Mengupas Jeroan ASUS ROG Mothership GZ700, Laptop ROG Seharga City Car

Bicara soal jeroan, pasti yang kebayang itu adalah babat, kikil, usus yang semua itu sedap sekali kalau dijadiin Soto. Harganya murah, paling mahal Rp 60.000 Tapi kalau bicara jeroaan laptop, yang kalau dipereteli satu-satu harganya sama dengan 1 laptop utuh, itu gimana ya? Pasti kepo banget kan ya? Nah, kali ini saya juga mau mengupas jeroan laptop ASUS ROG Mothership GZ700  yang harganya sama dengan harga city car. Cekidot!





Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Kalau mendengar kata Republik Of Gamers atau biasa disebut ROG. Pastinya sudah nggak asing lagi dong ya? Terutama bagi para gamers berdedikasi tinggi atau para fans youtuber gaming. Nama-nama sekelas MiawAug, Jess No Limit atau Justin, dll sudah pasti berkelana di kepala para fans youtuber gaming.

Iih Ummi gaul nih. Ummi seneng nonton mereka? Nggak juga sih. Saya tahu mereka, karena Abang Fi, anakku yang memang suka dengan mereka, terutama MiawAug. Saya sering mendampingi Abang Fi nonton. Saking seringnya, saya sampai hafal lagu intro pembuka video dan cara MiauwAug menyebut namanya. Kata "Aug" dibuat seperti lolongan srigala.

Nah mereka-mereka ini saya yakin pasti paham sekali dengan ROG. Bukan gamers sejati kalau nggak kenal ROG.. eeeaaa. Itu kata Abang Fi sih.. xixixi.

Nah, makanya.. begitu dapat undangan launching beberapa laptop ROG keluaran terbaru, saya nggak mau lewatkan. Saya juga kepo sama laptop yang, juga kata Abang, harganya cuma 40jtan. Cuma? Saya langsung menatap notebook ASUS seri Eee PC Seashell. Tampak ciuuuut sekali. Dulu laptop itu saya beli masih 3juta-an... huhuhu..

E tapi.. walau harganya 3juta-an, itu notebook masih bertahan loh sampai sekarang.Tanpa harus merasakan di ”service”. Padahal itu notebook saya beli tahun 2010. Apalagi semenjak ada Adek Fi, sudah berapa kali diinjak-injak Adek Fi. Belum lagi, kalau saya lalai meletakkkannya, Dia main tarik aja notebooknya, hingga jatuh kebanting. Duuh.. >_<

Netbook ASUS EeePC Seashell Series punya saya

Itulah ASUS, kualitas laptopnya memang bandel banget dan tahan lama. Jika ada teman bertanya laptop apa yang harus dibeli. Pasti saya sarankan untuk beli ASUS. Ini bukan lebay puja puji ya, tapi memang saya kagum dengan kualitasnya.

Nah, jika notebook Eee PC Seashell aja dah bagus kualitasnya. Teman-teman pasti kebayang kaan bagaimana kualitas laptop-laptop ROG dari ASUS?

Sebelum lanjut cerita tentang laptop-laptop ROG keluaran baru. Kita cari tahu dulu ya sejarah ROG.

Sejarah ROG (Republik Of Gamers)

Tahun 2006 ASUS berusaha mencarikan solusi bagi para gamers, yang masih mau menggunakan komputernya untuk keperluan lain. Tau sendiri lah yaa, yang namanya software games itu memakan kapasitas memori dan kecepatan gerak komputer yang tidak sedikit. Maka dibentuklah brand Republik Of Gamers dengan tujuan utama, yaitu memberikan perangkat keras yang paling hardcore dan inovatif untuk para gamers yang berdedikasi tinggi. Dari PC (Personal Computer) biasa berubah menjadi PC Gaming.

Sejak saat itu, upaya dari tim Republic of Gamers telah menghasilkan beberapa teknologi PC Game secara konstan dan legendaris di kalangan para penggemar karena performanya. Profesional ROG makin terlihat dalam produk-produknya. Sebab disaat merancang produk-produk baru ROG, ASUS bekerjasama dengan para top profesional gamers. Hal tersebut dilakukan untuk mendapat feedback dari mereka dalam menciptakan platform dan tool yang sempurna untuk gamer di seluruh dunia.

Logo ROG
Media di seluruh dunia juga telah mengakui ROG sebagai leader dalam Games PC. ROG sudah memenangkan 7000 awards worldwide sejak awal bediri. Salah satunya CES Innovation Award tahun 2017 untuk ROG G703 dan ROG Zephyrus (GX501).

Tentang ASUS

Jika bicara soal ROG pastinya tak lepas dari ASUS. Yes, ASUS adalah perusahaan yang mengeluarkan brand ROG. ASUS merupakan perusahan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia.

Dengan karyawan yang tesebar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, ASUS memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Wajarlah ya jika ASUS yang mempunyai brand spirit In Search of Incredible, mendapat beberapa penghargaan sepanjang tahun 2018 kemarin. Diantaranya ada Forbes’ Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters’ Top 100 Global Tech Leaders, dan Fortune’s World’s Most Admired Companies.

Peluncuran Laptop ASUS ROG Terbaru

Be Unstoppable, kata yang tertulis besar menjadi bingkai pintu masuk ke Ballroom lantai L hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat. Siang itu, pukul 13.00 tanggal 11 Juli 2019, saya diundang untuk datang ke peluncuran laptop ASUS ROG yang terbaru. Rupanya kata “Be Unstoppable” ini merupakan tema yang diangkat dalam acara peluncuran tersebut. Kata “Be Unstoppable” itu memang cocok banget buat para gamer yang tak bisa berhenti untuk bermain. Dan cocok untuk ASUS yang terus berinovasi dan kreatif dalam menciptakan laptop-laptop ROG terbaru.

Memasuki ruang peluncuran ASUS ROG

Kreatifitas juga terlihat dari desain ruangan acara siang itu. Begitu melewati lorong pintu kami disugguhkan display berbagai laptop ASUS ROG keluaran terbaru. Nuansa Hitam dengan lampu kerlap kerlip biru dan merah menghiasi ruangan display. Dentuman musik acara pun memeriahkan desain display yang luar biasa elegant dan mewah, semewah harga laptopnya.

Sepanjang ruangan display saya hanya ber “ooo” ria melihat laptop-laptop keren tersebut. Dalam hati saya, “ooo ini toh yang dibilang Abang.” Hampir semua laptop dan PC yang dipajang berlogokan lambang ROG dan berwarna Hitam. Hanya 2 laptop saja yang berwarna silver, terpajang disebelah mobil BMW. Hmm.. hubungannya apa ya antara laptop ROG dengan BMW? Baiklah.. lebih baik kita masuk ke ruangan acara, biar kita lihat ada penjelasan apa disana.

Mobil BMW didalam ruang display
acara launching ASUS ROG

Acara pun dibuka oleh sambutan Mr. Jimmy Lim, ASUS Regional Director Southeast Asia, yang menjelaskan spesifikasi laptop ASUS ROG Mothership GZ700 terlebih dahulu. Ooo.. ini laptop yang terpampang diatas meja berasap dan menjadi pusat perhatian tamu yang baru masuk.

laptop ASUS ROG Mothership GZ700

ROG Mothership merupakan bukti bahwa ASUS terus berinovasi untuk menghadirkan yang terbaik bagi gamer. Dilengkapi dengan hardware paling powerful untuk sebuah laptop gaming saat ini, ROG Mothership mampu menghadirkan performa setara dengan PC desktop kelas High-End.

Mr. Jimmy Lin menjelaskan tentang ASUS ROG Mothership

Hmm.. makin kepo lebih dalam tentang laptop ASUS ROG Mothership GZ700 ini. Terlebih lagi hadir Mr. Santosh Vismanathan, Managing Director untuk Intel Asia Pasific dan Japan Teritory. Mr. Santotosh mengenalkan 9th Gen Intel Core Processor terbaru. Beliau mengatakan,
Intel terus dan selalu fokus menghadirkan inovasi teknologi, serta mendukung penuh mitra bisnis kami dalam mengembangkan PC gaming untuk para gamer dan komunitasnya. Kami juga menjawab kebutuhan gamer dengan menghadirkan prosesor mobile paling powerful hingga saat ini – 9th Gen Intel Core Processor terbaru – yang akan memberikan performa gaming ke tingkat selanjutnya.

Mr. Santosh, Managing director Intel Asia Pasific

Ya Allah, kayaknya baru kemarin dengar tentang processor i7, sekarang sudah ada i9? Makin terkucilkan deh notebook Eee PC Seashell saya yang hanya bermodal Intel Atom... huhuhu..

Oiya perlu diketahui, bahwa ASUS dan Intel ini sudah bekerjasama untuk pengembangan teknologi laptop selama 30 tahun. Duh, lama yaa.. tandanya memang mereka berdua menjaga kualitas terbaik agar mendapatkan hasil dan juga kepercayaan terbaik.

duet maut ROG dan Intel

Mr. Santosh dan Mr. Jimmy Lin berfoto bersama
secara simbolis memegang ASUS ROG
sebagai bukti kerjasama
Mr. Jimmy Lin juga mengatakan, “Jajaran laptop gaming ROG yang kami hadirkan kali ini merupakan solusi menyeluruh tidak hanya untuk gamer, tetapi juga untuk kalangan profesional yang membutuhkan laptop ultra-powerful untuk menunjang pekerjaannya secara mobile. Berkat penggunaan prosesor 9th Gen Intel Core, jajaran laptop gaming ROG terbaru dapat tampil lebih powerful sekaligus hemat daya.” Wow, kebayang secepat apa jika laptop ROG with Intel 9th prosesor?

Saat itu bukan cuma ROG Mothership saja yang diluncurkan, namun ada beberapa laptop ROG yang juga bersamaan diluncurkan di tahun 2019 ini, yaitu :

ROG Zephyrus series untuk laptop gaming paling tipis. ROG Zephyrus ini, menurut staff dari ASUS, sudah mempunyai Pantone Validated, yaitu jaminan warna yang muncul di layar laptop hampir mirip dengan hasil cetakan (dengan catatan printernya juga canggih, misalnya pakai mesin cetak foto). Biasanya laptop-laptop jenis ini diminati oleh kalangan yang akrab sama warna kayak fotografer, video editor (terutama color grader), atau UI/UX designer/developer.

Salah satu laptop ASUS ROG Zephyrus

Lalu ada ROG Strix series, laptop gaming terbaik bagi para gamer eSport. ROG Strix mempunyai fitur unik bernama Keystone, yaitu sebuah drive penyimpanan tersembunyi yang terpasang pada laptop dan hanya bisa diakses jika keystone terpasang.

ASUS ROG Strix Hero III
Keystone pada ASUS ROG Strix

Ada juga ROG Face Off, sebuah laptop dengan konsep laptop gaming masa depan. DesainROG Face Off ini bekerjasama dengan BMW Designwork Group. ROG Face Off ini masih berupa laptop konsep dan belum bisa dihadirkan karena keterbatasan teknologi saat ini, namun beberapa aspek desainnya telah digunakan di laptop gaming terbaru ASUS ROG Strix G531.

hmm.. Jadi rupanya ini toh hubungannya dengan mobil BMW yang terpampang saat masuk tadi.

Laptop ASUS ROG Face Off

Untuk detail penjelasan masing-masing laptop, ada ditulisan saya di Be Unstoppable Laptop Gaming Terbaru dari ASUS yang Ditenagai Oleh 9th Gen Intel Core.

Selain laptop, ROG juga bekerjasama dengan brand pakaian olahraga ternama Under Amour dengan membuat Jaket terbaru ROG. Saat itu peluncuran jaketnya diwakili oleh brand ambasador Under Armour, Deddy Corbuzier. Om Deddy nih dipinang ASUS juga salah satunya karena Om Deddy memberikan hadiah laptop ROG ke Azka, anak Deddy Corbuzier.

Jaket kolaborasi ASUS ROG dengan Under Armour

Deddy Corbuzier mengenakan jaker ROG

Setelah mengenalkan seluruh produk ASUS ROG, tibalah sesi dimana Mr. Jimmy Lin menyebutkan harga masing-masing laptop. Dan saya hanya mengangguk-angguk melihat harganya. Harga-harga yang disebutkan sesuai dengan harga yang dibilang Abang Fi.
Harga ASUS ROG Strix Series

Harga ASUS ROG Zephyrus Series
harga ASUS ROG Strix yang mengambil desain dari ROG Face Off

Tapii... mulut ini menganga disaat Mr. Jimmy Lin menyebutkan harga laptop ROG Mothership yang digadang-gadangkan. Mau tau harganya berapa? Rp 130.999.000. Yes, bener bangeeet, harga segitu untuk sebuah laptop. Tiga kali lipat dari harga yang disebut Abang Fi.

Harga ASUS ROG Mothership GZ700

Pastinya teman-teman penasaran dooong kenapa itu laptop bisa semahal itu? Samaa.. Makanya saya langsung cari tahu apa saja sih isinya. Sekarang kita preteli satu-satu dari ASUS ROG Mothership GZ700, yuuk!

Casing ASUS ROG Mothership GZ700

ASUS ROG Mothership tidak seperti laptop gaming pada umumnya yang menggunakan desain bodi utama datar, ASUS ROG Mothership menggunakan desain baru dengan bodi utama yang dapat dilepas dengan keyboard serta digunakan secara nirkabel. Sehingga Gamer bisa bermain sesuai posisi yang dia inginkan.

Ketika melihat tampilan casing ASUS ROG Mothership, rasanya saya tidak bisa mengatakan ASUS ROG Mothership sebagai komputer yang ringan. Karena biasanya laptop itu kan ringan dan mudah dijinjing. Paling beratnya 1,5 – 2,5kg, sedangkan berat ASUS ROG Mothership itu 4,8kg. Sudah kayak bayi 2 bulan. ^_^

ASUS ROG Mothership juga tidak bisa disebut sebagai laptop atau tablet, karena ukuran monitornya yang 17 inch dan tebal 2,99 cm. Berat yang nggak mungkin untuk dijinjing atau digendong di punggung setiap hari. Kebesaran juga kalau jadi sebuah tablet, lebih cocok disebut sebagai AIO (All In One) PC Portable, PC yang bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu angle layar dari ASUS ROG Mothership bisa kita ubah sesuai keinginan kita. Desain yang tidak dimiliki oleh AIO PC lainnya.


Pada Keyboard ASUS ROG Mothership, kita dapat mengatur keyboard sesuai dengan sudut yang kita inginkan. Seperti yang saya tulis diatas kalau keyboard ASUS ROG Mothership dapat dilepas dari pengait magnetic pada monitor dan tetap digunakan dengan nirkabel 2,4GHz atau ditambatkan melalui USB Type-C.

Keyboardnya juga bisa dilipat, dan memiliki tombol-tombol yang touchable. Mousepad yang besar juga sudah menyatu pada keyboard tersebut. Jadi kita tak perlu lagi menggunakan mouse jika ingin ngetik-ngetik santai dan nyaman mengetik dengan ukuran masing-masing tombol keyboard 2,5 milimeter.

Posisi keyboard dilipat dan tidak dilipat pada ASUS ROG Mothership GZ700

Laptop ASUS ROG Mothership disebut PC, karena keyboardnya yang didesain persis seperti keyboard PC. Pada tombol keyboard terdapat lampu latar RGB per tombol yang digunakan untuk berbagai game dan memuat profil secara otomatis dengan Armoury Crate.

keyboard ASUS ROG Mothership

Processor ASUS ROG Mothership GZ700

Walaupun dari luar terlihat ringkas, tapi ASUS ROG Mothership memiliki jeroan yang nggak main-main. Untuk kekuatannya ASUS ROG Mothership ditenagai oleh 9th Gen Intel Core i9-9980HK yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Wooow.. Itu jenis processor mobile yang paling kencang loh, yang kecepatan pemrosesannya hingga 4,7 GHz di mode turbo. Ini kalau buat yang kerjaannya editing video seperti saya, pas ngerender videonya bisa wus.. wus.. wus..

Jeroan Intel Core i9 dan Nvidia GeForce

Terbukti dari testimoninya Deddy Corbuzier mengatakan bahwa saat dia merender video dengan menggunakan laptop ASUS ROG milik anaknya, itu hanya 6 menit (untuk video berdurasi 15 menit). Ini yang ditesti Om Deddy baru ASUS ROG Zephyrus SGX531, bagaimana yang “kapal induk” a.k.a Mothership?

Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX531 Milik Azka Corbuzier

Duuuh, saya langsung kebayang saat saya me-render dengan Notebook ASUS Eee PC Seashell saya ini, butuh 2 – 3 jam baru kelar ngerender. Eh, teman-teman tahu kan ya apa itu “nge-render”? Kalau youtuber pasti tahu. Buat yang belum tahu, rendering itu adalah menyatukan penggalan-penggalan video dengan efek-efek lainnya (seperti tulisan, memasukkan 2 gambar/video dalam 1 frame) menjadi satu kesatuan utuh sebuah video siap tayang. Mau lengkapnya? Googling aja yaaa. ^_^

Jadi dengan menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core i9-9980HK ini, ASUS ROG Mothership bukan cuma sekedar laptop gaming saja, tapi bisa digunakan untuk tugas-tugas berat lainnya seperti 3D rendering, recording, hingga main nge-games sambil live streaming. Naah, mantul banget kaan?

Daya Simpan (Memory) ASUS ROG Mothership GZ700

Kalau ASUS ROG Mothership bisa melakukan tugas-tugas berat selain main games, sudah pasti memorinya nggak sedikit ya. ASUS ROG Mothership dibekali dengan RAM 64GB DDR4. Performanya juga semakin kencang dengan didukung penyimpanan NVMe PCIe SSD yang dikonfigurasi secara RAID 0.

Bingung ya dengan istilah-istilah itu? Xixixi.. nggak usah bingung, singkatnya dengan Raid 0 maka bisa menggabungkan 2 SSD (media penyimpanan pada komputer) secara langsung ke CPU, disini ASUS ROG Mothership menggunakan teknologi HyperDrive Extreme. Hasilnya adalah sistem penyimpanan super kencang dengan kecepatan baca hingga 8700 MBps. Weeks... ini kalau buka program apapun atau loading games macam kedipan mata kali yaa.

Grafis ASUS ROG Mothership GZ700

Untuk tampilan layar monitornya ASUS ROG Mothership menggunakan chip grafis terbaik saat ini yaitu NVIDIA GeForce RTX 2080. Dan tidak tanggung-tanggung chip yang digunakan itu adalah chip versi dekstop yang sudah di overlock hingga 1880 MHz dengan daya 200W. Jadi grafis yang ditampilkan sudah mencakup beragam teknologi grafis terkini.

Mau tau harganya? Ini kalau dicek harga pasarannya sudah 2 digit didepan 6 angka 0. Ini baru 1 jeroan yaa.. xixixixi.. belum yang lain.

Architecture NVidia by ASUS

Pada ASUS ROG Mothership ini, kita juga bisa memilih panel sesuai dengan masing-masing referensi visual dari si pengguna (user), yaitu antara panel 4K UHD 100% AdobeRGB UHD resolution untuk yang lebih dominan bekerja atau FHD 144Hz/3ms 100% sRGB Ultra Fast Respon untuk full gaming dengan didukung teknologi NVIDIA G-Sync, sehingga gamer mendapatkan pengalaman gaming maksimal.

Tampilan resolusi layar monitor ASUS ROG Mothership GZ700

Jadi wajarlah yaa, kalau jeroaan monitornya seperti itu, ASUS ROG Mothership memerlukan 2 adaptor 280W untuk mendukung powernya.
2 adaptor penunjang monitor ASUS ROG Mothership

Sistem Pendingin ASUS ROG Mothership GZ700

Hardware yang serius pastinya butuh sistem pendingin yang serius juga. Sistem pendingin pun dirancang berawal dari desain. Dengan monitor dan motherboard yang menyatu, laptop ASUS ROG Mothership didesain dengan posisi berdiri, sehingga sistem pendingin dibuat hingga suhu komponennya bisa ditekan mencapai 14 derajat celcius dibandingkan dengan laptop yang menggunakan desain tradisional.

ASUS ROG Mothership juga didesain memiliki ventilasi udara khusus dengan aliran pembuangan ke arah berlawanan dari pengguna.

Fentilasi monitor ASUS ROG Mothership GZ700

Selain desain casing luar, didalamnya ASUS ROG Mothership dilengkapi dengan sistem pendingin menggunakan liquid metal. Liquid metal tersebut ditempatkan sebagai pengganti thermal paste yang mampu mendinginkan prosesor dan GPU hingga 13 derajat celcius lebih rendah.

Lquid metal yang mendinginkan prosesor hingga 13 derajat celsius

Didalamnya juga terdapat 2 blower yang terhubung dengan 8 buah heatpipe yang mengalir ke CPU, GPU dan VRM.

Blower pada monitor ASUS ROG Mothership GZ700

Heatpipe tersebut juga terkoneksi dengan 4 buah heatsink yang memiliki sirip (fin) setebal 0,1 milimeter sebanyak 375 fin. Sirip-sirip tersebut mampu mendinginkan mencapai total luas permukaan lebih dari 200.000 milimeter persegi.

375 sirip pendingin pada ASUS ROG Mothership GZ700
Jadi dengan sistem pendingin maksimal seperti tertulis diatas, panasnya tidak akan merambat ke keyboard, yang secara keseluruhan terpisah dari dapur pacu.

Audio ASUS ROG Mothership GZ700

Namanya juga laptop gaming ya, tentunya nggak seru kalau audionya tidak optimal. Dan ASUS sudah memikirkan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan hiburan kita dalam bermain. ASUS ROG Mothership memasang 4 buah 4W speaker dengan teknologi Smart AMP, ESS Hi-Fi DAC dan juga Array Microphone. Jadi, misalkan kita ingin bermain tanpa menggunakan headset, suara yang keluar dari laptop pun sudah ciamiik.
4W speaker pada ASUS ROG Mothership GZ700

Ada 4 speaker 4W pada ASUS ROG Mothership

Konektivitas ASUS ROG Mothership GZ700

Untuk konektivitas, laptop gaming ini telah dilengkapi dengan modul 2,5G Ethernet yang lebih kencang dari modul ethernet laptop gaming pada umumnya. Karena laptop gaming pada umumnya hanya menggunakan Gigabit Ethernet.

Selain itu ASUS ROG Mothership ini memiliki WiFi generasi terbaru, yaitu WiFi 6 (802,11ax) yang mampu menghadirkan kecepatan hingga 2,4GBPs. Modul WiFi tersebut juga dilengkapi fitur khusus yang diadopsi dari teknologi jaringan seluler. Sehingga koneksi internetnya lebih stabil.
Agar selalu up to date akan teknologi, ASUS ROG Mothership menggunakan ROG RangeBoost yang telah dipatenkan dan sudah dikonfigurasikan secara khusus agar mampu menerima sinyal lebih baik dalam berbagai kondisi penggunaan.

Selain WiFi, disisi body ASUS ROG Mothership terdapat beberapa pilihan konektor, yaitu 3 untuk USB 3.1 Type-A (Gen 2), 2 untuk USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 untuk USB 3.1 Type-C (Gen1) dengan thunderbolt 3.

Port konektor di sisi monitor ASUS ROG Mothership GZ700

Dari konektor tersebut, kita bisa memasang hingga 3 monitor tambahan eksternal dengan melakukan multi-tugas seperti pro melalui USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan display port 1,4. Sedangkan USB-C dengan Thunderbolt 3 yang menjanjikan kecepatan transfer data lebih cepat, dan port HDMI 2.0. Sehingga kita bisa bermain, chat dengan tim dan browsing web dilayar berbeda dalam 1 waktu bersamaan. Wooow..

ASUS ROG Mothership GZ700 terkoneksi ke 3 monitor

Biar lebih detail lagi saya kasih spesifikasi lengkapnya ya. Ini dia spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi ASUS ROG Mothership GZ700


Setelah mengupas satu per satu jeroan ASUS ROG Mothership, teman-teman makin paham kan, kenapa ASUS ROG Mothership GZ700 punya harga speasial? Kalau istilah kita “Ada Harga Ada Kualitas”. Jadi tidak diragukan lagi nih kualitas dari ASUS ROG Mothership GZ700. Laptop ROG with Intel 9th.

Menjadi kreatif  itu tak ada batasnya. So, Be Unstoppable Creative Person by using ASUS ROG Mothership GZ700.

Wassalam












Sumber foto : 
Dokumen Pribadi Ade UFi
ASUS.com
Nerd Review Id
Travelrien.com
Jagatreview.com
Meilia Wuryantati
Bang Firman

29 comments

  1. Wah, begitu baca tulisan tentang MiawAug, aku langsung keingetan anakku Fakhri. Doi kan demen banget nonton youtube si Miaw itu sampai berkali2 diulang2. Btw, aku jadi binun mau komen apa ya soalnya tulisan mb Ade ini lengkaonya bukan main. AKu ga ngerti techno2 ini. Salut aja sama Asus yang udah berinovasi dengan laptop super canggih bikin gamers bahagia. Harganya ehemm.... kayak belanja mobil perkotaan yak? Rogoh dompet dulu ah. TFS ya mb Ade.

    ReplyDelete
  2. wahiya bener.. kata jeroan membuatku ngebayangin ati ampela, babat. iso, dkk.. haha. ROG mah juara banget ya buat gamer...

    ReplyDelete
  3. wuaaa 130 juta, udah bisa dapat 2 kavling nih di pinggiran kota malang.

    Saya masih pakai asus yang 8 jutaan aja, udah ngerasa bagus banget performanya buat kerjaan saya sehari-hari.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun aku salah fokus jeroan kiran makanan hihihi maklum lagi laper.
    Mahal juga ya harganya 100jutaan tapi kalau buat gamers yang bis amenghasilkan uang puas banget kali ya pakai ROG ini

    ReplyDelete
  5. Republic of Gamers ini mengubah persepsi total, sekali lagi... TOTAL tentang konsep sebuah notebook atau laptop. terus baca jeroan laptop ASUS ROG Mothership GZ700 yang harganya sama dengan harga city car, perut awak mules seketika.

    pantas saja para gamers dapat finansial tinggi, lah wong modalnya guede banget!

    aku bingung mau komen apa ya De, pokoke kamu kereeeennnnn nguliknya komplit (kembali uleg sambal buat soto jeroan)

    ReplyDelete
  6. ROG emang selalu jadi top of mind buat para gamers!
    Apalagiii, belakangan banyak laptop super duper mumpuni yg dibanderol seharga mobil!
    Uwuwuwuuw banget dah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget ini mbakk
    Acara dalam rangka peluncuran ASUS ROG kemarin beneran mevvah dan meriah mbak.
    Belum keturutan punya leptip ASUS, padahal pengen banget huhuu
    TFS yahh mbak

    ReplyDelete
  8. Mantap bener ya itu harganya. Beneran seharga mobil hahaha. Tetapi, memang worth it banget buat yang benar-benar membutuhkan. Atau ada yang mau kasih ke saya? Mungkin gak, ya? Hihihi

    ReplyDelete
  9. Nyesel banget ga bisa ikutan launching yang ini. Penasaran btt padahal ngelihat lepi seharga mobil. Yang ternyata emang badai yaaa specnya.

    ReplyDelete
  10. Bikin ngiler banget deh Asus ROG ini. Dan baru tahu kalau ASUS dan Intel ini kerjasama udah selama itu. Pantesan kece badai ya produk-produknya

    ReplyDelete
  11. ASUS memang yang paling terdepan untuk kelas PC Gaming. Saya tahu kalau harga ROG itu mahal, tapi benar-benar baru tahu kalau ada yang semahal city car. *Terkejut*
    Tapi ada harga, ada kualitas kan ya. Pengen deh punya ROG, minimal yang laptopnya aja dulu, hehe

    ReplyDelete
  12. 7000 awards worldwide sudah dimenangkan ROG..memang jujugan dan andalan para gamers ini mah..
    Pantesan gamers macam anak dan suamiku ngomongin ini mulu...ASUS memang TOP!

    ReplyDelete
  13. waw keren. Ini nih bagus buat gaming. Aku gak suka gaming sih. Sukany game cuma The sims aja hahahhaha duh apa sih. Asus tu emang udah jagonya buat gaming.. denger2 dari yg suka game tu rata2 pilih ini. Semoga makin maju atlit2 gaming indonesia.

    ReplyDelete
  14. Aku kadang mikir kok bisa yaa laptop gaming seharga mobil gitu, ternyata spesifikasinya memang sebagus itu. Aku mupeng juga, tapi kalo bukan gamers pro kan sayang juga yah hihi.. ASUS emang kece banget!

    ReplyDelete
  15. ASUS ROG Mothership, dengan spek yang sangat mumpuni. Terlebih menggunakan CPU Cor i9, dan dengan kelengkapan yang super komplit. Jadi, dibandrol dengan harga seperti mobil masih bisa dikatakan wajar, ya.

    ReplyDelete
  16. Membaca judulnya sekilas langsung ke jeroan, ku pikir ini review sate taichan ga tau nya si Asus dengan ROG nya....

    ReplyDelete
  17. Kebayang sih ini jeroannya ASUS ROG pasti yahud dan bikin mlongo ya mbak Ade. Apalagi ASUS ROG ini khusus para gamers, harganya pun sesuai dengan spesifikasinya.

    ReplyDelete
  18. Bener - bener jeroan yang luar biasa. No wonder harganya juga sangat fantastic ya mba. Aku jadi pengen cobain deh dhehe

    ReplyDelete
  19. Kalo beli sendiri, maksudnya pakai uang sendiri kutak shangguupp pasti. Tapi kalo buat kebutuhan kerjaan atau kantor bolehlah dipertimbangkan

    ReplyDelete
  20. Asus rog ini emang keren pake bingits ya mbak. Aku mupeng banget nih apalagi lihat jeroannya, wuesss sedap

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata memang tebal ya nggak kayak laptop biasa. Tapi ringkasnya melebihi komputer PC. Jauh malah. Tinggal deh ngumpulin uangnya buat beli secondhand 😄

    ReplyDelete
  22. Untuk para pencinta game, kehadiran Asus Rog bagaikan mendapat jalan yang mudah. Mereka bisa nyaman menggunakannya.

    ReplyDelete
  23. we o we banget, aku kyknya gak berani megang haha, takut jatuh nangis.
    Itu leptopnya cucok banget buat investasi gamer emang ya mbak Ade, supaya permainanya bisa lebih maksimal dengan gadget yg secanggih itu

    ReplyDelete
  24. Mba Ade, aku sampai baca berulang-ulang, demi memahami ROG yang khusus Mothership. Harganya setara mobil keluarga yang wira wiri di jalan

    ReplyDelete
  25. Duh, iya ya, harganya seharga City Car. Tapi emang keren banget speknya. Dan memang khusus buat yang kerjaannya berat. Macam gamers Dan desainer. Etapi, aku juga gak nolak kalo dihadiahi. Walo cuma buat ngeblog dan main Zuma. :D

    ReplyDelete
  26. Pertama kali lihat ROG dulu, saya sudah langsung jatuh hati dengan logonya. Makin ke sini, makin senang dengan spesifikasinya

    ReplyDelete
  27. Pas baca judulnya aku langsung, "What! Are you kidding me?"

    Jadi sama dengan mba Tanti, perut langsung mules, bahahaha

    Ampyuuun...
    Aku jadi penikmat artikel saja dulu lah...
    Ntar pas kalau ada yang cerita jeroan seharga city car, at least I already know...

    ReplyDelete
  28. Masya Allah, moga Ummi ada rezeki buat beliin Abang Fi laptop kek gini. Mahal gak masalah, kan Ummi banyak duit, hahah... Iyalah harga sesuai kualitas. Ummi, anyway ini penjelasan ala story telling yang luar biasa sempurna, lebih dari lengkap pokoknya. Panjang dan gak ngebosenin.

    ReplyDelete
  29. cocok tuh buat saya yg suka nge gim.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^