Telur Tersembunyi, Scotch Eggs Versi Indonesia

Bosen dengan olahan telur yang begitu-begitu aja? Kali ini saya buatkan resep Telur Tersembunyi, Scotch Eggs versi Indonesia. Makanan yang buat anak-anak seneng dan bisa jadi variasi makanan bagi yang sedang diet.


telur tersembuny, scotch eggs versi indonesia
Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.
Sebelumnya saya memasak Creamy Spinach, demi menemani Telur Tersembunyi atau Scotch Eggs. Yes, Telur Tersembunyi itu nama lain dari Scoctch Eggs versi Indonesia.

Awalnya tertarik buat Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) itu karena di WAG ada yang posting untuk ikut lomba recook Telur Tersembunyi (Scotch Eggs). Infonya dari Instagram Neurobion. Saya pun tertarik buat ikut, sebab masakannya ini bakalan disukai seluruh keluarga.

Seperti diridhai harus ikut lombanya, pas banget ada teman yang menawarkan daging giling dengan harga murah. Saya beli 1kg daging giling Rp 65.000. Padahal kalau beli di supermarket 250 gram saja sudah 20 - 30 ribuan. Ditambah lagi pas ngajakin temen-temen untuk buat brush challenge ala food blogger, kita sepakat untuk lempar-lemparan telur. Jadilah saya positif buat Telur Tersembunyi (Scotch Eggs).

Asal Mula Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Lagi-lagi kalau saya buat tulisan tentang masakan dari luar, saya cari tau dulu ini makanan asalnya dari mana sih? Begitu juga dengan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs).

Awal saya tau nama Telur Tersembunyi itu Scotch Eggs ya dari Mas Jun, Chef yang ikutan eggs challeng bareng saya. Saya sih Taunya Telur Tersembunyi. Pantesan saat saya mencari food fotografi Telur Tersembunyi, nggak nemu. Yang ada cuma foto-foto telur mentah saja. Tapi begitu saya tau namanya Scotch Eggs, banyak sekali tampilan seni fortografi tentang Scotch Eggs. Bahkan keluar resep-resep langsung dari bule-bulenya.

Penemu dan asal Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Jika bedasarkan Wikipedia, iyaa saya memang hobi banget kalau cari sejarah di Wikipedia, Ada beberapa teori yang berbeda tentang asal-usul dan etimologi Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) ini. Dan dari semua teorinya tidak ada kesimpulan yang pasti.

Ada yang bilang Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) ini pertama kali ditemukan di tahun 1809. Saat itu majalah OED dalam edisi Maria Rundell's A New System of Domestic Cookery, menyatakan bahwa Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) itu adalah hidangan makan malam, disajikan panas dengan saus . Namun saat itu Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) tidak menggunakan lapisan remah roti. Hingga tahun 1861 Isabella Beeton menyarankan cara lain dengan menggunakan lapisan remah roti sebagai pilihan.

Namun tahun 1738 , Department store London Fortnum & Mason mengklaim telah menemukan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs). Mereka mengklaim bahwa Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) sebagai makanan ringan bagi para pelancong, sayangnya data arsip tentang itu hilang.

Namun walau banyak teori dan pendapat asal mula Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) ditemukan, mereka mempunyai 1 kesamaan yaitu berasal dari Inggris.

Awal nama Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Menurut Culinary Delights of Yorkshire yang berasal dari Whitby, Yorkshire, Inggris, pada abad ke-19 nama Scotch itu ada karena proses masaknya yang menggunakan sistem Scotching, yaitu melapisi telur dengan pasta ikan lalu dibakar di api. Namun akhirnya entah kenapa pasta ikan diganti dengan daging giling dan porsesnya digoreng bukan dibakar.

Penyajian Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) di Luar Negeri

Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) merupakan makanan piknik yang umum . Di Inggris, Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) yang dikemas tersedia di supermarket , Corner shop dan Motorways Service Station.

Versi miniaturnya juga tersedia secara luas, dijual dengan nama mini scotch eggs, savoury eggs, picnic eggs, party eggs, snack eggs, egg bites atau sejenisnya. Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) mini ini isinya telur cincang atau telur puyuh, bukan telur ayam utuh.

Di Amerika Serikat, banyak pub dan restoran bergaya Inggris menyajikan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs). Biasanya disajikan panas dengan saus seperti ranch saus , saus sambal, atau saus mustard pedas.

Di Minnesota State Fair, Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) disajikan diatas tongkat. Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) tersedia di sebagian besar Festival Renaissance di Amerika Serikat.

Di Belanda dan Belgia, Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) disebut juga vogelnestje (sarang burung kecil), karena mengandung telur, atau eierbal (bola telur). Satu resep Skotlandia tahun 1880-an juga menyebut mereka sarang burung.

Resep Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Berdasarkan searching di Google, akhirnya saya mengambil beberapa resep Telur Tersembunyi (Scotch Eggs), lalu saya kombinasikan sesuai selera lidah saya. Nah berikut resep Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) ala-ala saya. ^_^

Bahan-Bahan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

  • Daging giling 300 gram
  • Telur ayam 6 butir
  • Tepung roti 150 gram
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu-Bumbu Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

  • Bawang Bombay besar ½ buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Biji Pala 1/2 butir
  • Lada (putih/hitam) 1 sdt
  • Garam ½ sdt
  • Kaldu Bubuk secukupnya (optional)

Cara Membuat Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Sebelum kita mulai memasak kita lakukan persiapannya dulu ya.

Persiapan untuk bahan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

  • Rebus 5 butir telur dan 1 telurnya untuk dikocok lepas nanti saat hendak menggoreng Telur Tersembunyi (Scotch Eggs). Kalau mau lebih banyak lagi bisa gunakan telur puyuh.
  • Pisahkan tepung roti menjadi 2 bagian, yaitu 100 gram untuk dicampur ke adonan dan 50 gram untuk lapisan saat menggoreng.

Persiapan untuk bumbu Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

  • Cincang halus bawang Bombay
  • Uleg bawang putih, biji pala, lada dan garam hingga halus.
  • Kalau nggak mau repot nguleg, bisa gunakan ½ saset bumbu sayur sop instan. Tapi kalau sudah pakai bumbu sayur sop instan jangan pakai kaldu bubuk dan garam lagi yaa.. nanti asin dan terlalu gurih banget.

Eksekusi Memasak Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

  • Campur daging giling, tepung roti dan semua bumbu. Aduk hingga rata dan bisa dikepal-kepal.
  • Tutupi telur rebus dengan adonan daging giling. Jangan tebal-tebal yaa dagingnya, bias saat digoreng bisa matang rata. Yang penting asal ketutup saja telurnya.
  • Baluri telur yang sudah dilapisi daging giling ke kocokan telur. Setelah itu gulirkan di sisa tepung roti. Lakukan sekali lagi ke telur lalu balik ke tepung roti.
  • Goreng telur dengan api kecil, karena tepung roti mudah hangus. Kalau pakai api kecil, daging yang didalam bisa matang rata. Usahakan juga minyaknya banyak, jadi telur bisa tenggelam didalam minyak. Angkat jika telur sudah berwarna emas kecoklatan.
  • Nah Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) siap disajikan.

Pendamping Telur Tersembunyi (Scotch Eggs)

Di Negara Barat ternyata makan Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) itu menggunakan pendamping lain layaknya makan steak. Pendampingnya biasanya adalah :

  • Creamy Spinach (krim bayam) /Creamy Beans (krim buncis) / sayuran rebus (buncis, wortel, jagung manis)
  • Massed Potato (kentang bejeg kalau saya bilang sih.. xixixi..) / french fries (kentang goreng)
  • Saus (Barbeque/keju/mashroom/hollandies/sambal tomat biasa)

Nah, kemarin saya memilih menggunakan sayuran rebus plus saus keju. Sebelumnya saya menggunakan saus barbeque. Semua sausnya saya buat sendiri, biar anak-anak bisa makan. Dan kedua saus itulah yang disukai orang rumah

Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) dengan saus keju

Ok, selesai deh cara membuat Telur Tersembunyi atau Scotch Eggs versi Indonesia. Nah, teman-teman bisa coba resep Telur Tersembunyi (Scotch Eggs) dirumah buat variasi makan telur ala bule. Selamat mencoba ^_^


Wassalam











25 comments

  1. hidden egg, wah menu yang menarik buat dicoba di rumah ini, bisa buat menu sahur atau makan malam setelah berbuka

    ReplyDelete
  2. Telur ngumpet ya mba. Hihi... aku tergoda liat saucenya. Minta resepnya...

    ReplyDelete
  3. Creamy spinach kesukaanku banget, btw ini telur bersembunyi lucu banget sih. jadi pengen buat juga untuk buka puasa.

    ReplyDelete
  4. Hmmm...kayaknya enak nih...tapi kalo pake telur ayam kayaknya kegedean haha..bisa nih dibikin versi lebih kecilnya pake telur puyuh ya..

    ReplyDelete
  5. Ngiler, auto pingin bikin tapi kok deg2an takut gagal yaa... Mba adeufi punya cookpad juga ngga... Aku pingin copy resepnya nanti klo berhasil kumention di IG ya, InsyaAllah

    ReplyDelete
  6. Kalau kayak begini, makan 1 telur juga udah kenyang banget buat saya hihihi. Dikasih saos sambal juga udah cukup, deh :D

    ReplyDelete
  7. ini mirip kaya rolade ya atau bakso isi telur tanpa kuah. nice story mbak. tulisannya menambah pengetahuanku.

    ReplyDelete
  8. Waw...ternyata beda tempat beda pula cara penyajian dan penjualannya seperti apa ya? Kalau di festival gitu kayaknya lebih seru deh. Sambil menikmati event, makan telur tersembunyi deh. Bergizi tinggi nih makanannya. Ternyata si telur dibungkus sama balutan si daging. Kira2 makan 1 doang kenyang ga? Wakakakaka :D

    ReplyDelete
  9. mantap ini, daging sapi dan telur ayam. Makanan bergizi tinggi, pas di konsumsi di masa pandemi kayak sekarang ini. Kalau diganti telur puyuh bisa makin banyak ya jumlahnya, tapi ukurannya dibuat lebih kecil

    ReplyDelete
  10. waaah ternyata lumayan mudah ya menyembunyikan telur di dalam daging giling. Pelengkapnya segeer

    ReplyDelete
  11. waah. akhirnya nemu blog yang bikin resep resep sederhana gini. Daging telor dicocol mayonaise aja uda terlihat menggiurkan yhaa.

    thankyou for sharing, Mbaaaak.

    ReplyDelete
  12. Wah, baru tahu nih, telur tersembunyi seperti ini. Tahunya bakso dalamnya telur..hihi..mau praktik ah...

    ReplyDelete
  13. namanya uni juga telur tersembunyi, bisa jadi tambahan inspirasi untuk bikin cemilan buat anak-anak. Sejak anak-anak menjalani learning distancing, salah satu PR banget adalah nyediain cemilan. Sepertinya resep scotch eggs bisa jadi salah satu pilihan utk uji coba ala emak gagap bikin kue seperti saya

    ReplyDelete
  14. Ini resepnya enak banget kayaknya bikin gak bosen makan telur dirumah jadinya.. Jadi pengen coba deh..

    ReplyDelete
  15. Wah ini rupanya cara bikin scotch eggs yang lagi hype di medsos. copas ah resepnya, anakku suka ini. Kenyang mah makan ini ya...Cantik pula tampilannya

    ReplyDelete
  16. Itu daging gilingnya murah amat mbak, aku beli di supermarket aja sampai 110 ribu sekilo.
    Aku belum pernah bikin scoth eggs versi Indonesia, mupeeeng

    ReplyDelete
  17. Kalau menggunakan satu butir telur, berarti telur tersembunyi ini lumayan besar ukurannya ya. Cukup mengenyangkan hanay dengan satu butir saja.

    ReplyDelete
  18. Kipingin coba nih mba suatu saat resepnya soalnya anakku Suka bngt telur jd Ada alternative lain nih

    ReplyDelete
  19. Nampak enak, pengen bikin juga nih tar ah hari minggu pas libur hehe, cocok buat buka puasa nih

    ReplyDelete
  20. makan ini dua buah aja udah kenyang ya Mba, kalo di rumah telur mah ngak bisa sembunyi, habis deh dia, jadi ngaksemat disembunyikan, hahahaha

    ReplyDelete
  21. Wahh sampai ditulis diblog mba ade, keren banget emang enak telur tersembunyi ini aq aja ketagihan

    ReplyDelete
  22. lihat nya aja uda ngiler, apalah daya yang cuma hanya bisa makan ini hehe

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah rajin banget masak mba Ade, aku pengen praktik juga ih bagaimana cara membuatnya
    semoga kapan-kapan sempat bikin. aamiin

    ReplyDelete
  24. Waah anakku pasti suka nih telur tersembunyi. Apalagi banyak daging gilingnya. Hmm...yummi..



    ReplyDelete
  25. Ummi rapi banget bikin bola-bolanya. BTW kalo ini memang katanya makanan pelancong, bisa juga sih, karena daging plus telur ya bikin kenyang juga plus simple. Kalo miss nita mah makannya pake nasi :P

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^