Review Pasta Gigi Sasha : Pencegah Gigi Berlubang

Sudah pernah dengar pasta gigi Sasha? Pasti sudah ya? Biasanya mereka yang mengenal pasta gigi Sasha itu adalah pasta gigi herbal Siwak yang halal. Nah kali ini pasta gigi Sasha, meluncurkan produk baru yaitu pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang. Saya mau menuliskan reviewnya, karena tagline pasta gigi Sasha adalah pasta gigi pilihan keluarga muslim. Hmm.. yuk disimak apa maksudnya.

pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum w.w.

Merawat kesehatan gigi itu gampang-gampang susah. Teorinya gampang, prakteknya yang kadang susah. Butuh komitmen dan ketekunan yang tinggi. Bener nggak? Tidak ada satu orang pun yang mau punya masalah gigi berlubang. Pastinya semua ingin punya gigi yang putih bersih, rapih dan sehat. Dan akan dilakukan banyak cara sebagai pencegah gigi berlubang kan? Seperti halnya perawatan gigi Abang dan Adek Fi ini.

Dulu, saat Abang Fi berojol saya taat banget dengan saran-saran yang saya baca di artikel parenting. Maklum anak pertama yang dinanti-nanti, jadi semua harus sempurna. Untuk kesehatan giginya, sejak lahir selalu saya perhatikan. Walau belum ada gigi, saya selalu membiasakan sikat gigi sehabis mandi dan setelah menyusui. Cara sikat giginya dengan menggunakan kain kasa yang direndam air hangat, lalu saya gulung dijari saya dan kemudian saya usap rongga mulutnya. Hingga bersih dari sisa susu.

Makanan Abang pun saya jaga dari yang manis-manis. Bukan berarti Abang nggak makan yang manis-manis, tetap makan namun saya jatah. Sehingga disaat giginya tumbuh, bentuknya bagus, bersih dan kuat. Jauh dari tanda-tanda gigi berlubang.

Sedangkan Adek Fi, saya agak sedikit longgar bilang aja malas. Mungkin karena faktor usia dan ditambah kondisi saya saat itu masih belum bisa move on dari kesedihan ditinggal pergi anak kedua. Jadi Adek Fi kurang perhatian kesehatan giginya. Ia sama sekali tidak saya bersihkan rongga mulutnya dengan kain kassa.

Dan saat mpasi saya malah mengenalkan ia dengan makanan manis. Jadi otomatis deh ketika giginya tumbuh, bukan gigi putih bersih dan kuat, melainkan gigi putih yang sudah ada bercak-bercaknya. Tanda-tanda yang akhirnya saya ketahui sebagai awal gigi menjadi karies dan rapuh. Iya giginya tidak lama dalam bentuk gigi yang utuh. Hanya beberapa bulan saja sudah grepes. Dan hingga sekarang, diusianya 4 tahun, gigi depannya hancur grepes. Duuh.. maafkan Ummi ya, Nak!

4 Hal yang Dilakukan untuk Pencegah Gigi Berlubang

Tak ada kata terlambat buat saya. Sejak konsultasi masalah gigi ke dokter gigi langganan, bu dokter mengatakan tak masalah, selama gigi tetapnya belum tumbuh. Saya diminta melakukan 5 hal untuk kelanjutan kesehatan gigi Adek Fi, yaitu :

1. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan asam

Ya, seperti kita ketahui bahwa makanan masin dan asam cepat membuat plak di gigi. Plak tersebutlah yang lama kelamaan akan menyebabkan email gigi terkikis. Sehingga gigi jadi tak kuat dan kropos. Buat Adek Fi, pe ernya adalah mengurangi makanan manis. Yaa.. tau sendiri kaan yang namanya bocah pasti suka dengan yang manis-manis.
Mulai saat ini, biasanya kemana-mana saya selalu stock minuman teh manis dalam botol, sekarang saya stocknya air mineral. Selain buat kesehatan gigi Adek Fi, bagus juga buat dietnya Ummi.. hahaha.. kudu banyak minum air putih.

2. Penggunaan obat-obatan rutin, suplemen, vitamin atau obat herbal yang banyak mengandung gula

Bukan cuma manis, terkadang obat-obatan juga bisa membuat gigi kita tampak kusam, apalagi antibiotik tetrasiklin. Antibiotik Tetrasikiln inilah yang membuat perubahan warna gigi menjadi berwarna cokelat, kuning, atau keabu-abuan. Untungnya untuk Adek Fi, jarang sekali menyentuh obat-obatan kimia. Untuk yang herbal pun ia jarang-jarang. Tapi tetap saya harus waspada untuk poin no 2 ini.

3. Rajin menyikat gigi

Sikat gigi yang disarankan oleh Bu Dokter adalah 2x sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Bahkan Bu Dokter bilang special perawatan si kecil, sikat gigi ya ditambah ketika ia selesai makan-makanan manis. Hmm.. untuk sikat gigi 2x sehari saya sudah mulai membiasakan ke Adek Fi, tapi yang setelah makanan manis? Jadi pe er banget nih buat saya. Berarti kemana-mana saya harus membawa sikat gigi biar kalau habis makan coklat kesukaannya, langsung sikat gigi.

4. Gunakan pasta gigi pencegah gigi berlubang

Nah, ini bu dokter menyarankan agar pasta giginya kalau bisa cari yang mempunyai fungsi sebagai pencegah gigi berlubang. Seperti apa ya pasta gigi pencegah gigi berlubang?

Pasta Gigi Pencegah Gigi Berlubang

Nah, dalam perawatan gigi anak-anak biasanya saya tuh nggak sembarangan memilih pasta gigi. Saya selalu membedakan pasta gigi dewasa dengan anak-anak. Kalau dewasa saya biasanya cari yang herbal dan halal. Sementara buat anak-anak saya pilih yang memang khusus anak-anak. Tau sendiri kan kalau anak-anak sikat gigi itu nggak mungkin kalau nggak nelen ludah sikat giginya.

Kendalanya kalau pasta gigi dipisah antara anak dan dewasa itu, saya suka ketuker-tuker. Hahaha.. habis kadang warna dan bentuknya sama. Maunya sih milih 1 pasta gigi tapi bisa buat sama-sama sekeluarga.

Selama ini saya memang memilih pasta gigi tidak melihat khususon pencegah gigi berlubang, yang penting halal dan bahan-bahannya herbal. Ternyata apapun bahan-bahannya menurut Bu Dokter cari pasta gigi yang mengandung fluoride.

Penambahan mineral fluoride ini bertujuan untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula. Jika tidak ada penambahan mineral (remineralization), maka gigi menjadi mudah goyang.

Jika kita menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, gigi akan menyerap fluoride tersebut. Sehingga secara perlahan fluoride dapat menghilangkan plak yang mengandung bakteri di gigi.

Pada anak berusia kurang dari 6 tahun, macam Adek Fi, fluoride sangat diperlukan untuk pertumbuhan gigi permanennya. Fluoride membantu mempercepat proses remineralisasi.

Ada yang bilang terlalu sering menggunakan Fluoride itu berbahaya. Itu benar. Fluoride pada dasarnya aman digunakan, tetapi jika dipakai secara berlebihan bisa menyebabkan warna kecokelatan pada gigi, yang disebut juga fluorosis. Kondisi itu umumnya terjadi pada saat gigi tetap baru muncul. Tetapi kasus fluorosis itu jarang terjadi.

Memang sih harusnya kalau mau giginya aman dari lubang, kita pilih pasta gigi yang formulanya khusus pencegah gigi berlubang. Banyak sih yang jual, mungkin karena saya sudah terbiasa menggunakan pasta gigi Sasha, kayaknya malas pindah kelain hati… eeaaaa.

Pucuk dicinta ulam tiba. Pas lagi dibutuhkan, eeeh.. pas banget ada yang kasih tau. Saya diberitahu kalau pasta gigi Sasha ada varian baru, yaitu pasta gigi pencegah gigi berlubang. Apalagi taglinenya pasta gigi pilihan keluarga muslim. Pas kaaan? Langsung deh kita coba.

Review Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang

Pertama melihat kemasan pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang tampak serupa dengan pasta gigi lainnya. Berwarna merah dan putih serta ada gambar giginya. Namun ada yang membedakannya. Pembeda inilah yang menjadi ciri khas dari pasta gigi Sasha, yaitu gambar Siwak.

kemasan pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang
kemasan pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang

Kandungan pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang

Kandungan Siwak (Kayu Arok) memang digunakan oleh pasta gigi Sasha sebagai bahan utama dari semua varian pasta giginya. Karena pasta gigi Sasha ini mengacu kepada kebiasaan Rasulullah dalam menjaga kesehatan giginya, yaitu dengan bersiwak. Bahkan Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu bersiwak yang tercantum dalam haditsnya :
“Bersiwaklah kalian, karena sungguh siwak itu mensucikan mulut dan diridhai Tuhan.” (Hadis yang diriwayatkan oleh imam Ibnu Majah dari shahabat Abu Umamah)


Apa itu Siwak?
Banyak orang yang salah kaprah tentang kata siwak. Kebanyakan orang menganggap bahwa Siwak itu adalah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Padahal kalau merujuk dari beberapa hadits, Siwak adalah kegiatan menyikat gigi, yang berasal dari kata Tassawuk.

Ini loh rujukan dari Kifayatul Akhyar. Fiqih ringkas mazhab Syafi’i ini menyatakan :
“Ketahuilah bahwa bersiwak itu bisa dilakukan dengan potongan kain atau segala benda kasar, yang dapat menghilangkan kotoran. Namun bersiwak menggunakan ranting atau kayu arok itu lebih utama.” (Kifayatul Akhyar, hal. 15).

Dan satu lagi rujukan dari Al-Buhuti, seorang ulama bermazhab hambali, menjelaskan dalam Syarah Muntaha al-Iradat, yaitu :
“Bab tentang bersiwak. Kata siwak merupakan bentuk mashdar dari kata tasawwuk, yang maknanya adalah menggosok gigi menggunakan ranting. Dan inilah makna siwak. Sedangkan ‘uud adalah benda untuk bersiwak (ranting).” (Syarah Muntahal Iradat 1/72)

Nah ada 2 ‘uud yang digunakan untuk bersiwak pada jaman Rasulullah, kayu arok dan bassyam, juga setiap benda yang dapat membersihkan gigi, dan tidak mencederainya. (Al-Istidzkar 3/272).

Saat ini kayu yang umumnya digunakan oleh masyarakat muslim untuk bersiwak adalah kayu Arok. Saat saya umroh banyak sekali saya melihat penjual kayu Arok. Waktu Itu saya beli, tapi sudah habis dibagi-bagi.


Seperti apa sih bentuk pohon Siwak (Kayu Arok)?
Pohon Siwak (Kayu Arok) merupakan pohon kecil atau semak belukar. Bentuk daunnya kecil, selalu berwarna hijau dan lebat. Bentuk dahan juga kecil dan memiliki ranting yang berliku-liku. Bagian dalam kayunya berwarna putih, berserat lembut, dan wangi.

pohon siwak bahan utama pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang
pohon siwak bahan utama pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang (photo by google)


Dari pohon kayu arok ini yang digunakan sejak jaman Rasulullah adalah ranting atau batang pohonnya. Batang atau rating pohon yang bisa digunakan untuk bersiwak adalah batang yang memiliki diameter sekitar 1 cm. Biasanya Panjang rating atau batangnya dipotong sepanjang 15 hingga 20 cm.

Bagaimana cara menggunakan Kayu Arok untuk bersiwak?
Batang kayu Arok yang tumbuh itu tidak bisa langsung digunakan. Sebelum digunakan ujung batang siwak dikupas terlebih dahulu, lalu direndam dalam air selama 1 malam, agar batang batang kayu aroknya menjadi empuk. Setelah empuk ujung kayu arok tersebut digigit hingga berjumbai lembut seperti sikat gigi. Serat lembut itulah yang digunakan untuk menyikat gigi.

Jika sudah terurai seratnya (seperti sikat gigi yang mekar), maka bisa dipotong dan mulai lagi menggunakan batang kayu arok dibawahnya.

Manfaat Pohon Siwak (Kayu Arok) pada pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang
Saat itu saya sih berpikir, bersiwak menggunakan kayu Arok ini praktis, nggak perlu pasta gigi karena kandungan didalam kayu Arok ini mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut, yaitu diantaranya : alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Di samping itu, siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

Kandungan-kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies dan mencegah gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan. Selain itu kayu Arok untuk bersiwak, dapat melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut.

Memang praktis sih kita kemana-mana cukup membawa batang kayu Arok untuk bersiwak, tapi kita kan tidak bisa menjamin kebersihannya. Selain itu, mencari kayu Siwak yang bagus itu gampang-gampang susah kalau di Indonesia. Kita harus pintar dan jeli dalam memilih kayu Arok untuk bersiwak yang bagus.

Alhamdulillah, PT. Kino Indonesia ini menyederhanakannya dengan memasukkan semua kandungan kayu Arok ke dalam pasta gigi Sasha. Pastinya kualitas kayu arok yang digunakan untuk membuat pasta gigi Sasha sudah tidak diragukan lagi.

Bahkan kali ini kandungan fluoride dan kalsium pada kayu Arok di pasta gigi Sasha diperkuat untuk memproduksi pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang.

Tekstur dan bentuk pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang

Pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini mempunyai tekstur pasta yang sama dengan pasta gigi yang lainnya. Pembeda pasta gigi Sasha dengan yang lainnya, tidak terlalu banyak diterjennya, sehingga saat menyikat gigi busanya tidak banyak seperti pasta gigi lainnya.

Pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini memiliki tutup yang datar dan agak lebar diatasnya, sehingga bisa bisa kita letakkan berdiri. Dengan begitu posisi pastanya akan turun menuju mulut tube-nya. Nggak perlu dipencet-pencet biar keluar odol paling akhir.

Ukuran dan Harga pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang

Untuk ukuran tube-nya, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang memiliki 2 ukuran, yaitu 150gr dan 65gr. Dari kedua ukuran tersebut pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang memiliki harga jual yang terjangkau. Padahal ia memiliki kandungan khusus yang baik. Biasanya kan kalau kandungannya khusus itu harganya juga khusus banget.

harga dan ukuran pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang
harga dan ukuran pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang
Untuk ukuran 150gr, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang dibandrol harga Rp 10.500, sedangkan untuk ukutan 65gr harganya Rp 4.500. Tuh, murah kaan? Biasanya saya sih pakai yang 150gr untuk penggunaan selama sebulan. Dan digunakan oleh 4 orang.

Pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang aman untuk anak dan halal

Yang saya suka dari pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini bisa digunakan juga oleh anak-anak. Jadi saya nggak perlu lagi memisah-misahkan mana pasta gigi anak-anak dan kami orangtuanya. Cukup beli 1 pasta gigi saja.

Hanya saja, saya harus mengadaptasikan dulu pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubangini ke Adek Fi. Adek Fi kan biasanya kalau sikat gigi pilih yang rasa-rasa buah. Nah, pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini kan ada rasa mintnya. Buat Adek Fi sih itu pedas. Kalau buat kami sih malah enak dan segar.

Lagipula rasa mint pada pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini tidak terlalu strong, sehingga ke anak-anak yang nggak terlalu suka rasa pedas, bisa pelan-pelan beradaptasi. Saya masih kasih pastanya seujung kuku saja dulu. Awal-awal dia menolak, pedas katanya, tapi lama-lama sih biasa.

Selain bisa buat anak-anak, yang utama itu pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubangin ini produk Halal. Sudah ada logo Halal resmi dari MUI, tandanya sudah tersertifikasi dari MUI bahwa produk ini halal. Jadi aman deh. Pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang adalah pasta gigi yang aman untuk keluaga muslim.

Ya, jelas lah halal, karena pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini kan sudah menggunakan bahan dasar yang halal, yaitu kayu Siwak. Siwak adalah salah satu bahan dari produk syariah. Produk syariah itu adalah produk yang mengandung bahan-bahan halal menurut syariat, bersih dan suci. Menggunakan produk syariat berarti meningkatkan ketaqwaan kita, karena Rasulullah menganjurkannya. Seperti bersiwak ini.

Nah, itu review saya untuk pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang. Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa kepoin instagramnya di @sashaindonesia atau facebook di https://web.facebook.com/Sasha-Pancaran-Aura-Islami-1413446215427311/ dan jika teman-teman mau beli pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini bisa masuk klik di link ini https://bit.ly/SashaHalalPencegahGigiBerlubang

Jadi kesimpulannya pasta gigi Sasha pencegah gigi berlubang ini adalah pilihan keluarga muslim yang pastinya halal untuk semua anggota keluarga yang dapat digunakan sehari-hari. Saya sudah coba, tinggal teman-teman yang mencobanya. Selamat mencoba! ^_^

Referensi tulisan :
Intisari.grid.id
Lifestyle.kompas.com
Alodokter

Wassalam
5 resep olahan daging giling ade ufi









49 comments

  1. Wah pasta Gigi sasha bagus ya mbak apalagi di lengkapi dengan siwak jadi lebih pede😊

    ReplyDelete
  2. Ya, salah satu kendalanya Sasha ini memang karena rasanya pedas ya. Sebab anak saya juga sensitif dengan rasa pedas, rasa mint, dan sebangsanya. Saya sampai hafal mana odol yang mengaku odol anak-anak tapi masih terasa pedas, dan mana odol anak-anak yang benar-benar terasa nyaman bagi anak.

    ReplyDelete
  3. Waktu di tanah suci dulu, aku udah nyoba bersiwak dengan kayu Arok. Aku malah geli makainya, kayak pengen berkumur, hihiii

    Alhamdulillah ada PT. KINO yang memproduksi pasta gigi Sasha dengan kandungan untuk mencegah gigi berlubang dan bahannya menggunakan siwak atau kayu arok.

    ReplyDelete
  4. saya kenalnya juga baru yang herbal siwak, varian yang pencegah gigi berlubang ini belum pernah nyobain.

    Saya juga ke anak pertama disiplin banget mbak, anak kedua agak longgar, anak ketiga longgar banget hehehe

    ReplyDelete
  5. Anak-anakku malah sudah lama nggak mau pakai pasta gigi anak. Mereka maunya yang kalau bilang, "Hah", langsung terasa segarnya, hihihi ...

    Dulu tuh aku abai deh soal perawatan gigi anak. Sampai rumah sudah malam banget, capek, dan seusai Subuh harus berangkat lagi. Jadi nggak terawat dan gigi sulung berlubang, harus ditambal beberapa kali. Sasha pencegah gigi berlubang tetap bisa digunakan untuk gigi yang terlanjur berlubang nggak, ya?

    ReplyDelete
  6. Sasha yang formula khusus untuk mencegah gigi berlubang emang beda ya kemasannya dengan yang nuansa gold.. Agak salfok.. aku kira pasta gigi sebelah.. Aku mau coba yang Sasha ini dulu ah..

    ReplyDelete
  7. oia, mba krn ini produk baru dari sasha, gampang gk ya ngedapetinnya mba? klo boleh tau udah ada di indo or alfa belom ya?

    ReplyDelete
  8. Aku juga pakai pasta gigi Sasha mbak, pas Ramadhan kemarin sempat nyetok (lg ada diskon lumayan soalnya). Aku beli yg varian gigi berlubang dan whitening, dari awal kemunculan Sasha saya sudah pakai. Cuma gonta ganti karena kadang ketersediaannya gak ada. Makanya pas lagi ada dan banyak langsung nyetok ha..ha...

    ReplyDelete
  9. Aku pernah sakit gigi dan rasanya duuuh bikin kapok beneran deh. Makannya anak-anak aku sekarang aku jagain banget biar giginya tetep bagus. Btw Sasha ini bikin makin mantep menyikat gigi ya. Aman dan halal pastinya

    ReplyDelete
  10. saya dan suami sudah lama pake sasha tapi yang varian herbal yang warna gold, sepertinya mau nyobain varian ini ah.

    ReplyDelete
  11. Jadi inget jaman kecil saya doyan banget permen, sehingga gigi saya sering sakit karena berlubang. Menjaga kesehatan gigi itu penting banget, ya. Untungnya saat ini sudah ada pasta gigi Sasha yang mengandung siwak. Selain jelas halal, kandungan yang terdapat di dalamnya sangat komplit untuk menjaga gigi tetap sehat.

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah mencoba langsung siwak. Susah yaaa dapatnya. Sekarang sudah ada dalam bentuk pasta gigi buatan Indonesia. Layak dicoba ini.

    ReplyDelete
  13. Sejak awal kemunculan, aku udah nyoba pake Sasha karena dia ngangkat produk halal kan. Alhamdulillah cocok di aku dan suami, cuma sampai saat ini produk yang kami pakai yang warna coklat itu mbak. Belum pernah pakai yang baru ini

    ReplyDelete
  14. gagal fokus dengan foto Sasha yang pertama, cakep!
    yang sering nggak diperhatikan ya konsumsi obat yang manis-manis. iya ya, meskipun kandungan manisnya sedikit, tapi kan tetap manis dan perlu diperhatikan biar nggak merusak gigi

    ReplyDelete
  15. Pasta gigi Sasha bisa untuk anak juga ya..
    Jadi satu pasta gigi bisa untuk satu keluarga.

    ReplyDelete
  16. Sebelum pakai Sasha Pencegah Gigi Berlubang, kami sudah pakai Sasha varian yang whitening bersiwak juga.
    Pilih pasta gigi Sasha ya karena ada kandungan siwaknya, dan sebagai umat muslim rasanya lebih tenang kalau pakai produk syariah ya.

    ReplyDelete
  17. rajin sikat gigi di malam hari sebelum tidur itu ampuh banget mencegah dan mengatasi gigi berlobang.. Dulu aku sering males, eh, jadi berlobang dan harus ditambal deh

    ReplyDelete
  18. Aku memang kurang suka dengan makanan manis tapi anakku suka banget, Alhamdulillah giginya selalu dijaga jadi gak sampai bolong. Alhamdulillah Sasha punya produk baru pencegah gigi berlubang ya

    ReplyDelete
  19. siwak itu banyak manfaatnya ya mak
    yang penting sasha pakai bahan alami siwak ini jadinya enak juga aman nyaman pas makenya

    ReplyDelete
  20. Setuju banget...
    Aku sejak pakai Sasha, jadi gak perlu beli pasta gigi untuk anak-anak.
    Pedasnya masih bisa ditolerir dan bikin mama happy. Wangi napasnya segeerr...

    ReplyDelete
  21. SAya baru bisa pakai siwak kalau dapat oleh-oleh dari haji. Dan masih aneh rasanya saat pakai. Enak yang sudah praktis dalam pasta gigi seperti ini, ya. praktis dan lebih sehat pula

    ReplyDelete
  22. Saya juga pakai pasta gigi Sasha. Senangnya bisa pakai pasta gigi yang mengandung siwak asli. Soalnya dulu pernah nyobain siwak langsung, aneh banget kayak ngunyang ranting pohon. Jadi kalau ada sasha lebih praktis deh

    ReplyDelete
  23. Saya suka beli pasta gigi untuk mencegah berlubang. Tapi belum pernah sich coba yang ini, kayaknya bagus yang kualitasnya

    ReplyDelete
  24. mencegah memang lebih baik daripada mengobati ya mba, kalo udah gigi geraham bolong tuh rasanya gak enak banget

    ReplyDelete
  25. Waahh, aku mau nyoba ahhh
    SASHA ini super recommended karena lisensi halal-nya bikin tenang ya Mak.
    Makasiii sharing-nyaa

    ReplyDelete
  26. Saya senang pakai Sasha karena halal dan mengandung siwak. Apalagi ini bisa mencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  27. Wah samaan ya kita Mba ade, pasta giginya. Keluarga aku pakai sasha pencegah gigi berlubang juga lho dan allhamdulillah cocok dong dan suami aku ternyata suka juga. Apalagi ada kandungan siwaknya. Pertama kali juga ini aku pakai pasta gigi yang ada kandungan siwaknya. Jadi inget jaman Rasulullah dulu. Hihihi 😂

    ReplyDelete
  28. aku termasuk sensitif sama aroma pasta gigi, ini aromanya menyengat ga ya mba?

    ReplyDelete
  29. aku termasuk sensitif sama aroma pasta gigi, ini aromanya menyengat ga ya mba?

    ReplyDelete
  30. Saya baru tahu ternyata seperti itu penampakannya pohon siwak. Alam memang sudah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh manusia ya, termasuk bahan yang dipakai untuk kesehatan gigi, tinggal manusianya menemukan dan mengolahnya.

    ReplyDelete
  31. aku nih di rumah bawal banget, apalagi sama anakku karena dia suka banget cokelat tapi aku khawatir kalau giginya rusak. Jadi emang harus disiplin banget ngasih makanan dan cemilannya agar giginya tetap sehat. Sasha yang ini bisa untuk anak-anak juga ya mbak Ade?

    ReplyDelete
  32. Terlalu banyak konsumsi obat antibiotik tetrasiklin ternyata bisa bikin warna gigi kecoklatan ya. Gigiku juga warnanya kecoklatan, mungkin karena dulu sering sakit, banyak konsumsi obat yg bisa bikin warna gigi berubah.
    Gigi anakku sudah beberapa yang ditambal karena berlubang. Pasta gigi Sasha ini cocok ya buat jaga kesehatan gigi.

    ReplyDelete
  33. waaah sasha ada varian baru yaaa, aku biasanya pake yang goldnya aja nih. Hihihi. Nanti mau coba sasha yang merah ini juga aaaaah

    ReplyDelete
  34. Penggunaan pasta gigi kuhus pencegah gigi berlubang oke juga ya apalagi ada kandungan siwaknya yang dipercaya bisa mencegah gigi berlubang kaya sasha ini.
    Anakku suka makan manis-manis nih tapi untungnya selalu diingatkan sikat gigi

    ReplyDelete
  35. Punya pengalaman sendiri dalam hal gigi berlubang bikin aku lwbih hati-hati pada gigi anak. Etapi, tetep aja ternyata anakku pada kena gigi berlubang. Gak cuma kudu rajin disikat, tapi memilih pasta gigi yang bagus juga kudu jeli. Kudu yang berfluoride pas biar gigi tetap sehat dan bagus. Mungkin Sasha ini bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  36. Legaaa kenalan sm Sasha pencegah gigi berlubang ini ya mbak. Selain halal, alami harganya pun ekonomis :)

    ReplyDelete
  37. Waaah Sasha punya varian baru yaa. Sebelumnya aku pernah coba yang herbal dan whitening nih mbak karena penasaran sama kandungan siwaknya. Eh, beneran enak dipakai, seger seharian.

    ReplyDelete
  38. Baru tau tampilan pohon siwak kayak gitu ya ternyata...tahunya cuma yg model kayu udah kering aja. Shasa nih bagus ya, ga ada alkohol dan bisa untuk gigi berlubang untuk menjaga tetep kuat dan ga sakit2an

    ReplyDelete
  39. I have seen this one but I haven’t really tried this previous ones with siwak

    ReplyDelete
  40. Aku juga pakai Sasha sekarang. Gigi geraham ada ada yang berlubang, gak enak banget. Mau ke dokter tapi parno lagi begini. Pakai Sasha ini enak. Bisa dipakai anak2 juga untuk pencegahan gigi berlubang

    ReplyDelete
  41. Aku baru lihat tanaman siwak di sini, mbak. Kalo kayu siwak udah sering lihat waktu di tanah suci dulu. Hari ini aku baru aja belanja dan beli pasta gigi Sasha yang pencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  42. Bener Mbak, merawat gigi itu gampang-gampang susah. Butuh komitmen dan kemauan yang kuat untuk konsisten merawatnya.

    ReplyDelete
  43. Ternyata saya juga slah kaprah dengan istilah siwak. Selama ini saya juga mengartikannya sebagai kayu yang digunakan untuk membersihkan gigi. Ternyata itu kegiatan membersihkan gigi ya...

    ReplyDelete
  44. Dengan adanya odol siwak ini, semoga setiap gosok gigi bernilai sunnah ya Mbak, sehat dan fivi tidak berlubang.

    ReplyDelete
  45. Alhamdulillah, semakin banyak varian pasta gigi Sasha ya. Btw, saya agak kudet sampai baru tahu jika Sasha sekarang sudah ada pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang.

    ReplyDelete
  46. Kami pakai pasta gigi sasha ini mba karrna bisa dipake ama anak juga

    ReplyDelete
  47. Baru tahu mb, penampakan pohon siwak. Alam memang menyediakan apa saja yang jadi kebutuhan kita ya..saya juga pakai sasha tapi yang berbal. Coba bsok coba pakai varian ini. Seneng sih,,soalnya aman dan halal...

    ReplyDelete
  48. Aku juga pakai pasta gigi ini, Mbak..memang benar harus cegah Gigi Berlubang sejak dini ya, dan pakai Siwak udah halal plus Sunnah.

    ReplyDelete
  49. Baru lihat ummi bentuk pohon siwaknya, hehe... Walaupun baunya agak aneh pas awal nyoba, lama-lama jadi terbiasa sih. Ternyata selain untuk menghilangkan bau mulut, bagus juga ya untuk mencegah gigi berlubang.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^