Tips Membuat Donut Kentang Empuk Anti Gagal Ala Ade UFi

Buat donut gagal terus? Bentuknya peyang lah, bantet lah, rasanya pahit.. komplit deh. Makanya untuk adonan saya selalu pakai tepung donut instan yang dari Pondan atau Haan. Tapi, bentuknya selalu nggak bagus, malah kadang adonan masih lembek dan susah dibentuk. Duuh… Nah, biar teman-teman tidak mengalami hal seperti saya, saya berikan tips membuat donut kentang empuk anti gagal. So, Cekidot!

Tips Membuat Donut Kentang Empuk Anti Gagal


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.
"Yey, berhasil buat donut. Ternyata gampang toh, tinggal masukkin semua jadi deh donut. Empuk niih." Status FB Mba Alia menambat perhatian saya sejebak. Distatusnya, Mba Al juga memberikan resep dan tips membuat donut kentang empuk anti gagal, menurut beliau.. xixixi.. Jadi kepo kan mau coba. Karena bahannya nggak banyak dan caranya tinggal campur semua aja trus jadi. Hmm…

Drama Mencoba Tips Membuat Donut Kentang Empuk Anti Gagal

Bukan ade jika mencoba resep makanan nggak ada dramanya. Begitu pula dalam mencoba tips membuat donut kentang empuk anti gagal ini.

Drama membuat donut kentang empuk anti gagal 1 : adonan masih lengket

Begitu lihat resep yang dibagi Mba Al, langsung keesokan harinya saya eksekusi. Karena pengalaman ngadonin donut pakai tangan lengket, maka saya ngadoninnya pakai mixer. Saya campur semua bahan dan saya mix sesuai perintah di tips membuat donut kentang empuk anti gagal ala Mba Al. Ternyata adonannya masih lembek.

Saya sempat bertanya sama Mba Al. “Kok masih lembek ya, Mba?” Mba Al menjawab kalau di dia tidak lembek. Dan pas saya baca ulang status, Mba Al, rupanya dia nggak pakai telur, sementara di resep menggunakan 2 telur. Apa karena itu ya?

Alhasil saya coba tambahkan terus tepung terigunya sedikit. Karena saya berpikir, biasanya adonan kan mengeras kalau ditambah tepung. Ternyata masih lembek, saya pun tambah terus sedikit-sedikit tepung terigunya hingga adonan agak kalis dan tidak lengket dispatulanya.

Tapi walaupun sudah kalis, adonan tidak bisa dicetak dengan cetakan aluminium. Sementara tepung terigu dah habis pas 1 bungkus yang sekilo. Akhirnya cetak manual. Dan sudah pasti bentuknya ada yang besaaaar banget ada yang pas ada yang peyang, macem-macem dah.. xixixi

drama gagal tips membuat donut kentang empuk anti gagal
Bentuk donut yang absurt dari drama gagal mencoba tips membuat donut kentang empuk anti gagal

Untungnya itu donut masih empuk dan enak dimakan. Jadi nggak malu-maluin buat dibagi ke tetangga.

Drama membuat donut kentang empuk anti gagal 2 : cetakan plastik dari Cina

Beberapa hari kemudian saya coba lagi. Berhubung hasil cetakan dari adonan pertama itu absurt, saya mulai cari cetakan donut yang plastik di Shoppee. Demi mencoba tips membuat donut kentang empuk anti gagal.

Saya berpikir, kali kalau pakai plastik, adonan masih bisa dicetak walau lengket. Alhamdulillah langsung ketemu. Harganya nggak mahal juga cuma Rp 36.000, sudah sama ongkir. Saya nunggu cetakan itu datang. Kok lama ya? Biasanya kan kalau pesan di Shopee paling 2 – 3 hari sampai. Ini dah seminggu belum sampai-sampai.

Saya pun langsung cek tracking pengirimannya di Shopee. Elah dalaaaah.. itu barang dikirim dari Cina. Dan baru dikirim dari Shopee Cina. Nah looo.. masa pandemi gini, beli barang dari Cina yang jadi biangnya Corona, apa nggak kena virus tuh barang?

Saya pun langsung cerita ke Pak Suami. Saya diomelin deh. Trus disuruh cancel. Duh dalam hati gagal lagi deh nih mau coba tips membuat donut kentang empuk anti gagal. Saya langsung ke Shopee untuk meng-cancel pemesanan.

Dan ternyataaaaa… nggak bisa dicancel pesanannya… huhuhu… karena sudah terkirim dari Shopee Cina. Terpaksa deh saya harus menerima barangnya. Makin diomelin deh sama Pak Suami.

Begitu barang tiba, nggak boleh ada yang ambil kecuali Pak Suami. Dia langsung bawa barangnya ke tempat cuci piring dan dicuci. Habis itu dia mandi.. xixixi.. pokoknya kayak bawa bom aja deh. Padahal mah cuma cetakan donut.

cetakan donut plastik
cetakan donut plastik yang dibeli (photo by amazon)

Berhubung sudah punya cetakan donut plastik, keesokan harinya langsung saya eksekusi. Bagaimana hasilnya saudara-saudara? Cetakannya kagak bisa digunain…. Wakwaaaaw.. Alasannya karena adonan donut terlalu kental. Jadi adonan nggak mau turun dari cetakan.. eeeeaaaa emosi jiwa.

Begitu liat di tutorial youtube, untuk cetakan plastik memang harus adonan yang sangat cair. Hmm.. terpaksa deh cetak manual lagi.. huhuhu.. padahal udah ready pepotoan buat nulis tips membuat donut kentang empuk anti gagal

Tips Membuat Donut Kentang Empuk Anti Gagal

Sudah ada drama 2 kali apakah trauma? Tentu tidak.. saya pantang berhenti sampai saya ketemu hasil yang sesuai harapan saya. Maka untuk ketiga kalinya saya mencoba tips membuat donut kentang empuk anti gagal. Alhamdulillah berhasil, dan sudah ketemu selanya. Kini saya mau berbagi ke teman-teman bagaimana tips membuat donut kentang empuk anti gagal yang benar versi saya.

Bahan-bahan adonan donut kentang empuk anti gagal

  • Kentang 2 buah yang kecil
  • Tepung terigu 500 gram (dibagi 2, masing-masing 250gr diwadah tepisah)
  • Gula 3 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Susu bubuk 50 gram (2 saset)
  • Margarin 50 gram (2 sdm)
  • Ragi 1 sdt (1/2 saset merk fermipan)
  • Air hangat 50ml
  • Telor 1 butir
  • Vanilla bubuk 1 saset kecil

Persiapan bahan-bahan donut kentang empuk anti gagal

  • Kupas kentang dan potong dadu. Lalu rebus hingga matang.
  • Hancurkan kentang seperti membuat massed potato
  • Campur terigu 250 gram, garam, susu bubuk dan vanilla. Lalu diayak
  • Campur ragi dengan air hangat. Aduk hingga rata dan diamkan.

Proses buat adonan donut kentang empuk anti gagal

  • Mixer gula dan telur hingga mengembang. Gunakan gagang mixer biasa dan kecepatan tinggi
  • Ganti gagang mixer dengan gagang mixer spiral yang untuk roti. Nyalakan dengan kecepatan sedang.
  • Masukkan kentang, aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan tepung yang sudah diayak sedikit demi sedikit. Diseling dengan air ragi sedikit-sedikit. Mixer hingga adonan setengah kalis.
  • Masukkan margarine, mixer hingga kalis dan tidak ada adonan yang menempel diwadah. Lalu diamkan 10 menit.

Proses mencetak adonan donut kentang empuk anti gagal

  • Taburi meja/mad/alas buat mencetak donut dengan tepung terigu yang 250 gram dipisahkan tadi.
  • Tuang adonan donut diatas alas tersebut dan taburi dengan tepung terigu. Potong-potong adonan sebesar donut yang diinginkan. Kalau perlu ditimbang biar besarnya sama.
  • Bentuk adonan yang sudah dipotong seperti bola. Susun adonan yang dibentuk bulat-bulat di Loyang atau wadah yang sudah ditaburi tepung terigu. Fungsi terigu agar adonan saat diambil tidak lengket di wadah.
  • Saat menyusun adonan bulat, buat jarak sekitar 1cm antar adonan, agar saat adonan didiamkan tidak saling menempel. Lakukan hingga adonan habis.
  • Tutup adonan yang sudah dibentuk bulat dengan kain bersih. Diamkan selama 30 menit.

Proses akhir membuat donut kentang empuk anti gagal

  • Setelah didiamkan 30 menit, donut biasanya mengembang. Tekan-tekan sedikit adonan bola agar gepeng dan terlihat seperti lingkarang donut.
  • Ambil sedotan boba atau benda apapun yang bisa digunakan untuk membolongkan donut. Tusuk tengah-tengah lingkaran adonan donut hingga bolong.
  • Panaskan minyak. Minyak yang dipanaskan usahakan agak banyak agar adonan donut kentang empuk anti gagal bisa tenggelam.
  • Setelah minyak panas, kecilkan api kompor. Masukkan adonan donut yang sudah dibolongin. Goreng hingga kecoklatan.
  • Untuk topingnya saya suka yang praktis yaitu dengan menggunakan gula halus yang dicampur dengan 1 saset susu bubuk ke dalam plastik kiloan. Masukkan donut yang sudah matang dan agak dingin kedalam campuran gula. Kocok-kocok donut hingga semua permukaannya memutih.
  • Kalau mau sedikit agak repot, teman-teman bisa lelehkan cooking chocolate dicampur sedikit margarine dengan cara di steam. Setelah cair, kita tinggal mencelupkan Sebagian permukaan donut kedalam coklat yang meleleh.
  • Selain chocolate melted dan gula putih, bisa juga, donut cukup diolesi margarine lalu ditaburi meses diatasnya. Seperti membuat roti.
  • Nah, donut kentang empuk anti gagal siap disajikan.
berhasil mencoba tips membuat donut kentang empuk anti gagal

Saya sudah menjelaskan tips membuat donut kentang empuk anti gagal. Sekarang tinggal teman-teman mengeksekusinya. In syaa Allah, kalau dilakukan step by step tipsnya, pasti sukses deh. Selamat mencoba!


Wassalam
5 resep olahan daging giling ade ufi









23 comments

  1. Jadi kepengen bikin donut kentang deh, siapin dulu ahh bahannya, nanti tinggal bilang mbaolo buat masakinnya.. nikmat nian

    ReplyDelete
  2. Wow..penuh perjuangan utk menemukan resep Donat yg tepat ya mba.. Mau nyontek.juga ah kapan..biar bisa bikin gak hanya bisa makan Donat saja..hehe..

    ReplyDelete
  3. Donat oh donaaattt
    Memang tricky banget bikin jajan enak satu ini.
    Seringnya gosong kalo pas nggoreng :D

    ReplyDelete
  4. Kebetulan nih mba aku lagi nyari resep donat kentang yang anti gagal begini. Makasih banyak lhooo contekannya. Anak-anakku senang banget dengan donat soalnya.

    ReplyDelete
  5. Mba bisa loh tanpa cetakan donat hasilnya bisa bulat sempurna dan anti gagal. Jadi adonannya di bulat-bulat dulu, lalu didiamkan sampai mengembang. Setelah mengembang tusuk tengahnya sama jarinya, hasilnya bakalan bulat sempurna. Aku lihat cara itu di youtube dan sukses.

    ReplyDelete
  6. Waw, awesome banget pengalaman kegagalan mb Ade bikin donat kentang hahahah :) AKu? Duh mana tahan kalau kudu capek begini, makannya cepet buatnya lama wkwkwkw. Oh jadi gitu ya rahasianya supaya donat mengembang? Enaknya sih memang pakai cetakan khusus ya supaya bentuknya cakep. Kalau lebih dari 30 menit didiamkannya berpengaruh ga? Misalkan kita taruh di kulkas adonannya bisa ga ya? Kan seandainya ga langsung digoreng semua.

    ReplyDelete
  7. Duh ngiler dah lihatnya. Donutnya menul2 banget mba hehehhe.. terimakasih resepnya. Aku mau coba bikin deh di rumah. Ijin save resep yah mba.aku udah beberapa kali bikin donut kentang Gatot alias gagal total hahahaha...

    ReplyDelete
  8. Bener2 anti gagal yaa donatnya.
    Rasanya pengen coba bikin tapi koq gak PD ya, hahah..

    ReplyDelete
  9. Yang terakhir kelihatan empuk memang. Aku bukan penggemar kue-kuean sih. Jadi resepnya simpan dulu. Eksekusi kalau mau, hahaha

    ReplyDelete
  10. Tolong, ada ekspresi adonan yang ngga mau turun dari cetakan? Kzl beet pastinyaaa. Hahahaha

    ReplyDelete
  11. Belum pernah bikin donat kentang nih. Jadi pengin nyobain..cuss..

    ReplyDelete
  12. ya ampun..empuk dan menul-menul donat kentang anti gagalnya Mbak Ade...
    Aku terakhir bikin donat kentang pas praktek ujian anakku yang kelas 9, bulan puasa yang lalu
    Dan hasilnya begitu deh..kwkwk, ga bisa empuk dan ga cakep dibentuk
    Aku mau coba resep Mbak Ade kalau gitu..hm sungguh menggoda nih hasilnya

    ReplyDelete
  13. Wah, aku suka banget donat kentang. Mau nyoba bikin donat, mumpung camilan anakku hari ini habis. Makasih mbk resepnya

    ReplyDelete
  14. Harus disave nih mbak Ade biar bisa bikin donat anti gagal aku agak trauma bikin resep kue dari tepung dan ragi gini haha gagal meluluu

    ReplyDelete
  15. Makanan kesukaan aku dan adik" banget ini. Aku pernah mbak bikin donat kentang tapi keras jadinya hhuhu. Mau coba resep yg ini, semoga berhasil

    ReplyDelete
  16. Diantara resep adonan donat yang saya coba, donat kentang adalah yang paling enak. Donatnya empuk tidak keras..

    ReplyDelete
  17. Aku tuh suka banget makan donat karena download itu enak apalagi lihat donatnya Mbak adiknya Jadi kepengen banget cobain

    ReplyDelete
  18. Jadi inget, Ibuku dulu suka banget bikinin anak-anak camilan, ya...donat.
    Karena Ibu bilang "Bikin donat itu pelampiasan saat marah."
    Hahhaa...kan harus dibanting-banting gitu loo...kak Ade, biar kalis.

    Terus aku niru, banting-banting adonan.
    Sukses bikin anak-anak ketakutan ((saking berapi-apinya)) wkwkkw~

    ReplyDelete
  19. Wow menggoda banget donat kentangnya... Keren usahanya... Saya mah gagal bikin cireng, malas mencoba lagi, hihihi...

    ReplyDelete
  20. Waw.. Untuk 500 gr terigu cm butuh 1 telur. Wajib dicoba nih resepnya.

    Btw, aku ngakak banget baca cerita beli cetakan donat dr cina itu. Wkwk.. Akupun kemarin beli masker medis. Tyt dr cina. Gak bs cancel pula. Haha. Tp mikir positif aja lah. Masa virus betah ngadem di benda mati sampe 2 minggu (krn 2 minggu baru sampe). Jd kemarin cukup semprot pakai disinfektan bentar n jemur.

    ReplyDelete
  21. Ya Allah Mbakkk aku ngakak baca yang awal-awal. Dari bentuk yang peyang-peyang sampai pengiriman dari China. Hahaha.
    Tapi akhirnya berhasil juga ya. Aku nih yang belum berhasil. Kapan-kapan insyaa Allah mau coba resepnya mbak Ade, ah :)

    ReplyDelete
  22. perjalanan membuat donatnya seruu pisan ini mba hehehe. aku udah lama pengen buat belum kesampaian nih. Semoga ada waktunya

    ReplyDelete
  23. Kalau udah expert sekalian terima pesanan mbak Ade hehe.
    Di rumah yg suka bikin donat suamiku wkwkw aku penikmat. BTW di deket rumahku ada yang jual donat dan enak banget rasanya, menul2 juga gtu, lbh sering beli haha

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^