Scalling di Global Estetik Membuat Pencinta Kopi Tersenyum Lebar.

Global estetik itc depok

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Hai, Semua.. Smile
Senyum yang indah menyapa kalian di hari ini.
Iiih tumben menyapa dengan ceria begini? Habis menang blog ya?
Aamiin... jadikan doa yaaa.. Padahal senyum itu nggak harus menang blog kaan?

kali ini saya mencoba menerapkan sedekah paling murah ala Rasuullah, yaitu menebar senyum buat teman-teman. “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956)



Senyum bukan sekedar untuk akhirat saja loh, tapi senyum merupakan kosmetik termurah untuk memperindah wajah kita. Kok bisa? Ya bisalah.. Saya pernah membahasnya ditulisan yang berjudul Kosmetik Termurah dibaca juga yaa ^_^

Tapi senyum akan menjadi kosmetik mahal jika gigi kita tidak dirawat. Macam saya niiih.. huhuhu
Saya tuh sebel banget lihat gigi saya. Bagian depan bawah gigi saya itu berwarna coklat. Susah sekali dibersihkan, sekalipun saya sudah menggosoknya dengan kuat.

Setiap melihat iklan gigi dengan tagline "gigi menjadi putih bersih dalam sekejap", pasti saya pantengin. Tergiur untuk mencoba. Bagaimana tidak, lah wong dalam hitungan menit gigi coklat bisa bersih. Nggak pakai digosok. Cuma masukin cairan ke gigi lalu gigi jadi kinclong. Tapi begitu dengar harganya, semua hanya menjadi impian indah saja.

Kenapa nggak ke dokter gigi sih, Mba untuk bersihin karang gigi?
Yes, menurut dokter dan artikel-artikel yang saya baca, gigi kuning saya ini karena karang gigi. Pada saat gigi saya bolong, dokter gigi yang menambal, sudah menyarankan untuk dibersihkan karang giginya. Cumaaaa.. mendengar pengalaman beberapa teman yang membersihkan karang gigi (scalling), mereka ceritanya mengerikan. Ada yang bilang berdarah-darah, sakit, duuuh... nggak deh. Akhirnya saya hanya bisa membatin di depan cermin, "ya Allah.. gimana ya cara hilangkan gigi coklat ini tanpa sakit?"

Sampai akhirnya saya diberikan voucher scalling dan dental check up seharga Rp 500.000 dari seorang teman blogger yang baik hati di Global Estetik.

Global estetik itc depok
Voucher global estetik


Tentang Global Estetik

Global Estetik merupakan klinki gigi dengan divisi pemasaran digital untuk praktek dokter gigi. Global Estetik ini sudah tergabung dalam jaringan pemasaran bersama, yang berusaha memberikan informasi kesehatan bagi masyarakat, terutama kesehatan gigi dan mulut.

Sebelum pakai voucher, saya biasanya cari tau dulu dimana lokasi kliniknya. Jauh atau nggak dari rumah.. xixixi.. biarpun voucher menggiurkan, kalau jauh kan suka males yaaa jalannya. Eh pas buka-buka web Global Estetik ternyata justru awal mulanya klinik gigi ini buka di Depok. Tepatnya tahun 2007 di Gedung Griya Buana Lantai 2 yang didirikan oleh Drg. Arnof,

Sekarang Global Estetik sudah memiliki 6 cabang serta kemitraan yang berada di Jakarta Selatan, Depok, Bandung, dan Jakarta Timur. Bahkan rencananya akan melebar ke Pekan Baru.

Nah, dari cabang-cabang tersebut, ada yang di ITC Depok. Deket niiiih.. dibelakang rumah. Cuss laaah, diniatin pergi demi gigi putih bersih dan sehat.

Review Scalling di Global Estetik ITC Depok

Ok, kini saatnya saya bercerita tentang pengalaman saya scalling di Global Estetik ITC Depok yaa. Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan sebelum memulai perawatan. Sebenarnya sih ini tahapan prosedural secara umum ya, tapi nggak ada salahnya kan kita ikuti juga.

Pendaftaran/Reservasi di Global Estetik

Yang namanya berobat dimanapun, pastinya kudu daftar dulu yaa, sebelum datang ke klinik. Nggak papa sih langsung datang, tapi harus siap dengan kondisi klinik saat itu kalau tanpa reservasi. Misal pasien banyak atau dokter yang kita inginkan tidak hadir, dll.

Untuk pendaftaran di Global Estetik sebenarnya kita sudah dimudahkan lewat fasilitas Web dan aplikasi klinik tersebut. Loh, Global Estetik ada aplikasinya? Ya, Ada doong.

Fungsi aplikasi dan website Global Estetik adalah untuk memudahkan pasien cari tau tentang jadwal dokter yang praktek dan daftar harga perawatannya. Sesuai dengan tagline mereka yaitu pelayanan yang displin, transparan dan tanggung jawab.

Jika teman-teman ingin reservasi via aplikasi, berikut tahapannya :
1. Buka Aplikasi Global Estetik. (Buat yang belum punya install dulu ya di Playstore. Free)


2. Klik icon gambar kalender dipojok kanan atas

Global estetik itc depok

3. Isi form registrasi dengan mengisi tempat klinik yang mau kita datangi, pelayanan perawatan gigi kita, dan dokter yang memerikas gigi kita.

Global estetik itc depok

4. Klik Next, lalu pilih hari, tanggal dan waktu periksa yang kita kehendaki.

Global estetik itc depok

5. Masukkan identitas kita sebagai pasien. Pada kolom catatan, diisi keluhannya dan kita pakai asuransi atau tidak.

Global estetik itc depok

6. Klik selesaikan reservasi

Dan dibawah ini cara reservasi via website Global Estetik

1. Masuk ke web Global Estetik, lalu scroll kebawah sedikit.

2. Klik reservasi online

Global estetik itc depok

3. Jika ingin reservasi via Whatsapp atau SMS, lakukan minimal 1 hari sebelum pemeriksaan.


4. Jika ingin langsung reservasi via web, isi data kolom dibawahnya, yaitu pilih cabang, pelayanan perawatan dan dokter yang memeriksa. (agak scroll kebawah sedikit yaa)

Global estetik itc depok

5. Pilih Jadwal dokter yang dikehendaki

Global estetik itc depok

6. Isi data diri kita sebagai pasien.

Global estetik itc depok


Setelah reservasi nanti kita akan mendapat email konfirmasi dari Global Estetik. Kalau kemarin saya lebih memilih daftar via whatsapp, karena kalau whatsapp saya rajin sekali lihatnya dibanding email. Nanti akan dibalas untuk dimintai data kita sebagai pasien sekaligus memilih dokter siapa dan datang jam berapa.

Global estetik itc depok


Lokasi Global Estetik ITC Depok

Global estetik itc depok

Selesai reservasi, keesokan harinya saya datang ke klinik Global Estetik yang di ITC Depok. Letak klinik ada di lantai Mezanine. Kalau dari lobi utama, jalan kebelakang menuju pintu parkiran motor. Pintunya bukan yang disebelah lift yaa, tapi pintu belakang yang satunya.

Disebelah pintu belakang ada ekskalator pendek menuju lantai Mazenine. Kalau bingung nanti ada panduannya kok menuju lantai Mazenine.

Nah, lokasi klinik ada dipojokan disebelah Samsat dan Playground. Jadi teman-teman yang bawa bocil, nggak usah khawatir keganggu dengan pemeriksaan kita selama di klinik. Titipin aja bocilnya di playground dengan membayar 35K sepuasnya. Xixixixi... tapi tetep bawa asisten yang jagain bocil yaaa..

Global estetik itc depok
Lokasi Global Estetik ITC Depok yang berada disebelah Samsat

Bukan cuma bocil saja, seandainya pasangan kita khawatir kelamaan nunggu, bisa jalan-jalan di mal untuk window shopping. Pinter deeh cari tempat klinik nih Pak Dokter.

Setibanya dilokasi, saya ditanya lagi reservasi atas nama siapa. Data kita dilihat lalu disuruh menunggu sebentar. Nanti akan ada layar tv untuk menampilkan nomor antrian kita. Sayangnya kemarin sedang mati, jadi kita dipanggil manual.

Urutan kita periksa itu sesuai kedatangan kita di klinik yaa. Dan alhamdulillah, mungkin karena hari itu hari kerja jadi pas saya datang tidak ada yang antri selain saya.

Alhamdulillahnya lagi, saya dapat jadwal praktek dokter Arnof, yang ternyata baru saya ketahui kalau beliau itu owner klinik Global Estetik. Hanya saja saya datang disaat jam makan siang, jadi Dokter Arnof meminta ijin untuk ishoma terlebih dahulu.

Iih, biasanya kan asistennya yang minta ijin ya, dokternya mah nyelonong aja. Tapi dokter Arnof nggak seperti itu. Kaget saya, dengan ramah beliau sendiri yang minta ijin ke saya.

Ya sudah, nggak papa Pak Dokter kan ada free wifi. Jadi bisa browsing-browsing ngilangin deg-degan.

Jam Praktek di Global Estetik ITC Depok

Global Estetik ITC Depok buka mulai jam 09.00 pagi hingga 20.00 malam setiap harinya. Bisa terlihat di website dan tembok besar klinik global estetik itc depok kok.

Global estetik itc depok
Waktu praktek dokter yg terpampang di dinding dekat pintu masuk global estetik itc depok

Ini video ruangan di Global Estetik ITC Depok :


Proses Scalling di Global Estetik ITC Depok

Selama 40 menit saya menunggu, dokter Arnof datang. Sesuai janji beliau, maka saya pun memasuki ruang periksa.

Didalam ruang periksa terdapat 2 kursi pemeriksaan gigi. Dan saya dipersilakan untuk duduk di kursi yang posisinya rebah banget, seperti tempat tidur, bukan duduk seperti biasa.

Global estetik itc depok
Ruang periksa global estetik itc depok

Lalu saya diberikan handuk kecil. Jujur saya bingung saat itu. Ini handuk untuk apa? Karena ini adalah kali pertama saya melakukan scalling. Dengan ramah Mba Frida, asisten dokter Arnof, membantu meletakkan di dada dan bilang, “ini buat menghindari baju ibu basah nanti”. Saya nurut saja seperti adek bayi yang diberikan celemek oleh mamanya. ^_^

Global estetik itc depok
handuk celemek yang digunakan saat scalling di global estetik

Mulailah proses scalling. Dokter kaget melihat karang gigi saya yang sudah dikategorikan kelas 3 alias banyak banget. Trus pertanyaan pertama yang terlontar dari mulut dokter Arnof, “ Ibu ngerokok ya?” Et daaah doook... boro-boro saya ngerokok, lah orang lain ngerokok aja saya usir dan marah-marahin. Tapi ke dokter Arnof nggak ngomong begitu. Saya hanya jawab, “Nggak, Dok” ^_^

Lalu pertanyaan selanjutnya, “Ngopi?” Saya cuma cengar cengir menjawab pertanyaan dokter. “Ngeteh, Bu?” saya sempet heran. Loh, ngeteh juga bisa bikin karang gigi ya? Karena memang yang namanya kopi dan teh sih hampir tiap hari saya minum. Tentunya sebagai teman menulis saya.

Dokter Arnof pun memberikan penjelasannya sambil melakukan scalling.

Dokter Arnof mengatakan bahwa teh dan kopi memang paling utama yang membuat karang gigi saya menumpuk. Dan karang gigi saya ini sudah masuk kedalam gusi, itu yang menyebabkan gusi mudah berdarah. Ooo.. pantes, warna gusi saya juga tidak sehat, merah lebam seperti bengkak.

Dan dokter Arnof juga mengatakan bahwa email gigi (bukan electronik mail yaa) saya menipis. Lalu saya ditanya, “Ibu gosok giginya kuat-kuat ya? Makanya email ibu menipis nih.” Saya iya aja deh, Dok. Emang semua yang dibilang dokter itu bener kok.. huhuhu.. efek saya mau warna coklat gigi saya hilang, jadi ya saya gosok kuat-kuat.

Saat proses scalling dokternya berusaha ngajak ngobrol dan menenangkan saya. Mungkin terlihat kali yaa dari wajah saya yang ketakutan. Terlebih saya membuat suara aneh, agar tidak takut dengan bunyi alat scalling dan mesin penyedotnya... huhuhu...

Alhamdulillah akhirnya 30 menit proses scalling selesai sudah. Disitu saya baru tau fungsi handuk celemek yang saya gunakan. Ternyata benar seperti dikatakan Mba Frida, untuk menampung air yang bermuncratan keluar dari alat scalling.

Sakit yang diceritakan teman-teman itu tidak saya rasakan sama sekali. Tipsnya sih sederhana, bayangkan kegiatan indah saat proses scalling. Itu sebabnya saya bernyanyi walau entah apa yang saya nyanyikan. Dan dokter mengajak ngobrol biar teralihkan konsetrasinya dari ketakutan.

Yang saya suka selama pembersihan karang gigi, dokter Arnof tidak memaksa harus mulut terbuka terus. Beliau bilang, “Kalau ibu mau istirahat mulutnya atau sakit, bilang ya, Bu! Nanti kita berhenti dulu.”

Dan disaat berhenti, saya disuruh kumur-kumur dengan air yang dicampur dengan obat kumur. Warna air kumur-kumurnya bukan bening, tapi hijau. Jadi mulut walau terbuka rasanya segar.

Global estetik itc depok
Air kumur di ruang periksa global estetik itc depok

Begitu proses selesai, saya diberikan kaca untuk melihat hasilnya. Masya Allaaaah... senaaaang deh lihat gigi saya saat itu. Saya langsung mengekspresikannya dengan bilang, “Iiihh.. dokter pinter bangeeeet, gigi saya kinclong lagi.” Dokter cuma senyam cenyum, mendengar ungkapan reflek yang nggak sopan dari saya. >_<



Tips Menghindari Karang Gigi

Selesai proses scalling, saya pun berbincang-bincang dengan dokter lulusan kedokteran gigi Universitas Indonesia tahun 1990 ini. Dengan gaya yang ramah dan lucu, Dokter Arnof memberikan sedikit tips untuk menghindari karang gigi. Karang gigi tidak akan tumbuh jika kita melakukan hal-hal berikut ini :

Global estetik itc depok
Dr. Arnof, owner dari global estetik

1. Tidak Merokok

Hohoho, rokok memang musuh bagi para dokter dalam segala hal. Salah satu zatnya ya membuat gigi bukan cuma kuning tapi hitam legam.

2. Mengurangi minum kopi, teh dan makanan manis. 

Pada 3 makanan minuman tersebut terdapat zat yang mudah menempel pada gusi dan sela-sela gigi yang menyebabkan plak (karang gigi). Saya sempat protes untuk yang ini nih. Secara pekerjaan saya sebagai food blogger kan juga menikmati segala makanan yang disuguhkan vendor.. huhuhu..

Baca juga : 5 alasan oldtown white coffee Arkadia sebagai tempat kerja asyik

3. Minum dan kumur-kumur air putih setelah mimun teh atau kopi.

Ternyata jawaban dari keluhan saya disini.. xixixi.. baiklah dok. Sama rutin scalling ya dook.

4. Gosok gigi dengan pasta gigi mengandung flouride.

Pasta gigi mengandung flouride mampu menghilangkan plak-plak kecil yang menempel digigi.

5. Mengunyah sayuran mentah, terutama wortel dan tomat. 

Dalam kandungan wortel dan tomat mengandung vitamin dan zat yang mampu menghilangkan noda pada gigi.

6. Berkumurlah dengan obat kumur seminggu sekali.

Ini bukan sekedar menghilangkan karang gigi, tapi membuat mulut kita selalu segar.

Cara Bayar dan Harga pelayanan di Global Estetik

Selesai ngobrol-ngobrol cantik dengan Pak Dokter, saya pun ke kasir memberikan voucher yang saya tunjukkan diawal saat reservasi ulang. Untuk harga perawatan gigi, bisa kita lihat di website dan aplikasi Global Estetik ya. Semua terpampang jelas.

Bahkan setiap harinya ada promo-pormo looh. Promo setiap klinik berbeda-beda. Makanya sebelum kita reservasi online, kita bisa cek dulu ada promo apa di klinik yang kita tuju.

Seperti saat saya scalling sebenarnya sedang ada promo. Yang tadinya 350K (karena masuk kategori kelas 3/banyak, kalau kelas 1/sedikit 250, dan sedang 300) menjadi 275K. Lumayan kaan?

Seandainya saya bayar pun, selain cash, mereka juga menyediakan mesin debit. Semua bank bisa kok, hanya saja terkena charge 2%, kecuali Bank Mandiri, BNI dan BCA. Kartu kredit juga bisa dan juga kena charge 2%.

Harga yang di aplikasi atau di website terkena biaya tambahan lagi nggak?
Iya, dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahannya hanya untuk administrasi. Jika pasien lama dikenakan Rp 10.000, sedangkan pasien baru Rp 20.000. Nggak mahal kaaan?

Berhubung saya pasien baru, jadi selesai perawatan saya diberikan kartu periksa seukuran kartu remi. Jadi bisa dimasukin dompet. Biar jika mendadak ke dokter gigi, kita bisa langsung dateng saja. Daftar via HP.

Global estetik itc depok
Kartu berobat di global estetik

Global Estetik juga menerima klaim asuransi, sudah banyak perusahaan yang bekerjasama dengannya. Bahkan rencananya akan bekerjasama dengan blibli.com untuk pembayaran yang bisa dicicil setelah melakukan perawatan.

Global estetik itc depok
Perusahaan-perusahaan yang kerjasama dengan Global Estetik


Setibanya di rumah, dengan bangga saya memamerkan gigi kinclong saya. Saya jadi tidak perlu takut lagi menikmati kopi, karena sudah diberi triknya sama Pak Dokter. Saya malah berencana menabung tiap bulan untuk melakukan scalling rutin tiap 6 bulan. Karena menurut Pak Dokter, jenjang waktu ideal membersihkan karang gigi adalah 6 bulan sekali.

Gak takut lagi, Mba? Nggaaaak dong. Kan sudah tau dan punya pengalaman. ^_^

Sebagai pencinta kopi, kini saya bisa tersenyum bangga memamerkan gigi indah saya. Gigi indah dan gigi sehat membentuk senyum yang bisa membuat harimu bahagia. Kita pun bisa berpahala lagi dengan sedekah termurah. “Smile, It’s A Beautiful Day”

Wassalam












Sumber Foto : 
dailymail.co.uk
dokumen pribadi
dokumen global estetik

27 comments

  1. Bisa reservasi secara online ini nih memudahkan sekali. Soalnya kadang kan malas pula antri. Global estetik, ramah yah Ummi dokternya, jadi nggak takut buat scalling 😁

    ReplyDelete
  2. Aku banget nih peminum kopi tapi setiap habis minum kopi nggak pernah kumur2, duhh jadi jleb. Enak banget bisa reservation via aplikasi. Setelah di scalling jadi makin lebar dong ya senyum nya.

    ReplyDelete
  3. Wah nampak nyata ya itu before afternya scalling mba Ade. Setelah linu 4 hari gigi tahun baru kemarin jadi ekstra hati hati aku sama gigi

    ReplyDelete
  4. MAntep banget ya kak... diriku sebagai pengopi sepertinya perlu perawatan ini dan hebatnya lagi sudah ada aplikasi untuk pendaftaran online tanpa repot buat nelpon. asik juga nih

    ReplyDelete
  5. Pencinta kopi sangat bisa smile lebar dan hoby itu bisa di teruskan.

    Global klinik akan membawa kita kepada harga dan transparan

    ReplyDelete
  6. pas bangat, aku rasa-rasa kok susunan gigi terutama yg atas makin maju, wah mesti mulai perhatikan estetika jenis ini ya kak, makin mudah kini ada layanan aplikasinya

    ReplyDelete
  7. Wah, asiknya ya zaman now mau ke dokter gigi ada aplikasinya. Scalling di Global Estetik ini terjangkau juga 500K. Hasilnya wow..wow..memuaskan deh. Kelihatan gigi mbak Ade lebih bersih dan cerah. oooh, jadi benar ya kita jangan terlalu sering mengonsumsi kopi maupun minuman manis lainnya. Sekali2 aja tetep boleh kan :D

    ReplyDelete
  8. Masalah gigi emang ga bisa dikesampingkan. Ini perlu sekali diperhatikan. Terimakasih rekomendasinya, kebetulan Global Estetik ternyata di Bandung ada ya.

    ReplyDelete
  9. Wow asik yah sekarang jadi kalau mau perawatan gigi ga perlu antri kayak dulu dan waktunya bisa ditentukan.

    ReplyDelete
  10. Mantabs ini, duh saya jadi pengen scalling juga, gak pernah scalling saya huhuhu karang giginya banyak, di Bandung ada ga sih ini

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, lebih enak ke Global Estetik, no antri lagi. Biaya yang transparan dan bisa bebas pilih, membuat saya bela2in datang.

    ReplyDelete
  12. wah ada aplikasinya juga di global aestetic. kebetulan aku juga lagi pengen bersihin karang gigi nih

    ReplyDelete
  13. bener banget mom ufi, aku kepengen bangets scalling tapi gak ajdi ajdi. padahal aku pecinta kopi.

    ReplyDelete
  14. Aku jg coffee and tea addicted euy hihi harus segera ceki ceki ke dentist deh kayaknya

    ReplyDelete
  15. Baca ini jd inget aku blm bersihin karang gigi deh heu...

    ReplyDelete
  16. Ahhhh... saya paling ga suka kalo urusan gigi :D
    Tapi ya mau ga mau kudu bersihin gigi..
    Btw Global Estetik ada di kota mana aja sih?

    ReplyDelete
  17. Wouuw saya terkesima dengan hasilnya, bersih banget deh. Gak rugi mah keluarin budget. Btw d mksr ada gak cabangnya??

    ReplyDelete
  18. untuk harga scaling cukup terjangkau ya mba, saya pernah scaling padahal biasanya kalo di dokter gigi langganan cuma 400, pas nyoba satu klinik sampe 1 juta. gak ngerti deh itu apanya yang mahal padahal gak kotor2 amat.

    ReplyDelete
  19. Aku ngilu rasanya kalau scalling itu..entah kenapa.pdahal itu pwrlu bgt dan wajib setaun 2kali..pengen putihin gigi nie aku...penasaran kayak apa...

    ReplyDelete
  20. Wah asyik ada di ITC Depok, deket rumah donk. AKu nih dah lma gak ke dokgi. Btw di sana bisa bantuin soal kawat gigi gak ya? Aku dah lama bikin permanen kawatku, pengen aku lepas sekalia scalling kalau bisa sih...

    ReplyDelete
  21. Wah...jadi keinget waktunya scalling.
    Dan untuk biaya di Global Aestetic ini termasuk terjangkau. Cara reservasinya pun mudah ya..coba cek ah dimana saja cabangnya mau coba di sana

    ReplyDelete
  22. Enak banget nih ada aplikasinya. Jadi daftar bisa dari rumah dan gak pernah perlu nunggu lama. Kereen..

    ReplyDelete
  23. Wahh, ternyata ada aplikasinya ya mbaa dan bisa reservasi via apps. Enak banget, wah patut dicoba nih biar karang gigi bisa segera dibersihkan

    ReplyDelete
  24. Indeed, walau sekilas tersembunyi tp kebersihan dan keindahan gigi sangat perlu dijaga. Akupun dr kecil dibiasaksn per 6 bulan kontrol ke drg mom, hehe. Btw harganya terjangkau yaa utk scalling di Global Aesthetic ini 💙

    ReplyDelete
  25. mbakkk keteplek sama suamiku.. aku kira dia serinh berdarah gara2 vitamin c terbyata bisa gara2 karang gigi juga yaa. aku kasi baca dia ya mbak siapa tau dia mau bersiin juga

    ReplyDelete
  26. Aku seumur umur bau sekali scaling gigi, rasanya geli ngilu ngilu gitu heheh tapi ngga sampai sakit siiih.. Btw keren yaa klinik Global Estetik ini ada aplikasinya.. jadi praktis banget ya kalo mau buat perjanjian

    ReplyDelete
  27. Wah iya ini kopi yang bikin gigi jadi nggak putih fresh lagi. Enak ya Ummi, gigi dan gusinya ada pengecekan dulu, jadi tau ya kalo email gigi bermasalah. Kliniknya juga cakep ya, ada playground-nya juga.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^