Manfaat Susu Jahe untuk Pria

Saturday, February 24, 2024

Beberapa minggu ini saya sekeluarga bergiliran terserang batuk. Biasanya saya memberikan minuman jahe buat pereda gatal tenggorokan, seperti teh jahe madu dan susu jahe. Kadang kalau lagi malas buat, saya suka beli susu jahe sachet, biar praktis. Bicara soal susu jahe, ternyata bukan sekedar minuman pereda gatal tenggorokan saja loh, tetapi juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan pria. Eh? Apa yaaa? Nah, dalam tulisan ini, saya akan membahas tentang berbagai manfaat susu jahe, terutama manfaat susu jahe untuk pria.

manfaat susu jahe untuk pria

Bismillahirrahmanirrahiim, Manfaat Susu Jahe untuk Pria

Jaman saya masih remaja, dulu booming sekali dengan istilah STMJ. Yes, remaja 90-an pasti kenal nih.  STMJ itu singkatan dari Susu, Telur, Madu Jahe. Dulu saya tuh taunya karena sering melihat almarhumah Mama membuatkan minuman ini untuk Papa. Saya sering melihat mama meraciknya di dapur. Mama selalu bilang, “Ini susu buat Papa.” Ketika saya bertanya, “Buat apaan, Ma?”

Hmm… waktu dulu mah saya masih lugu ya. Cuma bisa ber ooo ria mendengar jawaban Mama, tapi ketika punya suami saya baru sadar, ternyata manfaat susu jahe untuk pria ini memang bagus apalagi ditambah madu dan telur. Bisa bikin Rraaawwrr… (jadi inget Tom Lembong.. hahahaha.. padahal yang bikin trend dulu Alif Cepmek).


Manfaat Susu Jahe untuk Pria

Ada apa sih? Ada apa sih? Kok kayaknya Ummi genit banget soal manfaat susu jahe untuk pria? Hahahaha.. Sini.. sini biar imajinasinya nggak nyasar kemana-mana, saya kasih tahu saja ya manfaat susu jahe untuk pria.

Sebenarnya manfaat susu jahe ini memang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Seperti dari beberapa artikel kesehatan yang saya baca, Jahe bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi, seperti batuk dan menghangatkan tubuh. Saya suka menggunakan Jahe ketika saya dan anak-anak terkena radang tenggorokan atau batuk.

Selain itu manfaat jahe juga baik untuk meredakan gangguan sistem pencernaan, membantu menjaga berat badan ideal, meredakan nyeri haid, juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Karena pada jahe segar terdapat kandungan gingerol, paradool dan shagol, dimana kandungan tersebut berfungsi sebagai anti radang, sehingga bisa meredakan semua gangguan kesehatan yang saya sebut diatas.

Ketika manfaat jahe sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, akan lebih sempurna jika ditambah dengan telur, susu plus madu. Bahkan susu jahe memiliki sejumlah manfaat yang khususnya bermanfaat bagi kesehatan pria. Berikut manfaat susu jahe untuk pria:

Membantu Pemulihan Setelah Olahraga

Kandungan anti inflamasi dalam jahe dapat membantu mengurangi peradangan otot setelah latihan fisik, membantu pemulihan dan regenerasi otot. Ditambah kandungan protein dari susu membuat energi yang keluar saat berolahraga, kembali diisi ulang.

Memperkuat Kesehatan Jantung

Kandungan pada jahe ada efek kardiotonik, antihipertensi, antihiperlipidemia, dan antiplatelet yang dapat melindungi jantung dari kerusakan dan mencegah penyakit kardiovaskular (gangguan jantung dan pembuluh darah). Pada jahe juga terdapat kandungan vitamin dan mineral berlimpah seperti vitamin B6, magnesium, dan potasium untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan kardiovaskular.

Kandungan kalium, magnesium dan fosfor juga terdapat dalam produk susu yang juga dapat membantu dalam mengatur tekanan darah seseorang. Selain itu kandungan kalsium pada susu dapat membantu menurunkan resistensi pembuluh darah dan tekanan darah serta membatasi penyerapan lemak dengan mengikat asam lemak untuk membentuk sabun yang tidak larut.

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Prostat

Jika wanita lebih banyak diserang dengan kanker rahim, maka penyakit yang paling menakutkan bagi pria adalah kanker prostat. Berdasarkan penelitian yang dilansir dari care2.com, menjelaskan bahwa didalam jahe terdapat sebuah senyawa bernama fitonutrien. Fitonutrien ini 240% lebih efektif dalam membunuh sel kanker dibandingkan dengan campuran bahan kimia yang selama ini digunakan untuk melawan kanker prostat. Jahe juga dapat membantu meringankan mual yang disebabkan oleh pengobatan kanker.

Meningkatkan Kesehatan Seksual

Jahe telah lama dikenal sebagai afrodisiak alami yang dapat meningkatkan libido dan performa seksual pada pria. Berdasarkan artikel pada laman dr Health Benefits, jahe mempunyai khasiat untuk mengatasi ejakulasi dini.

Senyawa arginine yang ditemukan dalam jahe dikenal sebagai salah satu solusi alami untuk ejakulasi dini. Arginine bekerja dengan meningkatkan kinerja seksual pada pria.
 
manfaat susu jahe untuk pria

Dengan mengonsumsi susu jahe secara teratur, pria dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan untuk mendukung gaya hidup yang aktif dan sehat. Namun untuk penyakit-penyakit tertentu, perlu adanya konsultasi dari dokter sebelum rutin mengkonsumsi susu jahe.


Cara Membuat Susu Jahe atau STMJ

Kalau melihat cara Mama meracik Susu Jahe (STMJ) buat Papa itu mudah sekali. Cukup siapkan STMJ-nya, yaa.. Yes, berikut 4 bahan tersebut :
  • Susu 200ml
  • Telur ayam kampung 1 butir
  • Jahe 3 ruas (kurleb 5cm)
  • Madu 1-2 sdm (sesuai selera)

Cara Membuat Susu Jahe (STMJ) 

  • Bakar jahe terlebih dahulu hingga agak kecoklatan dan keluar aromanya, lalu digeprek.
  • Masukkan jahe kedalam susu, lalu panaskan hingga terlihat buih-buih kecil. Jangan sampai mendidih ya.
  • Sambil menunggu susu agak hangat, pisahkan putih telur dan kuningnya. Kita cukup ambil kuning telurnya.
  • Campur dengan madu, lalu diaduk. Jika madunya, madu asli, maka telur akan menggumpal dan agak sedikit matang.
  • Tuang susu yang sudah dihangatkan kedalam campuran telur madu. Aduk hingga tercampur semua.
  • Susu Jahe siap disajikan.
Buat teman-teman yang anti ribet, sekarang sudah banyak kok susu jahe sachet yang banyak dijual. Salah satunya Susu Jahe Sachet Sidomuncul.

manfaat susu jahe untuk pria

  

Susu Jahe Sachet Sidomuncul

Susu Jahe Sidomuncul merupakan minuman yang memadukan susu gurih berkualitas, gula aren, dan jahe emprit bakar geprek yang memberikan kehangatan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kemasannya berupa sachet berukuran 27 gr, sehingga susu jahe sachet Sidomuncul ini mudah dibawa kemana-mana dan bisa langsung diseduh dengan air panas. Kalau mau jadi STMJ, tinggal tambahkan kuning telur ayam kampung deh.

Ada 2 varian yang ditawarkan susu jahe sachet Sidomuncul ini, yaitu susu jahe sachet rasa original dan susu jahe sachet rasa coklat swiss. Dan bisa disajikan dengan 2 cara, minuman panas atau minuman dingin. Jika ingin susu jahe panas, maka 1 susu jahe sachet Sidomuncul tambahkan dengan air panas 175ml. Sedangkan untuk minuman dinginnya seduh 1 susu jahe sachet Sidomuncul dengan air panas 25ml, lalu tambahkan dengan air dingin 100 ml dan aduk hingga rata. Terakhir biar sensasi dinginnya makin joss, tambahkan batu es. Naah, susu jahe siap diminum.

Jaminan Produk Susu Jahe Sachet Sidomuncul

Untuk keamanan produknya agar bisa dikonsumsi banyak orang dan memiliki manfaat susu jahe untuk pria, maka Sidomuncul menjamin produknya memenuhi spesifikasi untuk uji aflatoksin, cemaran logam, dan cemaran mikroba dari Laboratorium PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang bersertifikasi KAN dan ISO 17025.

Selain itu untuk susu jahe sachet Sidomuncul ini kedua variannya sudah memiliki sertifikat halal dan BPOM. Jadi buat muslim nggak usah khawatir untuk mengkonsumsi susu jahe sachet Sidomuncul ini, terutama untuk kaum Adam. Biar manfaat susu jahe untuk pria bisa terasa. Rraaawrrr….

Selamat mencoba ! ^_^


Wassalam


28 comments

  1. Susu jahe ini ada banyak stok di rumahku deh mbak. Soalnya suamiku kalau batuk dan pas habis kehujanan pengennya minum susu jahe ini.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata jahe juga punya manfaat mencegah penyakit alzheimer dan kanker prostat ya kak. Ih saya juga suka lho minum susu jahe dari Sidomuncul soalnya dari dulu sering distokin almarhumah mama. Rasa susu jahenya mantap

    ReplyDelete
  3. Bisa dibilang manfaatnya buat semua gender ya. Apalagi nih asiknya bisa ditemukan di jahe ini dan bisa dibuat aneka minuman

    ReplyDelete
  4. saya perempuan, tapi saya suka minum susu jahe Sidomuncul, mheheh
    Soalnya enak dan praktis
    Tinggal beli (di warung juga ada) dan bisa langsung seduh

    ReplyDelete
  5. Wuih lengkap banget, diberi tahu manfaat susu jahe plus cara membuatnya. Tetapi kalau emang ga mau ribet ya beli aja produk sachetan dari Sidomuncul ya.

    ReplyDelete
  6. Aiih~
    Biar rraawwr! gitu yaa, ka Ade.
    Tapi memang STMJ ini nikmat banget. Apalagi yang tinggal di daerah dingin seperti Bandung atau pas musim hujan seperti saat ini. Gak mau ribet, uda ada versi praktisnya dari Sidomuncul. Harus banget ada di rumah ini maah..

    ReplyDelete
  7. mengetahui resep diatas, aku ajdi ingat masa kecilku. Dulu, emak suka jual susu jahe sachet. Dan makin kesini, tetap eksis ya produk sido muncul. praktis dan tetap kaya manfaat

    ReplyDelete
  8. Minuman susu jahe apalagi dikonsumsi saat udara dingin tuh klop banget. Minuman ini jg membentuk daya tahan tubuh, apalagi sekarang jg ada yg bisa dikonsumsi secara praktis

    ReplyDelete
  9. Susu jahe sidomuncul andalan sih haha... apalagi buat orang bandung yang sering kena angin malam yang dingin di dago duh enak banget nyeruput susu jahe...

    ReplyDelete
  10. eh aku pernah minum susu jahe sidomuncul, jahenya wangi meskipun sachetan terasa hangat jahenya, tapi lebih soft sih nggak terlalu strong pedasnya

    ReplyDelete
  11. Iyaa nih STMJ juga jadi favorit suami banget selain ngopi. Tapi emang bisa menghangatkan tubuh, enak kalo malem2 gituu. Kalau anak-anak cocok buat batuk atau lagi radang tenggorokan yya. Lhoo ternyata bisa mengurangi risiko kanker prostat juga. Wah harus rutin konsumsi susu jahe Sidomuncul kalo banyak manfaatnya kek gini.

    ReplyDelete
  12. Aku kira stmj cuma buat menjaga daya tahan tubuh saja, ternyata banyak juga ya khasiatnya
    Pantes saja banyak yang suka minum stmj ini

    ReplyDelete
  13. Aku kalau badan kurang enak, suka minum jahe. Pas lagi naik gunung, Susu Jahe ini selalu dibawa karena biar nambah hangat di badan. Rasanya juga enak kan

    ReplyDelete
  14. Susu jahe sih saya dan suami oke, tapi kalau ditambah telur, duh merinding, hehehe.... Padahal bagus banget ya manfaatnya...

    ReplyDelete
  15. Iya, zaman dulu ada istilah STMJ ya hihihi. Susu jahe Sidomuncul aku suka beli sachetan panjang isi 10 atau berapa gitu. AKu dan anak-anak suka minum juga. Cocok saat hujan dan kedinginan. Untuk pria dan wanita kurasa oke banget nih. Menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi susu jahe praktis banget, bisa dibawa traveling juga ga ribet.

    ReplyDelete
  16. Samaan Mbaak, dulu juga saya taunya STMJ.
    Kalau sekarang anak lanang saya sukanya susu jahe Sidomuncul. Dia minumnya kalau lagi gak enak badan atau habis kehujanan.
    Dan susu jahe Sidomuncul ini juga suka kami bawa kalau lagi berkemah di gunung. Rasanya pas dan enak di badan

    ReplyDelete
  17. Susu jahe ternyata manfaatnya banyak sekali ya mom untuk pria, apalagi ditambah telor ayam kampung. Tapi sekarang sudah ada yang praktis ya dari Sidomuncul. Sepertinya itu lebih praktis ya mom?
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  18. Ternyata nggak cuma buat bikin hangat badan tapi susu jahe banyak manfaat lainnya terutama untuk kesehatan laki-laki. Rrrraawwwrrr!!

    ReplyDelete
  19. Kalau kurang enak badan langsung deh suamiku dikasih susu jahe ini.. memang tokcer deh buat masuk angin juga stamina ya mba hihi

    ReplyDelete
  20. Lagi musim batuk ya mbak ade, aku juga nih sempet nagalamin malah suaraku habis, Alhamdulilah udah sembuh skr. Iya bener aku juga masuk inget zaman STMK dulu, ternyata ada manfaat lain buat pria ya hehehe. Praktis ya kalau ada sachetan ga usah bikin sendiri

    ReplyDelete
  21. Eh aku juga minum ini lho
    Apalagi saat musim hujan seperti ini
    Selalu ada stok susu jahe Sidomuncul di rumah

    ReplyDelete
  22. Duh kebayang ini pedesnya si jahe
    Suami minum soalnya
    Dan aku selalu gak kuat minum susu ditambah jahe
    Kalau ditambah cokelat sih iya, hehe

    ReplyDelete
  23. Banyak sekali manfaat dari Susu Jahe untuk kesehatan pria. Aku juga suka susu jahe, hangatnya itu loh enak ditubuh. Sekarang sudah ada yang praktis ya dari Sidomuncul Susu Jahe. Mau coba deh
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  24. Kayaknya gak cuma pria aja yang merasakan manfaat susu jahe, aku pun juga karena aku cukup sering minum. Cuma aku beda selera ma suamiku. Kalau dia lebih suka banyak jahenya sehingga pedes, aku lebih suka yang banyak susu jadi pedesnya soft.
    Ternyata manfaatnya banyak buat menjaga stamina tubuh ya. BTW makasih resepnya.

    ReplyDelete
  25. Kalau dibilang, batuk ini memang musiman, ya gak juga yaa..
    Kakak kemarin vidcall, ka Ade.. dan iya, pake masker gituu.. katanya lagi flu dan batuk.
    Apa aku kirimin Susu Jahe Sidomuncul coklat swiss yaa??

    Jelang Ramadan ini agar semua bisa menjalani puasa dengan kondisi yang sehat dan bugar, penuh semangat.

    ReplyDelete
  26. duh saya kok baru tau ya kalo Sidomuncul ada produk susu jahe nya. Kudet nih saya hehe. Selain cocok buat dimunum di musim penghujan kayak sekarang ternyata susu jahe juga punya banyak manfaat terutama untuk kaum pria ya

    ReplyDelete
  27. Baru tahu Sidomuncul ngeluarin Susu jahe.
    Dulu papaku juga suka beli STMJ deket rumah karena buat daya tahan tubuh, kalau saya suka susu telur madu.
    Gizinya STMJ ini emang banyak, susu sapi murni ditambah jahe dituangin madu terus dicelupin telur bebek atau ayam kampung kan biasanya
    Uniknya ngga bau amis, karena ketutup sama rasa jahenya
    Bagus buat jaga imun tubuh

    ReplyDelete
  28. Susu jahe Sidomuncul ini tak hanya penting untuk cowok tapi juga untuk cewek bagus ya khasiatnya bahannya sehat semua

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^