Perlengkapan Calon Ibu Menjelang Persalinan

Biasanya para new mom begitu mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir) sibuk menyiapkan segala perlengkapan untuk bayinya. Mereka kadang sampai lupa apa yang seharusnya masuk kedalam tas mereka saat mereka pergi ke RS atau bidan untuk proses persalinan. Nah, kali ini saya mau bahas apa saja perlengkapan calon ibu menjelang persalinan.

Perlengkapan calon ibu menjelang persalinan judul


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Punya bayi itu adalah suatu hal yang paling menakjubkan bagi kita para calon ibu. Bagaimana tidak, didalam perut kita hidup mahluk yang bergerak-gerak. Dulu waktu punya Abang, saya menganggap hal itu suatu keajaiban. Dan saya merasa bersyukur menjadi seorang wanita, karena saya bisa merasakan mahluk hidup dalam tubuh saya. Jadi segala persiapan untuk persalinan pun saya kerahkan. Saya cari tau dengan bertanya ke teman dan saudara yang pernah melahirkan, apa saja perlengkapan calon ibu menjelang persalinan.

Jaman hamil Abang tidak seinformatif seperti sekarang, yang tinggal ketik keyword di google search maka apa yang kita perlukan terpampang semua. Nah, saya pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Saya ingin semua ibu bisa mendapatkan pencerahan, kira-kira perlengkapan apa saja bagi calon ibu menjelang persalinan. Kita bahas satu-satu yaa kebutuhan perelengkapan calon ibu menjelang persalinan.

Perlengkapan Calon Ibu 1:

Pembalut Bersalin (Maternity Pad)


Pembalut bersalin ini beda dengan pembalut wanita pada umumnya. Bentuknya lebih lebar dan panjang. Permukaannya pun lebih lembut dan mempunyai daya serap tinggi. Karena darah nifas akan keluar lebih banyak dibanding darah menstruasi biasa.

Perlengkapan Calon Ibu 2: 

Baju Menyusui


Proses menyusui pasca lahiran itu pasti ada. Walaupun ASI yang keluar tak banyak, bayi tetap kita susui. Hal itu dilakukan untuk merangsang produksi ASI.

Itu sebabnya, sebaiknya kita membawa baju menyusui dalam tas perlengkapan persalinan. Baju menyusui tak harus yang khusus, kita bisa gunakan kemeja yang menggunakan kancing depan atau resleting depan.

Perlengkapan Calon Ibu 3:

Apron Nursering


Bila kita tak punya baju menyusui atau kemeja kancing depan, maka kita bisa menggunakan apron nursering/celemek menyusui.

Apron nursering bentuknya seperti celemek masak, sehingga bisa menutupi bagian perut Ibu yang terbuka saat menyusui.

Perlengkapan Calon Ibu 4:

Sarung atau Kain Panjang


Pasca melahirkan, apalagi yang melahirkan dengan cara cesar, kain panjang atau sarung sangat dibutuhkan. Karena rasa nyeri pasca melahirkan membuat kita tak bisa banyak bergerak. Otomatis pakaian yang bisa menutupi bagian bawah tubuh Bunda dengan cepat adalah sarung atau kain panjang. Kebayang nggak sih dalam kondisi nyeri pasca lahiran trus harus pakai rok atau celana.. duh nggak deh.

Perlengkapan Calon Ibu 5:

Headset atau Earphone


Melahirkan bagi seorang Ibu adalah proses yang sangat melelahkan. Untuk itu mereka perlu rileksasi. Cara rileksasi paling simple adalah mendengarkan musik atau murotal bagi yang muslim.

Rileksasi juga membantu proses cepat produksi ASI. Untuk itu ibu perlu headset/earphone agar bisa mendengarkan alunan musik atau murotal dari handphone.

Perlengkapan Calon Ibu 6: 

Handuk Kecil atau Washlap


Sebelum menyusui biasanya kita suka membersihkan terlebih dahulu payudara kita. Agar tak ada kuman yang ikut masuk kedalam mulut bayi. Untuk membersihkannya kita bisa menggunakan handuk kecil yang direndam air hangat.

Selain untuk kebersihan, handuk kecil yang direndam air hangat, bisa digunakan untuk mengkompres payudara yang membengkak karena ASI melimpah.

Nah, teman-teman yang mau punya bayi atau sedang berencana punya bayi, itulah perlengkapan calon ibu menjelang persalinan yang harus dipersiapkan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi pencerahan buat teman-teman. ^_^

Wassalam











27 comments

  1. Buibu yang mau lahiran kudu mulai mempersiapkan ini, nih.
    Aku dulu juga bawa MADU mba
    Bisa diminum sebelum mengejan :D

    ReplyDelete
  2. Perlengkapannya lumayan banyak ya..heheh dan memang harus disiapkan bener-bener di dalam tas gitu biar bisa langsung bawa ketika sudah ada tanda-tanda mau lahiran..

    ReplyDelete
  3. Catet! Banyak kan Ibu-ibu yang nyiapin perlengkapan buat bayinya eh lupa persiapan buat diri sendiri. Jangan lupa buat persiapan mental juga

    ReplyDelete
  4. Baca postingan ini bikin ingat sama momen-momen menunggu kelahiran anak-anak, baik si sulung maupun adiknya. Emang harus dipersiapkan dengan baik yaa mbak, penting nih dibaca sama bu ibu jauhjauh hari sebelum persalinan.

    ReplyDelete
  5. Zaman aku mau melahirkan duluuuuu, aku bawa segambreng semua kebutuhan yang sudah kubeli hihihihihi :D Terutama kain gurita ya tapi punya juga gurita kekinian yg menggunakan perekat. Semua kupunya kecuali apron menyusui dulu belum ngeh kudu beli heheheh jadi ditutupi kain biasa aja kalau bayi nenen di tempat umum.

    ReplyDelete
  6. Aku paling banyak nyiapin baju bayi dan buat aku tentunya, daster berkancing buanyak sampai bawah hehehe. Baju menyusi paling praktis menurut aku ya daster atau piyama. Apalagi zaman now model dan motif pakaian busui udah cakep2 deh :) Oh ya sama pembalut khusus ibu melahirkan juga kudu siap sedia.

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget nih artikelnya, terutama yang no.5 itu. Sering terlupakan. Padahal masa persalinan dan menyusui butuh suasana hati yang tenang.

    ReplyDelete
  8. hai mba. Baca partikel ini pas buat adik iparku yang bentar lagi melahirkan mba . Emang sih kita harus menyiapkannya dengan baik ya mba

    ReplyDelete
  9. Dulu saya gak kepikiran Apron Nursering .... tapi gak ada di majalah Ayahbunda. Di tahun2 itu, referensinya dari Ayahbunda. Lengkap ini rekomendasi Mbak Ade.

    ReplyDelete
  10. Kadang kalau hamil jelang persalinan, yabg dipikirin kebutuhan anak. Padahal penting juga mempersiapkan kebutuhan ibu, macam pembalut, ini penting banget sih. Jadi pas habis lahiran, kebutuhan sudah ready di tas

    ReplyDelete
  11. Wah penting banget nih bahasannya yaaah. Pasti banyak ibu-ibu yang nyari deh info ini. Jangan sampai kelupaan dibawa pas mau bersalin.

    ReplyDelete
  12. Hihi, jadi ingat sama momen melahirkan dulu, barang-barang di atas udah harus mulai disiapkan pas menjelang lahiran dalam 1 tas...jadi kalau merasa mules-mules langsung angkut tasnya aja ke rumah sakit

    ReplyDelete
  13. Belum bisa relate sih mbak, hehehe
    tapi makasih banget buat infonya

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat waktu mau lahiran, karena dulu secar dan sudah tau tanggal pasti lahiran tapi sauangnya adalah diluar dugaan. Aku sudha kontraksi lebih dulu, karena meni pedi dulu pas H-2. Taunya H-1 sebelum masuk RS udah kontraksi dong. Aku baru menyiapkan perlengkapan anakku tapi perlengkapanku belum.

    ReplyDelete
  15. Jaman melahirkan dua anakku dulu, cuma apron menyusui yang belum punya. Atau memang belum musim kayaknya ya, udah 20 tahun yang lalu. Heboh ya kalo mau melahirkan, tapi memang penting sih menyiapkan kebutuhan untuk calon baby dan bundanya

    ReplyDelete
  16. Banyak memang yang harus di persiapan calon ibu menjelang persalinan ya. Dan harus di persiapan jauh-jauh hari sebelum persalinan, dimasukkan dalam tas, jadi sudah siap begitu ada tanda-tanda persalinan datang. Biar gak ada yang kelupaan :)
    Aku dulu malah bawa buku juga haha

    ReplyDelete
  17. Aku catat ah lumayan buat persiapan lahiran beberapa bulan ke depan. Makasih sharing tulisannya Mbak. Jadi bisa siap-siap nih.

    ReplyDelete
  18. lengkap sekali mba perlengkapan buat calon ibu saat persalinan nanti, jadi inget waktu persalinan anakku segala perlengkapan sudah aku siapkan sejak sebulan sebelumnya bahkan ada listnya

    ReplyDelete
  19. Bener bnget mba biasanya itu udah Aku siapin semuanya pas masuk usia 8 blnan jadi nti tinggal bawa tiba2 merasa mules

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah makasih Ummi sudah diingatkan, aku yang sedang menantikan momongan nih eheheh
    harus mulai nabung sejak dini ya biar bisa membeli perlengkapan nantinya

    ReplyDelete
  21. Wah artikelnya ini selalu banyak yang nyari nih mbak hehehe. Meskipun udah lama lahiran tapi kalau baca tentang hal-hal melahirkan rasanya ikut seneng

    ReplyDelete
  22. Iya ya.. Headset ini penting. Aku kemarin gak bawa. Alhasil bete pake banget pas ditinggal sendirian di kamar. Heu

    ReplyDelete
  23. Aku dulu segala bebet (apa yaa...istilah bahasa indonesianya?? yang agar ibu setelah melahirkan perutnya gak molor itu loo, kak...) dibikinin Ibu dari Surabaya.
    Alhamdulillah,
    Melelahkan memang yaa, kak.

    ReplyDelete
  24. Baca postingan ini jadi ingat kesibukan menyiapkan perlengkapan persalinan dan baby 17 tahun yang lalu hehehe.. riweuh tapi membahagiakan lhooo... Kayak lengkap aja gitu aktivitasnya dengan menyiapkan segala keperluan yang akan dibutuhkan itu.

    ReplyDelete
  25. Aku dulu pas lahiran Devina g kepikiran ya bawa hedset Mi huhuhu.. tapi bener sih apron ternyata berguna banget. Gara2 dulu jaman Gavino Jovano bayi belum happening nih kain penutup, aku jadinya bawa botol susu kalau mau pergi2. Sekarang bawa Devina juga harus bawa Apron sepaket

    ReplyDelete
  26. dari sekian list di atas yang gak terpikirkan oleh saya soal headset, ternyata perlu juga ya buat dengerin musik untuk relaksasi saat kontraksi datang

    ReplyDelete
  27. MasyaAlloh kok pas artikelnya, kebetulan pengen baca2 persiapan kehamilan dan insyaAlloh bisa menuju lahiran yg sehat, aamiin. Langsung kunoted ni mak..

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^