Jelajah Rasa Kuliner Khas Jakarta, Kepoin Makanan Enak Ini

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Halo teman-teman, semoga hari hari senantiasa indah dengan menulis ya.
Hmm.. Berbicara menulis rasa-rasanya saya ingin sambil membayangkan beberapa hidangan makanan yang super duper enaknya, karena dalam perut yang kenyang, akan ada pikiran yang tenang, dan menulis pun semakin menyenangkan. Bukankah begitu teman-teman?

Nah, kali ini, saya mau coba membuat beberapa daftar kuliner Khas Jakarta, ingin rasanya jelajah rasa di Jakarta dalam satu hari.

Menjelajah Kuliner Khas Jakarta yang enak-enak dan melegenda. Hiuh, berjatuhan nih membayangkannya. ^_^

Oh iya, sudah tahu belum sih teman-teman? Pasti kalau sudah di Jakarta tenang bangetlah ya kalau ingin menuntaskan rasa lapar. Sebab sudah ada banyak tempat makan di Jakarta yang bisa kita kunjungi.

Misalnya saja, seperti artikel berikut ini, tempat-tempat yang kerap menjadi perburuan dan Wisata Kuliner Jakarta. Ada banyak daftar tempat wisata kuliner di Jakarta yang bisa kita temui.

Daftar Kuliner Khas Jakarta

Daftar Tempat Wisata Kuliner Jakarta (Tempatmakanromantis.com)


Sebelumnya saya jadi ingat dengan banyaknya tempat makan di Jakarta yang bisa dikunjungi. Dari kekinian dan tradisional.

Yang kekinian misalnya, seperti Boat Noodle. Nah, berikut kuliner nusantara yang melegenda di Jakarta, di antaranya kuliner-kuliner khas yang juga bisa kita temui adalah sebagai berikut:

1. Sate

Sate sebenarnya sudah sangat umum sekali kita kenal. Sebagai makanan yang paling disukai dan digemari masyarakat Indonesia.

Sate merupakan kuliner nusantara yang sangat terkenal. Di Jakarta atau masyarakat Betawi ada sate yang khas, namanya Sate Lembut dan Sate Manis.

Sate Lembut ini adalah sate yang langka bagi masyarakat Betawi. Sate-sate ini bisa kita temukan di Jln. Kebon Kacang, di Jakarta Pusat.

Sebenarnya jenis sate ini sama seperti sate lainnya. Hanya saja, sate lembuty ini terbuat dari daging cincang yang dicampur parutan kelapa dan bumbu yang khas, bahkan olahannya dililitkan pada tusukan bambu pipih.

Sate ini sangat cocok dan enak, ketika kita memakannya dengan makanan pendamping seperti ketupat Laksa Betawi. Nanti kita bahas apa itu, Laksa Betawi.

Selanjutnya, ada sate manis. Sate manis juga merupakan makanan khas Betawi yang kita juga dapat menemukannya di Jln. Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Sate manis ini daging yang digunakan sangat has. Yakni, dengan menggunakan daging has dalam atau tenderloin sapi, dan diambil dari bagian yang paling lembut.

Daging ini pun direndam dalam bumbu yang manis. Dimakan dengan ketupat laksa Betawi makin josh.

2. Gado-Gado

Siapa yang tak kenal dengan gado gado. Salah satu makanan yang berasal dari Indoesia berupa sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu dengan paduan bumbu kacang.

Di Jakarta, gado gado sangat khas, ada tambahan irisan telur dan emping goreng. Sebagian tempat ada juga yang menggunakan kerupuk udang.

3. Soto Betawi

Siapa yang tak kenal dan tak suka dengan soto betawi. Soto betawi adalah sala satu jenis makanan yang popule di daerah Jakarta. Bahkan, sudah merambah ke berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia.

Rata rata kita akan menemukan makanan Soto Betawi ini menggunakan jeroan. Tapi ada juga kok yang menggunakan daging sapi.

Bahkan, tak sedikit daging sapi pilihan menjadi hidangan. Meski harga sapi terus berubah.
Tapi tak menyulitkan penjual soto betawi menyajikan menu makanan dengan kualitas daging sapi terbaiknya.

Untuk kuahnya sangat khas sebagai kuliner khas Jakarta, yakni campuran santan dan susu. Jadi rasanya khas dan gurih.

4. Kerak Telor

Siapa juga yang tak tahu dengan kerak telor. Hmm.. Ngiler rasanya membayangkan kuliner khas Jakarta yang satu ini.

Kerak telur ini merupakan kuliner khas Jakarta dengan bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi yang disangrai kering dengan taburan bawang merah goreng.

Selanjutnya ada campuran bumbu halus seperti kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

5. Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi (YouTube)

Tak kalah lezat dan selalu diburu. Murah meriah, nan enak. Nasi uduk Betawi. Bahkan, di daerah lain di luar Jakarta juga terkenal dengan sebutan Nasi Uduk.

Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar / telur goreng yang teriris, dan abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal.

Bahkan, ada aneka jenis varian sekarang, bisa jadi ditambah juga dengan semur jengkol.

6. Semur Jengkol

Semur Jengkol Betawi (Cookpad.com)

Yak, kalau dengar nama jengkol itu gimana gitu ya? Takut bau. Tapi tenang, kalau sudah di masak menjadi kuliner khas Jakarta ini makin cihuy. Semur jengkol namanya.

Makanan popular di kawasan kota Jakarta sehingga telah menyebar ke wilayah Indonesia. Cocok bagi para pemburu wisata kuliner di Jakarta.

7. Ketoprak

Ketoprak sebenarnya sama seperti gado gado makanan khas nusantara Indonesia. Tapi ini juga makanan yang mudah ditemui di Jakarta. Berburu wisata kuliner Jakarta tak lengkap tanpa mencicipi ketoprak.

8. Laksa Betawi

Hmm. Laksa Betawi. Kita sudah sebut sebut di atas, sebagai makanan yang enak disajikan bersama sate khas Betawi.

Berburu tempat wisata kuliner di Jakarta tak lengkap tanpa Laksa Betawi ini. Laksa adalah makanan mie berkuah yang disajikan dengan perkedel, kerang ikan, atau seafood lainnya, nah penggantinya bisa dengan sate. Wuih gurih nih. Karena proses memasaknnya juga dengan santan.

Baca juga : Cerita Dibalik Dapur Aerofood ACS

Itulah sedikitnya tentang kuliner khas di Jakarta yang bisa kita temui. Semoga semakin menambah informasi dan perburuan, yuk jaga isi kantong, tapi tetap memuaskan isi perut. Selamat makan.

Wassalam








19 comments

  1. Duh bikin perut tambah keroncongan nih bacanya. :D

    Favoritku disini kerak telor, camilan favorit waktu hamil dulu soalnya. Berkesan banget waktu pertama kali nyicipin di expo dulu. ^^

    ReplyDelete
  2. Gado2 dan Soto Betawi masih jadi favorite akun mba Ade hampir satu minggu sekali malah menu di makan gk pernah bosan

    ReplyDelete
  3. Kalau Kuliner khas betawi nggak akan lepas dari semut jengkol, btw asinan betawi kok belum dimasukkan Ummi?

    ReplyDelete
  4. Indonesia itu kaya akan keberagaman kuliner ya mbak. makasih infonya mudah-mudahan nanti bisa main ke jakarta

    ReplyDelete
  5. Terus terang aku tu baru makan jengkol pas pindah Jkt. Kalau di sby jengkol gak umum. Pertama kali makan jengkol disemur dan aku langsung sukaaa haha. Biarin meski kata org bau yg penting hati happy makan jengkol ya mbak wkwkwk.

    ReplyDelete
  6. Gado-gado, laksa, nasi uduk betawi, ketoprak kangennnn banget sama makanan ini, langka di Bandung harus mudik dulu baru bisa makan semua ini.


    ReplyDelete
  7. Ya ampun laksaaa, kangen banget pengen makan lagi kuliner yg satu ini. Secara di Bekasi, emang jaraaang ada. Malah yg ada toge goreng hihii.

    ReplyDelete
  8. Aku jadi lapar...:D
    Selain sate lembut keknya sudah pernah makan semua. Atau sate lembut sudah juga ya..aku lupa
    Tapi pindah ke Jakarta memang bikin aku jadi jatuh cinta pada kulinernya:)

    ReplyDelete
  9. Duuh Mbak, baca makanan gini pagi2 jadi lapar apalagi lihat nasi uduk tuh, mauuu dooong.
    Di Kebon Kacang itu emang banyak sate ya, klo malam bau kayaknya bau sate dimana2, waktu itu pernah nginap di daerah Kebon Kacang pas keluar weleeehh bau te sateee..

    ReplyDelete
  10. Aku pun tidak bisa konsentrasi menulis kalau perut sedang lapar. Jadi kalau mau nulis maka aku berusaha untuk makan terlebih dahulu. Btw, gado-gado selalu jadi makanan favoritku dari dulu sampai sekarang.

    ReplyDelete
  11. Jadi kangen nasi Uduk Betawi. Rasanya beda dari yg lain utk Nasi Uduk Betawi mba. Di komplek rumah aku sdh pendatang jd agak susah ya cari nya. Kalomenu yg lain sekarang bisa kita dapat di mana saja. Duuh jd mau makan juganih

    ReplyDelete
  12. Saya penasaran dengan Kerak Telur nih.. tiap Kali ke Jakarta rasanya belum pernah beli makanan satu in padahal sangat terkenal. Nanti deh pas ke Jakarta lagi, Saya akan sempatin cari Kerak Telur hehehe..

    ReplyDelete
  13. Laksa nih, susah. Beberapa kali ke Jakarta gak nemu Laksa. Malah pernaahnya makan di Singapur. Hehe.

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu kalau di kebon kacang ada wisata kuliner sate manis. Biasanya yang terkenal dari sana adalah nasi uduknya. Hahaha

    Papa dan mamaku suka banget sama nasi uduk kebon kacang soalnya. Tiap ke Jakarta nyobain ini

    ReplyDelete
  15. Saya suka banget mbak Ade kulineran, apalagi saat mengunjungi lokasi pariwisata. Tapi laksa betawi belum nih nyobain

    ReplyDelete
  16. Dari 8 menu itu, aku suka yang Soto Betawi. Kayaknya itu juaranya deh. Mama sering bkin itu di rumah. Rasanya mau coba langsung someday.

    ReplyDelete
  17. Semuanya suka mba,, kpingin bngt sih gado2 tiap Hari pling favorite soalnya seminggu 3 kli hmpir berli

    ReplyDelete
  18. Wah diriku baru tau, Ummi yang sate lembut ini. Ternyata dari daging cincang ya, untuk dimakan bareng laksa. Uwww... pastinya enak banget ini ya.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^