KAI Coworking Space Gratis dari PT. KAI

Sudah tau belum kalau PT. KAI menyediakan coworking space gratis di beberapa stasiun KRL? Nah buat yang baru tau saya tulis review menggunakan KAI coworking space gratis dari PT. KAI. Cekidot!

KAI Coworking Space


Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu'alaikum w.w.

Pagi itu (11 Sep 2019) saya berangkat terlalu pagi ke tempat tugas negara. Jadwal acara jam 10.30, yang bertempat di Sekretariat Negara. Saya memang biasanya kalau ada acara berangkat dari rumah tuh selalu 2 jam sebelumnya. Nah, pagi ini saya pikir akan lama nunggu kereta dan macet. Jadilah saya berangkat jam 07.00 WIB.

Ternyata dugaan saya salah. Semua Allah kasih berjalan dengan mulus. Ke stasiun nggak pakai macet, padahal biasanya di Margonda (terutama depan walikota) itu dah macet panjang, eh.. ini lancar jaya.

Trus, begitu tiba di stasiun, saya langsung dapat kereta jurusan Jakarta Kota. Biasanya kereta jurusan Jakarta Kota tuh agak lama, karena lebih banyak yang jurusan Duri, Angke dan Jatinegara.

Ya sudah.. alhasil di Stasiun Juanda saya tiba jam 8.30 WIB. Masih 2 jam lagi. Mau ngapaiiin coba 2 jam di Stasiun Juanda? Akhirnya saya memutuskan cari tempat ngupi cantik deh buat nyantai.

Kebetulan saat itu saya bawa laptop. Saya memang berpikir pulang acara cari tempat untuk menulis. Mau menyelesaikan nulis review tempat makan yang sudah numpuk.

Nah, pas lagi jalan mencari tempat yang enak, tetiba saya terpaku ke tempat yang isinya cuma bangku dan meja tok. Tidak ada produk yang dipajang. Saya langsung membaca logo yang tertempel di kaca. KAI Coworking Space.

KAI Coworking Space
logo KAI Coworking Space
Hmm.. ini ada coworking space nganggur nih (baca : masih kosong). Tapi bayar nggak ya? Ah, paling bayar sedikit. Ga papa lah.. kan lagi ngurangin kopi. Jadi biar deh bayar untuk ngetik nyantai. Maka, saya pun beranikan diri masuk ke dalam ruangan tersebut.

Baca Juga : Review Journey Coffee Tebet, tempat nyamab buat kerja

Datanglah saya menyapa Mba yang duduk manis di meja resipsionis, "Maaf, Mba saya mau tanya, kalau kita mau menggunakan tempat ini bayar sewanya berapa ya?" Ini pertanyaan emak-emak yang utama adalah urusan duit.. hahaha.. padahal kan bisa nanya syaratnya dulu yaaa. Ampun deeeh.

"Gratis, Bu" jawab Mba-nya dengan senyum manis. Heh? gratis? sinyal bahagia saya langsung mencuat begitu mendengar kata 'gratis'. Mulai lah saya bertanya-tanya kelanjutannya.

Syarat Menggunakan KAI Coworking Space

Namanya gratisan pasti ada syarat yang mengikuti kan. Nah, saya pun bertanya syaratnya menggunakan KAI Coworking Space ini apa saja. Ternyata syaratnya mudah banget. Cuma ada 3 syarat, yaitu :

1. Memiliki Kartu Multitrip KRL

Mungkin buat pengguna jasa krl commuterline, kata kartu multitrip sudah tidak asing lagi. Kartu KRL Multitrip bisa dibeli di loket tiket setiap stasiun. Hanya membayar 50.000 saja. PT. KAI menjual kartu multitrip satu paket sekaligus dengan pulsanya.

KAI Coworking Space
kartu multitrip (photo by republika)

Isi pulsanya beragam, ada yang 20k ada juga yang 25k. Yang jelas harga kartunya 50k yang sudah termasuk isi pulsa.

Kartu multi trip ini juga tidak ada expire date-nya. Kita tinggal isi ulang berapa pun kita mau. Minimal pulsa Rp 5.000 masih bisa digunakan. Kurang dari itu, kita harus isi ulang. Isi ulang juga bisa dilakukan di loket tiket atau mesin tiket.

KAI Coworking Space
Mesin tiket KRL (photo by kumparan)
Tapi kadang ada beberapa KMT (Kartu Multi Trip) yang dijual dalam bentuk yang unik. Biasanya bisa dibeli di stand PT.KAI yang ada di stasiun. Seperti jam tangan dan gantungan kunci.

KAI Coworking Space
bentuk unik kartu multi trip (KMT) - photo by krl.co.id

Kalau pakai kartu emoney, tap cash, flash atau brizzi sebagai tiket kereta boleh nggak?

Mba Vanisa, resipsionis yang bertugas tersebut menjawab, "Boleh, Bu. Yang penting kartu multitrip bukan single trip."

Iya lah yaa.. sekarang jamannya cepat. Sudah 4 bank mengeluarkan uang digital lewat kartu yang bisa digunakan dimanapun.

KAI Coworking Space
kartu emoney

KAI Coworking Space
kartu flash bca

Kartu single trip adalah kartu tiket krl yang dipakai hanya 1 kali perjalanan. Harga kartunya 10K plus harga tiket ke tujuan, tapi nanti bisa dikembalikan selesai perjalanan. Dikembalikannya hanya harga kartu saja ya. Belinya di loket tiket atau mesin tiket. Jadi jangan sampai ketuker yaa.. yang dipakai kartu multitrip bukan single trip.

KAI Coworking Space
kartu single trip yang tak bisa digunakan untuk syarat pakai KAI coworking space

2. Sudah Menginstall Aplikasi KRL Access

PT, KAI memang mempunyai aplikasi KRL Access yang berfungsi untuk mengetahui jadwal kereta. Dan saya memang mempunyai itu sekedar mau tau saja, kereta balik dari stasiun Depok adanya jam berapa saja.. maklum anker (anak kereta), jadi penting banget buat tau kapan kereta kosong dan penuh... xixixi..

KAI Coworking Space
aplikasi krl access via laptop

Aplikasi KRL Access ini bisa kita dowload free di google playstore (untuk hp android) atau AppSore (untuk hp iphone)

Baca juga : Cara menggunakan aplikasi layanan paspor online v2


3. Mengisi Data Registrasi

Setelah syarat 1 dan 2 terpenuhi, saya diminta Mba Vanisa untuk mengisi form registrasi. Ditulisnya di tab oleh Mba Vanisa, kita tinggal menjawab pertanyaan isi form aja. Data form yang diminta adalah nama, no telp dan berangkat dari stasiun mana.


Fasilitas KAI Coworking Space

Setelah memenuhi semua persyaratan menggunakan Coworking Space Gratis dari PT. KAI, kita langsung bisa pakai fasilitas yang disediakan, yaitu :

Ruangan Ber-AC

Jaman sekarang ruang kerja sudah dibuat senyaman mungkin ya. Salah satunya menggunakan air conditioner (AC). Saya begitu masuk KAI Coworking Space, langsung hawa dingin ruangan berasa sekali. Maklum ruangannya masih kosong. Jadi wajarlah yaa kalau dingin.

Saya memilih duduk di depan AC, karena saya memang mudah berkeringat, jadi milih tempat yang adem. Baru 10 menit bekerja, hembusan angis AC tidak berasa lagi. Lumayan lama, kira-kira 5 menit kemudian ada kembali hembusan angin AC. Ternyata AC di ruangan itu memang disetting untuk on off-nya. Mungkin untuk penghematan kali yaaa...

Kalau orangnya tidak terlalu banyak sih, tidak terlalu berpengaruh. Tapi kalau ruangan penuh mungkin juga berpengaruh yaa.

Ruang Kerja 12 Bangku

KAI Coworking Space bukan menawarkan ruang kerja yang besar. KAI Coworking Space berupa ruangan kecil ukuran 4 x 5 meter. Jadi kapasitas yang menggunakan ruangan itu pun terbatas hanya 12 orang. Sehingga waktu kerjanya pun dibatasi selama 2 jam saja.

KAI Coworking Space
ruang kerja KAI coworking space

Jika sudah lewat dari 2 jam, kita bisa keluar dulu melakukan kegiatan yang lain, seperti sholat, makan, mandi, ngepel dan nyapu stasiun jika mau, baru deh kembali lagi ke KAI Coworking Space. Itupun jika ada tempat, jika tidak mungkin bisa kita lanjutkan merapihkan barisan babang gojek yang berjejer di pelataran stasiun Juanda.

Dispenser Minum

Kita yang mau menggunakan KAI Coworking Space, tidak boleh membawa makanan atau minuman dari luar. Karena disiapkan dispenser minuman disana. Termasuk gelas kertasnya. Mungkin kalau bawa sasetan (macam kopi, teh, dll) boleh kali yaa..xixixi.. kan air putih doang suka nggak enak. hahahaha.. efek pencinta kopi nih.

KAI Coworking Space
Dispenser minum di KAI coworking space

Wifi Gratis

Yang namanya coworking space itu yang diutamakan ya fasilitas free wifi. Nah, KAI Coworking Space ini kebangetan baiknya. Sudah tempat gratis, wifi pun gratis. Biasanya kan salah satu. Kalau tempat gratis, wifi ditutup. Dan kalau wifi gratis, tempat harus bayar atau beli produk mereka.


Lokasi KAI Coworking Space

Saat saya sedang registrasi, saya sempat bertanya-tanya sedikit dengan Mba Vanisa. Selain di Stasiun Juanda ini apakah ada tempat lainnya?

Mba Vanisa menjawab bahwa KAI coworking space yang sudah didirikan sejak bulan Mei 2019 ini, baru dibangun di 3 tempat, yaitu :

  • Stasiun Juanda
  • Stasiun Gambir
  • Stasiun BNI City

Jadi kalau memang mau coba KAI Coworking Space gratis silakan datang ke 3 stasiun tersebut.


Nah, semoga ini menjadi informasi bermanfaat buat teman-teman ya. Selamat mencoba! ^_^


Wassalam






No comments

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^