Laman atau Label? (Bagian 1)



Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum wr.wb.

Hi Bloggers,
Ada yang bertanya kepada saya, "Mba, itu gimana sih tampilin kayak file-file di blog gitu?"

Yang dimaksud si penanya yaitu yang dituju panah merah

Hmm... Ada beberapa Blogger yang meletakan Laman (Page)  pada posisi panah merah seperti gambar diatas. Sedangkan yang saya letakkan di posisi tersebut adalah Label tulisan blog. Dan biasanya memang di posisi tersebut, Blogspot otomatis meletakkan posisi laman (page).

Sebelum kita membahas bagaimana caranya meletakkan seperti yang tertera pada blog saya, lebih baik kita bahas dulu definisi dari Laman (Page) dan Label.

 
Apa sih Laman (Page) itu?
Laman (Page) pada blog serupa dengan enrti pos atau tulisan yang kita posting setiap buka blog. Namun biasanya pada laman itu berisi informasi yang paten atau khusus. Seperti halnya tentang profil pemilik, kontak info, prestasi pemilik blog, dll. Yaa.. kalau pada surat lamaran itu berupa kurikulum vitae si penulis blog.

Dimana kita bisa membuat Laman (Page)?
Saya berusaha menjelaskan membuat Laman (Page) pada blogspot ya. Berikut adalah tahapan membuat laman (page) :

1. Masuk ke dasbor blog, lalu klik Laman (Page), maka akan keluar tampilan seperti gambar berikut :

Dasbor Laman
Berhubung saya sudah ada lamannya, maka ada isi postingannya. Jika masih baru disisi kanan itu akan kosong, maka :

2. Klik Laman Baru (New Page), maka akan keluar tampilan seperti entri data. Lihat gambar berikut!

entri laman
Yang membedakan entri laman (page) dengan entri pos adalah kolom yang berada disisi kanan, atau poin-poin setelan (setting). Pada Laman hanya terdapat 2 poin, yaitu : Deskripsi penelusuran dan Pilihan. Sedangkan pada entri pos terdiri dari : Label, Jadwal, Link, Lokasi, Deskripsi penulusuran dan Pilihan.

3. Nah silakan kalian tulis informasi apa yang ingin kalian posting. Jangan lupa judulnya ya! Karena judul itulah yang menjadi kotak-kotak yang seperti ditanyakan oleh Mbak penanya diawal tulisan saya.

Apakah cukup sampai disitu?
Tidak. Setelah membuat laman (page) tgidak langsung serta merta tulisan informasi yang kita buat langsung muncul di blog kita.

Lalu bagaimana caranya biar tampil di blog kita?
Berikut tahapannya :

1. Klik Tata Letak (Layout) pada kolom Dasbor, maka akan keluar tampilan sebagai berikut :

Tampilan Dasbor Tata Letak (Layout)
"Mba, kok nggak sama ya sama tata letak blog aku?" Biasanya pertanyaan ini akan terlontar jika disaat saya mengajar saya menampilkan gbr seperti diatas. Jawabannya : tampilan tata letak (layout) masing-masing blog belum tentu sama, karena tata letak tersebut menyesuaikan dengan theme (tema tampilan blog) yang kita pilih.

Namun dari semua themes ada 1 kesamaan, yaitu diatas kolom postingan blog pasti ada 1 kolom bernama cross coloum. Dan diatas cross coloum biasanya ada kolom tambahkan gadget (add gadget).

Nah, dimana kita ingin menampilkan laman kita? Kita cukup klik kolom tambahkan gadget (add gadget) sesuai posisi kolom yang kita inginkan.

2. Klik Add Gadget pada posisi kolom add gadget yang kita inginkan. Jika kita menginginkan tampilan laman ada di posisi seperti gambar pertama saya (posisi panah merah), Maka klik add gadget pada posisi diatas kolom postingan blog. Nanti akan keluar tampilan sebagai berikut:

list add gadget
3. Klik Laman (boleh ditulisannya boleh di tanda +), maka akan keluar tampilan berikut :
isi form gadget laman

4. Ceklist laman mana saja yang ingin kita publish di blog kita.


5. Atur posisi laman sesuai kebutuhan kita. Dengan cara mengklik salah satu laman, lalu posisikan pada tempat sesuai urutan yang kita butuhkan.

6. Setelah diataur semua, klik Simpan/save.

Nah, selesai deh. Sebelum kita melihat hasilnya pada blog kita, jangan lupa untuk mengklik simpan setelan/save pada pojok kanan atas.

Berhubung sudah malam, kita lanjutkan bahasan tentang label di sesi berikutnya ya!
to be continue

Baca : Laman atau Label? (Bagian 2) 

Wassalam
www.adeufi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^