3 Rahasia Aerofood ACS Bertahan Selama 44 Tahun

Aerofood ACS

Bissmillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Kemarin saya pasang foto pesawat di status sosial media dengan caption Ngupi-ngupi cantik sambil ngeliatin pesawat sliweran. Setelah itu banyak yang nanya ke saya, “Jalan-jalan ya, Mbak?” atau “Asyiik, jadi liburan, Mbak?” Dan saya hanya tersenyum membaca komentar mereka.

Iyes, pagi itu saya memang sedang hangout di pinggir hangar. Tepatnya di ruang meeting Aerofood ACS, Tanggerang. Ruang meeting-nya ada di lantai 2. Jendela ruang meeting yang mengarah ke hangar, membuat saya bebas menikmati pesawat hilir mudik.

baca juga : Tips travel with kids : First Flight

Dalam rangka apa, Mbak pagi-pagi sudah ke kantor Aerofood ACS?
Alhamdulillah pada tanggal 20 Desember 2018, saya datang ke kantor Aerofood ACS untuk memenuhi undangan bersama 10 food blogger pilihan. Undangan tersebut dalam rangka memperingati hari jadi PT. Aerofood ACS yang ke 44. Wow.. 44 tahun loooh.

Saya takjub mendengar angka 44. Sebuah perusahaan bisa berdiri kokoh selama 44 tahun, bukanlah hal yang mudah. Pasti ada rahasia dibalik kesuksesan perusahaan tersebut. Dan hari itu, saya seolah dibisikkan 3 rahasia yang Aerofood ACS jalankan untuk umur panjang perusahaan.

Aerofood ACS
front desk Aerofood ACS

Nah, sekarang saya mau berbagi nih ke teman-teman apa 3 rahasia tersebut.


TENTANG PT. AEROFOOD ACS

Sebelum kita membahas 3 rahasia sukses Aerofood ACS, kita cari tau dulu nih apa sih Aerofood ACS itu? Hampir sebagian besar orang Indonesia jika ditanya soal apa itu Aerofood ACS, mereka pasti akan menjawab, “Makanan Pesawat Garuda”. Yes, jawabannya tidak salah, tapi tidak 100% benar. Loh?

PT. Aaerofood Indonesia atau yang dikenal dengan nama Aerofood ACS (Aerowisata Catering Service) diawal tahun berdirinya, tepatnya tanggal 23 Desember 1974 merupakan perusahaan penyedia jasa boga penerbangan (In-flight Catering) bertaraf internasional yang telah berkiprah selama 4 dekade.

Aerofood ACS merupakan bagian dari holding company PT. Aerowisata sebagai anak perusahaan dari flag carrier indonesia yaitu PT. Garuda Indonesia (Persero), Tbk. Dan awal bisnisnya menjadi in-flight catering bagi penerbangan pesawat Garuda Indonesia.

Namun menurut Bapak Afdal Amir, Vice President Corporate Marketing & Business Development, yang memberi sambutan diawal acara, kini bukan hanya Garuda Indonesia saja yang menggunakan jasa catering Aerofood ACS. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menjadi mitra Aerofood ACS, seperti Air Asia, Jetstar, Malaysia Air, Citilink, Silk Air, dan masih banyak lagi.

Aerofood ACS
Bpk Afdal Amir Aerofood ACS

Dengan pengalamannya lebih dari 40 tahun sebagai penyedia airline catering bertaraf internasional, Aerofood ACS sebagai bagian dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah berhasil dan selalu menjaga reputasi perusahaan untuk menghadirkan layanan kelas premium untuk produk makanan dan minuman terbaik di kelasnya.

Berdasarkan cerita dari Bapak Emil Fadilah, Vice President Industrial Catering (AIC) bahwa nama Aerofood ACS adalah nama branding untuk PT. Aeroood Indonesia. Pada awal tahun beroperasinya PT. Aerofood Indonesia bernama PT. Aero Garuda Dairy Farm yang bekerjasama dengan Dairy Farm, sebuah perusahaan catering yang berbasis di Hong Kong.

Aerofood ACS
Bpk. Emil Fadilah Aerofood ACS
Lalu pada tahun 1991 berubah nama menjadi PT Angkasa Citra Sarana Catering Serving, yang beroperasi dengan bendera ACS (Aerowisata Catering Services).

Di tahun 2010 Aerowisata Group sebagai perusahaan induk ACS meluncurkan logo perusahaan baru. Logo baru dimaksudkan untuk semakin memperkuat imej perusahaan berikut anak-anak perusahaannya. Di tahun yang sama, ACS juga mengubah namanya menjadi Aerofood ACS. Pak Emil bilang, apapun nama PT-nya kalau disingkat tetap saja ACS, jadi ya nama itu selalu dipakai sebagai branding.

Aerofood ACS
Logo Aerofood ACS

Logo perusahaan sungguh menunjukkan komitmen perusahaan yang lebih kuat dan logo baru ini juga menghembuskan semangat baru ke seluruh sendi perusahaan yang berbasis di Jakarta ini serta semakin membulatkan tekad Aerofood ACS untuk semakin mengembangkan sayapnya.

Tidak hanya di Jakarta, unit cabang Aerofood ACS juga terdapat di 8 kota lainnya yaitu di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Medan, dan Pekanbaru. Saat ini, Aerofood ACS memiliki lebih dari 5.500 staf profesional dan dikenal sebagai pemimpin dalam bisnis ini, dengan produk layanan premium in-flight logistic yang disajikan ke 40 perusahaan penerbangan komersil internasional dan domestic.

RAHASIA DIBALIK SUKSESNYA AEROFOOD ACS

Nah, sambutan selanjutnya dari Bapak Eko Setiyabudi, General Manager Industrial inilah yang menjelaskan apa rahasia sukses dari Aerofood ACS hingga kini bisa berdiri selama 44 tahun.

Aerofood ACS
Bpk. Eko Setiyabudi Aerofood ACS

3 Rahasia suksesnya Aerofood ACS tersebut adalah :

1. Menjaga Kualitas Produk

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang kuliner, pastinya kualitas makanan sangat dijaga. Baik itu kebersihaannya ataupun rasanya. Hal tersebut dikarenakan pelanggan Aerofood ACS yang tersebar di seluruh dunia.

Dengan berbedanya iklim disetiap negara, Pak Eko mengatakan Aerofood bukan lagi menjaga kualitas makanan selevel dalam negeri, tapi sudah level dunia. Aerofood ACS hanya menggunakan bahan-bahan makanan terbaik dan segar langsung dari produsennya untuk menjawab tuntutan in-flight food yang sehat dan berkualitas tinggi.

Bahkan kami diajak melihat dapur besar Aerofood ACS untuk membuktikan bagaimana perusahaan menjaga kualitas terbaiknya, cerita lengkapnya bisa dibaca disini : Cerita dibalik Dapur Aerofood ACS

Saat di ruang meeting, kami ditunjukan makanan yang disajikan pada penerbangan Garuda Indonesia Business Class dan First Class. Untuk menu First Class ada tumpeng mini yang didampingi lauk sate lilit, ayam goreng suir, urap kancang panjang, gado-gado telor dan kue talam.

Aerofood ACS
Menu First Class untuk Maskapai Garuda Indonesia dari Aerofood ACS

Dan untuk Business Class, menu yang disajikan ada Nasi Campur, berteman lauk rendang, sayur daun singkong (Chef bilangnya gulai daun singkong), asinan buah (Chef bilangnya salad dengan kuah rujak... xixixixi.. beda yaaa bahasa Chef) dan puding. Ada juga pilihannya Sate ayam dan lontong.

Aerofood ACS
menu business class untuk maskapai Garuda Indonesia dari Aerofood ACS

Aerofood ACS
menu sate ayam lontong Aerofood ACS
Menurut Chef Edi Santoso, Sous Chef Hot Kitchen, yang menjelaskan menu-menu makanan, Aerofood ACS selalu menampilkan masakan-masakan khas Indonesia untuk Inflight Service. Seperti tadi untuk menu business menu yang ditampilkan dominan menu dari Sumatera, sedangkan first class menu khas pulau Jawa.

Aerofood ACS
Chef Adi Santoso Aerofood ACS
Saya dan teman-teman blogger pun juga merasakan masakan untuk Industrial Catering Aerofood ACS sebagai makan siang kami. Cita rasa yang ditampilkan memang Indonesia banget. Rasa khas Indonesia yang kaya akan rempah.

Aerofood ACS
Menu makan siang saya. Dicoba semua masakan chef Aerofood ACS
Bahkan kami juga mencoba jus kacang hijau, minuman favorit RI 1. Beliau selalu memesan minuman tersebut setiap kali Flight dan untuk beberapa acara kenegaraan. Asli keidean deh mau buat di rumah. Biasanya kan buatnya bubur kacang hijau.

Aerofood ACS
Jus kacang hijau Aerofood ACS, kesukaan RI 1

2. Menjaga Performa Produk dan Kerja

Selain rasa, Aerofood ACS juga menjaga tampilan makanan yang disajikan. Chef-chef ACS berusaha membuat tampilam makanan semenarik mungkin. Sehingga orang tergiur untuk menyantap makanannya.

Aerofood ACS
Bpk. Richard P. Haris Aerofood ACS
Bapak Richard P. Haris, Senior Manager Brand & Marketing Strategy, mengatakan bahwa kadang tampilan menu yang disajikan itu dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan, bahasa kerennya Customize Menu.

Aerofood ACS
tampilan cantik puding Aerofood ACS
Profesionalisme pekerjanya juga dijunjung tinggi dengan berusaha mengerjakan dengan tepat waktu dan dikerjakan oleh ahlinya. Untuk beberapa layanan katering pesawat mancanegara, Aerofood ACS mengambil chef dari masing-masing negaranya. Agar cita rasa makanan sesuai dengan lidah pelanggan yang berasal dari negara tersebut, seperti Chef Shuici Osawa yang khusus membuat makanan-makanan Jepang.

Aerofood ACS
Chef Shuici Osawa Aerofood ACS


3. Selalu Berinovasi

Tentunya agar bisa bertahan selama 44 tahun, Aerofood ACS melakukan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya yaitu melakukan diversifikasi yang menyediakan layanan Industrial Catering di tahun 2002.

Dengan beragam kesuksesan yang terus di raih, perusahaan semakin mengembangkan divisi-divisi baru yang juga memberikan sumbangan bagi perkembangan perusahaan.
Produk-produk yang sudah dijalankan oleh Aerofood ACS selama ini ada 4, yaitu :


a. Inflight Service Aerofood ACS

Ini adalah bisnis awal yang banyak diketahui kita. Aktivitas bisnis ACS dalam kategori ini termasuk menyediakan lebih dari 100.000 porsi makanan per hari pada 40 perusahaan penerbangan komersial.

Bahkan pada bisnis ini Aerofood ACS berhasil memposisikan brand nya sebagai penyedia katering dengan kualitas premium yang inovatif, dengan layanan yang disesuaikan dengan keinginan spesifik para customer-nya.

b. ISTS (Inflight Service Total Solution) Aerofood ACS

Aerofood ACS menerapkan konsep In-flight Service Total Solution (ISTS) pada divisi Garuda Support. Jadi kalau teman-teman menggunakan selimut, bantal, headset, dan perlengkapan yang ada di pesawat selama penerbangan Garuda, divisi inilah yang menyiapkannya.

Aerofood ACS
perlengkapan ists Aerofood ACS

Dengan konsep ini, Aerofood ACS memaksimalkan keahlian dan kapasitasnya dalam layanan pengadaan, penyimpanan dan distribusi.

Pada konsep ISTS ini, Aerofood ACS memberikan layanan Manajemen In-flight Logistic dalam penanganan peralatan makan, layanan dan pengadaan suplai kabin, dry goods, dan distribusi minuman dan bahan makanan.

ISTS juga melayani First Class dan Executive Lounge dengan memberikan fasilitas-fasilitas kelas dunia dilengkapi dengan business center seperti ruang rapat, area relaksasi, area istirahat yang dilengkapi dengan shower, ruang ASI, area bagasi dan ruang beribadah.

Selain untuk penerbangan Garuda, ACS Laundry menyediakan layanan kebutuhan-kebutuhan laundry. Terutama di Jakarta dan Denpasar, Bali. Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan laundry di hotel-hotel dan restoran-restoran.

c. Commercial Service Aerofood ACS

Commercial Services adalah salah satu unit bisnis Aerofood ACS yang menyediakan layanan untuk pelanggan dengan cakupan yang lebih luas. Unit bisnis Commercial Services adalah:


  • Premium Banquet : menyediakan layanan katering untuk acara perusahaan termasuk pertemuan laporan tahunan, rapat koordinasi, dan banyak lagi.
  • Commercial Lounge : menyediakan layanan katering untuk privat dan ruang tunggu.
  • Sales On Board : menawarkan dan menyediakan merchandise menarik untuk layanan penerbangan.

Aerofood ACS
produk-produk sales on board Aerofood ACS
  • F&B Retail : menawarkan berbagai masakan tradisional Indonesia dan Internasional melalui perjamuan dan Dapur Selera.
  • Commercial Laundry : menyediakan layanan laundry untuk layanan penerbangan, hotel, dan kebutuhan rumah. Didukung oleh mesin, kontrol, dan finishing berkualitas, Commercial Laundry menjamin hasil terbaik untuk para pelanggan.


d. Industrial Catering

Setelah krisis ekonomi tahun 1998 dan tumbuhnya penerbangan berbiaya renda atau Low Cost Carrier, diawal tahun 2000, Aerofood ACS melakukan ekspansi ke pasar diluar jasa boga penerbangan dengan mendirikan Industrian Catering ditahun 2002.


Aerofood ACS Industrial Catering

Pada ulang tahun Aerofood ACS yang ke 44 ini, perusahaan sedang mengembangkan produk Industrial Catering. Industrial Catering melayani jasa catering untuk karyawan pabrik, karyawan dan pasien rumah sakit, learning center, sekolah, serta perusahaan minyak tambang dan gas.

1. Oil, Mining, Gas & Offshore Catering Service

Aerofood ACS membawa food and beverage service ke daerah-daerah terpencil dengan memenuhi standar kualitas kebersihan dan nutrisi yang baik. Agar makanan yang disajikan menjadi makanan berkualitas tinggi.

Aerofood ACS menyadari pentingnya kesejahteraan tenaga kerja dalam proyek Oil, Mining, Gas & Offshore. Perusahaan memastikan bahwa pelanggan memiliki berbagai pilihan makanan yang akan membuat mereka tetap puas dan sehat saat berada di lokasi.

Malah menurut Bapak Eko, Aerofood ACS menyediakan daftar menu yang berbeda setiap harinya selama 30 hari. Hal ini diperuntukkan agar karyawan tidak merasa jenuh dengan menu yang disajikan. Kayaknya bisa saya contoh nih buat di rumah. ^_^

Aerofood ACS sudah melayani 100 hingga 1.000 tenaga kerja di area terpencil. Beberapa perusahaan yang sudah menjalin kerjasama adalah BP, Conoco Philips, Hess, Darma Henwa, Chandra Asri, SKK Migas, Geoservice, Mitsubishi Chemical, Premier Oil, Chevron, Nexitor, Schlumberger, Trakindo, dll.

2. Healthcare & Wellness Catering Sevice

Selain pertambangan dan minyak, Aerofood ACS juga merambah ke dunia kesehatan. Dalam hal ini perusahaan bekerja sama dengan rumah sakit dalam pelayanan makanan untuk pasien atau penunggu pasien.

Sudah jadi rahasia umum yaa, yang namanya makanan rumah sakit itu nggak ada yang enak. Anyep semua rasanya. Kalau kata Bapak Afdal, “Namanya juga orang sakit, pastinya makanan terasa nggak enak dilidah”.

Hal tersebut justru menjadi tantangan bagi Aerofood ACS untuk menciptakan makanan yang nikmat untuk disantap tentunya dengan standar kesehatan yang tinggi, sesuai dengan jenis penyakit pasien. Bukan cuma nikmat, tapi penampilan agar pasien mau makan banyak, biar cepat sembuh, itu juga menjadi salah satu usaha Aerofood ACS dalam menyajikan makanan rumah sakit.

Aerofood ACS
tampilan cantik menu industrial catering Aerofood ACS untuk rumah sakit

Selain rasa, penampilan, tentunya nutrisi makanan tersebut juga harus dijaga. Dan jaminan kesehatan makanan yang dibuat oleh Aerofood ACS itu sudah di tes serta mendapat sertifikat Halal, OHSAS, HACCP, dan tidak kalah penting ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 22000. Yang dimana semuanya terkait akan management untuk sistem Food Safety, Product Quality, Environmental, Health Safety.

Aerofood ACS
sertifikat halal MUI untuk Aerofood ACS

Adapun pelayanan yang diberikan adalah :

  • Makanan pasien.
  • Acceptable Diet / makanan sehat.
  • Makanan untuk dokter dan manajemen rumah sakit.
  • Layanan kamar (Room Service - ala carte).
  • Acara-acara spesial.


Beberapa rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Aerofood ACS adalah RSPI Jaksel, RSCM Kencana, RS Mayapada, dll


3. Town Site Catering Service

Selain rumah sakit dan oil, mining, gas & offshore, Aerofood ACS juga melayani katering untuk kantin-kantin dan makanan karyawan pabrik. Layanan jasa yang diberikan adalah untuk makanan para staf dan event-event spesial.

Beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan Aerofood ACS diantaranya ada Holcim, Trakindo, Sari Roti, dll.

Aerofood ACS
industrial catering Aerofood ACS untuk karyawan

4. Facility Service Management

Berdasarkan pengalaman dalam menyediakan layanan katering dan akomodasi di perkotaan dan daerah terpencil, Aerofood ACS berusaha mengembangkan pelayanannya. Yaitu menyediakan layanan kebersihan di kantor-kantor, rumah sakit dan pusat belanja (Mal). Dimana mereka membutuhkan jenis prosedur pembersihan yang berbeda, agar tempat menjadi bersih dan siap untuk digunakan sesuai fungsinya.

Aerofood ACS berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan kliennya dengan tenaga kerja yang terlatih, peralatan pembersih yang terbaik dan bahan kimia pembersih yang ramah lingkungan.

Adapun facility service management yang dilakukan oleh Aerofood ACS adalah sebagai berikut :

  • Public area cleaning
  • Houskeeping service
  • Gardening
  • High rise cleaning
Aerofood ACS
Facility service management Aerofood ACS


Layanan Catering Industrial juga dapat menyediakan menu seperti menu masakan rumahan atau menu-menu yang dapat disesuaikan untuk special occasion sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Agar lebih deket dengan pelanggan, selain melalui 9 unit dapur yang juga membantu pelanggan industrial, saat ini Aerofood ACS telah memiliki 4 unit dapur satelit di Daan Mogot, Cikarang, Cilegon dan Jatake.

Nah, jelas sudah kan? Tagline Customer Comes First karena sebagai provider mengutamakan Premium Quality Food and Service, memang cocok disandang oleh PT. Aerofood Indonesia atau dengan nama branding Aerofood ACS. Wajar saja jika mereka bisa bertahan hingga 44 tahun. Rahasianya bikin kita para blogger terkagum-kagum.

Aerofood ACS

Untuk info lebih lanjut dan mau menggunakan jasa Aerofood ACS, silakan hubungi di :
Email : aic@aerofood.co.id atau info@aerowisatafood.com
Instagram : @aerofoodacsindo
Linkedin : www.linkedin.com/company/aerofoodacsindo
Web : www.aerowisatafood.com

Selamat yaa buat Aerofood ACS, semoga makin sukses terus dan berjaya. ^_^

Wassalam









Sumber foto :
Dokumen Pribadi
Aerofood ACS

33 komentar:

  1. Aq plg seneng masuk ke area pastry, wangi banget ya mba duh jd pgn icip2 lg cemilan n dessertnya ..nyumiii😀

    BalasHapus
  2. 44 tahun eksis dalam berbisnis, pastinya ada kualitas dan kinerja yang sangat-sangat dijaga ini. Nggak lupa untuk selalu berinovasi. Duh jadi kangen deh jalan2 ke dapurnya Aerofood, hehe...

    BalasHapus
  3. wuaaahhhh 44tahun ya bertahan, hebat... seru banget ini mbak bisa jalan2 ke dapurnya aerofood.. aku jadi penasaran juga mau coba jus kacang ijo yang disukai Pak Jokowi

    BalasHapus
  4. Ooh jadi gak cuma garuda doang ya, baru tahu. Tapi memang makana di garuda ini endess banget sih dan makin tenang karena bersertifikat halal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg penting, Mba. Kalau usaha kuliner tuh halal hukumnya wajib.. xixixi.. secara kita kan mayoritas muslim ya.

      Hapus
  5. 3 rahasia ini emang umum ya ummi tapi kalau tidak konsisten tidak akan bisa bertahan apalagi kini sampe 44 tahun dong!perfoma kerja karyawan ini PR banget kadang bikin pening makanya kusalut sama perusahaan yang mampu mainten perfoma karyawannya seperti aerofood ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mba semua umum, tapi menjaganya hingga dpt kepercayaan banyak client itu yg ga mudah. Pastinya ada manajemen yg baik di dalmnya.

      Hapus
  6. Hwaa makan puding dengan tampilan menarik gitu jadi bikin ngiler ..jadi inget pas dlu di rumah sakit dekor makanannya keren jadi semangat buat makan yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah sakit mana tuh, jangan2 cateringnya aerofood.. eeaaa.. hahah

      Hapus
  7. Wow sudah lama ya 44 tahun berarti sudah berpengalaman sekali, dan pasti berkualitas karena masih bertahan sampai sekarang. Lihat menu-menunya bikin laper hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, Mba. Sudah dewasa. Secara manusia aja kalau usia 44 tahun kan pasti sudah matang pemikirannya.

      Hapus
  8. hehehe baru denger dong saya, betapa kudetnya.
    keren banget ya, meng suply makanan di banyak tempat.
    emang kepuasan pelanggan tuh nomer wahid deh agar bisnis terus bertahan.
    Inovasipun amat sangat diperlukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mba selalu berusaha mengerjakan yg terbaik.

      Hapus
  9. jadiii aerofood dipakai ama beberapa maskapai juga yaaaa... baru tau airasia juga pakai. krn aku hrs akui makanan air asia itu enak2 sih yg prnh aku pesen. kalo makanan yg garuda, aku biasanya cm coba jarak jakarta medan. ga terlalu jauh. blm tahu rasa makanan kalo utk penerbangan panjang ke LN nya.

    tp ntr akhir january ini aku bakal pake malaysia airlines ke jepang. jd bisa rasain seperti apa masakannya kalo utk penerbangan lama :D. MAS juga pake aerofood kan..

    perusahaan lain di luar penerbangan yg pakai jasa aerofood juga yg kls kakap semua yaaa. oil company, sampe trakindo :D. ga heran sih... kapaaaan kantorku bakal nyediain catering gini utk staff yaa hahahah #ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. ajuiiin mba Fanny. Nurul Fikri aja pakai catreing aerofood ACS. Mosok kantornya mba Fanny nggak (kompor meleduk).

      Iya MAS salah satu client-nya ACS. Selamat menikmati yaa.. kali ini saya yg berdoa, semoga saya pun bisa merasakan makanan di MAS jg. Aamiin

      Hapus
  10. Aerofood CS, jujur baru pertama kali denger. Tapi ternyata perusahaan itu banyak sejarahnya juga hingga bergnti nama. Bahkan punya anak perusahaan juga keren. Makanan buatan merekq bikin ngiler ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka anak perusahaannya, bun bukan punya anak perusahaan. Xixixi..

      Hapus
  11. Baru tahu ACS melayani catering perusahaan dan RS. Kirain cuma untuk Garuda dan maskapai lainnya. Kereeen ini!
    Memang beda kalau di pesawat Garuda dengan sajian menu Indonesia. Jadi sedep makannya. Kalau maskapai asing dengan menu luar, berasa plain rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya industrial catering baru2 ini dijalani dan sedang digalakan. Saya aja juga baru tau pas dtg kesana.. xixixi..

      Hapus
  12. Wah bbru tau prsawatpun ada kateringnya yaa 😍 dan pastinya kudu selektif memilihnya krn yg namanya makan di pesawat beda dgn dine in di resto.

    Anw tampilan baru ya mba? Looks gergous 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. iya ini cuma ganti default aja. Masih sama kok dgn yg kemarin. Btw, soal ACS memang sangat menjaga kesehatan dan kesegaran makanannya.

      Hapus
  13. Menu makanannya enak banget. Aku tertarik sama lontong dan pudingnya. Btw, aku baru tahu aerofood setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  14. Duh enak2 hahah dan kangen kerja lagi 👀👀... entah Dulu sih lihat makanan2 Ini bosen karena tiap hari makan. Semenjak resign eh malah kangen dan kebayang makannya pasti enak banget ... ACS memang top banget deh

    BalasHapus
  15. Ngiler banget liat makanannya. Kalau udah chef yang turun tangan, udah pasti enak! Walau penampilan di pesawat pasti beda sama yang disiapkan di sana.. hehe

    BalasHapus
  16. Aku udah coba beberapa pesawat yang memberikan layanan makanan. Ada yang enak dan ada juga yang bad banget rasanya. Terus porsinya kurang banyak lagi... Hehehheehe

    BalasHapus
  17. Sajian first class instagramable. Sayang kalau langsung dimakan tanpa difoto dulu :D

    BalasHapus
  18. ya ampun ini selain cantik, kandungan nutrisinya terjaga banget ya. pengen nyobain juga deh mba.

    BalasHapus
  19. Kapan ya bisa makan makanan penumpang first class Garuda ini. Ohh ternyata anak perusahaannya ya...udh 44 thun dan sampai merambah ke RS pula. Keren 😍😍 pantesan ga cuma Garuda yg makai tapi maskapai lain pun jadi pengguna perusahaan ini. Semoga makin sukses dan berkah ya,dan aku cuma bs bayangin makan nasi utk horang2 kaya wkwkwk semoga kapan2 bisa ketularan 😉😉

    BalasHapus
  20. ternyata ini ya rahasia enaknya makan di pesawat, aku pun rindu mencicipi masakan khas nusantara yg disajikan oleh mbak2 pramugari lagi.. seru banget ya Mba, pengalamannya bisa ngintip dapur Aerofood..

    BalasHapus
  21. Ooh ACS ternyata memberikan service catering buat yg lainnya juga ya mba? maksudku perusahaan oil and gas misalnya yg bukan khusus di pesawat

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^