Cara Nikmat Mencegah Anemia pada Anak dengan Nutriforce Minute Maid


Minute Maid Nutriforce

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Anemia.
Hmmm.. pernah dengar kata itu? Yes, Anemia yang kita ketahui berarti kurang darah. Anemia umumnya banyak diderita oleh wanita, tapi ternyata Anemia juga terjadi pada anak loh. Kok bisa? 

Banyak faktor yang membuat anemia diderita oleh anak-anak. Dan saya banyak dapat ilmu soal ini saat menghandiri undangan dari Komunitas Emak Blogger  (KEB) untuk acara talkshow press conference launching Minute Maid Nutriforce, pada hari Selasa, 28 november 2017. Bertempat di Lewis & Carroll - Kebayoran Baru.

Loh hubungannya apa lauching produk Minute Maid dengan Anemia? Kepo kaaaan? Yuk kita lanjut bacaannya ^_^


Siang itu, tepat pukul 13.00 WIB acara dibuka oleh MC - Jessica. Sambil menikmati welcome snack and drink, Mba Jessica memberikan informasi seputar acara hingga memanggil nara sumber yang hadir saat itu. Ada Bpk Jansen Ongko, Msc, RD (Nutrisionis), Ibu Roslina Verauli (Psikolog Anak dan Keluarga), Bpk Andrew Soendjojo (Marketing Manager Minute Maid) dan Ibu Artika Sari Devi (Artis dan ibu dari 2 anak).

Minute Maid Nutriforce
Para narasumber acara launching Minute maid

Pada acara peluncuran produk baru ini, Minute Maid sebagai keluarga dari Coca Cola Company, berusaha mengangkat masalah yang banyak terjadi pada anak-anak, yaitu tentang kurangnya nutrisi pada anak yang mengakibatkan anak terkena Anemia.

ANEMIA PADA ANAK
Menurut Bpk Jansen, tubuh kita sangat membutuhkan sel darah merah. Karena sel darah merah ini adalah alat yang digunakan untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh. Jika kita ibaratkan pada kehidupan nyata, sel darah merah ibaratnya sebagai kendaraan nutrisi bagi tubuh.

Minute Maid Nutriforce
Bpk. Jansen Ongko

Jadi secara otomatis jika kita kekurangan sel darah merah, maka nutrisi yang diterima oleh tubuh itu akan berkurang. Kekurangan nutrisi disebut juga dengan Malnutrisi. Ada 2 hal yang membuat orang kekurangan gizi (malnutrisi), yaitu  
  • Kekurangan gizi makro : efeknya adalah kekurangan protein (marasmus), kekurangan energi (kwashiorkor) dan Stunting (pendek)
  • Kekurangan gizi mikro : efeknya adalah anemia, gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY) dan kurang vitamin A (KVA)
Bpk Jansen, mengatakan bahwa malnutrisi ini tidak hanya terjadi di pedesaan, melainkan perkotaan. Kok bisa orang kota kurang gizi? Bisa saja, karena menurut penjelasan beliau malnutrisi itu bukan berarti kekurangan, akan tetapi masukan gizi yang tidak berimbang. Contoh : orang kegemukan itu berarti malnutrisi, karena tubuhnya berlebihan lemak atau karbohidrat. Hmm... saya kena nih.

Zat apa saja yang harus berimbang dalam tubuh ?
Ada 3 zat penting yang diperlukan oleh tubuh sebagai nutrisi, yaitu :
  • Zat Pembangun : yaitu protein yang dibutuhkan sebagai zat pembangun dalam tubuh.
  • Zat Tenaga : yaitu lemak dan karbohidrat yang dibutuhkan sebagai energi bagi tubuh.
  • Zat Besi  : yaitu sel darah merah yang sebagai alat mendistribusikan kedua zat diatas.
Minute Maid Nutriforce
data taken by Bpk. Jansen's Slide
Seperti yang saya tulis diatas bahwa anemia bukan terjadi pada wanita saja, melainkan juga pada anak. Anak yang terkena anemia itu justru lebih berbahaya karena masih dalam masa pertumbuhan.

GEJALA-GEJALA ANEMIA PADA ANAK
Pastinya segala kekurangan jika sudah mendarat mulus di tubuh kita akan menimbulkan gejala-gejala khusus. Begitupun penyakit Anemia. Berikut gejala-gejala yang terjadi pada penderita anemia anak yang dijelaskan oleh nutrisionis gaul ini. Gejalanya ada 2 fase, yaitu :

1. Fase Awal
Pada fase ini tidak terlihat gejala apapun pada anak.

2. Fase Lanjut
Pada fase ini berarti anak sudah banyak kekurangan sel darah merah. Gejala yang ditimbulkan adalah :
  • Lemas, Lelah, Lesu
  • Kulit Pucat, Kuku Pucat
  • Sesak Napas
  • Penurunan BB
  • Selera Makan Turun
  • Imunitas Menurun
  • Prilaku makan yang tidak biasa (PICA) 

DAMPAK-DAMPAK ANEMIA
Bpk. Jansen memberikan data dari riset kesehatan dasar 2013 bahwa anak usia 5 - 12 tahun mengalami defisiensi zat besi sebanyak 26,4% pada tubuh mereka. Hal tersebut akan berdampak pada tumbuh kembang mereka. Waaah ini seusia Abang.. duuuh. Berikut dampak yang terjadi jika anak kekurangan zat besi.

1. Dampak pada Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
  • Menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  • Gangguan pertumbuhan organ tubuh.
  • Gangguan prilaku.
2. Dampak pada Perkembangan Otak
  • Impuls syaraf terganggu.
  • Penurunan kosentrasi.
  • Daya ingat rendah.

FAKTOR PENYEBAB ANEMIA PADA ANAK
Dari awal kita hanya membahas gejala dan dampaknya saja, lalu sebenarnya apa yang membuat anak terkena anemia. Semua dikarenakan gaya hiduo yang tidak baik dalam keluarga, Ibu Verauli sebagai psikolog berbicara.
Minute Maid Nutriforce
Ibu Roslina Verauli

Ibu Vera mengatakan bahwa pendekatan orang tua itu sangat penting berpengaruh pada pola hidup anak. Pendekatan-pendakata tersebut dilakukan secara bertahap.
  • usia 0 - 2 tahun : pendekatan orangtua masih berupa pendekatan secara fisik, yaitu menggantikan popok, memandikan, dll. Persis seperti baby sitter.
  • usia 3 - 4 tahun : pendekatan yang dilakukan oleh orangtua mulai berkembang ke arah konsep. Karena usia ini anak mulai mengeskplore segala kegiatannya yang nantinya akan mereka bentuk ke arah konsep. Seperti pengenalan warna, jumlah (banyak/sedikit), jadwal makan, dll.
  • usia 5 tahun keatas : pendekatan yang dilakukan oleh oerang tua lebih pendekatan ke arah pertemanan. Jika usia 5 tahun kebawah anak bisa kita suruh secara milter (pindahkan ini kesana, ayo belajar, cepat sekarang sholat,dll), namun tidak demikian dengan anak usia 5 tahun keatas. Karena mereka akan kritis bertanya setiap perintah/nasehat yang kita sampaikan.
Masih menurut psikolog yang menulis buku "cerita cinta", ini mengatkan bahwa usia anak melangkahkan kakinya ke sekolah (usia 5 tahun keatas) adalah langkah bersar bagi mereka yang membangun kebiasaan mereka sehari-hari kelak saat mereka dewasa. Ada 3 hal yang berubah pada usia anak memasuki usia sekolah, yaitu :

1. Lebih berorientasi pada tuntutan tugas akademik.
Dimasa ini anak lebih khawatir dengan tugas-tugas sekolah. Belum lagi orangtua suka memberikan beraneka ragam les akademik diluar sekolah.

2. Lebih berpusat pada pertemanan.
Anak usia sekolah, bukan hanya guru yang membuat mereka lebih nurut dibanding orangtuanya. Mereka juga lebih mengutamakan teman dibanding orangtuanya. Mereka lebih banyak menolak permintaan kita jika berbeda dengan teman-temannya. Bahasa mereka, "Iiih, nanti aku diketawain teman-temanku, Miiiii".

3. Kegiatan dan aktivitas fisiknya makin bertambah.
Pastinya semakin bertambah teman, juga tuntutan akademis dari sekolah, maka aktifitas yang dilakukan pun makin bertambah.

Dari 3 hal diatas, menurut Ibu Vera sesuai data internasional, berdampak waktu dimeja makan menjadi pendek. Waktunya dipercepat di meja makan. Ibu Vera pun bertanya kepada kami "Coba perhatikan, berapa banyak anak-anak yang bisa duduk manis bersama di meja makan bersama orangtuanya?"
Kita yang hadir hanya bisa tersenyum getir. Saya membayangkan Abang Fi yang persis digambarkan oleh Ibu Vera. Hiks..

Jika datanya seperti yang disebutkan Ibu Vera, wajar saja jika banyak anak yang berangkat sekolah tidak sarapan terlebih dahulu. Dan kebayang kan jika mereka berangkat tanpa sarapan, apa yang akan mereka makan di sekolah? Pastinya mereka makan apa saja yang penting kenyang, tanpa melihat kandungan nutrisi yang mereka makan atau minum. Huhuhuhu... ummi makin sedih.

Sementara agar anak terhindar dari anemia, perlu nutrisi lengkap terutama zat besi dan zink yang tinggi. Menurut Bpk. Jansen kebutuhan ideal anak usia sekolah adalah zat besi 10mg dan zink 11mg.
Minute Maid Nutriforce
data taken by Bpk, Jansen's Slide


CARA PENCEGAHAN ANEMIA
Tentunya tidak ada anemia jika kita bisa melakukan pencegahannya. Baik dari Bpk Jansen atau Ibu Vera ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk pencegahan terjadinya anemia pada anak, yaitu :

1. Perkenalkan aktivitas fisik kepada anak sejak dini.
Kebanyakan kids jaman now, lebih cendrung bermain dengan gadget, yang notabene nggak ada geraknya sama sekali, hanya jempol digerak-gerakan. Nah, jika anak kita mau punya aktivitas fisik, ajak anak untuk melakukan olahraga rutin. Olahraga yang menyenangkan untuk, seperti berenang, main bola, lari-lari pagi, dll.

2. Mengajarkan dan membiasakan anak mengkonsumsi makanan sehat dan bervariasi.
Pada bagian ini Ibu Vera menjelaskan 5 tips sederhana agar anak terbiasa mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, yaitu :
  • Menyediakan makanan sehat di rumah.
  • Jadilah model prilaku makanan sehat bagi anak.
  • Titipkan hanya makanan sehat bagi anak (baik itu bekal ke sekolah atau snack di rumah).
  • Buat tradisi makan malam keluarga (meningkatkan pola makan sehat bagi anak)
  • Biasakan sarapan dan pilih makan siang yang sehat bagi anak.

Ibu Vera, juga menjelaskan bahwa beliau sejalan dengan nutrisionis, Bpk Jansen, sejumlah studi menunjukkan kualitas protein, vitamin dan mineral pada makanan berkorelasi dengan baik terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah. Ada 3 faktor penting yang harus diperhatikan untuk performa anak di sekolah, yaitu : Fokus, Aktifitas dan Ketahanan Tubuh.


MINUTE MAID NUTRIFORCE
Untuk sebagian orangtua bukanlah hal sulit menciptakan makanan sehat di rumah, namun sebagian lagi agak merasa repot, bingung mau buat menu apa, atau nggak punya waktu sama sekali. Hmm... saya sepertinya masuk golongan ortu yang kedua.. hiks.

Disini Minute Maid menjawab kegelisahan tersebut. Minute Maid, yang saat itu diwakili oleh Bpk Andrew sebagai Marketing Manager Minute Maid mengatakan bahwa dari awal berdiri Minute Maid memang memfokuskan untuk membuat minuman yang sehat dan bergizi bagi konsumen. Bahkan Minute Maid mempunyai komitmen untuk
"Menghadirkan minuman jus berkualitas penuh nutrisi dengan rasa enak yang konsumen sukai."
Bpk. Andrew

Berikut produk minuman yang diproduksi oleh Minute Maid Indonesia, yaitu :

1. Pulpy
Minuman Jus pertama yang di produksi Minute Maid Indonesia. Di produksi pada tahun 2008 dengan varian pertama kali adalah jus jeruk. kelebihan Pulpy jus jeruk ada pada buliran buah jeruk yang terdapat dalam minuman tersebut diperkaya dengan vitamin C. Lalu dengan berkembangnya kebutuhan konsumen, Minute Maid membuat varian lainnya seperti, tropical, o'mango, lemon, aloe vera with grape, dan apple crush. Bahkan tahun 2014 Minute Maid membuat pulpy dengan kemasan kaleng yang bernama fruity bite yang mempunyai varian rasa orange, mango dan pineapple.

2. Nutriboost
Di tahun 2013 Minute Maid membuat jenis minuman buah dengan susu. Ada 4 varian rasa untuk Nutriboost, yaitu Orange, Strawberry, Apple dan Mangga. Di dalam Nutriboost terdapat kandungan Zink dan Calsium (pada susu) juga Vit B3, B6 dan E (pada Jus).

3. Refresh
Minute Maid mulai membuat jus jeruk kemasan gelas, di tahun 2016, agar lebih praktis untuk dibawa kemanapun dan pastinya dengan harga terjangkau, yaitu Rp 2.500. Bukan sekedar memiliki kandungan vitamin C, namun ada tambahan Vit B3 dan B6. Varian rasa refresh hanya 1 yaitu rasa jeruk.

4. Homestyle
Di tahun 2017 awal Minute Maid membuat jus jeruk buah asli dengan kemasan botol. Kandungannya terdapak 35% kandungan buah jeruk asli. Hingga saat ini baru ada varian jeruk.

5. Nutriforce
Nah, yang ini dilaunching pada tanggal 28 Nov kemarin. Dibuat dalam kemasan kotak dengan harga terjangkau yaitu Rp 3.000 saja. Kita sudah bisa membawa minuman sehat dengan 2 varian rasa, yaitu Orange dan Mango.

Minute Maid Nutriforce
Produk Minute Maid dan Kandungan Gizinya

Bpk Andrew menjelaskan bahwa dalam Nutriforce Minute Maid terdapat 11 kandungan gizi yang sangat dibutuhkan bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak. Dalam 11 kandungan gizi ini sudah membantu mencukupi 1/3 kebutuhan gizi pada manusia.

Minute Maid Nutriforce

Minute Maid Nutriforce
11 gizi yang terdapat pada kandungan Nutriforce Minute Maid (photo taken by lubenaali.com)

Kandungan gizi pada Nutriforce terdapat zat besi dan zink yang membantu kebutuhan sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan terdapat Asam folat untuk perkembangan otak. Makanya saat kita minum, ada rasa-rasa seperti minuman kalsium yang tabletnya dicelupkan ke air itu.

Selesai penjabaran manfaat Nutriforce dari Bpk. Andrew, tiba giliran Ibu Artika Sari Devi yang berbagi pengalaman tentang pemberian makanan sehat bagi anaknya. Ada 1 pengalaman yang sepertinya patut saya contoh, yaitu diberlakukan jam makan buah bagi keluarga. Dengan adanya jam makan buah mungkin minimal ada asupan gizi dari buah-buahan setiap harinya.

Alhamdulillah acara selesai dengan diberikannya tanda launching produk Nutriforce tersebut. Kami pulang setelah makan siang bersama dengan membawa ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga.

Hmm.. ini lah hebatnya jaman kekinian yaa.. selalu menjawab setiap kegelisahan kita. Nutriforce bisa menjadi asupan bagi anak agar gizinya tercukupi tanpa harus belepotan potongan buah dan nyupir (nyuci piring) perabotan jus. Dan jus ini bisa dibawa kemana-mana karena kemasan kotak yang praktis. Yang terpenting... rasanya enaaaak. Nutriforce 4 kotak yang saya dapat dari goodibag ludeeees sama Abang Fi. Padahal niatnya buat foto-foto yang kurang. Tiba-tiba lihat kulkas sudah nggak ada.. hhh...

Semoga tulisan ini bermanfaat juga yaa buat yang baca. ^_^

Wassalam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^