Pecak Bandeng Betawi

Pecak Bandeng Betawi
Photo doc Nitalanaf

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai, teman-teman..
Sabtu, 16 Desember kemarin saya diajak kulineran khas Betawi oleh Dapur Umami Aji-no-moto dan Tabloid Bintang diacara Umami Food Marathon. Destinasi yang dituju ada 3. Mulai dari Jakarta Timur hingga Jakarta Selatan. Perjalanan ini bukan hanya blogger saja, melainkan ada  dr. Diyah Eka Andayani, SP.GK, M.Gizi, sebagai dokter ahli gizi dan ada chef Ari Galih. Kita semobil loooh...

Cerita lengkap Umami Food Marathonnya ada disini ya :
Umami Food Marathon Aji-no-moto Mengungkap 5 Fakta tentang MSG bagi Kesehatan

Salah satu destinasi Umami Food Marathon ini adalah di Warung Mak Dower. Warung Mak Dower terletak di
Jl. Pemuda No.72
Jati RT.2/RW.4
Jati - Jakarta Timur

Warung Mak Dower ini mempunyai slogan Pedesnya Nampol Sambalnya Bikin Sewot, yang memang terbukti sebagian besar masakannya bercita rasa pedas. Di Warung Mak Dower ini, kami para blogger bukan hanya sekedar menikmati masakan di rumah makan khas Betawi tersebut, tapi kami juga menyaksikan live show, demo masak dari Chef Ari Galih.

Chef Ari mempraktekan resep Pecak Bandeng yang menjadi menu andalan Warung mak Dower. Saya akui, Pecak Bandeng di Warung mak Dower tuh.. iiih... muanteb e poool. Rasa asam, pedas dan gurih kriuk-kriuk bandengnya tuh menari di dalam mulut.

Nah, kali ini saya memberikan kesempatan buat teman-teman yang nggak punya waktu untuk kulineran ke Warung Mak Dower, bisa menikmati Pecak Bandeng tersebut di rumah. Tapi resep ini dibuat ala Chef Ari yaa...

Ini resepnya :



RESEP PECAK BANDENG BETAWI

Bahan Utama :
- Ikan bandeng  1 ekor
- Minyak
- Garam dan penyedap rasa secukupnya.

Proses membuat bahan utama :
Belah ikan bandeng menjadi 2, tanpa terpisah. Seperti pada gambar dibawah ini :

Pecak Bandeng Betawi
photo taken by bandengmassipa.worpress.com

Lalu cabuti duri di bandeng tersebut dengan menggunakan pinset. Biar nggak keder cabutin durinya. lihat posisi duri yang tertera pada gambar ya.

Pecak Bandeng Betawi
photo taken by suhirmantphpi.wordpress.com

Setelah aman duri/tulang bandeng dari ikan bandengnya, taburi ikan dengan garam dan penyedap rasa. Diamkan dulu hingga beberapa menit agar garam menyerap. Setelah itu goreng ikan dengan minyak panas dan api kecil hingga kering kecoklatan. Lalu sisihkan.

Bahan - bahan kuah Pecak :
- Bawang merah 3 siung diiris
- Cabe Orange 5 - 10 butir (tergantung selera pedasnya)
- Jahe 1 ruas jari
- Kencur 1 ruas ibu jari
- Tomat hijau 1 butir
- Jeruk nipis 1/2 butir
- Asam kandis  1 buah
- Gula, garam dan bumbu penyedap secukupnya

Proses membuat bumbu Pecak :
Sebelum proses menggoreng bandeng dan membuat kuah pecak, keprek asam kandisnya (jangan sampai hancur, asal kebuka saja dalamnya), lalu direndam dengan semangkok air hangat. Agar asamnya menyatu dengan air.

Pecak Bandeng Betawi
rendaman air asam kandis

Setelah itu baru kita kerjakan bumbu pecaknya. Cara membuat bumbu pecaknya, uleg bawang merah, cabe, jahe, kencur secara kasar. Nggak usah sampai halus benar, yang penting mereka menyatu. Setelah diuleg kasar, campur dengan rendaman air asam kandis dan perasan jeruk nipis. Beri gula, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk-aduk hingga rata.
Pecak Bandeng Betawi
Chef ari nguleg sendiri bumbunya

Nah, selesai deh.. tinggal penyajiannya. Cara penyajiannya : letakkan bandeng goreng di piring, lalu siram dengan bumbu pecak dan potongan tomat hijau. Taraaaa... this is it.. Pecak Bandeng Betawi ala Chef Ari Galih.

Pecak Bandeng Betawi
photo doc Mba Diah Woro

Selamat Mencoba ^_^

Wassalam



1 komentar:

  1. Aku lagi mau bikin pecak ini tapi lupa, pakai kemiri bakar atau ngga ya. Hahaha

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^