7 Persiapan Traveling Murah dan Simple Keluar Negeri


Travel backpacker
Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Siapa siiih yang nggak mau jalan-jalan dengan biaya murah. Pastinya mau banget kaan? Apalagi bisa jalan-jalan keluar negeri dengan biaya terjangkau dan fasilitas nyaman. Hmm..

Pertama kali keluar negeri saat saya ke Penang, Malaysia. Saya pergi bersama 4 orang teman-teman saya yang memang biasa backpacker-an keluar negeri. Dari mereka lah bagaimana saya belajar menyusun itinerary (rencana perjalanan) sebagai backpacker.

Saya coba praktekan menyusun sendiri itenerary untuk perjalanan kedua saya dengan tujuan Johor Bahru melalui Singapura. Saat itu masih banyak kekurangannya. Maklumlah baru pertama kali membuat itinerary. Jadi masih ada beberapa miss-nya.

Dan alhamdulillah saya punya kesempatan keluar negeri lagi dalam rangka menyebarkan virus menulis ke Prince of Songkla University, Pattani, Thailand. Dan saya lagi-lagi diminta untuk membuat itenerary. Alhamdulillah hanya dengan dana Rp 5jt/org kami bisa traveling ke 3 negara. Saat itu saya buat dari Singapura ke Thailand lewat Malaysia. Dan biaya itu tidak diberikan sekaligus 5jt, tapi secara bertahap. Hmm.. saya saja takjub bisa menghemat biaya hingga sebesar itu. Dan itu sudah termasuk oleh-oleh loh. Oleh-oleh sederhana ya.

Nah, kali ini saya hendak berbagi 7 langkah persiapan membuat itenerary untuk traveling murah dan simple keluar negeri tersebut. Oiya, negara yangdituju disini adalah negara-negara yang bebas visa yaa. Biar teman-teman bisa menikmati jalan-jalan ke negeri orang. Berikut tahapannya :


1.  Tentukan tanggal.
Pastinya jika berencana keluar negeri kita sudah tentukan tanggalnya, minimal bulannya saja dulu. Untuk apa? semua tanggal tersebut untuk menentukan kesiapan kita, baik itu dilihat dari harga tiket pesawat ataupun harga pesan penginapan. Bagi teman-teman yang berencana mau menyicil ala backpacker, sebaiknya tentukan tanggal minimal 3 bulan sebelum berangkat, agar dapat tiket dengan harga murah. Walau terkadang maskapai ada yang buka promo di seminggu sebelum berangkat.

2. Siapkan paspor
Bila kita berencana jalan-jalan keluar negeri yang paling utama adalah paspor. Paspor adalah identitas utama kita selama di negeri orang. Dan saat ini jika kita memesan pesawat keluar negeri bukan KTP lagi yang ditanya, melainkan nomor id paspor.
Nah, cara membuat paspornya sudah saya tulis juga di blog saya ini. Silakan baca :
Tahapan Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan

Travel backpacker

3. Cari Tiket Peswat.
Setelah punya paspor, kita bisa langsung cari tiket pesawat ke tujuan yang hendak kita pergi. Cari harga semurah mungkin. Buka semua web travel-travel yang menyediakan pembelian tiket pesawat atau bisa buka web dari maskapai tersebut.
Belilah tiket di jam-jam tiket murah, biasanya di jam 00.00 - 06.00. Jika beli di maskapai, cek jamnya sesuai negara asal maskapai tersebut. Misalkan Air Asia, berarti jamnya disesuaikan dengan jam Malaysia.
Jangan terlalu memaksa harus beli tiket PP. Jika kita membeli terpisah, biasanya jauh lebih murah, dibanding kita beli PP diwaktu yang sama. Contoh lagi, bulan ini beli tiket berangkat, lalu bulan berikutnya kita beli tiket pulangnya. Jadi penyediaan dana pun tidak terlalu berat di satu waktu.

Travel backpacker

4. Cari Tempat Wisata
Setelah tiket pesawat terpesan, tandanya rencana perjalanan kita sudah mencapai 50%. Dan saatnya kita mulai mencari tempat wisata. Usahakan cari tempat wisata yang transportasinya mudah dan aman. Kita kan akan datang ke negeri orang, jadi sebaiknya kita cari aman berwisata disana. Apalagi kalau baru pertama kali kesana. Cari informasi sebanyak mungkin dari mbah google tentang tempat wisata tersebut.

5. Cari penginapan.
Setelah bulan ke 1 urus biaya paspor, lalu bulan kedua urus biaya pesawat, bulan ke 3 mulai siapkan biaya penginapan. Pilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Agar kita bisa menghemat biaya transportasi di negara tersebut.Selain itu pastikan penginapan kita sesuai kebutuhan kita. Misal kita berwisata dengan keluarga, jika kita memilih hostel, pastikan hostel yang bisa menerima segala umur.
Pada saat memesan penginapan, jangan tergiur sama gambar-gambar kamar yang dipajang. Lihatlah  angka rating dan review dari para tamu yang sudah berkunjung. Dari review kita bisa dapat gambaran jelas tentang penginapan tersebut.

6. Buat itenerary
Setelah semua terpesan, buat itenarary wisata kita selama di luar negeri. Buat secara rinci, mulai dari waktu (hari, tanggal dan jam), kegiatan secara rinci, biaya yang dikeluarkan (kalau bisa dibuat 2 kolom, kolom rupiah dan kolom mata uang negara tujuan), dan keterangan untuk mencatat detail kebutuhan yang dibawa atau alamat-alamat detail tujuan.

7. Tabung dengan mata uang negara tujuan.
Setelah ada itinerary, maka kita bisa tahu prediksi uang yang akan kita bawa selama perjalanan. Agar memudahkan kita, setiap bulannya kita sudah mulai menabung dengan mata uang negara yang dituju.

Travel backpacker

Nah, dengan melakukan tahapan-tahapan diatas, maka disaat hendak berangkat, kita murni tidak lagi mengeluarkan uang. Karena semua persiapan sudah dicicil dari awal melakukan tahapan diatas. Tinggal persiapan keperluan pribadi, seperti pakaian dan obat-obatan yang kita siapkan.

Untuk semua booking atau pemesanan (baik pesawat ataupun penginapan), jangan malas untuk membaca detail syarat dan ketentuan yang tercantum. Karena terkadang ada S&K yang memberatkan kita, ada yang memudahkan kita banget. Sesuaikan S&K dengan kebutuhan kita.

Selamat mencoba! Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua. ^_^

Wassalam




18 komentar:

  1. Diriku biasanya kalo ngayap persiapannya 3 bulan sih, haha... Bulan pertama beli tiket pesawat, bulan kedua hotel, bulan ketiga duit buat ngayapnya. Penuh perjuangan? Iyesss... Papor BTW menjelang akhir tahun kudu perpanjang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh.. kalau sudah punya paspor memang urusan nomor 2 kebawah terasa mudah ya

      Hapus
  2. Ih seru banget bisa menularkan virus menulis sampai di Prince of Songkla University, Pattani, Thailand. Salut, mbaa. Mba, aku juga pengen sih melakukan perjalanan ke tiga negara sekaligus, tapi apa daya belum berhasil. Tapi aku tak meragukan kemampuan mba Ade untuk merancang traveling. Jago euy. Makasih ya mba sudha membantu. Smoga rencana kita berjalan dengan lancar ya mba. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. insya Allah. Saya juga doain Mba Al dapat client di LN. Nanti jangan lupa ajak2 yaa.. xixi

      Hapus
  3. Asyik nih tips a ala backpacker. Aku butuh bikin paspor nih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikiiin.. nanti ada caranya kok ade tulis, ras. ^_^

      Hapus
  4. Belum pernah ke johor baru, baru ke KL aja nih, tp memang ya traveling itu butuh persiapan yg oke spy hasilnya juga maksimal, thanks for sharing mba Ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba.. namanya juga ke tempat orang, mau di dalam ataupun di LN. Sama aja, Mba.

      Hapus
  5. Maacih infonya mbak ade, kayaknya aku harus berguru banyak ke dirimu nih, soalnya aku juga senengnya bekpekeran dan wisata murah meriah tapi menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah.. saya cuma sharing aja. Belum ahli banget. Itu pun belajar sambil dipraktekin. Xixixi

      Hapus
  6. Makasih ya mbak saharingnya, bisa dipraktekan nih jika mau jln2

    BalasHapus
  7. Wah rinci banget penjelasannya mbak. Makasih ya infonya

    BalasHapus
  8. Ini bener banget mbaaa... Aku pernah missed ga siapin itenarary, alhasil pas di Malay bingung mau kemana aja selain ke petronas, hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh. Sebenernya bukan di Luar Negeri saja, di Dalam negeri pun begitu juga. ^_^

      Hapus
  9. Kalau dengar kata murah langsung deh girang hahahaha. Aku banget gak nyiapin mau kemana kemana yg penting jalan dulu, nah justru bikin membengkak pengeluaran. Harusnya dibuat yah supaya ada persiapan A B C dan Z nya

    BalasHapus
  10. Keren banget Bu Guruuuuu :D
    Wah baru tahu kalau nabung uang negara tujuan penting, kirain selama ini yawes ntr aja nuker2 yg penting awasin kurs hehe
    Btw kapan2 minta tolong bikinin juga traveling murah dan simple utk keluarga yang bawa anak kecil donk mbak TFS :D

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^