Kamis, 06 Oktober 2016

[Resep] Sosis Sehat

Sosis adalah makanan kesukaan anak-anak. Tapi... beli sosis diluar belum tahu kesehatan dan kebersihannya. Nah, saya punya resep yang saya praktekkan dari vemale.com. Yuk dicoba !


Bahan:


  • 300 gram daging ayam, haluskan
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 butir bawang merah, cincang
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1/4 sdt lada hitam
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt gula
  • kaldu secukupnya
  • Casing sosis polyamide atau selulosa

Cara Membuat:

  1. Masukkan daging ayam dan es batu dalam food processor atau blender lalu hancurkan sampai halus.
  2. Tambahkan bahan lain dan campur sampai rata.
  3. Keluarkan adonan dan banting-banting 2-3 kali.
  4. Masukkan adonan dalam piping bag.
  5. Semprotkan adonan dalam casing sosis.
  6. Ikat ujungnya.
  7. Pastikan adonan padat dan kencang.
  8. Didihkan air dan rebus sosis dengan api kecil kurang lebih 1 jam.
  9. Angkat dan masukkan dalam baskom berisi air es.
  10. Rendam sebentar dan angkat.
  11. Sosis siap diolah jadi makanan favorit.
Selamat mencoba ^_^

2 komentar:

  1. aku tuh sukaaa banget ama sosis :).. apalagi sosis yg gendut2, gede dan kalo digigit suka bunyi kletek gitu saking crispy kulit luarnya :D.. waktu itu pernah nonton di masterchef junior yg negara manaaa gitu, anak2nya pd disuruh bikin sosis... gileeee, aku yg ngeliat lgs pengen :D.. mana sosisnya gendut dan gede, khas sosis luar negri gitu.. kayaknya memang gampang ya bikinnya :D.. ga tau deh kalo aku yg buat ;p..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja, mba... emang gampang kok

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^