Cara membersihkan chat pada Whatsapp




Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr. wb.

Saat ini adalah saat trend menggunakan sosial media (sosmed). Ada Facebook, Instagram, Twitter, Blackberry Messenger, Whatsapp, dll. Itu belum semua sosmed saya sebutkan ya. Kurang lebih sosmed yang saya sebut itulah yang banyak digunakan.

Fungsi penggunaan sosmed beragam, ada yang sekedar ingin eksis dan narsis, namun ada juga yang digunakan untuk mencari nafkah. Dari sekian banyak sosmed, saya paling suka menggunakan Whatsapp. Buat saya Whatsapp lebih privasi dan segala fasilitas yang saya butuhkan ada. Apalagi sekarang Whatsapp sudah bisa pasang foto dan status seperti instagram.Grup-grup sekolah dan hobi pun banyak aktif di Whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi kedua yang full fasilitas tapi nggak banyak makan memori hp. Kalau Facebook, duuuuh... nggak dipake aja kemakan 200MB.

Tapi ternyata, teman-teman masih banyak yang keluar dari grup dengan alasan Whatsapp sering hang. Grup-grup harus dihapus-hapusin dulu baru lancar lagi. Hmm...

Sebenarnya ada cara agar memori pada Whatsapp tidak penuh atau bikin aplikasi Whatsapp-mu nge-hang. Tanpa harus keluar dari grup-grup Whatsapp.
Dulu Whatsapp masih bisa dibersihkan dengan cara me-Restore Network Usage. Data memori berkurang tanpa harus menghilangkan chatting-an kita. Namun sekarang menu itu sudah tidak ada lagi di aplikasi Whatsapp. Selain tidak ada, data memori di HP tetap saja tinggi.


Lalu bagaimana caranya?
Caranya yaaa kita harus rajin meng-clear chat chatting-an kita di Whatsapp. Jika tidak maka chatting-an kita akan menumpuk dan itu yang membuat aplikasi Whatsapp nge-hang. Bahkan membuat memori hp membengkak.
Saya pernah 6 bulan tidak pernah clear chat Whatsapp. Wuuuiiih pas  mau clear chat, lamanyaaaaa minta ampun. Pas saya lihat di data usage hp, Whatsapp saya memakan memori hp hingga 355 MB. O em jiii.

Nah, disini saya hendak memberikan tutorial bagi yang belum tahu cara membersihkan chatting-an di Whatsapp. Berikut langkah-langkah :
1. Klik titik tiga susun kebawah pada pojok kanan atas.


2. Klik Setting, nanti akan keluar tampilan sebagai berikut :


3. Klik Chat, nanti tampilannya akan seperti gambar berikut :



4. Klik Chat History, dengan tampilan sebagai berikut :



5. Klik Clear all chat. Bersih deh... ^_^


Loh kalau di Clear Chat, chatting-an yang penting-penting bakal ikut ilang juga dong?
Iya. Makanya sebelum kita meng-clear chat pesan pada Whatsapp kita, ada baiknya setiap dapat postingan bagus, kita beri bintang pesan tersebut. Caranya dengan menekan lama pesan yang mau kita bintangi hingga keluar warna biru (ngeblock). Lalu kita klik gambar bintang di pojok kanan atas. Kalau sudah terbintangi pesan kita, saat meng-clear chat tidak akan terhapus pesan yg sudah dibintangi.

Kalau saat di clear chat lama selesainya gimana dong?
Itu tandanya memang sudah berat aplikasi Whatsapp kita. Mau tidak mau kita harus membersihkan data di setting hp. Caranya kita buka setting hp - app (aplikasi) - cari whatsapp - lalu klik clear data.
Resiko kita meng-clear data dari settingan hp. Data yang di Whatsapp bisa hilang semua. Kita seperti baru punya hp lagi sambil buka aplikasi WA.


Nah, lakukan hal tersebut secara berkala ya. Sebaiknya seminggu sekali. selamat mencoba ^_^

Wassalam







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^