Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Mau punya laptop seperti laptopnya para astronot? Yes, laptop yang bisa dibawa ke ruang angkasa. Pastinya punya spesifikasi yang muantaab. Nah, ASUS kali ini meluncurkan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition sebagai laptop dengan kualitas laptopnya para astronot. Mau tau apa saja keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition? So, cekidot!

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Bismillahirrahmanirrahiim, Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

"Halo Semua, Aku mau kasih kabar gembira nih. Asus mau ngadain acara lagi September ini! Yuk, ikutan daftar!" Ketikan mesra Mba Katerina ASUS (yes, saya kasih nickname seperti itu, karena beliau yang selalu mengundang kami di acara ASUS) di whatsapp membuat kami para blogger berbinar-binar bacanya. Yes, ASUS memang kalau bikin acara peluncuran pasti mengundang media, salah satunya ya para blogger. Dan ini sudah kali keempat saya mengikuti acara peluncuran laptop ASUS.

Yang pertama sekali saya ikut acara ASUS adalah ASUS Zenbook 13 UX331UAL. Lalu tak lama kemudian saya diajak lagi utk menghadiri acara peluncuran ASUS ROG, dimana pada kesempatan tersebut, saya masuk 5 besar yang mendapatkan tulisan terbaik dari ASUS. Buat yang mau baca bisa di klik nih tulisan saya

Mengupas Jeroaan ASUS ROG Mothership GZ700 Laptop ROG Seharga City Car

Padahal saya niatnya saat itu karena memang saya suka banget sama laptopnya. Saya mau pamer ke Abang kalau saya hadir di acara laptopnya para gamers. Laptop kesukaan Abang saat itu.

Yang ketiga, ketika saya menghadiri acara peluncuran ASUS Vivobook 14x OLED di veldrome.


Nah, kali ini saya mau cerita juga nih tentang kehadiran saya di acara peluncuruan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition.

Acara Peluncuran Laptop ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Tepatnya pada tanggal 15 September 2022 ASUS resmi menghadirkan Zenbook 14x OLED SPACE EDITION (Zenbook SPACE EDITION) di Indonesia. Kami para blogger, termasuk saya, diundang di acara peluncurannya yang berlokasi di The Ballroom Djakarta Theater.

Seperti biasa dipintu masuk kami harus registrasi untuk mendapatkan tiket resmi acara, yang nantinya diundi untuk mendapatkan doorprice dari ASUS.
Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Tiket masuk acara


Kami disunnahkan menggunakan dress code bertema outer space. Hmm.. saya cari aman aja pakai gamis hitam dengan jilbab abu-abu. Dan ketika saya datang juga kebanyakan tamu undangan juga kru menggunakan pakaian hitam. Aah.. cocok deh…

Selesai registrasi kami memasuki ruangan dengan dinding tembakan proyektor animasi bintang-bintang dan berlantai kaca. Jadi serasa kita berada di ruang galaxy. Duuh keren banget deh.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
ruang galaxy

Setelah melewati ruang galaxy, kita disambut dengan beragam permaian. Ada permaiana dengan menggunakan VR dan ada permaianan mesin punch. Oiya sebelum masuk ruang galaxy tadi kita disuguhkan dengan photo boot. Nah, dalam undangan kita diminta untuk melakukan 3 tempat tersebut. Kalau kita ikut kedalam 3 tempat tersebut, nantinya kita bisa ikutin wheel of fortune. Dan jelas salah satu hadiahnya ada 1 laptop ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition… wuuiih mupeng kan?

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Hasil photo boot

Sayangnya kami (kebetulan waktu itu saya, Eni Martini dan Tetty Herawati berangkat bareng) tidak sempat bermain. Soalnya antrian panjang banget, dan acara katanya segera dimulai. Padahal kami datang pukul 12.30 saat itu, sedangkan acara dimulai 13.30. Kami diminta untuk makan dulu di dalam. Iya juga kali yaa.. daripada kami main dan lupa waktu, nanti malah nggak sempat makan. Kelaparan deh!

Kalau teman-teman mau lihat nuansa venue-nya seperti apa, silakan lihat disini.

Acara dipandu oleh MC kondang Cici Panda. MC idola nih jaman dia masih booming bareng Indra Bekti dan Indi Barens. Sekarang juga masih kok. Seperti biasa diawal acara, Cici Panda memberikan beragam informasi seputar acara saat itu. Lalu Acara dibuka oleh sambutan dari Mr. Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, yang menyatakan bahwa ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari.

Mr Jimmy Lin juga mengatakan bahwa ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION merupakan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya. Laptop ini merupakan bukti konsistensi ASUS terhadap inovasi serta kualitas.”

Keunggulan ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Seperti yang Mr. Jimmy katakan bahwa peluncuran ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition ini dalam rangka merayakan 25 tahun laptop ASUS digunakan untuk para astronot di luar angkasa. Pada tahun 1997 laptop pertama ASUS P6300 lahir, dan satu tahun setelahnya di tahun 1998 terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Keren banget kan?

Kita tahu ya kalau Antariksa merupakan lingkungan yang sangat berbahaya sehingga perangkat yang diterbangkan ke angkasa harus dirancang lebih tangguh dari yang lain. Dan ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION hadir untuk memperingati pencapaian 25 tahun tersebut dengan mempertahankan tradisi pendahulunya yaitu hadir dengan inovasi teknologi serta rancang bangun yang berkualitas tinggi. Dan ini dia keunggulan ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ;

1. Memiliki body yang tangguh dan desain yang Unik

Kualitas Body ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini dibalut oleh bodi berbahan aluminium. Kekuatannya tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION bahkan menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dimana pada sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz .

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Selain itu Body ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION didesain sebagai perangkat premium yang bernuansa luar angkasa dan futuristic. Bodi laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus.

Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi eksklusif, status, atau informasi penggunanya.


ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION berusaha mempertahankan tradisi pendahulunya yaitu hadir dengan inovasi teknologi serta rancang bangun yang berkualitas tinggi.

Sebagai laptop edisi spesial, kotak penjualan ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION didesain istimewa dan tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan. Biasanya kalau kotak charger dari laptop-laptop biasa suka dibuang ya?

Nah, untuk kita sebagai pengguna ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION bisa memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Selain itu, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION juga ditemani dengan beragam pernak-pernik eksklusif, seperti ASUS Pen 2.0 (stylus pen) untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya, serta laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik. Pengalaman unboxing ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION ini di perkenalkan oleh Rizky Febian dan Tasya Camila yang saat itu datang sebagai bintang tamu.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Rizky Febian dan Tasya Camila berfoto dengan Mr. Jimmy Lin dan Mr. Jack

2. Memiliki kecepatan secepat roket

Untuk kecepatan kerja laptop ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W.

Tapi disini prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series tidak sendirian. Ada yang terintegrasi di dalam prosesor tersebut, yaitu chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION juga dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Kombinasi keduanya memastikan ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang.

Tentunya untuk performa yang kencang membutuhkan sistem pendinginan khusus. Maka pada ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION dibekali dengan sistem pendingin ASUS IceCool Technology. 

Sistem pendingin tersebut memanfaatkan dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Sistem pendingin ASUS IceCool Technology juga tidak hanya mendinginkan prosesor, tetapi juga komponen penting lain seperti VRM. Kombinasi spesifikasi hardware yang powerful dan didukung oleh sistem pendingin yang mumpuni membuat ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION tampil dengan performa yang kencang seperti halnya roket yang mengangkasa.

3. Memilik layar monitor tajam dan ramah anak

Karena bertema futuristic, ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION juga dilengkapi dengan layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3,5-inci dan berada di balik layar, ZenVision dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. ZenVision berfungsi sebagai fasilitas untuk mengetahui sosok sang pengguna laptop edisi spesial ini lebih jauh dan membuat ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION semakin personal.

Keunggulan asus Zenbook 14x oled space edition
Zen Vision Asus Zenbook 14x OLED SPACE EDITION

Dan untuk layar sentuh ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Layar sentuh pada ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. Ditambah lagi, rasio layar pada ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Jadi kalau kita menggunakan layar ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, insya Allah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Bingung yaaa dengan bahasa-bahasa komputer diatas? Hahahah… Intinya gini… layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, juga warna hitam yang sempurna. Simple yaa.. hahaha…

Oiya, ASUS OLED juga ada fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat melindungi kesehatan mata kitam bahkan mata anak-anak loooh.

4. Memiliki konektivitas yang lengkap

Untuk menyempurnakan fitur penunjang aktivitas komputasi modern, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION dilengkapi dengan 6 port/slot konektivitas. Mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Selain port tersebut, ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION juga telah tersedia dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur Display Port dan USB power delivery. Dengan kata lain, ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dapat dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K.

Untuk batrey-nya, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

Untuk Keybordnya pun ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION menggunakan keyboard ASUS ErgoSense. Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dengan pengalaman seperti menggunakan keyboard PC desktop premium.

ASUS ErgoSense ini memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat. Keyboard ASUS ErgoSense juga memiliki jarak tekan yang tepat, yaitu sejauh 1,4mm, sehingga memungkinkan penggunanya mendapatkan pengalaman mengetik terbaik.

Selain konektivitas ke keyboard, ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION juga mempunyai touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar kita dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat. Touchpad ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop super ringkas seperti ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION.

Keunggulan asus Zenbook 14x oled space edition
Touchpad pada papan keyboard ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION


Harga ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Sudah lihat spesifikasi lengkap plus penjabarannya, pasti kepo dooong sama harganya? Yes, kita juga pas acara kemarin menanti-nanti harga laptopnya para astronot dan calon astronot nih. Di akhir acara Mr. Jimmy Lin menyebutkan 2 harga untuk ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION .


Kok ada 2 harga?

Iya, kan ASUS Zeenbook 14x OLED SPACE EDITION memiliki 2 Prosesor untuk CPUnya, yaitu Intel i7 dan Intel i9. Nah, berikut harga yang disebutkan oleh Mr. Jimmy Lin

Processor Intel i7 harganya : Rp 26.999.000
Processor Intel i9 harganya : Rp 30.999.000

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Spesifikasi ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION

Walaupun saya belum mampu untuk membelinya, kalau saya perhatikan dari semua harga laptop ASUS, sekelas laptop ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION dengan spesifikasi menyerupai laptop gaming, menurut saya harga segitu termasuk standar yaa..

Ada kejadian lucu waktu acara peluncuran ASUS Zeenbook 14x OLED SPACE EDITION kemarin nih. Di akhir acara kan ada pengundian doodprice. Nah, banyak yang berharap cemas mendapatkan laptop ASUS Zeenbook 14x OLED SPACE EDITION ini sebagai hadiah doorprice-nya.

Saat pembagian doorprize kan ada 6 hadiahnya, posisi saya kebetulan ada di belakang, dekat kru sound system. Saya numpang nge-charge disana. Ketika penyebutan nomor tiket hadiah ke 6 hingga ke 2, saya perhatikan semua santai aja. Kalau nomornya nggak disebut paling cuma bilang “aaaah…”

Begitu masuk ke penyebutan nomor tiket untuk hadiah ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION ini. Semua siap-siap pegang tiket masuknya. Begitu Cici Panda menyebutkan angka 0.. 3… sebagian besar yang baris dibelakang pada banting tiketnya yang memang seperti kartu…. Hahahha… saya asli ketawa melihat situasi itu. Itu serempak membanting kartu itu yg bikin saya ketawa. 

Lah iya lah yaaa… siapa sih yang nggak mau dapet laptop harga 30jt dengan spesifikasi keren begitu? Saya aja mupeng bangeeet. Tapi saya cukup bersyukur karena saya dapat hadiah air purifire dan hand sanitizer dari ASUS di sesi tanya jawab.

Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Hadiah tanya jawab. Maafkan kabelnya nggak kepoto

Ah.. seru deh kemarin acara peluncuran laptop ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION. Bertebaran hadiah dimana-mana. Dan makanannya pun enak bangeeet… plus design venue-nya keren bangeeet.. walau nggak bawa pulang laptop ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION saya senang masuk bagian yang meramaikan acara tersebut. Yaaa nggak bawa pulang.. minimal pegang aja dah seneng dan berdoa jika Allah ridha, dikumpulkan rejeki saya biar bisa dapat laptop ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION. Aaamiiin…
 
Keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition
Foto bersama para blogger Jabodetabek

Buat temen-teman yang sudah siap membeli, info lengkapnya bisa yaa dilihat di akun sosmednya ASUS Indonesia :

Instagram : @asus.id
Tiktok : @asus.id
Web : http://id.asus.com


Semoga tulisan saya tentang keunggulan ASUS Zenbook 14x OLED SPACE EDITION ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk semua. Selamat membeli!

Wassalam








1 comment

  1. Aihh serunya Ummi. Eh baru tau kalo sebelumnya Ummi menang lomba nulis, haha... Emang keren deh. Btw ini laptop elegan banget sih, udah gitu waktu itu sempet ada yg videoin, kalo ini laptop katanya tahan panas ya. Ditarok di dapur deket ibunya masak loh, haha...

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^