BURGER TEMPE

www.adeufi.com


Bissmillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.

Setiap weekend saya biasanya suka jalan-jalan dengan keluarga, biasanya sih wisata kuliner. Pastinya ya tidak setiap Minggu. Bisa tekor bandar. ^_^ Kalau memang dapat rejeki ya kita jalan cari tempat makan keluarga yang enak. Tapi kalau kantong lagi kempes, saya suka berkreasi masakan dari bahan-bahan yang tersisa di kulkas.

Ceritanya nih, pas tanggal-tanggal tua kemarin, lagi pengeeeen banget  makan burger. Ada roti burgernya sih dirumah, tapi untuk daging burgernya rasanya tidak memungkinkan beli daging saat itu. Jangankan beli daging, nemu uang selembar Rp 2.000 aja dunia terasa indah banget. (lebay ya.. ^_^)

Buka deh kulkas dan lemari stok makanan kering. Adanya cuma bumbu-bumbu dapur, segala bawang, kornet, telur dan tempe.
"Bikin perkedel kornet aja, Mi!" teriak Fikri melihat saya termenung di depan kulkas.
"Bosen, Bang!" teriak saya.
"Bikin apa ya dari kornet kaleng kecil ini, biar jadi makanan yang banyak." Sambil memegang dagu dan berguman sendiri, saya mikir, kira-kira masakan apa ya dari bahan-bahan diatas dibuat burger? Kalau kornet aja yang dijadikan burger dikiiiit banget. Paling cuma dapat 1 burger.

Ada tempe... hmmm... bisa nggak ya tempe dijadikan burger?


Mulai deh gungling, cari resep burger tempe, Dari semua resep burger tempe, pasti deh ada 1 bahan yang nggak bisa dibeli mendadak dekat rumah. Harus ke pasar dulu. Wal hasil mulailah berkreasi membuat burger tempe dengan memadukan semua resep yang di gugling, sesuai bahan-bahan yang ada,

Kocrek kocrek kocrek... this is it.. BURGER TEMPE ala ADE UFI.

Burger tempe miskin sayuran pesanan Fikri ^_^

Bahan-bahan :
  • Tempe 1 papan (kalau dipasar tradisional beli Rp 2.500)
  • Kornet 1 kaleng kecil (kalau ada rejeki pakai daging cicang 1/4kg.)
  • Telur 2 butir (pisahkan kuning dan putihnya)
  • keju secukupnya (optional)
  • Merica, pala, bawang putih, garam secukupnya (bumbu sop deh. Kalau males nguleknya 1 bungkus bumbu sayur sop instan)
  • 5 siung bawang putih (diuleg atau cincang halus)
  • Daun bawang (iris halus)
  • 1 siung bawang bombay yang kecil (cincang halus. Kalau yang besar setengah siung saja)
  • Margarine 2 sdm (cairkan)
telur yang dipisah
Bahan olesan
  • Saos tomat, sambal dan mayonaise
  • Daun selada, keju slice, tomat segar (optional)

Cara Membuatnya :
  1. Kukus tempe dan daging/kornet hingga matang. Sambil menunggu kukusan tempe dan daging matang, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine cair. 
  2. Hancurkan tempe dengan garpu. Aduk rata dengan kornet.
  3. Campurkan semua bahan-bahan yang tersisa kecuali bahan olesan dan putih telur. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan bulat pipih.
  5. Baluri adonan dengan putih telur sebelum di goreng.
  6. goreng daging burger hingga kecoklatan.
campuran semua bahan sebelum diaduk
tempe dan kornet dikukus











    Cara Penyajian

    1. Goreng dengan sedikiiit margarin dalaman roti burger, balik. Matikan kompor dan biarkan roti diatas penggorengan teflon biar selalu hangat.
    2. Kasih saus tomat, saus sambel mayonaise masing-masing sisinya.
    3. Susun daun selada dan tomat.
    4. Letakkan daging burger.
    5. Letakkan keju slice
    6. Tutup dengan roti.
    Naah, burger tempe siap disantap. ^_^

    Wassalam




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^