryakan 🤣🤣

    ReplyDelete
  4. Saya pengen cobain yang tumis buncis. Kalau punya daging giling agak banyak, biasanya saya bikin saus spaghetti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama sih? Aku kalau punya daging giling demen juga masak buncis dan spageti. Gampang..praktis deh tinggal diaduk2 gitu kan hehehe 😍

      Delete
  5. enak semuaaa itu mba olahan daging giling yng disajikan di atas. Aku jadi pengeeen coba masak semua hehehe

    ReplyDelete
  6. wah banyak ju8ga ya resepnya. aku baru pernah bikin burger, sama meatballs ala ikea itu. kalo perkedel kasih daging pasti enak banget yaa

    ReplyDelete
  7. Wah jadi pengen buncis daging giling ya mbak, kalau bocah sih sudah pasti pilih burger yaaa...

    ReplyDelete
  8. Aku pengin nyobain yang bakso tadi tapi pake daging ayam, bisa ndak ya. Masih punya stok ayam banyak nih di kulkas. Dari kemarin browsing-browsing menu yang bisa dibuat nih.

    ReplyDelete
  9. Wahhh enakk semua yaaa
    Aku sebenernya Tim jarang bgt makan daging. Wkwkwk.
    Palingan aku beberapa kali aja dlm sebulan. (Wid)

    ReplyDelete
  10. Murah banget ya mbak sekilo 65rb. Aku suka banget bikin bergedel pakai daging pasti deh abis semua tuh kalau menunya itu. Tanpa daging jarang yang mau, hehe

    ReplyDelete
  11. DUh itu harga daging gilingnya kok murah banget Mbak, Rp 65rb untuk 1 Kg daging giling. Selama ini, saat masak menu daging saya baru masak rawon dan soto doang (ketahuan gak kreatif masaknya ya). Sptnya resep Sweet Meatballs Saus Barbeque ini menarik utk dicobain, sptnya anak-anak bakal sukakk ini

    ReplyDelete
  12. Selama pandemi ini, aku jadi sering memasak. Resep2 ini jadi inceran banget buat dicoba nih. Hihi, makasih infonya mak. Aku save resp2nya ya 🙏

    ReplyDelete
  13. Coba ah besok, yang telur tersembunyi sama meatball. Telyr tersembunyinya itu lho, menarik sekali. Jadi pgn segera menyantap kalau sudah jadi

    ReplyDelete
  14. Kebetulan aku ada sisa daging giliiiiing :D. Jd pgn masak yg burger Ama tumis buncisnya Mba. Itu kalo di restoran Chinese, aku sering mesen tumis buncis dengan daging gini :).

    Biasanya aku beli daging giling untuk dibikin bola2 daging trus di semur. Krn buat anak2 LBH mudah ngunyahnya daripada daging biasa. :)

    ReplyDelete
  15. Perkedel kentang-nya perlu dicoba nih. Makasih resepnya mba^^

    ReplyDelete
  16. Aku pakai daging giling biasanya ya pas bikin spageti mba. Belum pernah nyoba yang lain dan kayaknya pengen deh myobain aneka resepnya

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^