Strategi dalam Memahami Kekuatan Game Solitaire

Friday, May 26, 2023

Diusia berapa teman-teman tau game solitaire ada beragam jenisnya? Dan saya baru tau saat ini. Kudet banget kan yaa? Kemarin saya nggak sengaja buka webnya solitaire.org dan jeng.. jeng… ternyata ada banyak banget game solitaire disana. Saya pun coba beberapa game Solitaire ini, hingga akhirnya saya menemukan strategi dalam memahami kekuatan game solitaire. Apa saja strateginya? Yuk kita baca lanjutannya!

Solitaire org

Bismillahirrahmanirrahiim, Strategi dalam Memahami Kekuatan Game Solitaire

Semajak jadi blogger, saya rajin berkunjung ke beberapa blog teman-teman. Seru aja bacanya. Biasanya yang saya baca tuh yang traveling, food, dan parenting. Emang kebetulan juga circle saya kebanyakan blogger dengan niche tersebut. Nah, lagi asyik Blog Walking (kegiatan membaca blog teman), saya lihat kok banyak yang bahas Solitaire. Penasaran dong. Akhirnya saya coba klik linknya. Hasilnya.. beragam game solitare terpampang nyata.

Solitaire ini memang games digital yang sudah saya kenal jaman saya kuliah, kurang lebih tahun 1994-an deh. Game ini memang sudah menjadi game bawaan Microsoft Windows. Jadi jaman dulu kalau buka komputer gamenya cuma ada Solitaire ini. Kalau mau games lain yaa kudu download atau paka compact disk.

Nah, biar nggak pada bingung, kita bahas yuk tentang game Solitaire ini.

Macam-macam Variasi Game Solitaire

Saya tuh kenal Solitaire itu cuma 2 jenis, Solitaire classic dan Spider Solitaire. Ternyata pas saya buka websitenya Solitaire, ada banyak variasi Solitaire yang berbeda-beda, yaitu :

1. Klondike
Ini adalah variasi Solitaire yang paling umum dan populer. Tujuan utamanya adalah mengurutkan kartu dalam susunan dari Ace hingga King berdasarkan jenisnya (Sekop, Hati, Wajik, Keriting). Klondike biasanya dimainkan dengan satu deck kartu.

2. Spider
Dalam Spider Solitaire, tujuannya adalah mengurutkan kartu dalam susunan dari King hingga Ace dalam setiap tumpukan. Perbedaan utamanya adalah bahwa Spider menggunakan dua deck kartu dan memerlukan lebih banyak strategi untuk mengatasi tumpukan kartu yang terbuka dan tersembunyi.

3. FreeCell
Pada FreeCell Solitaire, semua kartu ditempatkan di atas meja dan pemain memiliki kebebasan untuk memindahkan kartu-kartu tersebut ke empat sel kosong (FreeCell) di sudut meja. Tujuan utamanya adalah mengurutkan kartu berdasarkan jenis dan urutan dari Ace hingga King.

4. Pyramid
Pyramid Solitaire melibatkan pembongkaran piramida kartu dengan cara mencocokkan kartu-kartu yang total nilainya 13. Tujuan utamanya adalah menghapus semua kartu di piramida dan mencapai puncak.

5. TriPeaks
Pada TriPeaks Solitaire, tumpukan kartu dibentuk dalam pola tiga tumpukan melingkar dengan kartu terbuka di bagian atasnya. Pemain harus menghapus kartu-kartu dengan mencocokkan angka mereka secara berurutan dengan kartu yang terbuka di tumpukan terbuka di tengah.

6. Yukon
Dalam Yukon Solitaire, semua kartu ditempatkan di atas meja dan tidak ada tumpukan tersembunyi. Tujuan utamanya adalah mengurutkan kartu berdasarkan jenis dan urutan dari Ace hingga King.

Itu hanya beberapa contoh variasi Solitaire yang populer, tetapi masih ada banyak variasi lainnya seperti Golf, Canfield, Baker's Dozen, dan sebagainya. Setiap variasi memiliki aturan yang unik dan memerlukan strategi yang berbeda pula.

Solitaire org

Strategi dalam Memahami Kekuatan Game Solitaire

Main Solitaire itu gampang-gampang susah. Permainannya sederhana, tinggal mindah-mindahin kartu aja, ternyata kita butuh strategi dan kesabaran ketika memainkan Solitaire. Kedua hal tersebut berperan penting dalam memahami kekuatan game Solitaire. Nah, saya coba bagi beberapa strategi dan pentingnya kesabaran dalam memahami permainan ini:

1. Analisis awal
Ketika Kita mulai bermain Solitaire, langkah pertama yang penting adalah menganalisis kondisi awal permainan. Perhatikan kartu-kartu yang terbuka dan identifikasi kemungkinan langkah-langkah yang dapat Kita ambil. Dengan menganalisis kondisi awal, Kita dapat membuat rencana strategis yang lebih baik.

2. Prioritaskan mengungkap kartu
Tujuan utama dalam Solitaire adalah mengungkap semua kartu yang tertutup. Oleh karena itu, prioritas utama Kita haruslah untuk mengungkap kartu-kartu yang tersembunyi. Dalam hal ini, kesabaran diperlukan karena tidak semua kartu akan terungkap dengan cepat. Kita perlu membuat langkah-langkah cerdas untuk mengungkap kartu-kartu tersebut seiring permainan berlangsung.

3. Mempertimbangkan kemungkinan langkah
Ketika Kita menghadapi beberapa pilihan langkah, penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari setiap langkah yang Kita ambil. Berpikirlah secara strategis dan coba prediksi bagaimana langkah tersebut akan mempengaruhi tata letak kartu yang tersisa. Ini akan membantu Kita membuat keputusan yang lebih baik dan mengoptimalkan peluang kesuksesan.

4. Pahami aturan dan strategi khusus
Solitaire memiliki beberapa variasi aturan, seperti Klondike, Spider, atau Freecell. Setiap varian memiliki strategi khusus yang dapat digunakan untuk meningkatkan peluang kemenangan Kita. Pelajari aturan dan strategi yang berlaku untuk varian Solitaire yang Kita mainkan, dan terapkan pengetahuan ini dalam permainan Kita.

5. Kesabaran dalam menghadapi kegagalan
Solitaire sering melibatkan kegagalan dan tantangan yang sulit. Mungkin ada momen di mana Kita terjebak dengan kartu-kartu yang tidak dapat diatasi. Dalam situasi seperti ini, kesabaran adalah kuncinya. Teruslah berusaha, pelajari dari kegagalan, dan tetap tenang. Dengan kesabaran, Kita akan dapat mengembangkan kemampuan dan strategi yang lebih baik seiring waktu.


Nah, sekarang sudah sedikit ada pencerahan kan tentang permainan Solitaire ini? Dan sekarang sudah ngerti strategi dalam memahami kekuatan game Solitaire? Pastinya dengan menerapkan strategi yang cerdas dan memiliki kesabaran dalam menghadapi tantangan, Kita dapat meningkatkan keterampilan kita dan menikmati permainan Solitaire ini secara lebih baik. Mau coba macam-macam Solitaire bisa langsung ke web resminya yaa di solitaire.org. Selamat mencoba!

Wassalam

35 comments

  1. Aku juga mau ikutan maen nih games. Udah buka pau cobain deh satu-satu obat bosan juga kalau lagi antrian misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba obat bosan kalau pas lg nunggu lama. Saya juga selalu gitu.

      Delete
  2. Aku tuh tipe orang yang nggak begitu suka games mbak, tapi aku selalu senang ngeliat orang yang asyik main games. berasa ikut main juga gitu. ternyata ada juga ya games komputer yang masih eksis sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak terlalu suka main games, tapi games jadul itu emang mengemaskan dan nemu lagi di sini seru deh

      Delete
  3. Aku krg suka main game padhal banyak ya manfaatnya. Bisa melatih kesabaran juga,.nDan cuma tau solitaire aja padahal ada yang lainnya lagi. Kudetnya aku

    ReplyDelete
  4. aku suka main game ini berasa nostalgia, tapi juga bikin mikir sih, seru loh, apalagi kalau dibatasi oleh waktu, bikin terpacu buat menang, eh malah sering kalah

    ReplyDelete
  5. Aku pas esde kenal game ini mba Adee. Zaman pc pentium gitu ya. Jadul euy tapi tetap seru game ini mba. Cuma anak2 aku belum main ini

    ReplyDelete
  6. akutuh termasuk yang sulit menguasai game, but somehow main game solitaire sangatlah menyenangkan

    ReplyDelete
  7. Dulu aku juga lumayan sering nih main solitaire. kalau gak solitaire, ya free cell, haha. Bahkan bapak juga sama. Jadi kadang rebutan komputer sama alm. Bapak buat main Free Cell xp
    Ternyata sekarang ada lagi dan bisa dimainkan online yaa. Yang punya kenangan main ini jaman dulu kayanya bakal seneng banget sih

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata banyak juga jenis game solitaire sekarang, aku pertama kali main game ini pas kuliah dan bisa dibilang game ini jadi teman saat sedang pusing ngerjain tugas kuliah yang menumpuk. Bahkan aku belajar main kartu dari game ini lho wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Langsung angan membawaku ke puluhan tahun silam, di mana solitaire menjadi game kesayangan, sampai-sampai kudu buat giliran agar semua kesampaian menikmati permainan.

    Sepertinya zaman itu main komputer pun mesti pakai DOS dulu, hahaha.
    Jadul pisan!

    Etapi sekarang main solitaire, sangat kekinian.
    Tanpa download, bebas iklan!

    Jadi, game solitaire mana nih yang jadi kesayangan mak Ade?

    ReplyDelete
  10. Ya ampun ini game ada perkembangannya atau memang saya baru tahu kalau banyak jenisnya dari dulu.

    Lama buanget nggak maen game ini. Ini mainan waktu masih ngantor dulu, kalau lagi banyak mikir, kalau udah selesaikan kerjaan, buka-buka deh game solitaire. Awalnya karena gak ada game lain aja, penasaran, coba-coba eh malah mahir.
    Dulu kayaknya 1-3 jenis aja. Emang bawaannya Ms Windows ya jadi pasti ada.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas penjelasan nya aku tuh cuma tau nama game ini belum pernah mainnya, hehee. Tapi teman kantor ku ya pada suka main game ini

    ReplyDelete
  12. Wah games ini sering aku mainin dl dan gak tau caranya sampai sekarang.. wkwk dulu main di komputer jadul itu lho mba. Dan ternyata masih bertahan games itu yaa..

    ReplyDelete
  13. Game legendaris ya Mbak solitaire ini. Dulu saat jaga rental komputer kalau mau ngegame adanya ya cuma solitaire ini. Hehe.
    Dan ternyata macemnya buanyak yaa.. trus di webnya juga banyak game jenis yang lain :)

    ReplyDelete
  14. Solitaire yang free cell ini bisa bikin aku berjam jam bertahan di depan laptop begadang sampe pagi hhihi. Ya Allah jiwa organizingku bergelora pokoknya kalau main ini. Jadi kangen main lagi kan gara gara liat postinganmu maak...

    ReplyDelete
  15. Liat games ini jadi pengen ikutan main, kayaknya gampang ya kalau cuma kartu-kartu hehe.. Udah mahir dong mba Ade, ajarin dong pas ketemu hehe.. cara mainnya.

    ReplyDelete
  16. aku baru tau ternyata game solitaire ini punya banyak banget jenisnya. dulu sering banget mainin game ini di PC lama, itu pasti ada game ini. lumayan banget untuk ngisi waktu luang dan hiburan (riafasha.com)

    ReplyDelete
  17. Di Solitaire aku paling suka main kartu reminya. Mudah dipahami dan seru memainkannya.

    ReplyDelete
  18. Ya Allah.. klondike, freecell ini beneran dari dulu sampe skarang berasa tertantang pas main. Ntar kalok kalah, biasanya suka bilang "Ini sih dari awal kartunya uda ga bagus.."

    Wkkwwk..selalu seru main solitaire.
    Apalagi, kini ada main di web aja ya.. tanpa perlu download aplikasi.

    ReplyDelete
  19. Kalau yang no. 1 sampai 3, saya dulu pernah memainkannya. Tapi kalau yang lainnya baru tahu nih. Rupanya begitu, ya. Banyak jenis di solitaire.

    ReplyDelete
  20. Suka deh aku dengan game solitaire ini. Aku main sejak zaman kuliah dulu. Kalo stres atau capek, pasti main itu. Lumayan bikin otan refresh. Dulu mainnya masih pake PC gitu. Duh sekarang udah lama gak main. Dan asyiknya sekarang jadi banyak variasinya ya. Ada yang online pula. Nyobain ah, kepengen nostalgia.

    ReplyDelete
  21. Game pertama yg saya kenal di masa bangku sekolah gegara otak2 komputer setelah ujian IT selesai. Untung gak ketahuan guru, wkwkw. Seru sih meski jadinya mikir lagi dan mumet pas kalah

    ReplyDelete
  22. Dulu suka sekali main game ini sampai-sampai anak-anakku bilang, mama kecanduan game bocil hahaha. Tapi jarang sekali menang asal main saja.

    ReplyDelete
  23. Games ini memang jadul tapi semakin banyak variannya ya mak. Mengikuti perkembangan zaman dan ditambahkan dengan fitur yang butuh strategi khusus tambah seru main games ini

    ReplyDelete
  24. Aku sebenarnya gak pintar main kartu, tapi kalau Solitaire, biasanya pilih Spider. Yang lain kapan-kapan dicoba. Wong main itu aja masih yang di level mudah. Anaknya emang kurang suka mikir ribet

    ReplyDelete
  25. game kenangan semasa kecil mba Ade, ternyata sekarang bsia dimainkan secara online dan bisa main kapan saja ya an memang butuh strategi untuk bisa menang game ini, awalnya saya juga kalah mulu lama-lama tahu ternyata butuh strategi untuk bisa memeanngkannya

    ReplyDelete
  26. Aku terkenang masa kuliah kalau main game ini karena masa itu pengen banget melepas penat dan jenuh jadi buka komputer deh

    ReplyDelete
  27. Aku mah tahunya abis nikah sama suami aja. Dia kan healingnya main game gitu. Jadi kalau udah mentok nulis, dia main game biar rileks katanya sih gitu. Jadi aku tahu game Solitaire dari suamiku

    ReplyDelete
  28. Wkwk memang harus paham strateginya ya, aku suka main nih game solitaire. Seru sih ya, game klasik yang mengasyikan banget

    ReplyDelete
  29. Solitaire emang game legend deh. Dari jamannya maen di komputer dulu, sampe sekarang bisa kita main lewat hp ya :D

    ReplyDelete
  30. saya juga suka lho main Solitaire, Spider dan Freecell sih yang paling aman dimainkan, gak mumet mikirnya hihih.
    tapi beneran kalau main Solitaire ini juga bisa jadi asah otak gitu, atur strategi juga.

    ReplyDelete
  31. Game solitaire sejak kecil aku sudah suka memainkannya. Jadi ada yang menjadi favorit. Anehnya, dari semua mainan karyu remi itu, aku tidak tahu namanya. Hehe...

    ReplyDelete
  32. setiap kali dengar game solitaire ini selalu ingat saat awalawal masuk kuliah. ini adalah game yang kusuka banget mainin di komputer teman. dan saat udah punya hape, saya juga suka main game ini di hape

    ReplyDelete
  33. Wah Solitaire mah game jadoel yaa. Mainan kalau pas gabut nih. Biasanya aku main game bareng ma anak anak.jadinya seru

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^