Pentingnya Jualan Online Bagi Pelaku UMKM

Di era digital saat ini bagi pelaku UMKM hanya mengandalkan jualan offline pastinya akan tertinggal jauh bagi mereka yang sudah berjualan online. Apalagi saat ini banyak ekspedisi yang mempermudah para pelaku UMKM, seperti JNE. Kali ini JNE kembali membuka kolaborasi Ngajak Online untuk para pelaku UMKM di Sorong. Seperti apa ulasannya, yuk baca lanjutannya!

JNE Sorong
Bismillahirrahmanirrahiim, Pentingnya Jualan Online Bagi Pelaku UMKM

Siapa yang kenal dengan buah Matoa? Yes, buah khas dari Papua ini jika dilihat dari bentuknya serupa dengan rambutan, lengkeng atau leci. Kalau saya bilang sih perpaduan antara lengkeng dan rambutan. Karena isinya mirip-mirip lengkeng, tapi memiliki kulit ari macam rambutan.

Saya sangat menyukai buah ini. Dulu waktu saya tinggal di Jayapura, Papua, saya sering sekali makan buah ini. Mama tuh suka banget beli. Rasanya manis, macam lengkeng. Tapi begitu Papa pindah ke Bandar Lampung, mau ga mau saya harus berpisah dengan buah satu ini.

Kalau lagi kangen buah matoa, itu bagaikan merindukan mantan. Tak mungkin untuk didapatkan.. xixixi… Tapi saat ini… hmmm.. ketika kangen buah matoa sudah tak lagi susah untuk didapat. Tinggal buka marketplace, puluhan toko jualan matoa sudah terpampang nyata. Tinggal klik mau berapa kilo, checkout, pilih ekspedisi, lalu bayar. Dalam waktu 3 hari.. taraaaa… buah matoa di depan mata.
 
JNE Sorong

Yes, saat ini sudah banyak toko yang merambah ke jualan online. Saat ini semua sudah serba digital, tinggal menggunakan kekuatan hp dan jempol, barang yang kita inginkan sudah didepan mata. Walaupun rakyat Indonesia pencinta lihat barang langsung saat membeli, namun kini sudah banyak juga yang melek digital. Apalagi dipermudah dengan ekspedisi yang cepat, murah dan pelayanan baik.

Seller pun berlomba-lomba untuk membuka toko online juga, walau dirumahnya mereka buka toko offline. Hal seperti ini sudah menjamur di wilayah kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dll. Namun di daerah-daerah masih banyak yang belum mau membuka toko online. Alasannya sederana, apalagi kalau bukan gaptek alias gagap teknologi. Baik itu untuk pembeli ataupun penjualnya.

Padahal Kementerian Koperasi dan UMKM menargetkan di 2024, 30 juta UMKM di Indonesia mampu digitalisasi. Dan untuk mencapai target tersebut diperlukan adanya kemitraan strategis antar pelaku usaha lintas sektoral. Dalam hal ini perusahaan ekspedisi. Perusahan jasa layanan logistik ini berperan besar sebagai penggerak distribusi sekaligus solusi bagi UMKM Indonesia untuk melek digital. Salah satunya mengadakan pelatihan-pelatihan bagi pelaku UMKM.

JNE sebagai salah satu perusahaan jasa pelayanan logistik pun turut serta mendukung rencana dari Kementrian Koperasi tersebut dengan mengadakan JNE Ngajak Online – Goll… Aborasi Bisnis Online 2022. Dan di bulan Juli ini, JNE mengadakan acara tersebut di kota Sorong, Papua.

JNE Ngajak Online – Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Sorong


JNE Sorong, sebagai salah satu cabang dari JNE, mengadakan acara JNE Ngajak Online – Goll... Aborasi Bisnis Online 2022 ini dalam bentuk webminar. Acara tersebut diadiri 100 UMKM kota setempat. dengan narasumber Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong, Ratna Sari selaku Owner Nami Craft, dan Teguh Hidayat Iskandar Alam selaku CMO Mooipapua.

Pada kesempatan tersebut masing-masing narasumber menceritakan bagaimana perkembangan usahanya yang melesat setelah membuka melalui online. Terutama ketika masa pandemik selama 3 tahun terakhir ini.

Seperti Bpk Teguh Hidayat Iskandar, selaku CMO Mooipapua, yang menceritakan bagaimana usaha skin carenya mendapat peningkatan omzet 280% ketika mencoba online di era pandemik. Karena kita tau ya, era itu kan orang banyak berdiam diri di rumah dan lebih memanjakan dirinya dengan menggunakan skin care.

Menurut owner Mooipapua yang beridiri sejak tahun 2018 ini mengatakan bahwa mereka tidak terlalu banyak iklan dalam mempromosikan usahanya, tapi memanfaatkan dari value proposition dalam produknya. Produk Mooipapua ini memang identik dengan produk eco-friendly, karena menggunakan bahan baku yang berasal dari alam, mulai dari buah merah, pala Fakfak, dan hasil alam lainnya.

Begitu juga dengan Ibu Ratna Sari selaku Owner Nami Craft yang membangun bisnisnya di sektor kriya. Berbeda dengan Pak Teguh, Ibu Ratna justru mengoptimalisasi media sosial untuk memasarkan produk, seperti memaksimalkan produksi konten yang menarik hingga menggunakan hashtag atau tagar pada copywriting yang digunakan.
 
JNE Sorong

Ibu Ratna juga menambahkan bahwa membuat marketing di media sosial, sangat penting diferensiasi dalam memasarkan produk. Dalam hal ini diferensiasi pada produk yang dipasarkan oleh Bu Ratna ada pada cara pengemasan yang berbeda dan menyediakan banyak kategori pengemasan seperti Korean Wrapping. Tau sendiri kan yaaa kalau berbau-bau Korea pasti deh peminatnya banyak.

Hal tersebut disambut baik oleh Bpk Fredi Luhukay selaku Branch Manager JNE Sorong. Menurut Pak Fredy JNE siap membantu dan memfasilitasi UMKM dari berbagai sisi. Untuk masalah penjualan logistik dalam kota hingga luar negeri.
 
JNE Sorong


Dengan adanya Goll..aborasi JNE ini mampu menyatukan UMKM untuk bertukar pendapat mengenai bisnis online. Fredi juga menyampaikan bahwa saat ini JNE secara rutin melaksanakan berbagai program layanan terkhususnya bagi UMKM, seperti adanya :
  • Promo cashback
  • Program apresiasi (seperti JLC (JNE Loyalty Card)
  • Gratis jemput paket tanpa minimal berat, COD, dan e-fulfillment
Sebagai informasi, Sorong merupakan kota ke-28 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 –Goll...Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Bahkan menurut Pak Fredy, setelah Kota Sorong, gelaran roadshow akan kembali hadir di Kota Manado pada 18 Juli 2022. Naaah, nantikan beritanya yaaa! Karena dari liputan acara webinar JNE Ngajak Online 2022 –Goll...Aborasi Bisnis Online ini kita jadi nambah ilmu bagaimana cara mengembangkan usaha kita, terutama dalam era digitalisasi ini.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita juga yaaa..


Wassalam










25 comments

  1. Zaman sekarang kalo kepengen barang yang rada aneh langsung cek di marketplace aja yaaah, beruntung banget deh

    Keren banget deh programnya JNE selalu mendukung UMKM dan menyebar kebahagiaan

    ReplyDelete
  2. Aku pernah makan buah matoa, waktu itu pas belanja di supermarket nemu buah ini. Cuma pernah makan sekali sih, kok lupa ya gimana rasanya hahaha.
    UMKM memang harus go digital untuk memasarkan produk2nya. Sukses JNE, semoga UMKM Indonesia juga makin maju.

    ReplyDelete
  3. Bener mba Ade. Sekarang zamannya online. Jadi para UMKM kudu melek teknologi dan mau belajar online untuk memperkenalkan jualannya.

    Oh ya aku ga tau buah matoa. Mba Ade tau karena ternyata Mba Ade pernah ya tinggal di Papua. Wes mainnya mba Ade udah jauh ikh 😍.

    ReplyDelete
  4. Semoga dengan adanya suport dari JNE untuk para pelaku UMKM omzet penjualannya makin meningkat ya. Semangat
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  5. Awalnya saya hanya bisa dengar cerita dari suami yang pernah ke Papua tentang buah ini. Untungnya sekarang memang bisa dibeli secara online. Jadi gak hanya tau dari cerita aja :D

    ReplyDelete
  6. Dukungan JNE terhadap UMKM di Kota Sorong dan beberapa kota lainnya selalu terdepan. Ternyata craft dan skincare di Papua sana tak kalah hebat kualitasnya dan makin dilirik konsumen dari waktu ke waktu. Berbagai program JNE terutama member JLC banyak sekali ya dengan promo2 menarik seperti gratis ongkir dll.

    ReplyDelete
  7. Wah, Mba Ade ternyata pernah tinggal di Jayapura ya...
    Senangnya ya dengan kemajuan teknologi dan dukungan berbagai pihak UMKM di Papua bisa meluas jangkauan pemasarannya, seperti Mooipapua dan Nami Craft ini. Dukungan sektor jasa ekspedisi seperti JNE sungguh membantu sekali.

    ReplyDelete
  8. Iya kini jarak bukan lagi hambatan buat bertransaksi jual beli ya mbak, Pelaku UMKM bisa berjualan online dan menjangkau pembeli dari wilayah mana saja. Untuk pengiriman barang bisa mengandalkan jasa JNE yang sudah terkenal baik layanannya.

    Apalagi JNE juga punya program-program yang bagus untuk pengembangan UMKM

    ReplyDelete
  9. Setujuuu,di era serba digital ini, dunia bisnis pun harus memanfaatkan teknologi ya untuk mengembangkan usahanya. Terutama bagi para Pelaku UMKM, jualan online is a must. Apalagi sekarang banyak program dari JNE yang dapat membantu teman² UMKM.

    ReplyDelete
  10. Sekarang para pelaku usaha banyak.mengandalkan sosmed ya mbak karena emamg twebukti efekyif meningkatkan penjualan sih. Apalagi ada suport dr JNE pasti makin lancar deh

    ReplyDelete
  11. Di era digital seperti ini, sangat penting bagi UMKM untuk go digital ya mbak
    Sebab semuanya serba digital saat ini
    Dengan dukungan dari. Perusahaan ekspedisi seperti JNE ini, jualan online UMKM bisa makin berkembang ya

    ReplyDelete
  12. wah matoa sekarang bukan buah langka lagikah?

    bener juga ya seandainya ada produsen yang untuk buah-buahan (kok jadi ngebayangin punya toko dried fruit hahahah) kali aja diajak JNE buat goolaborasi

    ReplyDelete
  13. Mau ga mau UMKM.harus mau belajar teknologi karena dengan adanya internet mudah memasarkan produk keseluruh negeri maupun belahan dunia.yg lain.

    JNE juga sangat mbantu dalam hal pengiriman barang semoga sukses selalu umkm indonesia

    ReplyDelete
  14. Seneng Ada perusahaan kayak JNE gini yg mau ngajak UMKm berkembang ke arah digital biar lbih di kenal... Semoga ya semakin maju

    ReplyDelete
  15. Aku baca ini jadi penasaran pakai banget dengan produknya mooipapua yang eco friendly. Keren lho jauh di Sorong sana sampai dinotice oleh JNE

    ReplyDelete
  16. Sekarang ini berjualan online sudah marak dilakukan oleh pelaku bisnis. Buat para pelaku UMKM selain berjualan offline, lebih baik mencoba berjualan online juga agar produknya lebih banyak dikenal masyarakat. Seneng banget tahu kalau JNE ikut memfasilitasi para UMKN agar bisa lebih berkembang

    ReplyDelete
  17. JNE keren banget selalu menciptakan kegiatan yang tidak hanya bermanfaat untuk pelanggannya. Tapi juga ngadain event sharing online bersama UMKM yang sukses meski pandemi tetap lancar orderannya

    ReplyDelete
  18. Jualan secara online memang udah jadi kewajiban deh di masa sekarang mah ya. Sekalipun itu jualan secara offline-nya udah maju. Soalnya ya di masa sekarang mah online marketing ini selain untuk menjangkau pelanggan di mana pun juga untuk keperluan branding juga.

    ReplyDelete
  19. Wah, keren luar biasa kebermanfaatan JNE dalam meneyelenggarakan webinar JNE Ngajak Online 2022 –Goll...Aborasi Bisnis Online. Rutin sejak tahun lalu dan semoga semakin banyak UMKM yang semakin maju dengan omset miliaran rupiah.

    Bapak rahimahullah pernah dinas di Papua, kak Ade.
    Jadi kami pernah juga nih menikmati buah matoa. Bahkan sama ibu dulu bijinya ditanam di rumah lama. Tapi sayangnya karena kami pindah dan rumah lama dapat yang mengontrak, jadi si pohon matoa mati.
    Huhuu~

    ReplyDelete
  20. Saya juga salah satu pembeli online untuk buah-buahan yang langka di daerah domisili
    Daripada memendam dan kebawa mimpi yaa jualan online
    JNE jadi solusi karena bisa mengirimkan dengan aman sampai ke alamat tujuan

    ReplyDelete
  21. Bisnis digital yg didukung ekspedisi berkualitas seperti JNE berpeluang untuk maju pesat. Saya sering amazing, zaman now tuh apa aja bisa dijual. Pengin beli apa aja juga ada di lapak online. Yg penting harus ada cuan buat beli dan ketemu ekspedisi yang punya standart pelayanan prima agar produk terjamin aman.

    ReplyDelete
  22. Bener mbak Ade, sejak ada internet rasa-rasanya segala transaksi jadi lebih mudah. Dunia usaha juga makin maju. Perusahaan pengiriman punya peran penting di sini. Makannya, salu sama JNE yang gak pernah berhenti berkolaborasi sama UMKM agar dunia umkm makin maju

    ReplyDelete
  23. Mengenai jualan online udah nggak asing ya ditelinga kita apalagi pas pandemi kemarin. Apa-apa hanya mengandalkan internet saja. JNE juga hadir untuk membantu dan mengembangkan UMKM dan nggak lupa juga JNE memberikan beasiswa pendidikan juga. Top banget kaaaannn

    ReplyDelete
  24. Jaman sekarang kalau ga ke online asli ketinggalan banget Ummi, untungnya banyak acara kolaborasi macam ini ya. Dan JNE emang keren sih konsisten kasih kesempatan buat umkm kita

    ReplyDelete
  25. Masya Allah, dengan adanya jasa pengiriman gini, kita mau belanja ke Papua pun jadi gampang ya. Ongkirnya kalo ke Jakarta tentu mahal, karena jauh kan. Tapi tentunya jauh lebih murah ketimbang kita pergi langsung, haha...

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^