Dari Susu Cair Anak dapat 2 Resep Makanan Bergizi Yang Viral

Selama pandemi banyak sekali viral resep-resep kekinian. Nah kali ini dari susu cair anak Morinaga Chil*Go! saya buatkan 2 resep makanan yang viral. Bukan cuma viral, tapi jadi resep makanan bergizi untuk anak. Cekidot ya!

resep makanan bergizi dari susu cair anak

Bismillahirrahmanirrahiim, Dari Susu Cair Anak dapat 2 Resep Makanan Bergizi Yang Viral

Pandemi ini memang membuat orang-orang jadi kreatif di rumah. Banyak resep-resep unik yang jadi viral. Seperti Dalgona, pie susu teflon, donut dll. Walaupun resep-resep tersebut belum termasuk resep makanan bergizi, karena tinggi kalorinya dan kurang serat, tapi saya senang mencobanya. Sekedar ingin tau saja seperti apa sih rasanya.


Salah satu yang suka saya buat sebagai resep makanan bergizi yang viral adalah Nasi Susu dan Susu Goreng buat cemilan anak-anak. Pas awal-awal saya buat itu, orang rumah sempat meragukan, "Emang bisa susu digoreng?" plus pertanyaan lanjutannya, "Emang enak, Mi?"


Nasi Susu dan Susu Goreng memang terdengar aneh ditelinga kita. Kebayang ga sih nasi dikasih susu? Tapi buat saya sih nggak aneh ya, karena serupa dengan nasi uduk. Creamy-nya susu ini kan hampir sama dengan santan kelapa. Saya saja sering mengganti makanan yang bahan dasarnya santan dengan susu, kalau misal lagi kehabisan santan di rumah. Bedanya memang kalau santan lebih gurih dibanding susu, tapi susu lebih sehat dibanding santan. 


Selain itu, kalau kita sering makan makanan Italia, nasi susu ini rasanya serupa dengan nasi panggang (Risotto) dari Italia. Hanya saja, jika kita telusuri cara masak Risotto, creamy Risotto bukan dari susu, melainkan dari air kaldu dan keju. Tapi ternyata dengan menggunakan Susu, rasa creamy kaldu daging bisa terasa.


Nah, pas banget deh akhir bulan Maret kemarin saya menerima paket botol susu cair anak Morinaga Chil*Go! dari PT. Kalbe Nutrtionals. Saya langsung kepikiran untuk membuat Nasi Susu dan Susu Goreng, tentunya yang sudah saya kreasikan sesuai dengan resep makanan bergizi. Dimana kandungannya sudah terdapat karbohidrat, protein, lemak serta serat sebagai vitamin dan mineralnya. Kira-kira seperti apa ya? Ok, kita langsung eksekusi saja ya resepnya.

resep makanan bergizi dari susu cair anak
Hamper susu cair anak untuk resep makanan bergizi dari Morinaga Chil*Go!

Resep Makanan Bergizi dari Susu Cair Anak 1 (Nasi Susu) - Untuk 3 porsi

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

Bahan-Bahan Nasi Susu :

  • 150 gr Beras
  • 3 Botol (300 ml) Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! Original
  • 5 batang buncis
  • 1 buah wortel
  • 5 butir bakso ikan
  • 1/2 buah tomat
  • 1 butir bawang bombay kecil (kalau besar 1/2 butir ya)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm margarine
  • 2 slice keju
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk (optional)
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • kaldu bubuk secukupnya (optional)

susu cair anak untuk resep makanan bergizi


Persiapan Bahan-Bahan Nasi Susu :

  • Cuci beras seperti kita biasa mau memasak nasi.
  • Cuci juga sayuran (buncis dan wortel) setelah disiangi (wortel kupas kulitnya dan buncis dipotong ujung pangkalnya).
  • Iris buncis tipis-tipis, sedangkan wortel diparut dengan parutan keju.
  • Jika tidak punya keju slice, bisa gunakan keju chedar sebanyak 20gr lalu parut kejunya
  • Cincang halus tomat, bawang putih dan bawang bombay.
  • Rebus bakso ikan lalu potong kecil-kecil. Bakso ikan ini bisa diganti dengan daging giling, bakso sapi, tuna, ayam suir, dll. Untuk yang bahan yang menggunakan daging, sebaiknya dimatangkan dahulu. Bagi yang malas untuk menggunakan daging yang harus dimasak, bisa menggunakan kornet.

Cara Membuat Nasi Susu :

Ada 2 cara membuat Nasi Susu sebagai resep masakan bergizi dengan bahan susu cair anak Morinaga Chil*Go!. Pertama dengan menggunakan Rice Cooker dan yang kedua dengan menggunakan kompor.


Membuat Nasi Susu dengan Kompor :

  • Lelehkan margarine lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan tomat hingga harum.
  • Setelah harum, masukkan semua bahan termasuk susu. Untuk susu cair anak Morinaga Chil*Go! per botolnya kan 136ml, kalau 3 botol berarti jumlahnya 408ml. Nah, untuk takaran membuat nasi susu, cukup masukkan 300ml saja ya. Kalau semua dimasukkan bisa jadi bubur. 
  • Aduk-aduk aronan nasi hingga airnya saat (habis). 

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

  • Siapkan dandang (panci untuk mengukus), lalu kukus aronan nasi susu hingga matang. Kurang lebih 30 menit.
  • Nasi susu cair anaak Morinaga Chil*Go! siap disajikan. 


Tips Memasak Nasi Susu dengan kompor :

  1. Saat memasak aronan nasi ini gunakan api kecil ya, karena susu itu mudah sekali kering. Jadi kalau apinya kebesaran, khawatir nasi tidak matang saat dikukus nanti.
  2. Ketika membuat aronan nasi, aronan nasi harus terus diaduk, jangan dilepas. Jika dilepas, aronan nasi akan lengket dan berkerak di wajan.
  3. Saat mengukus, tutup pancinya diberi kain. Agar uap airnya tidak menetes ke nasi yang membuat nasi jadi lembek.


Membuat Nasi Susu dengan Rice Cooker :

  • Masukkan semua bahan dengan takaran susu lebih tinggi 1 ruas jari dari beras, sama seperti kita masak nasi biasa deh. Aduk-aduk sebelum rice cooker dinyalakan.
  • Tunggu hingga indikator lampu rice cookernya berubah hijau. Biarkan dulu selama 10 menit, jangan dibuka rice cookernya. Biar nasi benar-benar tanak.
  • Hasil nasi susu menggunakan rice cooker akan terlihat lembek seperti bubur. Nggak usah khawatir. Nanti saat disajikan dipiring dia akan mengering dengan sendirinya dan akan nampak seperti nasi siap makan.
  • Nasi Susu cair anak Morinaga Chil*Go! siap dijasikan.

susu cair anak untuk resep makanan bergizi
Adek Fi sedang membantu membuat nasi susu cair anak untuk resep makanan bergizi dengan rice cooker


Resep Makanan Bergizi dari Susu Cair Anak 2 (Sugor - Susu Goreng) - untuk 12 potong

susu cair anak untuk resep makanan bergizi


Bahan-Bahan Susu Goreng :

  • 1 Botol Susu cair anak Morinaga Chil*Go! original
  • 1 Botol Susu cair anak Morinaga Chil*Go! vanila
  • 50 gr Gula halus
  • 50 gr tepung maizena
  • 50 ml air matang
  • garam secukupnya


Bahan Tepung Susu Goreng :

  • 100gr tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdt gula
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 sdm minyak sayur
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat Susu Goreng :

  • Campur 50 ml air dengan 50 gr tepung maizena, aduk hingga tepung larut.
  • Tuang 2 botol susu cair anak Morinaga Chil*Go!, gula dan sejumput garam ke dalam panci, lalu aduk hingga gula larut.
  • Masak susu dengan api kecil hingga keluar asap (agak panas saja jangan sampai mendidih). 
  • Masukan larutan tepung maizena, sambil susu terus diaduk hingga adonan mengendalikan seperti bubur sumsum. Kalau sudah mengental, matikan api kompor. tapi adonan tetap terus diaduk hingga benar-benar tak adalagi yang cair.
  • Masukkan adonan susu kedalam cetakan. Sebelum masukkan adonan, basahi seluruh permukaan cetakan dengan air yaa biar saat mengeluarkan adonan tidak lengket.
  • Tunggu adonan susu hingga hilang panasnya, lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 2 jam.
  • Setelah 2 jam, buat dahulu adonan tepung untuk menggoreng, yaitu masukkan tepung terigu, baking powder, gula dan 1 sdt tepung maizena, aduk dengan air hingga agak mengental seperti adonan untuk goreng pisang.
  • Setelah mengental masukkan minyak sayur. Selain rasanya lebih gurih, saya menggunakan minyak kelapa biasa bukan kelapa sawit untuk kesehatan anak-anak. Begitupun minyak untuk menggoreng.Tapi kalau teman-teman punyanya minyak goreng biasa, silakan gunakan yang ada.
  • Keluarkan adonan susu lalu potong kotak-kotak sesuai selera.
  • Masukkan potongan susu kedalam adonan tepung goreng.
  • Goreng susu hingga kulitnya berwarna kecoklatan.
  • Susu goreng dari susu cair anak Morinaga Chil*Go! siap disajikan.


Tips Membuat Susu Goreng :

  • Sebelum keluarkan adonan susu dari cetakannya, lumuri dulu wadahnya dengan tepung maizena. Fungsinya agar tidak lengket saat dipotong-potong.
  • Setelah dikeluarkan adonan susu, patikan adonan susu dibaluri oleh tepung maizena, agar mudah memotongnya. Dan setelah dipotong-potong pastikan juga seluruh permukaannya dibaluri tepung maizena, agar tidak lengket tiap potongannya. Karena adonan susu ini mudah sekali hancur, jadi kalau dilumuri tepung maizena, adonan susu agak kuat.

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

  • Saat menggoreng gunakan api kecil yaa. Karena tepung gorengnya manis, sehingga mudah gosong kalau apinya besar.


Kenapa disebut Resep Makanan Bergizi?

Jelas bergizi, karena dalam Nasi Susu sudah lengkap kebutuhan nutrisinya. Ada karbohidrat dari beras, ada protein dari susu, keju dan daging/ikan, ada lemak dari margarine dan ada serat untuk vitamin dan mineral pada buncis, wortel juga susu cair anak Morinaga Chil*Go!


Kenapa harus Menggunakan Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! ?

Saya suka dengan susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini karena mengandung serat pangan inulin. Didalam Serat Pangan Inulin yang terkandung dalam susu cair anak Morinaga Chil*Go! berasal dari tumbuhan Chicory berfungsi sebagaisumber serat alami dan makanan bagi bakteri baik di usus. Sehingga saluran cerna terjaga dan daya tahan fisik anak jadi lebih kuat. 


Susu cair anak siap minum yang merupakan produk inovasi baru dari Kalbe & Morinaga ini, kualitasnya sudah teruji di laboratorium Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang, jadi tidak diragukan lagi. Bahkan Morinaga Chil*Go! bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, serta Pemda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan penelitian tentang Pengaruh Suplementasi dan Edukasi Nutrisi pada Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak Prasekolah di Kota Kupang NTT selama 6 bulan berturut-turut.


Dari hasil penelitian, muncul dampak positif terhadap kualitas kesehatan anak, seperti: anak mempunyai hemoglobin (Hb) yang lebih baik, anak yang diteliti juga jadi tidak gampang sakit dari sebelum penelitian dan tahan terhadap infeksi. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengurangan risiko anak yang mengalami gangguan perkembangan dan gangguan perilaku-emosi. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh daya tahan fisik yang meningkat pada tubuh anak.


Jadi itu wajar jika susu cair anak yang diperuntukkan anak usia 1 - 12 tahun bisa di kreasikan sebagai bahan utama resep makanan bergizi. Susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini juga mengandung 9 vitamin dan 5 mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian keluarga, terutama anak. Jadi kalau masuk dalam resep makanan bergizi, susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini sudah mencakupi semua.


Nasi Susu yang saya buat sebagai resep makanan bergizi ini sekali masak bisa digunakan untuk makanan utama yang di konsumsi 3x sehari, seperti yang pernah saya tulis pada blog saya sebelumnya tentang Cara Menyusun Menu Sehat untuk Daya Tubuh Anak


Sedangkan Sugor sebagai resep makanan bergizi yang kedua, bisa dimakan di waktu snacking, sebagai variasi camilan anak. Biasanya kalau membuat camilan saya selalu kurangi takaran gulanya. Tapi kalau menggunakan susu cair anak Morinaga Chil*Go! saya tidak pernah kurangi, karena susu Chil*Go! rendah kalori gulanya


Oiya untuk teman-teman yang malas buat-buat camilan, susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini bisa juga diminum langsung di jam-jam snacking.


Susu cair anak Morinaga Chil*Go! ini mempunyai 5 varian rasa, jadi kalau minum langsung tanpa diolah menjadi resep makanan bergizi masih tetap enak, karena rasanya enak dan bernutrisi.

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

Tapi kan kalau susu kemasan begitu, kemasannya bikin sampah plastik. Bisa merusak lingkungan dong..

O.. o.. o.. tentu tidak. Sebab Morinaga sudah memikirkan kesana juga. Botol susu cair anak Morinaga Chil*Go ini bisa di daur ulang loh. Saya saja kemarin menggunakan botol Morinaga Chil*Go! sebagai botol eksperimen gunung merapi bersama Adek Fi.


Jumlah Kalori dalam Resep Makanan Bergizi dari Susu Cair Anak

Pada resep makanan bergizi yang saya buat diatas kandungan kalorinya cukup untuk 3x makanan utama untuk anak. Jika dijumlah keseluruhan kalori bahan makanan yang digunakan kurang lebih 700 kkal. Nah karena dibagi 3x makan, maka jumlah kalori untuk sekali makan tidak sampai 300 Kkal. Pas kaaan dengan menu sehat yang saya susun? Dimana susunan menu sehat tersebut sesuai dengan ilmu yang saya dapat dalam acara pres confernce peluncuran produk baru susu cair anak Morinaga Chil*Go! rasa original.

susu cair anak untuk resep makanan bergizi

Nah, bagaimana? Siap eksekusi resep makanan bergizi yang viral untuk anak-anak di rumah? Apalagi bulan puasa begini kaan. Daya tahan tubuh harus dijaga, jangan lengah. Persiapkan nutrisi terbaik untuk anak-anak dengan susu cair anak Morinaga Chil*Go!

Selamat Mencoba!


Wassalam






37 comments

  1. waaah asyik bangeet ini mba nasi susu san sugor or susu goreng yaaa. Pasti enak nih, penampakannya aja udah bikin lapeer hahahaha

    ReplyDelete
  2. Wahh resepnya asik banget nih..aku baru tahu ada susu goreng hehe.. Wajib dicoba nih buat menu buka puasa anak2..

    ReplyDelete
  3. Terima kasiiih resep menu sehatnya, Mak. Saya pengen coba yang Susu Goreng ah, unik banget kayaknya ya.


    Saya sering jadiin Chil*Go ini sebagai bekal anak, soalnya selain praktis, kandungan gizinya lengkap untuk anak seusianya.

    ReplyDelete
  4. Ahaa, cemilan ngehits nih susu goreeng, hahhaa awalnya akupun biingung ko susu digireng ternyata ada bahan tepung maizenanya. Dan di Bandung hits dah, belom pernah bikin sendiri.
    cemilan menyehatkan initu buat anak2 yaa apalagi pake susu Chil Go.

    ReplyDelete
  5. Wiiih nasi susu dan susu goreng .... asli nih gizinya, pake Chil Go pula ... pasti enak ...

    ReplyDelete
  6. Goodie bagnya banyak banget isinya hehe.. Unik banget resepmu Mbak, biasanya nasi jadi gurih pakai santan, ini lebih endeus diganti dengan susu yaa..

    ReplyDelete
  7. Udah kebayang nih, pasti enak nasi susu dan susu gorengnya. Kan, pakai Morinaga Chil*Go!

    ReplyDelete
  8. Wah nasi susu ini kyknya makanan yang cocok buat anak kecil ya mbak. Ini mengingatkanku pada risotto hehe
    Susu goreng nih emang kyknya lg viral di apps memasak. Jd pengen bikin sendiri kapan2 mbak

    ReplyDelete
  9. Penasaran sama susu goreng, penampakannya sih menggiurkan ya Ade,
    dan ini beda banget resepnya unik. Kalo aku susu morinaga chil go ini seringnya dijadikan es krim sama anak anak, ditaro di freezer lalu kalo udah beku dikeluarin, dikasih sirup strawbery atau coklat

    ReplyDelete
  10. Siap..
    Menu untuk anak ini kudu kreatif dan rasanya lezat. Kalau bahannya menggunakan susu Morinaga Chil Go, usa kebayang nikmatnyaaaa~~

    Nutrisi anak pun terpenuhi.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun, bisa aja dapat idenya mbak. Nasi susu dan susu goreng.

    Penasaran dengan rasa nasi susunya, klo lihat bahan dan cara masaknya, praktis juga nih dan gampang buat di tiru

    ReplyDelete
  12. Kalau susu Morinaga Chil Go diperuntukkan anak usia 1-12 tahun berarti Devina udh boleh minum dong ya, usianya 14 bulan sekarang xixi.

    Tapi sebatas kepengen kasih buat praktisnya aja, anggap aja nih bocil minum camilan bergizi yg penuh inulin, belum bs bikin menu kreatif yg viral kayak Umi gini huhu (salam Febrianty)

    ReplyDelete
  13. wah aku penasaran nih sama resep susu goreng. Anak-anak pasti doyan ya mak, dah gitu pake susu chil go rasanya pasti makin enak yaaa

    ReplyDelete
  14. Wuih keren nih camilannya dari ChilGo
    Mau contohin resepnya dong ya
    Siapa tahu anak saya suka diolah seperti ini

    ReplyDelete
  15. Udah susu morinaga chil go ini cocok buat anak2 ditambah bisa sbg tambahan bikin makanan kesukaan anak2 ya mba ..

    Next mau dicoba resepnya kebetulan masih ada stock susu yg sama dikulkas

    ReplyDelete
  16. Resepnya unik-unik. Lagi viral ya? Jadi penasaran pengen ikutan juga nih. Buat menu pas buka puasa untuk krucils.

    ReplyDelete
  17. eh coba ahhh aku belum pernah pakai susu goreng loh
    kayaknya ana2 bakal seneng soale kandungan susu kan anak suka bangettt
    jadi emang penting perhatiin gizi anak ya

    ReplyDelete
  18. Waah asiiik dapat resep baruuu. Aku baru tahu lo nasi susu dan susu goreng ini. Biasanya susu cair udah diminum gt aja atau jadi tambahan buat bikin salad buah.

    ReplyDelete
  19. Morinaga Chil Go membantu membuat masakan makanan dan minuman menjadi siap hidang dan bergizi

    ReplyDelete
  20. Yummyyyy!
    Pastinya enak dan bernutrisi ya mom
    Anak2 demen banget ini mah
    Udah gitu, gampil pulak bikinnya
    mau recook ahhh

    ReplyDelete
  21. Aku baru tau nasi susu ini. Penasaran rasanya gimana. Tadinya aku juga mau bikin susu goreng wkwkw....

    ReplyDelete
  22. selain dapat diminum, susu cair Chil Go dapat juga digunakan sebagai resep menu kue takjil buat buka puasa ya ... serba guna deh ...

    ReplyDelete
  23. wah asiikk nambah lagi resep cemilan yang enak nih, tepung susu gorengnya mirip sama galundeng ya, odading gitu bukan rasanya mba?

    ReplyDelete
  24. Susu Chil Go diminum anak-anak aja pada ga bersisa, apalagi dibuat olahan nasi dan susu goreng, kebayang anak-anak bakal berebut menikmati makanan sehat ini. Cocok untuk penyemangat berpuasa seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  25. unik banget nasi pakai susu!
    kalau aku kayaknya mau coba masak pakai rice cooker deh soalnya gampang, tinggal cemplungin aja semuanya. Berarti mengaduknya hanya di awal, ya.
    Trus isinya udah lengkap ada sayur dan daging segala.

    ReplyDelete
  26. ide cemerlang mbak Ade,

    cara cerdas memasukkan protein di semua makanan yang dikonsumsi anak-anak tersayang

    hihihi semula saya pikir Morinaga Chil*Go! tu susu bubuk lho, ternyata susu cair ya?

    ReplyDelete
  27. wahhh makasih resepnya, Mba. Nanti mau coba bikin juga ahhh buat anak saya. Mantap nih, udahlah enak, bergizi pula

    ReplyDelete
  28. MashaAllah kreatifnya Mbak Ade. Saya gak nyangka loh kalau nasi bisa diolah dengan dicampur susu. Pasti rasanya gurih itu ya. Bagus nih untuk meningkatkan nutrisi makan nasi. Anak-anak suka Mbak nasi susunya?

    ReplyDelete
  29. menggunakan bahan utama Morinaga Chil*Go! bisa menyajikan santapan bergizi. Penasaran sama rasa nasi susu itu, coba Ummi deket nih, bisa daku samperin buat cicip menu nasi susu tersebut hehe

    ReplyDelete
  30. Kreatif nih Mak Ade mengolah susu Morinaga Chil*Go untuk sajian yang akan dihidangkan. Anak-anak bakalan mendapatkan makanan dengan komposisi lengkap tuh di Nasi Susu. Ada karbonya, ada juga sayuran, tentu saja ditambah susu yang sehat ya.

    ReplyDelete
  31. Wah, aku kok jadi ngiler ya liat nasi susunya. Tapi sebaiknya kuinfokan ke adekku deh, jadi nasi susunya bisa untuk MPASI ponakanku. Sip sip sip.

    ReplyDelete
  32. emak2 emang harus kreatif ya. Anak2 suka makanan kreasi ibunya, lebih bergizi dan terjaga kesehatannya.

    resepnya boleh dicoba ya...makasi lho udah berbagi resep.

    ReplyDelete
  33. Enak nih susu goreng. Nyam... Nyam.... Susu cairnya kalo dibikin puding atau buat vla kayaknya enak banget tuh.

    ReplyDelete
  34. Waaaa kreatif banget mb susu dibuat berbagai menu masakan, aku penasaran sama susu nasinya lho wkwkw
    Anankku jg minum chilgo ini, kapan2 pengen cobain susu gorengnya jg akh kayaknya enak dan praktis deh

    ReplyDelete
  35. Aku penasaran bikin susu goreng, resep yang inovatif bisa bikin untuk cemilan yang menyehatkan. Apalagi yang punya anak, bisa jadi cemilan favorite pasti

    ReplyDelete
  36. Mamak satu ini jago amat bikin resep, inovasi dari susu anak. Pas banget untuk anak yang tidak suka susu

    ReplyDelete
  37. Wah mau nyontoh resepnya ya :)
    Chilgo ini memang enak sih ya, anak-anakku suka sama rasanya, padahal sudah pada besar, tapi suka iseng beli susu cair ini.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^