Ini Dia Penyebab Diet Gagal

Seringkali kita mendengar "Duh, kenapa siiih kok nggak turun-turun BBnya? Padahal saya udah dikit makannya. Udah diet... hhh..." Emang yaaa, kalau kita dah usaha diet, tapi BB nggak turun-turun atau malah udah turun balik lagi ke BB semula bahkan lebih. Rasanya gimanaaa gitu. Nah, setelah saya ikut program diet dengan nutrisionis, saya baru tau penyebab diet gagal. Mau tau apa aja? Baca terus ya!

ini dia penyebab diet gagal
Bismillahirrahmanirrahiim, Ini Dia Penyebab Diet Gagal

Sudah menjadi karakter kali yaa.. yang namanya wanita/perempuan/kaum hawa, kalau liat cermin itu bawannya body besar aja dan pasti mau diet. Padahal kalau orang lain yang lihat bodynya sexy sumexy. Proposional deh, bahkan terlihat cenderung kurus. Sedangkan yang benar gemuk selalu teriak seperti yang saya tulis diawal. Saya dulu juga begitu. BB kok nggak turun-turun padahal saya sudah nggak makan nasi, kenapa ya? Ternyata ini dia penyebab diet gagal.

Sebelum pandemik, tahun 2018 saya pernah terpilih menjadi Dancow Inspiring Mom (DIM). Saat itu tugas DIM adalah membantu para nutrisionis untuk memberikan penyuluhan tentan makanan gizi berimbang untuk anak 3 tahun kebawah. 


Waktu jadi DIM, body saya bisa dibilang over buaaaangeeeet, dan nutrisionis yang jadi partener saya memberikan penyuluhan kemana-mana, agak protes dengan bobot tubuh saya yang besar. Kak Zulfa, nama nutrisionisnya, bilang, "Ayo, bun.. turunin BBnya. Dirimu ini udah kelewat besar banget. Nanti nggak bagus buat kesehatan."

Saya langsung balas, "Aaah.. udah ah males, habis setiap ikut program diet BB ga turun-turun dan kalaupun turun pasti naik 2x lipat.. malas." Gerutu saya waktu itu. Kak Zulfa malah bertanya,"Jangan-jangan Bunda salah nih dietnyaa. Diet sama saya yaa, nanti saya bimbing, Saya jamin nggak bakalan balik lagi dan Bunda boleh makan apa saja. Tapiiii... Harus konsisten dan nurut sama semua yang saya sarankan." Hmm... iklan menggoda. Akhirnya saya memutuskan untuk ikuti saran diet Kak Zulfa.

Dan benar.. alhamdulillah BB saya turun 20kg. Dari berap 105 jadi 85. Dan setelah saya diet, pandemik datang. Otomatis saya stop konsul ke Zulfa. Tapi 2 tahun BB saya stabil. Kalaupun naik hanya 2 kilo. Biasanya pasca program diet ala saya dulu-dulu, BB turun 10kg, tapi naiknya bisa 15-20kg. Dari penjelasan Kak Zulfa ini lah saya jadi tau apa penyebab diet gagal. 

Ini dia Penyebab diet gagal
Sebelah kiri saat BB 105kg, sebelah kanan 85kg

5 Hal Penyebab Diet Gagal

Jadi ada 5 penyebab diet gagal menurut penjelasan dari Zulfa selama say aprogram diet sama dia. Ini dia penyebabnya :

Penyebab Diet Gagal 1 : Kalori Berlebih

Sering nggak sih kita merasa sudah kurangi nasi, tapi kok BB jalan ditempat, bahkan naik. Nasi memang memiliki kalori yang tinggi, namun jika kita kurangi nasi, tapi masih suka nyemil gorengan, bolu-bolu, brownies, dll, sama juga bohong.

Saya waktu ikut program diet dengan Kak Zulfa, semua makanan boleh saya makan, tapi kalorinya harus dibatasi. Sehari saya hanya boleh 1400 kalori. Jadi setiap saya mau makan saya cari dulu berapa kalori dari makanan tersebut. Dari situ saya tahu bahwa 1 buah gorengan kalorinya bisa 200 - 300 kkal. Setara dengan 1 piring nasi lauk komplit.

Bahkan ketika saya mencari kalori somay, makanan kesukaan saya, untuk 1 porsi somay bumbu kacang kalorinya sudah 500 - 700 kkal, tergantung isian somaynya. OMG.. ini jatah saya makan 2x.. hiks.

Jadi jangan salahkan jarum timbangan tidak bergeser kekiri, jika kita masih makan sekali saja dengan jumlah kalori yang untuk 2x makan.

Penyebab Diet Gagal 2 : Begadang

Menurut penjelasan Kak Zulfa, kebiasaan begadang ini bisa mengganggu metabolisme tubuh kita. Saat waktu tidur terlalu singkat, tubuh jadi sulit memproses insulin. Fungsi insulin adalah mengendalikan kadar gula dan energi. Efeknya bukan hanya gula darah tak terkontrol, tapi tubuh juga sulit mengolah lemak dalam aliran darah. Sehingga lemak menumpuk di tubuh. Nah, sudah tau dong kalau lemak numpuk artinya apa? Yes, BB kita malah jadi nambah.

Penyebab Diet Gagal 3 : Tidak Olahraga

Semua makanan berkalori tinggi sudah kita kurangi. Kita sudah membatasi jumlah kalori yang masuk, tapi pengurangan kalori tidak diikuti dengan olahraga, maka lemak dan kalori dalam tubuh tidak dibakar dengan baik. Efeknya lemak masih tersisa dalam tubuh kita. Nah, kalau dibiarkan terus, makan lemak akan menumpuk. Jadi yaa sami mawon, BBnya ada yang dikurangi tapi lemak numpuk.

Penyebab Diet Gagal 4 : Mengurangi Salah Satu Asupan Energi

Saat belajar IPA/Sains jaman sekolah dulu, kita tau yaaa ada 4 asupan energi bagi tubuh kita, yaitu : Protein, Karbo, Serat dan Lemak. Jika salah satu dihilangkan, maka efeknya ia akan mengambil dari yang lain. Contoh seperti ini : Kita menghilangkan nasi dalam menu diet kita sebagai sumber karbohidart, maka tubuh akan memberi alarm kekurangan karbo. Otomatiis 3 sumber energi yang lain sama-sama ikut menyumbang. Efeknya lack of energy. Kalau kekurangan energi, otak memberi sinyal "lapar". Dan sinyal lapar itu bisa 2x lipat dari sinyal lapar standar. Itu sebabnya BB bisa naik 2x lipat juga. 


Penyebab Diet Gagal 5 : Makan Setelah Olahraga.

Memang yang namanya habis olahrga itu kalori terkuras banyak. Efeknya tubuh butuh asupan kalori. Dan kebutuhan kalori itu dikirim ke sinyal otak kita dengan bahasa "lapar". Menurut Kak Zulfa dan trainer aerobic yang saya ikut, sebenarnya tak mengapa makan setelah olah raga, namun tidak makan berat dan ada jedah waktunya.

Waktu terbaik untuk makan minimal 30 menit setelah olahraga. Itupun hanya boleh makan makanan berserat, seperti buah atau minuman susu berprotein. Kita baru boleh makan berat 2 -3 jam setelah olahraga. Sebab jika kita langsung makan setelah berolahraga, maka pembakaran lemak yang dilakukan saat berolahraga akan sia-sia.


Bah itulah kelima penyebab diet gagal. Setelah kamu baca rincian diatas, akankan kita melakukannya? tentu tidak yaa... kan tujuan kita langsing dan sehat. Yuk, silakan diet tapi gunakan ara yang benar. Jangan sampai penyebab diet gagal menghantui kita. Selamat mencobaaa.. ^_^


Wassalam


21 comments

  1. Pada intinya, penyebab diet gagal itu karena kurangnya komitmen diri ya, Mbak hehehe.
    Butuh mencambuk diri sendiri agar berhasil diet.

    ReplyDelete
  2. Duuuuh, kalori 1 gorengan segitu banyaknya ternyata 😅😅🤣🤣 Siomay juga..gede amat yak. Aku nih udah ngurangin porsi nasi padahal ya begitulah ga bisa nolak camilan jnyu2 sih. Ooh baru ngeh ternyata kita boleh jajan kelar olahraga setidaknya minimal 30 menit ya 🤔 Abis berenang dulu kita mamam mie ayam bakso 🤣🤣

    ReplyDelete
  3. Hiks sedih, saya udah turun 5 kg karena atur pola makan dan menghitung kalori yang masuk, eh pas bulan puasa, buyar semuanya :D
    Makan jadi kebablasan, karena sering kegoda takjil, minum manis, padahal sebelumnya udah lama ninggalin yang manis-manis.

    pun juga kurang istrahat, jadi nggak berani olahraga, takut jantungnya ga kuat :D

    ReplyDelete
  4. wah ke-5 nya saya lakuin, pantesan susah banget nurunin BB

    padahal resolusis setiap tahun tuh nurunin BB :D :D

    karena kerasa banget, gara-gara obes saya jadi serba malas

    takutnya..jreng...jreng ....kena serangan jantung

    ReplyDelete
  5. Sejak jumlah begadang saya meningkat, BB saya tambah dan tambah. Beneran ini. Dalam seminggu saya begadang 3-5 kali, tidur di atas jam 1 malam. Kalau begadang itu besoknya jadi lemes dan otak menyatakan sedang lapar.

    ReplyDelete
  6. Kesalahan terbesarku tidak olahraga, sih. Berharap bisa langsing hanya dengan rebahan. Mana mungkiiinnn...

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, pantesan saya sudah turun berat badan karena begadang mulu, makan mulu... Itu seperti dak berpengaruh tapi ternyata berdampak ya. Fix harus perbaiki pola hidup secara keseluruhan nih

    ReplyDelete
  8. Wah salut ama perubahannya mba semoga konsisten ya. Kalo aku mempertahankan bb ideal ya itu mengurangi makan sih, udah 6 bulan ga olahraga karena kaki cedera alhamdulillah bb tetap normal

    ReplyDelete
  9. Wah semua 5 hal penyebab diet gagal kayaknya ada di saya, bun. Pantes aja ga turun padahal sudah coba jaga makan. Hmmm.. Akan ku perbaiki. Makasih bun sharingnya

    ReplyDelete
  10. Penyebab diet nomer 6: Terlalu patuh pada tagline "Diet mulai besok"
    Ini aku banget... hehehe...
    Kunci menjaga berat badan idealku, salah satunya: makan mix rice (beras merah + beras hitam + beras coklat) tiap hari dan selalu aku timbang: 100 g saat biasa, 150 g saat sahur/buka puasa.
    Bagus banget lho buat kesehatan.

    ReplyDelete
  11. Hihi... makan setelah olahraga itu emang susah buat ditahan. Niatnya pagi keluar rumah jalan kaki keliling kompleks, sesekali berlari. Tapi pulangnya bawa banyak tentengan aneka jajanan

    ReplyDelete
  12. Eh eh... Begadng bikin gagal diet?

    Lah, kukira malah dengan begadang bisa diet alami 😅

    ReplyDelete
  13. Meski daku belum pernah melakukan diet, tapi baca ini ternyata banyak yang harus diperhatikan ya Ummi sebelum melakukan diet, biar berhasil dan dampaknya gak menggangu buat kesehatan.

    ReplyDelete
  14. Kudu disiplin menjalankan program diet ya biar dietnya anti gagal.. Nah kalo makan setelah berolahraga pasti lahap kan ya? Ujung2nya diet gagal..

    ReplyDelete
  15. Wah beneran nih begadang ternyata bikin gagal diet juga ya. Biasanya yang suka begadang ga cuma begadang aja sih, biasanya sambil nyemil

    ReplyDelete
  16. Wah iya, aku nih
    Seringkali gagal diet
    Emang sih, itu sebab sebabnya.haduhh
    Harus berubah nih

    ReplyDelete
  17. Tidur tepat waktu dan olahraga yang saya masih belum konsisten. Saya setuju sama semuanya. Karena saya pun berhasil menurunkan berat badan, gak pakai macem-macem

    ReplyDelete
  18. Huwaaa mbak bikin saya jadi semangat diet kembali nih, salut lho bisa turun drastis seperti itu. Semoga saya bisa juga ya dengan menerapkan saran diatas.

    ReplyDelete
  19. Pantas aja nih diet yang saya lakukan belum benar-benar berhasil. Defisit kalori, udah. Olahraga juga udah. Tapi bagian begadangnya nih yang belum juga berhasil. Heran..kok gak bisa ya dalam sehari aja gitu gak begadang. Hiks

    ReplyDelete
  20. terima kasih banyak sharing-nya ya Mbk Ade, aku lagi mencari bangets tips turun berat badan setelah pandemi BB naik banget, mau turun lagi BB yang ideal.

    ReplyDelete
  21. Nah iya Ummi yg terpenting memang pahami dulu ttg gizi seimbang dan defisit kalori. Defisit kalori pun bukan cuma sekedar minus, tapi tetap makan yg cukup plus minusinnya pake olahraga. Ai jalan kaki doang sampe 10 ribu langkah kadang. Mau orang bilang, kalori kebuangnya cuma sedikit, lah rutin lama2 juga minus kok tumpukan lemaknya.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^