Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

lazuardi harmoni umroh travel


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Seringkali orang berpikir bahwa pergi ke Tanah Suci, baik itu umroh atau haji, berarti orang kaya. Punya duit banyak. Hmm.. Saya orang pertama yang mengoreksi hal tersebut.

No, pemikiran tersebut salah besar. Umroh atau haji itu bukan semata-mata kita orang yang punya banyak duit. Ke Tanah Suci itu adalah panggilan dari Allah.

Layaknya presiden yang memilih tamu siapa saja yang akan ia undang untuk datang. Presiden tidak akan memandang ia mau kaya atau tidak, tapi yang jelas orang yang dipanggil tersebut adalah orang-orang pilihan.

Begitupun dengan umroh dan haji. Mereka yang bisa sampai kesana, lalu melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai syariat, maka mereka adalah pilihan Allah.

Berarti saya bukan pilihan Allah dong belum sampai kesana? Hmm, ralat deh kata “bukan” dengan “belum”. Kita yang belum menginjakkan kaki kesana, bukan berarti kita itu tidak disukai Allah. Kita hanya belum memenuhi syarat sebagai tamu Allah.

Pastinya untuk sampai ke tanah suci ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Kita saja kalau mau masuk sebagai daftar tamu istana, akan ada syarat-syarat tertentu. Yee kan? Kalau tidak memenuhi syarat-syarat dari istana, kita sudah dihadang paspampres di pintu gerbang.

Saya juga pernah menuliskan perihal panggilan tersebut di blog ini yang berjudul Mana yang didahulukan? Haji atau Umroh?


Dan hal tersebut sefrekuensi dengan pemikiran Bapak Muhammad Danial Nafis, Direktur utama Lazuardi Harmoni Umroh & Travel.

lazuardi harmoni umroh travel
Pak Danial dan Istri (Ibu Nur Hamida) 
Iyes pada tanggl 12 Februari 2019, saya bersama 10 blogger lainnya diundang untuk datang ke kantor pusat Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, yaitu di

Rukan Grand Soepomo Kav B
Jl. Pprof. Dr. Soepomo No.73
Tebet – Jakarta Selatan
021-83706200

Kami berdiskusi banyak tentang haji dan umroh bersama beliau.

lazuardi harmoni umroh travel
foto calon jamaah umroh Insya Allah.. aamiin


Mba, ini yang syiah bukan?
Pertanyaan ini lah yang saya dapatkan setelah saya memasang foto saya dengan latar Lazuardi Harmoni Umroh & Travel di sosial media.

Beberapa teman langsung DM saya perihal ini. Saat berdiskusi dengan Pak Danial pun, tersirat pernyataan ini.

Pak Danial dengan tegas menyatakan bahwa mereka adalah Ahli Sunah Wal Jamaah. Lazuardi Harmoni Umroh & Travel ini beda owner dengan yang dikabarkan syiah.

Pak Danial berkata bahwa namanya saja kebetulan sama. Nama boleh sama tapi visi dan misinya jelas berbeda. Visi dari Lazuardi Harmoni Umroh & Travel adalah menjadi perusahaan terdepan dalam perjalanan wisata ruhani dan spiritual.

Lazuardi Harmoni Umroh & Travel ini murni usaha umroh dan travel. Didirikan tahun 2015 bersama istri tercinta, Ibu Nur Hamida, dengan niat awal membantu jemaah yang menghadapi keprihatinan pengelolaan ibadah umroh dan haji yang sering kali melakukan ketidakberesan pembinaan ibadah dan administrasi. Itu sebabnya, Lazuardi Harmoni Umroh & Travel memiliki 2 Misi, yaitu :

  • Menjadi pelayan utama masyarakat muslim untuk menunaikan ibadah umroh, haji dan wisata islami.
  • Meneguhkan syiar islam dan pemahaman agama yang baik kepada jamaah dan masyarakat Indonesia dalam manhaj ahlu sunnah wal jamaah

Nah, terjawab kan yaaa..

Permasalahan Seputar Umroh Dan Haji

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi umat muslim paling banyak di dunia. Bahkan Arab Saudi yang termasuk negara Islam saja populasinya tidak signifikan dengan jumlah penduduk.

Hal tersebut membuat semakin banyak orang-orang yang merindukan hadir di rumah Allah. Sehingga menimbulkan beberapa masalah dan membuka peluang bagi orang-orang yang berniat jahat.

Tiga masalah besar yang seringkali terjadi untuk umat muslim di Indonesia itu adalah :

1. Antrian haji

Ini merupakan masalah utama yang hadir disaat populasi muslim di negara kita bertambah.

Coba deh tanyakan sama teman-teman yang mendaftar haji beberapa tahun belakangan ini, “Berapa lama mereka harus menunggu untuk berangkat haji?”

Yes, dengan terbatasnya kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi, membuat umat muslim Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji harus menunggu 15 – 35 tahun.

Ya Allah, lama yaaa.. Bahkan yang ONH plus pun harus menunggu min 7 tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Mungkin untuk yang keuangannya pas-pasan macam saya, ada sedikit rasa syukur dengan kondisi tersebut. Kami masih punya kesempatan untuk menabung hingga waktunya haji tiba. Tapi bagi yang punya uang berlebih, mereka khawatir sekali dan tak sabar. Khawatir usia mereka tak sampai. Sebenarnya sih kekhawatiran itu juga dirasakan oleh kami yg keuangannya pas-pasan.

2. Visa progresif Umroh

Jika dahulu orang pergi umroh kapan saja ia mau, 2 tahun belakangan ini kita dibatasi kepergiannya dengan adanya visa progresif.

Visa progresif adalah visa umroh yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi dengan aturan tertentu.

Aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk jemaah umroh adalah visa umroh bisa keluar dalam jangaka waktu 5 tahun untuk 1 jamaah, kecuali bayar 2000 riyal.

Nah, biaya lagi deh. Lumayan kalau dirupiahkan. Kurang lebih 8jt rupiah.

3. Penipuan.

Sepeerti yang saya tulis diatas, bahwa meningkatnya umat muslim yang hendak ke Tanah Suci, dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Pastinya teman-teman pernah mendengar kasus travel umroh ‘pertama’ yang booming itu kaan?

Yang saya kaget, Pak Danial bercerita bahwa penipuan bukan cuma jamaah tidak berangkat saja. Jamaah berangkat pun bisa kena penipuan.

Loh kok bisa? Iya, menurut Pak Danial banyak yang memberangkatkan jamaahnya, lalu travel meng-cancle tiket pulang, sehingga travel tersebut mendapatkan uang dari tiket refund.

Subhanallaaah.. jahat banget yaa. Jauh-jauh kita dari orang seperti itu. Lalu bagaimana nasib jamaahnya di Arab Saudi? Mbuuuh.. Sedih akutu dengar cerita itu T_T

Produk-Produk Lazuardi Harmoni Umroh & Travel

Nah, dari permasalahan tersebut, Lazuardi Harmoni Umroh & Travel mengeluarkan produk untuk mengatasinya.

1. Umroh

Untuk umroh di Lazuardi Harmoni Umroh & Travel tidak mengenal adanya visa progressif, kapan pun jamaah bisa umroh. Hal ini mejawab permasalahan no 2 diatas, tanpa harus mengeluarkan 2000 riyal.

Kok Bisa? Insya Allah bisa doong. Tentu ada syarat dan ketentuannya untuk memenihi hal tersebut. Kita bisa langsung tanya via aplikasi whatsapp atau sms di 0811-9999-603.

Lazuardi Harmoni Umroh & Travel juga menyediakan beberapa paket umroh, yaitu :

  • Umroh Regular Silver : Umroh selama 9 hari dan menginap di hotel bintang 3 dan 4
  • Umroh Special Silver : Umroh selama 9 hari dan menginap di hotel bintang 3 dan 4

  • Umroh Gold : Umroh selama 9 hari dan menginap di hotel bintang 5
  • Umroh Platinum : Umroh selama 12 - 14 hari plus spiritual juorney ke negara-negara Palestina – Maroko – Turkey – Dubai – Egypt
  • Umroh Ramadhan : Umroh selama 9 – 14 hari di bulan Ramadhan.

Terkadang Lazuardi Harmoni Umroh & Travel memberikan promo-promo yang harganya Rp 20jt an loh. Kalau teman-teman mau harga promo, nantikan informasinya di bulan-bulan berakhiran “ber”, karena biasanya umroh promo berangkat di low season, yaitu bulan Januari dan Februari.

Baca juga : Hal-hal yang perlu disiapkan saat umroh

2. Haji Mandiri

Lazuardi Harmoni Umroh & Travel juga menyediakan haji mandiri dengan visa furoda.

Apa itu visa furoda? Visa furoda adalah visa legal untuk haji yang diberikan langsung dari Kerajaan Arab Saudi.


Untuk Haji Mandiri ini adalah solusi dari persoalan antrian haji. Sebab Haji Mandiri tidak menunggu antrian hingga bertahun-tahun. Tahun ini kita daftar, maka tahun ini pula kita berangkat.


Wah, paket-paket itu kan sudah biasa, Mba. Semua travel juga mengeluarkan paket itu. Lalu apa yang membedakan Lazuardi Harmoni Umroh & Travel dengan travel lain?

Keunggulan Lazuardi Harmoni Umroh & Travel

Iya sih terlihat sama dengan yang lain, tapi ada beberapa keunggulan yang membedakan antara Lazuardi Harmoni Umroh & Travel dengan Travel Umroh lainnya, yaitu :

1. Melayani keperluan jamaah sebelum keberangkatan, saat keberangkatan dan sesudah keberangkatan secara intensif.

2. Melakukan pendampingan saat berangkat dari Jakarta sampai kepulangan.

3. Bimbingan intensif tata cara manasik dalam filosofi atau praktek.
Baik dalam perjalanan ataupun sebelum jamaah Lazuardi Harmoni Umroh & Travel diberikan bimbingan yang baik tentang berhaji/umroh oleh ustadz-ustadz terbaik.


4. Pendampingan ruhaniah sebelum dan sesudah umroh sehingga diharapkan para alumni jamaah tetap dalam tarbiayatul Islam.
Dalam perjalanan umroh dari Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, jamaah didampingi oleh ustadz-ustadz sebagai tempat kita menanyakan perihal agama dan tata cara berhaji yang benar dalam aturan islam.

5. Bekerja sama dengan handling & lounge bandara untuk menjamin kenyamanan jamaah.
Jika jamaah umroh travel lain berkumpul di ruang tunggu bandara biasa, Lazuardi Harmoni Umroh & Travel mengumpulkan jamaahnya di lounge bandara sendiri.

6. Didampingi oleh tour leader yang berpengalaman.
Ustadz-ustadz dan tour leader dari Lazuardi Harmoni Umroh & Travel adalah orang-orang berpengalaman.

7. Mempunyai ruang manasik sendiri.
Ibu Romiyatih, Manager Marketing Lazuardi Harmoni Umroh & Travel menjelaskan bagaimana jamaah melakukan manasik haji di gedung sendiri milik Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, yaitu di Zawiyah Arraudah Ihsan Foundation – Tebet. Bahkan kami diajak ke tempat manasik hajinya.



8. Mempunyai jarak hotel yang sangat dekat dengan masjid.
Akomodasi Lazuardi Harmoni Umroh & Travel bekerjasama selama di Makkah dengan hotel-hotel sebagai berikut :

  • Shofwah Royale Orchid (bintang 5)
  • Makarem Ajyad (bintang 5)
  • Millenium Hotel (ex Hilton bintang 5)
  • Retaj Villa (bintang 4)
  • Thawharat Al Andalusia (bintang 3)

Sedangkan di Madinah bekerjasama dengan hotel-hotel :

  • Millenium Al Aqeeq (bintang 5)
  • Rawdah Royal In (bintang 5)
  • Mirrage Al Salam (bintang 4)
  • Mubarak Silver (bintang 3)


9. Asuransi perjalanan untuk perlindungan jamaah.
Selama perjalanan kita disana kita nggak perlu khawatir jika kita sakit atau kecelakaan (na’udzubillah ya), karena kita akan terjamin oleh asuransi selama perjalanan umroh/haji.

10. Mempunyai provider visa sendiri
Dengan menjadi provider visa sendiri, menjadikan administrasi di Lazuardi Harmoni Umroh & Travel menjadi lebih cepat dan mudah.

11. 30% keuntungan bersih perusahaan disalurkan ke pondok pesantren Tahfidzul Quran Zawiyah Arraudhah.
Pak Arief Rahman sebagai General Manager Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, mengatakan bahwa uang keuntungan dari travel tersebut diberikan kepada pesantern thafiz agar semakin banyak penghafal quran di Indonesia.

Jadi kalau teman-teman ikut dalam jamaah Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, maka secara tidak lagsung ikut membantu para tahfiz menghafalkan al quran.

Wah itu amal jariah yang selalu dibawa selamanya dunia dan akhirat.



12. Mempunyai berbagai kantor cabang perwakilan di Indonesia, yaitu : Jakarta, Banten, Jogjakarta, Malang, Banjarmasin, Kandangan, Karawang, Depok, Pangkal Pinang.

Tips Mencari Travel Umroh yang Baik

Diakhir pertemuan kami dengan Pak Danial, kami diberikan 5 hal yang wajib dilihat sebelum kita memutuskan untuk memakai travel umroh dan haji tersebut. Berikut tips dari Pak Danial :

1. Harga rasional

Memang yaa, dimana-mana harga murah itu menggiurkan kita untuk membeli sebuah produk. Tapi harga murah kalau tidak rasional sebaiknya kita patut untuk waspada. Kebanyakan kasus travel umroh bodong itu ya karena tawaran harga murah.

Nah, sekarang pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah yang menetapkan minimal biaya untuk umroh dari travel adalah 20jt.

Jika ada travel umroh menawarkan harga dibawah 20jt kita patut waspada dan hati-hati.

2. Legalitas Travel Tercatat di Kementrian Agama

Kita juga bisa cek legalitas perusahaan umroh di Kementrian Agama. Caranya cukup searching di Mbah Google dengan keyword “nomor simpu kemenag .... (ketik nama travelnya)”. Jika travel tersebut tercatat resmi di Kementrian Agama, maka akan keluar nomor simpu-nya.
Simpu kemenag Lazuardi Harmoni Umroh

3. Ikut Asosiasi

Jika sebuah travel ikut asosiasi, maka keberadaannya tidak diragukan lagi. Nah, Lazuardi Harmoni Umroh & Travel ini mengikuti asosiasi Amphuri, yaitu Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji & Umroh Republik Indonesia.

4. Lihat Bonafiditas Travel

Cara melihat bahwa travel dapat dipercaya dan jujur bisa dengan cara mengenali personality owner, jajaran management dan track perusahaan travel tersebut. Salah sautnua bisa dilihat dari review dan testimoni para jamaah yang sudah berangkat.

5. Pengelolaan Travel

Kita juga harus tau pengelolaan apa saja yang dilakukan oleh travel umroh tersebut. Yang bisa kita cek adalah :

Tour Guide,Ustadz dan Muthawwif

Perusahaan yang bonafit, mereka memiliki tour guide yang berpengalaman dan profesional. Tour Guide disini untuk memandu admisitrasi jamaah selama perjalanan.

Selain tour guide, travel yang baik juga memiliki ustadz-ustadz pendamping selama perjalanan. Ustadz ini fungsinya untuk memberikan pencerahan mengenai tata cara berhaji dan umroh. Selain itu panduan rohani selama masa-masa senggang di perjalanan.

Semua itu agar panduan haji kita bisa berjalan dengan baik, karena tidak semua muthawwif atau tour guide mengerti tata cara berhaji yang benar. Mereka hanya sekedar mendampingi.

Travel yang baik juga menggunakan Muthowwif yang sudah menunggu di tanah suci. Muthowwif ini fungsinya sebagai pemandu selama berada di Tanah Suci.

Cek Booking Tiketnya

Biasanya perusahaan travel yang bonafit, mereka akan memesan 500 seat pesawat dalam semusim, kurang lebih 8 bulan.

Pastinya, Pak Danial memberikan tips-tips tersebut, karena beliau sudah menjalankannya di Lazuardi Harmoni Tour & Travel.

Lazuardi Harmoni Umroh & Travel bukan cuma memberikan paket travel yang ditawarkan yaa.

Tapi Lazuardi Harmoni Umroh & Travel bisa membuat program sendiri berdasarkan request jamaah, tentunya harga akan disesuaikan dengan program yang diminta.

Termasuk juga permintaan hotel, pesawat dan destinasi wisata yang kita inginkan. Benar-benar melayani jamaah seusai misinya deh.

Jadi teman-teman jika ingin info lebih lanjut tentang Lazuardi Harmoni Umroh & Travel, bisa langsung kunjungi :

Website : www.lazuardiumroh.com
Facebook : Lazuardi Harmoni umroh
Instagram : @lazuardiharmoniumroh

Nah, sudah jelas kaan, kita harus hati-hati dalam memilih travel umroh. Pilih yang benar-benar bisa terpercaya yaa.

Selain itu, ubah midnset bahwa "umroh harganya mahal dan saya pasti nggak mampu", menjadi "Insya Allah saya pasti berangkat". Allah maha tau kemampuan kita.

siap-siap berangkat calon jamaah umroh 2019.. aamiin ^_^

Semoga tulisan saya ini bisa mencerahkan teman-teman yang punya niat tulus untuk datang ke Tanah Suci.

Wassalam








20 komentar:

  1. Alhamdulillah Lazuardi Harmoni Tour memudahkan kita yang ingin ibadah ke tanah suci, makin semangat kepoin pilihan laket yang tersedia. Semoga kita semua bisa secepatnya umroh dan haji ke tanah suci.

    BalasHapus
  2. Duh semakin menjerit saja nih saya semoga diberi kesempatan bisa menjadi tamu Allah SWT ke tanah suci. Amin...

    Saat ini memilih travel berangkat haji atau umroh memang harus selektif ya. Takutnya malah kena tipu seperti yang heboh diberitakan di tv itu...

    BalasHapus
  3. Wah jadi pengen naik haji dan umroh rasanya. Apalagi sekarang ada lazuardy harmony travel ya, memudahkan orang-orang ke Baitulloh. Semoga lazuardi ini amanah dan kebaikannya jdi tabungan di akhirat untuk yang membangunnya

    BalasHapus
  4. kepengen banget aku umroh deh mom ade. udah lama diidam idamkan, ngeliat lazuardi umroh ini sangat menggodaya buat dikuti. semuanya transparan dan biaya nya juga masuk akal.

    BalasHapus
  5. Bermanfaat banget nih Umi, senang dengan motifasinya mengganti kata bukan menjadi belum. Trus Mengganti mindset umroh mahal menjadi insyaallah saya mampu. Ahhh aku jadi langsung pengen naik haji plus aja mumpung masih diberikan umur ya. Semoga keturutan aamiin, sesuai caption nya foto "calon jamaah umroh hehe" Bahkan di artikel ini aku bisa tahu bagaimana cara mudah mengecek apakah travelnya terdaftar atau tidak di kemenag dengan Sempu disambung nama travel.
    Oia ngomong2 ada sedikit typo nih Mi di bagian kelebihan lazuardi yang point nomor 4 dengan maksud kata "salah satunya" menjadi cek sendiri dah haha. ditunggu tulisan menariknya di next artikel ya.

    BalasHapus
  6. Enak kalau hotelnya deket masjid ya mbak, jadinya bisa sering2 ke masjid, asal gak tergoda buat ngemol aja haha.
    Moga2 bisa segera ke tanah suci pakai travel umrah yg terpercaya kyk Lazuardi ini aamiin

    BalasHapus
  7. Wah Baru tahu ada Haji mandiri mba. Taunya dulHu aji backpacker 😂 btw memanfaatkan memilih travel haji umroh hahus selektif yah

    BalasHapus
  8. Semoga teman-temanku semua diberikan kelancaran dan kemudahan untuk menunaikan ibadah umroh dan haji ya... aminn

    BalasHapus
  9. Travel umroh yang terpercaya pastinya menjadi impian para jamaah. Alhamdulillah masih ada yang terpercaya, apalagi membaca banyak kelebihan dari travel umroh ini semakin mantap saja ingin menyisihkan uang untuk bisa pergi ke Baitullah

    BalasHapus
  10. Semoga saya juga segera mendapatkan panggilan ke tanah suci.
    Aamiin..
    Untuk memantaskan diri, ga ada salahnya ya mulai hunting travel sejak sekarang :)

    BalasHapus
  11. Nah iya juga tuh ummi, daku juga kepikiran mau haji atau umroh yang lebih dulu. apapun itu, tetap berdoa yang terbaik kepada Allah agar selalu dimudahkan untuk beribadah ke tanah suci

    BalasHapus
  12. "Insya Allah pasti saya berangkat"...wah setuju banget dengan mindset ini..
    Tadi di awal mau nanya ini yang syiah itu bukan..Syukurlah sudah dijawab sekalian sama ownernya. Jelas jadinya.
    Pilihan paketnya banyak ya...bisa disesuaikan dnegan kemampuan:)

    BalasHapus
  13. Waiting list haji tuh sampai belasan tahun ya mba. Masya Allah.. antrian nya. Bayi baru lahir sdh langsung kita daftarkan haji kali ya kalau daftar tunggu nya 20th.
    Saya setuju dengan lebih selektif memilih Travel Haji Umrah yg amanah dan terpercaya. Jangan tergiur harga murah

    BalasHapus
  14. Iya memang banyakan orang tuh kalau mendengar kata Lazuardi langsung deh mereka melabeli "inikan syiah" padahal belum tentukan. Sama seperti halnya kita memilih travel untuk umrah pun harus hati-hati karena ngeri kayak kemarin banyak kasus penipuan travel umrah.

    BalasHapus
  15. Semoga yang ingin beribadah umroh dimudahkan. Travelnya juga dapat yang bisa dipercaya. Semoga Lazuardi Harmoni tetap bisa menjaga amanah

    BalasHapus
  16. Wah aku baru tahu mbak kalau ada travel umroh syiah. Yang aku tahu cuma travel umroh nakal. Hihi.
    Sekarang ini kita jangan mudah tergiur dengan biaya umroh yang murah. Sebelum kasus travel umroh yang viral itu, keluarga terdekat (kakak mama) udah kena tipu juga gara gara tergiur harga murah.

    BalasHapus
  17. NOted mbak tipsnya :) Anw aku setuju sama visa progresif untuk umroh. Jadi semacam kita bisa memberikan kesempatan untuk yang belum umroh hehehe. Aku sendiri belum pernah umroh sih, jadi semoga bisa pergi dalam waktu dekat :)

    BalasHapus
  18. untung kak ade kasih penjelasan nih soal syiah ini, ada beberapa juga yang kemarin bilang gitu. ternyata bukan ya kak, aku lagi kepoin soalnya lazuardi travel umroh ini, pas banget lagi nyari.

    BalasHapus
  19. Wah baru tau kalau ada program haji mandiri ya, Ummi. Ini kalo dana cukup, bisa dicoba juga karena antrean haji Masya Allah cukup lama juga ya, haha... Tapi iya sekali lagi, haji atau umrah merupakan undangan Allah. Haji ngantre sekian tahun? Itu menurut kita. Siapa tau pas diperjalanan, ada orang yang hamil atau ada urusan lain yang bikin mereka jadi menunda hajinya dulu, akhirnya dipercepatlah antrean. Moga Allah mengundang diriku juga ke sana. Haji, umrah, apalagi keduanya, pastinya sangat ditunggu undangan yang satu ini ya.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^