Cara Membuat MPASI Tanpa Ribet

Membuat MPASI (makanan pendamping ASI) adalah moment yang bisa membuat para ibu deg-degan. Banyak drama dalam pembuatannya. Ada yang khawatir salah membuat takaran (baik nutrisi ataupun jumlah) untuk bayinya. Ada yang ribet karena si bayi punya kakak balita. Ada yang bingung cara membuat nasi tim, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekarang ada cara membuat MPASI tanpa ribet. Mau tau caranya? Yuk, baca lanjutannya!

photo by Tika


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Masa membuat MPASI untuk kedua anak lelakiku memang sudah lewat, tapi drama dalam membuatnya masih menjadi kenangan indah buat saya. Dulu waktu jaman Abang Fi, saya benar-benar blank dalam membuat MPASI. Dan tahun 2006 tidak semudah sekarang mencari informasi bagaimana cara membuat MPASI yang baik dan gizi seimbang bagi anak.

Akhirnya saya cuma modal dengar pengalaman dari teman-teman yang sudah memiliki anak. Tapi prakteknya saya agak repot dalam pembuatannya. Saat Abang kecil, saya masih mengajar. Saya harus berangkat pukul 6.30 dan pulang pukul 16.00, kadang malah sampai malam. Otomatis saya tidak akan sempat menyiapkan MPASI buat Abang. Saya sibuk fokus menyiapkan ASIP (ASI Perah) untuk bekal minumnya.

Bersyukur sekali saya memiliki Mama Ayu yang memang piawai dalam segala hal. Termasuk urusan makanan anak-anak. Beliau lah yang membuatkan MPASI buat Abang. Saya hanya memberikan masukkan bahan-bahan apa saja yang harus dimasak dan jadwal makan Abang. Saya tinggal terima beres deh. Beliau juga sudah pakar tentang tekstur pembuatan MPASI sesuai usianya, karena beliau sudah pengalaman dalam membuat MPASI untuk ke 3 anaknya.

Tapi yaa.. saya tidak tau apakah proses masaknya benar atau tidak. Karena yang saya baca jika proses masaknya salah, maka nutrisi makanan untuk bayi akan menguap. Saya pasrah lillahi ta’ala saja.

Lain ceritanya ketika masa MPASI Adek Fi. Saya sudah fulltime mother. Ilmu yang saya dapat pun banyak. Sudah banyak blog yang membahas tentang MPASI. Bahkan saya pernah ikut acara dari cerelac, dimana saya bisa mendapatkan resep MPASI dengan beragam variasi.

Baca juga : Serunya acara demo kreasi MPASI bernutrisi dari cerelac

Selain itu saya juga dipermudah dengan adanya slow cooker. Jadi saya tidak khawatir tentang nutrisi yang menguap saat proses pemasakan MPASI. Dari malam sebelum tidur saya sudah masukkan semua bahan makanan untuk Adek Fi. Bagun pagi tinggal masukin sayuran. Disaat waktu makan Adek Fi, MPASI telah siap tinggal di saring sesuai tekstur makanan Adek.

Saya biasanya sekali buat untuk 1 hari makan. Nanti tinggal saya kotak-kotakkan dan masukkan dalam kulkas. Kalau mau makan saya panaskan dengan cara di tim. Sebab saya nggak mau repot menyaring MPASInya... xixixi.. Iyes, proses menyaring sesuai tekstur bayi itulah yang lama. Kadang Adek Fi keburu nangis karena proses menyaring diawal itu bisa makan waktu 5 – 10 menit. Makanya saya biasanya mulai menyaring MPASI 1 jam sebelum Adek Fi makan.

Ribet yaa? Iyalah resiko menjadi ibu ya seperti itu. Kita harus siap menerimanya. Padahal kalau saya dengar cerita beberapa teman, belum lagi malamnya mereka harus begadang, karena bayinya ngajak bermain. Alhamdulillah, saya bersyukur kedua anak saya nggak ada drama begadang. Mereka tidur cantik malam hari bersama kami.

Kandungan Nutrisi dan Tekstur Terbaik MPASI

Bicara soal tekstur kelembutan MPASI dan kandungan nutrisinya itu ternyata ada ilmunya looh. Kemarin, tepatnya tanggal 31 Oktober, saya datang ke acara konfrensi pers peluncuran produk terbaru dari Nestle, yaitu Cerelac Risenutri.

Saat itu Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc (Profesor Gizi Medik), menjelaskan tekstur yang harus diberikan saat mulai MPASI ada 3 tahapannya, yaitu :

1. Bubur kental dilumatkan sempurna

Tekstur MPASI ini diberikan untuk bayi usia 6 – 8 bulan dengan porsi 2 sendok makan hingga ½ mangkuk 250ml.

2. Dicincang, dilumatkan dan dipotong kecil-kecil

Tekstur MPASI ini diberikan untuk bayi usia 9 – 11 bulan dengan porsi ½ mangkuk 250 ml.

3. Makanan keluarga dicincang dan dilumatkan

Nah, makanan keluarga sudah boleh diberikan untuk usia 12 – 24 bulan dengan porsi ½ mangkuk 250ml.

Fungsi memberikan tekstur MPASI yang semakin besar usia bayinya semakin keras adalah untuk melatih proses pencernaannya. Selain melatih proses pencernaan atau metabolisme tubuhnya, mengubah tekstur secara bertahap adalah untuk memperkuat rahang si kecil agar pertumbuhan giginya sempurna.

Baca juga : Tips perawatan gigi balita yang sudah terlanjur rusak

Selain tekstur sudah pasti ya, nutrisi MPASI juga harus diperhatikan. Menurut Prof. Saptawati karakteristik MPASI orang Indonesia itu berbasis beras (karena makanan pokok kita adalah nasi), lebih tinggi protein nabatinya dibanding protein hewaninya. Sehingga kandungan zat besi, zink dan kalsiumnya masih rendah.

prof saptawati cerelac risenutri
Prof. Saptawati

Prof. Saptawati juga mengatakan bahwa menurut data seanuts study 2013 bahwa 55% anak usia 6 – 24 bulan mengalami anemia. Sedangkan 86,2% mengkonsumsi zat besi bawah angka kecukupan gizi.

Kenapa zat besi jadi begitu penting bagi anak?
Zat besi adalah kandungan gizi yang banyak dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, terutama kecerdasan otaknya. Bagi anak yang kekurangan zat besi di masa pertumbahannya, akan berefek jangka panjang, yaitu diantaranya :

  • Lemas dan mudah lelah.
  • Mudah infeksi karena menurunnya daya tahan tubuh.
  • Gangguan prestasi belajar yang disebabkan turunnya IQ anak 6 -15 poin

manfaat zat besi cerelac risenutri

Berapa kebutuhan zat besi bagi anak dalam masa pertumbuhan?
Prof. Saptawati mengatakan bahwa dalam sehari anak usia 6 – 24 bulan membutuhkan 11 mg zat besi. Zat besi terbaik ada pada daging merah (protein hewani) dan bayam. Untuk mencukupi 11 mg, seorang anak harus mengkonsumsi 385gr daging merah atau 300 gram bayam. Wuiih itu sama saja 1 porsi steak di restoran.


Kebayang nggak sih kalau bayi harus mengkonsumsi 1 porsi steak sehari? Kita aja yang dewasa rasanya begah. Dan lambung anak-anak itu 20% dari lambung orang dewasa. Duuh.. wajar saja ya kekurangan zat besi. Lain halnya orang-orang bule sana ya, yang tiap hari makanan utamanya daging.

lambung bayi cerelac risenutri

Pemenuhan Zat Besi dari Cerelac Risenutri

Dengan adanya masalah kekurangan zat besi tersebut, Nestlé Cerelac sebagai produsen MPASI bergizi, meluncurkan Cerelac Risenutri. Cerelac Risenutri merupakan bubur pasangan MP-ASI homemade yang difortifikasi dengan zat besi, yang penting untuk tumbuh kembang si kecil secara optimal.


Category Marketing Manager Baby Food PT Nestlé Indonesia, Ibu Intan Nurmala Ekowati mengatakan bahwa Cerelac Risenutri dibuat dari beras berkualitas yang juga dilengkapi dengan 10 vitamin dan 6 mineral. Selain itu Cerelac Risenutri mengandung zat besi yang tinggi dan dapat menghasilkan tekstur yang konsisten. Cerelac Risenutri memiliki rasa netral, sehingga memudahkan Ibu untuk berkreasi menggunakan berbagai topping, baik yang manis maupun gurih.

ibu intan dari cerelac risenutri
Ibu Intan
Ibu Intan juga menjawab dari pertanyaan peserta yang hadir akan keamanan mengkonsumsi Cerelac Risenutri dalam jangka waktu lama. Beliau menjamin bahwa Nestle adalah produsen makanan yang menjaga kesehatan bagi konsumennya. Jadi tidak akan berbahaya jika anak mengkonsumis Cerelac Risenutri dalam jangka waktu lama.

Cara Membuat MPASI Tanpa Ribet dengan Cerelac Risenutri

Nah, pas acara kemarin ada Sarwendah istri dari Ruben Bensu yang hadir sebagai narasumber. Sarwendah sebagai Ibu dengan 2 balita merasa drama banget kalau sudah waktunya memberikan MPASI ke anaknya yang bontot. Keribetannya itu sama persis seperti yang saya paparkan diatas.

sarwendah cerelac risenutri
sarwendah

Belum kelar dia menyiapkan MPASI anak pertamanya sudah merengek minta sesuatu. Sedangkan adiknya sudah masuk jam makan. Pastinya dia butuh cepat. Sarwenda senang sekali begitu ada Cerelac Risenutri. Makanya pada acara tersebut, ia memberikan resep bagaimana cara membuat MPASI tanpa ribet dengan menggunakan Cerelac Risenutri.

Resep pertamanya membuat MPASI dari Cerelac Risenutri dengan rasa manis. Catet yaa resepnya.

Resep MPASI Bubur Jeruk Manis

bubur jeruk manis cerelac risenutri

Bahan-bahan :
  • Jeruk Baby 1 buah
  • Air hangat kuku 150ml
  • Cerelac Risenutri secukupnya usia anak

Cara membuat :
  1. Masukkan Cerelac Risenutri ke dalam air hangat. Aduk rata setiap dimasukkan 1 sendok makan Cerelac Risenutri. Lakukan hingga bubur mengental sesuai tekstur makanan usia anak.
  2. Peras jeruk baby dan tuangkan kedalam bubur Cerelac Risenutri sebagai kuah.
  3. Bubur siap dijasikan,


Nah, yang kedua resep MPASI untuk rasa gurih

Resep MPASI Bubur Daging Brokoli


Bahan-bahan :
  • Daging cincang 250 gram
  • Brokoli 1 bonggol
  • Cerelac Risenutri secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci daging terlebih dahulu.
  2. Rebus daging hingga matang. Tiriskan. Jadikan air rebusan daging sebagai kaldu.
  3. Sambil menunggu daging mendidih, rendam brokoli dengan air garam agar ulat dan hama dalam brokoli keluar.
  4. Sisihkan air kaldu 150ml dan diamkan hingga hangat kuku.
  5. Sambil menunggu air kaldu hangat kuku, angkat brokoli dari rendaman dan iris halus.
  6. Buat bayi usi 6 – 8 bulan blender daging dan brokoli dengan sedikit air kaldu.
  7. Masukkan Cerelac Risenutri kedalam air kaldu. Aduk rata setiap dimasukkan 1 sendok makan Cerelac Risenutri. Lakukan hingga bubur mengental sesuai tekstur makanan usia anak.
  8. Masukkan daging cincang dan brokoli iris kedalam bubur dan aduk rata.
  9. Bubur siap disajikan.

Mudah kan? Nggak pakai ribet. Nggak pakai kelamaan nunggu, semua praktis disiapkan. Tinggal kita sebagai ibu dituntut sedikit kreatif dalam menciptakan MPASI untuk anak-anak kita. Dan dalam kemasan Cerelac Risenutri juga ada resep praktis mpasinya loh.

resep dibelakang kemasan cerelac risenutri
resep dibelakan kemasan cerelac risenutri 


Tentang Nestlé CERELAC

Nestlé CERELAC adalah pendamping ASI (MP-ASI) yang percaya bahwa setiap anak berhak untuk tumbuh sehat. Perjalanan Nestlé CERELAC berawal lebih dari 150 tahun yang lalu ketika Henri Nestlé, pendiri perusahaan ini, menciptakan bubur bayi untuk menolong nyawa seorang anak tetangganya. Bubur bayi ini lah yang menjadi cikal bakal Nestlé CERELAC hari ini.

Sebagai merek terkemuka di Indonesia dan dunia, Nestlé CERELAC senantiasa bekerja sama dengan para ahli nutrisi di seluruh dunia untuk mengembangkan produk, serta melakukan edukasi pada para ibu dan tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Tentang Nestlé Indonesia

Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Nestlé Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. Nestlé Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFÉ, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.

Nestlé merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbesar di dunia, yang melibatkan sekitar 5.000 karyawan di 23 lokasi di seluruh dunia. Di Asia, Nestlé memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan di Beijing, Shanghai, Singapura, dan Gurgaon.

Nah, teman-teman dengan adanya Cerelac Risenutri, nggak ada lagi tuh drama membuat MPASI. Dan banyak cara membuat MPASI tanpa ribet dengan Cerelac Risenutri dan ibu juga bebas berkreasi. Happy cooking!


Wassalam











3 comments

  1. Anti ribet ribet club kalo pakai Cerelac ya Mak.
    Varian rasanya banyak, dan kandungan gizinya mumpuni.
    aku ngikuti IG story dokter Meta Hanindita, dan dia recommend banget MPASI Cerelac gini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Ternyata zat besi penting juga untuk kecerdasan otak ya, bukan hanya untuk darah

    ReplyDelete
  3. Makasi kaka tipsnya. Sekarang makin praktis ya nyiapin mpasi. Aku jd laperr

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^