Ngeblog, yuk!

Oktober 13, 2016



Assalamu'alaikum wr. wb.
Bismillahirrahmanirrahim
Mengutak atik blog itu sangat menyenangkan. Seperti yang tertera dalam profil saya, bahwa saya menjadi seorang blogger dari tahun 2009. “Tapi kok blognya standar banget, Mba?” Tanya seorang teman setelah melihat blog saya dan membaca profilnya. Seolah tak percaya.
Iya sih, melihat blog saya sangat standar. Seolah saya bukan type yang senang mengutak atik blog. Jadi begini ceritanya….
Pada jaman dahuluuuu (ngikutin gaya bahasa kakek diserial anak Malaysia ^_^)….

Di tahun 2009, blogger.com masih berdiri sendiri. Jadi email yang digunakan sebagai user masih boleh menggunakan email dari provider mana saja. Bisa dari yahoo, id net, atau email-email kantor sekalipun. Saat itu belum banyak yang punya blog. Saya buat blog juga awalnya karena saya harus mengajarkan materi membuat blog ke murid-murid. Tapi match banget sama hobi saya menulis. Hingga saya coba utak-atik blog pertama saya www.cerita-cantiq.blogspot.com. Saya buat sama persis susunan widgetnya seperti blog saya saat ini. Hanya saja saya menggunakan free template yang saya download dari luar. Sehingga tampilannya lebih menarik. Tidak standart seperti template blogger.com yang disediakan.

Waktu itu blogger.com adalah wadah ngeblog yang banyak disukai. Mungkin karena kemudahan fasilitas-fasilitas yang diberikan dalam mengoperasikan blog bagi blogger pemula. Kerana banyaknya peminat, akhirnya blogspot dibeli oleh google pada tahun 2011. Saat perpindahan dari blogger.com ke blogspot google, google mulai swiping template-template yang tidak valid oleh google, begitu juga widget-widgetnya. Wal hasil blog saya pun ikut tersapu bersih, sehingga tampilannya jadi aneh. Ga jelas. Ditambah lagi, entah apa sebabnya, saya nggak bisa masuk ke email saya yang ndut77@yahoo.com. Tambahan yang lainnya, di tahun yang sama saya baru aktif di komunitas WSC. Mengembangkan WSC, hingga bersama-sama Deka Amalia dan Netty Nanet menidirikan WTC.

Wal hasil, blog saya yang sudah cantik, jadi terbelengkalai.

Dulu blog belum semanfaat seperti sekarang dan belum banyak menghasilkan uang. Blog hanya sebagai wadah penyaluran hobi dari seorang penulis. Terutama yang biasa hobi menulis diary.

Namun buat saya karena blog lah saya bisa menebalkan jilidan sertifikat yang disertakan sebagai syarat sertifikasi guru tahun 2009. Karena blog juga nilai sertifikasi saya mencapai diatas nilai kelulusan murni tanpa PLPG.

Dan tahun 2010, blog menjadi wadah wajib bagi guru. Semua guru harus punya blog. Materi-materi pembelajaran harus diposting di blog. Dan karena saya sudah menjadi blogger dari setahun yang lalu, saya di daulat untuk mengajarkan teman-teman saya membuat blog. Bahkan 3x diminta jadi juri blog guru terbaik. Malah saya diminta utk buat website pribadi dengan beli domain, jangan lagi blog gratisan.

Cumaaa….
Di Tahun itu beli domain masih diangka minimal 500K. Dan belinya sudah sama hostingnya. Dan domainnya tidak bisa dimigrasi ke blog gratisan seperti saat ini. Sekarang kita bisa beli domain hanya sepertiga harganya.

Sayangnya di tahun 2012 saya justru mengabaikan blog saya. Dimana orang-orang baru menggeliat untuk membuat blog. Bahkan kini blog makin banyak manfaatnya. Banyak produsen-produsen melirik blogger aktif untuk mempromosikan produk mereka.

Hmm… cukup 2 tahun saya biarkan blog saya ompong dan aneh dilihatnya. Mulailah saya memperbaiki blog saya. Saya mulai membuat blog baru. Saya rapihkan pelan-pelan blog saya. Tapi sangat lambat karena kondisi perut membuncit 2 tahun.

Saya malah disusul oleh Te’ Deka, yang awalnya justru minta diajarkan oleh saya. Beliau melaju cepat mengembangkannya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan diluar. Begitu juga teman-teman guru yang saya ajarkan membuat blog. Merekalah pemicu saya untuk membuat blog saya lebih rapih lagi.

Hmm.. saat ini baru segini yang saya rapihkan. Semoga bisa mengejar. Tapi baru rapihkan sedikit, ternyata rejeki sudah ditiupkan oleh Allah. Ada beberapa yang meminta private diajarkan blog.

Alhamdulillah. Jadi makin tambah deh semangatnya.

Yuk, teman-teman blogger. Jadikan blog kita bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Karena menebarkan manfaat adalah ilmu yang tak pernah putus pahalanya, seperti sabda Rasulullah SAW.



إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)



Semoga Allah bersama-sama orang-orang yang mencari ilmu. Aamiin.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Perjalanan ngeblog yang mengesankan de UFi.. Terlebih ketika bisa membuat orang lain tergerak mengembangkan blognya. Salam kenal dari seorang blogger pemula sejak 2012. Iya.., serius. Hingga 5 tahun berlalu semenjak kenal duni blogging masih saja merasa semakin banyak hal yg tidak saya ketahui. Oh ya, kalau berkenan silakan mampir ke http://www.anwariz.com

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat