Tips Mendongeng yang Baik dari Nivea #SentuhanIbu

Mendongeng adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang sangat disukai anak-anak. Selain mempererat hubungan orangtua dan anak, dongeng bisa menstimulasi kecerdasan otak anak. Namun terkadang mendongeng menjadi suatu kegiatan yang tidak mudah kita jalani. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang hubungan mendongeng bagi kecerdasan anak secara ilmiah berikut tips mendongeng yang baik dari Nivea #SentuhanIbu.

Nivea #SentuhanIbu
Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Akhir-akhir ini Adek Fi senang sekali bercerita tentang super hero kebanggaan dia. Mulai dari Hulk, Spiderman, Ironman, Batman dan Kapten Amerika. Ini semua karena saat ia dapat jatah bermain handphone, saya arahkan melihat youtuber anak kesukaan dia CKN Toys. Episode CKN Toys kesukaan dia adalah ketika CKN unboxing mainan super hero miliknya.

Imaginasi Adek Fi bermain disini. Dia suka sekali bergaya ala superhero kesukaan dia. Saya pun kadang diminta ikut berperan menjadi salah satu superheronya. Untuk memperkuat imajinasinya, biasanya saya bekali dengan perlengkapan sederhana di rumah, seperti membuatkan sayap batman dengan menggunakan bergo hitam milik saya.

Di moment inilah, biasanya jadi kesempatan saya mengarang cerita dongeng bermoral dengan menggunakan tokoh utama superhero. Tapi disaat saya mentok, saya suka kebingunan buat cerita untuk Adek Fi. Sebab saya berusaha membuat cerita yang ada pesan moralnya.

Belum lagi rasa bosan menjalar, ketika Adek Fi meminta cerita yang sama berulang-ulang. Saya seolah dipaksa untuk mencari kreatifitas baru untuk menghilangkan kebosanan tersebut.

Alhamdulillah, pada tanggal 13 November 2019, saya dapat undangan dari Nivea untuk menghadiri acara soft launching taman bermain World Imagination, yang dibuka oleh Mr. Holger, sebagai perwakilan dari Nivea

mr holger Nivea #SentuhanIbu
Mr. Holger 

Pada acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang berbicara tentang mengembangkan imajinasi anak dengan dongeng.

Hubungan Dongeng dengan Perkembangan Otak Anak

Sebagai narasumber yang pertama, dr. Herbowo A.F. Seotomenggolo, Sp.A(K) menjelaskan bagaimana hubungan dongeng dengan otak anak.

dr Herbowo Nivea #SentuhanIbu
dr Herbowo

Seperti kita ketahui bahwa tumbuh kembang anak bukan berasal dari genetik, ras, usia dan jenis kelamin saja, tapi juga lingkungan, nutrisi, penyakit yang di derita dan stimulasi. Mendongeng adalah stimulasi terbaik untuk seluruh fungsi otak anak.

Menurut Dr. Herbowo bahwa mendengarkan dongeng bisa mengaktifkan bagian-bagian otak sehinggaterbentuk imajunasi (neural coupling). Dan aktifitas otak si pendengar menyerupai aktifitas si pembaca (miroring).

Dengan mendongeng, bukan cuma mengembangkan kemampuan otak untuk bicara (broca dan wernicke), tapi seluruh fungsi otak juga bekerja. Selain itu ada 3 hormon yang dilepas pada otak saat mendengarkan dongeng, yaitu :


  • Hormon Dopamin : hormon yang berhubungan dengan emosi.
  • Hormon Oktitosin : hormon yang berhubungan dengan empati dan kegembiraan.
  • Hormon Kortisol : hormon yang berhubungan dengan kewaspadaan.


Berdasarkan hasil penelitian tersebut, American Academic of Pediatrics (AAP) pada tahun 2014 menganjurkan kepada para orangtua untuk melakukan kegiatan membaca untuk anak sejak mereka baru lahir. Agar otak terstimulasi dalam kemampuan literasi. Selain itu mampu mempererat hubungan anak dan orangtua.

Tips Mendongeng yang Baik untuk Anak dari Nivea #SentuhanIbu

Selain dr. Herbowo, saat itu hadir juga Kak Muhammad Ariyo Faridh Zidni atau biasa dipanggil Kak Aio dari Ayo Dongeng Indonesia yang memberikan tips yang baik untuk anak. Berikut tipsnya yaa:

kaka aio Nivea #SentuhanIbu
Kak Aio (Komunitas Ayo Dongeng Indonesia)

1. Hilangkan pikiran negatif dari si pendongeng.

Terkadang sebelum mendongeng ada banyak sekali pikiran-pikiran negatif yang berkeliaran di otak kita. Seperti, “Duh, gimana ya kalau dongeng saya tidak menarik dan anak-anak bosan?” atau “anak-anak nanti bisa duduk tenang nggak ya saat saya mendongeng”, dll.
Nah, pikiran-pikiran itu harus dihilangkan terlebih dahulu. Berpikirlah positif agar aura positif juga terpapar dari dalam diri kita. Berarti ayat quran yang mengatakan, “Aku bagaimana prasangka hambaKu” ini berlaku juga yaa buat mendongeng. ^_^

2. Hilangkan pesan moral krn pesan moral membatasi imajinasi.

Selain tentang pikiran negatif, ternyata ada satu lagi penghambat dalam membuat kegiatan mendongeng terhambat, yaitu berusaha mencari cerita yang bermuatan pesan moral. Padahal menurut Kak Aio, saat mendongeng tidak harus melulu cerita yang kita karang atau membaca buku. Tapi bercerita tentang pengalaman kita sewaktu kita kecil, sudah merupaka dongeng bagi anak-anak.

Mendongeng juga tidak harus dari kita saja yang bercerita, mendengarkan mereka bercerita juga termasuk kegiatan mendongeng. Nah, sepertinya anak-anak saya mendongeng versi kedua nih. Mereka lebih suka bercerita tentang kegiatan mereka ke saya. Kadang diulang-ulang.

Jadi mendongeng versi Kak Aio dan juga disetujui oleh pak dokter harus ada 2 arah. Terjadi percakapan 2 arah. Jika kita menggunakan alat bantu video dari youtube aatau televisi, maka kita ikut berbicara disamping anak-anak saat menonton bersama.

3. Luangkan waktu khusus untuk mendongeng

Karena harus 2 arah, maka sebaiknya luangkan waktu khusus untuk mendongeng. Jangan mendongeng pada jam-jama salah satu dari kita (anak atau orangtua) sibuk. Misal anak baru pulang sekolah tiba-tiba diajak mendongeng atau kita lagi menggoreng, tiba-tiba mendongeng buat anak.

Itu sebabnya kenapa dongeng dilakukan saat menjelang tidur. Karena semua dalam kondisi siap dan luang dalam mendongeng. Walaupun mendongeng bisa dilakukan kapan pun, tapi ya itu.. harus siap kedua-duanya.

4. Ciptakan dongeng yang menarik dan interaktif

Buku cerita dongeng hanya sebagai alat bantu dalam mendongeng, namun kita orangtua harus pandai berkreasi dalam menciptakan dongeng yang menarik. Orangtua bisa melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka untuk memberikan ide cerita, nama karakter dan alat peraga lainnya sehingga dongeng menjadi seru.

Menurut Kak Aio lagi, dalam dongeng itu tidak ada cerita yang benar atau salah. Semua mengalir sesuai imajinasi. Selain itu ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk menciptakan dongeng yang menarik, yaitu :

Memberikan suara dan intonasi yang berbeda dari setiap karakter.

Yang namanya manusia atau mahluk hidup pasti memiliki suara dan intonasi yang berbeda. Nah, memberikan perbedaan suara dan intonasi pada masing-masing karakter, membuat cerita dongeng semakin menarik

Memberikan ekspresi berbeda dari setiap situasi

Selain suara dan intonasi, ekspresi wajah pun harus dibuat berbeda. Seperti wajah sedih, wajah gembira, wajah kesal, dll. Bahkan hal ini bisa kita pinta sama anak saat bercerita. Misal, “Beruangnya marah besaaar.. (lalu wajah kita berubah wajah marah dan kita meminta anak untuk memperaktikkan wajah marah) Coba adek kalau lagi marah bagaimana ekspresinya”

Beri sentuhan-sentuhan halus dalam bercerita.

Memberikan sentuhan halus lebih cepat merangsang perkembangan otak anak. Seperti disaat kita bercerita tentang ulat berjalan, maka letakkan jari-jari kita di lengan anak untuk menunjukkan ulatnya berjalan.

Tentang Nivea #SentuhanIbu World Imagination

Percaya bahwa mendongeng dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, maka tahun 2019 ini Nivea #SentuhanIbu menghadirkan taman bermain interaktif untuk anak yang diberi nama World Imagination.

World Imagination ini terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia imajinasi. Kombinasi antara permainan dengan seni digital. Sebagai Brand Executive Nivea Body and Creme, Brigita Dewi Pricillia menjelaskan bahwa fokus utama dari Nivea #SentuhanIbu adalah menciptakan moment yang dapat mempereak ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya dengan mendongeng.

briggita Nivea #SentuhanIbu
Brigitta 

Itu sebabnya pada taman bermain World Imagination ini menghadirkan 4 dunia imajinasi. Keempat dunia imajinasi itu adalah dunia air, dunia angin, dunia hutan dan dunia pasir. Di dunia-dunia tersebut ada petunjuk cara bermain, karakter unik hingga rintangan yang harus mereka hadapi oleh ibu dan anak secara kompak dengan menggunakan imajinasi mereka.

Taman bermain World Imajination ini tercipta hasil kerjasama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari.

Itu sebabnya Ibu Elisabeth Tita dari komunitas Waktunya Main mengatakan bahwa World Imagination ini butuh kerjasama dengan orangtua, maka sebaiknya orangtua meluangkan waktunya dengan sepenuh hati untuk bermain dan mengeksplorasi daya imajinasi anak bersama.

elisabeth Nivea #SentuhanIbu
Ibu Elisabeth

Waktu, Lokasi dan Harga Tiket Masuk (HTM) Taman Bermain World Imagination

Taman bermain ini bersifat sementara, jadi jangan sampai kelewatan waktunya ya. Taman Bermain World Imagination ini hanya ada pada tanggal 20 – 22 Desember 2019, yang berlokasi di ECO Park Ancol. Berdoa aja yaa.. semoga setiap tahunnya selalu ada. ^_^

Tahun ini Nivea #SentuhanIbu bekerja sama dengan Tokopedia untuk pembelian tiket masuk ke taman bermain World Imagination. Tiket dapat dibeli mulai tanggal 13 November 2019 dengan harga Rp 150.000/orang. Tapi untuk menghemat biaya, Nivea #SentuhanIbu menjual tiket paket Rp 450.000 untuk 4 orang. Setiap pembelian tiket akan mendapatkan merchendise cantik dari Nivea.

Nah, sebentar lagi libuaran panjang nih. Pas kaan dengan waktu taman bermain World Imagination. Berhubung itu lokasinya di Ancol, yang udaranya terik dengan sinar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan lotion Nivea Creme Tin dari Nivea yang diperkaya dengan Eucerit. Eucerit ini berfungsi untuk melindungi kulit, sehingga kulit tetap dalam kondisi lembab dam memberikan sensasi kelembutan.

Buat teman-teman yang kepo sama aksi dari 4 dunia imajinasi Nivea #SentuhanIbu, bisa lihat videonya nih.


Nah, sudah dapat tips mendongeng yang baik dari Nivea #SentuhanIbu, kini waktunya mewujudkan imajinasi itu dalam taman bermain world imagination. Selamat berlibur ^_^


Wassalam










34 comments

  1. Ini baru pertama Ada Taman bermain yg menyajikan dunia imajinasi, permainan Dan seni digital. Semoga antusias masyarakat baik Dan berkelanjutan tiap tahunnya

    ReplyDelete
  2. Sebagai penggemar dan pengguna aktif Nivea,diriku langsung acungin jempol buat brand lawas berkualitas ini. Sangat peduli pada anak ya, tadinya mikir kog Nivea sampai bikin acara seputar dongeng. Ga tahunya ada World Imagination di Ancol 😍😍 jangan lupa pakai Nivea Cream Tin nya utk melindungi kulit ya Umi xixi. Btw Dr Herbowo hits habis, pernah beberapa kali ketemu dan beliau jadi narsum nya, enak juga penyampaiannya ya

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sama tips nomor 2. Kalau ada buku cerita yang mengutamakan sisi moral, aku malah ga niat beli. Imajinasi anak ga boleh dibatasi moral karena anak-anak itu masih pure dan genuine 😍

    ReplyDelete
  4. Sayangnya jauh bangey nih kak world imagination dari Nivea ini. Aku kepengen banget belajar mendongeng. Kadang aku tipenya pengen buru buru udahan kalo domgengin anak soalnya gak kreatif.

    ReplyDelete
  5. Ajakin keponakan pasti ia suka, supaya daya pikirnya berkembang.
    Apalagi sekarang masa pertumbuhannya
    Di usia 15 bulan.
    Terimakasih sudah share mba, tempat taman bermain yang recommend untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap apalagi di sini ada 4 dunia imajinasi. Mungkin kalau anaknya agak gedean dikit seperti usia 2 th an akan lebih seru. Seperti anak saya yg pengen menyelam ke dunia air

      Delete
  6. Nah.. taman bermain ini bisa lah jadi wishlist kalo diadakan di Medan ya mba Ade. Abis nya jauh banget kalo ke sana..karena anak-anak suka banget aku ceritain dongeng. Pasti mereka suka banget berada di taman bermain ini

    ReplyDelete
  7. Dongen emang pny banyak manfaat untuk anak..
    Makasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  8. Wah bakalan lengkap nih World Imagination dari Nivea nanti ada dunia air, angin, hutan dan pasir. Seru pasti! Enggak sabara nunggu hari H-nya. Dan setuju manfaat dongeng memang banyak buat stimulasi anak.

    ReplyDelete
  9. Kalau aku sih setiap hari, harus mendongeng buat anak-anak. Biasanya kalau aku lupa, mereka suka nagih gitu. Oya, Taman Bermain World Imaginationnya cuma sampai 22 Desember ya? Aku kira selamanya ada :)

    ReplyDelete
  10. Wah, kalau beli HTM nya di Tokopedia bisa lebih hemat ya, 4 orang hanya 450K hehehe :) Boljug, ceki2 jadwal anak2 liburnya kapan. Oh iya sih aku percaya kalau anak2 yang sering didongengi terutama oleh orangtuanya, akan punya rasa empati yang lebih tinggi, percaya diri dan semangat lebih maju. Intonasi suara pendongeng penting juga tuh, apalagi kalau ada suara2 hewan hehehe.... :D

    ReplyDelete
  11. Kepo ah sama aksi 4 dunia imajinasinya langsung cus ke Youtube channel nya ah.

    ReplyDelete
  12. Keren banget acara world of imagination bkin mama sama anak happy ini mah smoga aku bsa ikutan datang sma anakku y mba

    ReplyDelete
  13. Tanggal segitu anak-anak udah libur belum ya? Galau pengen ke Jakarta apa ke Bali hehehe.

    ReplyDelete
  14. Pantas saja ya kala mendongeng atau pun yang mendengarkan dongeng bisa ekspresif wajahnya karena ada pelepasan hormon di sana

    ReplyDelete
  15. Meluangkan waktu khusus buat mendongeng emang penting sekali. Biar kualitas dan bondingnya dapat ya mbak. Kalau aku biasanya milih sebelum istirahat malam sambil cerita2 aktivitas yg dilakukan anak pada hari itu

    ReplyDelete
  16. Walaupun sekarang udah ada youtube dan platform digital lain yang bisa provide materi belajar untuk anak, tapi tetep mendongeng selalu jadi metode yang akan mendekatkan orang tua dan anak. Bondingnya pasti terasa banget ketimbang nonton bareng aja :)

    ReplyDelete
  17. Betul sekali, kegiatan mendongeng tidak hanya seru, tapi juga bisa mengedukasi hal-hal baik pada anak. World Imagination Nivea pas banget nih moment pelaksanaan nyanya bertepa sama hari ibu

    ReplyDelete
  18. saya biasanya mendongeng sebelum tidur. harusnya sih di ja aktif si kecil biar dia jg mudah menangkap ceritanya dan kadi hapal. ah saya belum bs ngasih macam2 suara nih

    ReplyDelete
  19. Wah ternyata mendongeng banyak manfaat nya ya buat tumbuh kembang anak. Dan mendongeng jg tidak asal mendongeng ya. Ada trik triknya jg supaya bisa lebih maksimal. Terima kasih atas infonya mbaa

    ReplyDelete
  20. Dongeng itu buat anak sepertinya menarik ya. Kl mendongeng anak kan jadi otaknya terasah ya.

    ReplyDelete
  21. Yah aku abis dari ancol bulan kemarin. Jadi ga bisa ajak Erysha ke taman imajinasi ini dong ya. Aku setuju mba Ade kalau mendongeng itu bnyak banget manfaatnya. Kerasa ama aku pas ngeliaf perkembangan bahasa erysha cepet dan artikulasinya jelas dan daya imajinasinya juga tinggi. Efek sering didongengin ama emaknya soalnya 😂

    ReplyDelete
  22. Wihh asik nih yang tinggal di Jakarta, bisa main di World Imagination di Eco Park ya. Eh yang liburan di Jakarta pas tanggal segitu juga bisa dong main-main kesana. Sayangnya aku ke Jakarta akhir tahun, udah selesai ya

    ReplyDelete
  23. Wah menarik sekali World Imagination dari Nivea. Saya jadi kepengen bawa si kecil main kesana nih. Soalnya si kecil juga lagi suka didongengin hehe

    ReplyDelete
  24. Wah, penasaran kayak apa nih taman bermainnya, bisa jadi alternatif seru kegiatan liburan sekolah anak yaa

    ReplyDelete
  25. Sebagai calon ibu aku perlu belajar banyak nih agar bisa mendongeng buat anak, karena memang dunia anak2 dunia imajinasi mreka suka sekali mendengarkan kisah2

    ReplyDelete
  26. Penasaran aku tempat nya ini kak.. Soalnya kayaknya seru banget ya kalau ajak anak gitu... Jadi pengen main kesana.. Apalagi anak juga suka story telling...

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah karena dongeng adalah kegiatan rutin sebelum tidur bahkan sejak masih dalam kandungan, dongeng sudah kujalankan

    ReplyDelete
  28. Bener ya bonding ya pas itu Sama anak pad mijat Aku baru tahu nih Ada Nivea crime boleh buat anak2 dirumah masih Ada Juga cuma buat abinya

    ReplyDelete
  29. Aku salut sama Nivea yang mengangkat tema dongeng sebagai bagian dari sentuhan Ibu.
    Karena di sini terlihat sekali bahwa peran Ibu dalam menyentuh anak tidak hanya dari segi fisik, tapi juga batin.

    ReplyDelete
  30. wah sayang banget nih lokasinya jauh di Jakarta sana. Kalau soal mendongeng jujur saya juga suka mati gaya mau cerita apa ke anak. Tapi lucu juga di umur anak yang sekarang mau 3 tahun dianya malah sering bikin cerita sendiri dari buku-buku dibelikan buat dia

    ReplyDelete
  31. kebetulan banget nih kak, anakku juga lagi seneng2nya dibacain cerita dongeng dan nonton video dongeng di TV..

    ReplyDelete
  32. Untuk anak menuju 3 tahun boleh ga mbak? Apa aja sih isinya? Hahaha aku jadi semakin penasaran. Oiya, aku baru tau kalau pesan moral bisa diabaikan duluuu. Biar dongengnya ga berat berat amat kali yaa hehe

    ReplyDelete
  33. Dulu aku sering di dongengin ama Bapak, dan sekarang giliran aku juga jadi suka mendongeng untuk anak. Menurutku sih, dengan mendongeng nggak cuma anak yang dapat manfaatnya ya, tapi kita sebagai orang tua juga jadi bisa melatih kreatifitas.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^