Pristine 8+ Membuat Hidup Seimbang Bagi Para Pencinta Kopi

Pristine 8+


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Siapa yang tidak kenal kopi? Kalau pertanyaannya seperti itu jawabannya pasti nggak ada. Seluruh dunia mengenal yang namanya kopi. Apalagi di Indonesia.

Indonesia kaya akan beragam produksi kopi. Kopi-kopi dari Indonesia tercatat pada tahun 1725 sebagai negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Bahkan hingga saat ini Indonesia menduduki peringkat ketiga bagi negara penghasil biji kopi terbanyak setelah Brazil dan Vietnam.

Produk-produk kopinya pun sudah merambah ke mancanegara dan dikenal diluaran sana. Kopi termahal di dunia pun berasal dari negeri kita tercinta ini, yaitu kopi luwak.


Indonesia merupakan negara dengan single origin kopi terbanyak, yaitu 38 single origin. Seluruh pulau di Indonesia mempunyai kopi-kopi enak yang terkenal bukan hanya di negara kita sendiri melainkan ke mancanegara, seperti :

Sumatera
Kopi Gayo dari Aceh
Kopi Linthong dari Sumatera Utara
Kopi Bola Dunia dari Lampung

Pulau Jawa
Kopi Malabar dari Jawa Barat
Kopi Biskota dari Jakarta

Pulau Kalimantan
Kopi Malinau dari Kalimantan Utara

Pulau Sulawesi
Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan

Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Kopi Flores dari Nusa Tenggara Timur
Kopi Kintamani dari Bali

Pulau Papua
Kopi Amungme dari Mimika, Papua

Pristine 8+
photo by retake coffee toffee book menu

Kesemua kopi yang saya sebutkan diatas, hsaya belum mencoba kopi Malabar, Toraja, Malinau dan Flores. Dan dari semua kopi tersebut yang saya paling suka adalah Kopi Amungme. Rasanya serupa dengan Kopi Euthopia. Kopi Euthopia ini saya cicipi saat berkunjung ke rumah teman. Waktu itu suaminya baru pulang meliput kegiatan di Afrika.

Rasanya apa Mba, kan sama semua rasa kopi?
Buat teman-teman pencinta kopi, pastinya sudah bisa membedakan rasa masing-masing kopi. Rasa yang menurut saya enak, karena kata enak itu kan beda-beda yaa tergantung lidahnya, kopi yang berasal dari tanah kering dan panas, macam di Afrika dan Papua. Rasanya asam dan segar.

Yes rasa kopi itu asam bukan pahit buat saya. Pahit kalau tidak diberikan gula. Itupun masih ada rasa asamnya. Saya menjadi pencita kopi setelah saya merasakan rasa kopi yang asam dan segar itu. Jika saya minum kopi hitam tanpa rasa asam, berasa ada yang kurang. Mungkin karena saya pencinta makanan dan minuman asam kali ya.

Asam dan Keasaman (Acid dan Acidity)

Kita bedakan dulu ya antara asam dan keasaman pada kopi. Asam adalah rasa yang dikeluarkan oleh lidah setelah kita mencicipi kopi, sedangkan keasaman (Acidity) adalah kandungan asam yang terdapat pada kopi.

Rasa asam yang dikeluarkan oleh kopi ini karena adanya proses sangrai (roasting) sebelum kopi siap saji. Maka semakin lama proses sangrainya, semakin hilang cita rasa asam tersebut.

Pantas saja ya kopi yang berasal dari tanah kering dan suhu yang panas itu lebih enak. Karena biji kopinya sudah terpanggang dengan sendirinya, jadi saat di sangrainya pun nggak perlu lama-lama.

Lalu keasaman apa saja yang terdapat dalam kopi?
Asam yang keluar disaat proses sangrai pada kopi ada 2, yaitu :

1. Asam Chlorogenic (Asam Klorogenat)

Asam ini keluar dan pecah disaat proses sangrai. Asam inilah yang menjadi antioksidan pada kopi. Asam Chlorogenic lah yang terdeteksi sebagai rasa asam pada kopi.

2. Asam Quinic

Asam ini disebut asam misterius, karena ia keluar saat proses sangrai namun menghilang saat proses sangrai selesai. Kemunculannya tidak terduga, kadang keluar kadang tidak. Asam Quinic inilah yang mengeluarkan rasa nikmat pada kopi.

Efek Samping Minum Kopi

Segala sesuatu yang dikonsumsi atau dikerjakan pastinya akan berdampak baik atau buruk pada tubuh kita, termasuk mengkonsumsi kopi.

Dampak Positif pada Kopi

1. Meningkatkan memori jangka pendek dan mengurangi resiko penyakit parkinson dan alzheimer

Untuk sebagian orang, kopi dikenal sebagai mood booster. Tidak nikmat rasanya jika belum minum kopi sehari. Begitupun dengan saya. Saya selalu menyeduh kopi sebagai teman menulis. Apalagi jika saya sedang ada deadline numpuk. Karena saat minum kopi saya bisa lebih fokus akan tulisan saya.
Ternyata, hal ini disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.

Pristine 8+
kopi teman menulis

2. Kopi mencegah penyakit batu ginjal

Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh, sehingga mengurangi resiko batu ginjal.

3. Kopi dapat meredakan sakit kepala

Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migrain mengandung kafein dalam jumlah kecil.

Dampak Negatif pada Kopi

Namun jika berlebihan mengkonsumsi kopi maka asam chlorogenic yang terdapat pada kopi akan menimbulkan dampak negatif, yaitu :

1. Iritasi perut

Banyaknya kafein dan kandungan asam yang ada di dalam biji kopi mampu mengiritasi lapisan usus kecil perut kita. Selain itu, efek samping dari kopi pada kesehatan pencernaan adalah kram, sembelit, dan diare.

2. Panas dalam

Panas dalam disebabkan karena kopi mengganggu kesehatan esofagus di bagian bawah. Dan kemudian muncul lah asam klorida yang mampu membuat kita terkena panas dalam.

3. Mengganggu penyerapan makanan

Mengonsumsi kopi mampu mengganggu proses penyerapan makanan yang ada sebab minum kopi mampu merangsang peristaltik yang membuat makan dengan cepat masuk ke dalam usus kecil sehingga tidak terserap dengan baik.

4. Kekurangan mineral

Hal ini terjadi sebab kopi mempengaruhi kemampuan ginjal untuk memproduksi kalsium, zinc, dan magnesium.

5. Naiknya asam lambung

Mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong bukanlah hal yang baik untuk kesehatan kita. Sebab kopi dapat meningkatkan produksi asam klorida atau asam lambung kita.

6. Stres

Senyawa yang ada di dalam kopi akan meningkatkan produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Hormon ini selain meredakan rasa sakit sementara, akan membuat kita selalu merasa awas sepanjang waktu. Oleh karena itu mengonsumsi kopi secara berlebihan tidak akan memberikan tubuh kita waktu untuk beristirahat sejenak sehingga dapat membuat tubuh kita stres.

7. Mengurangi kepadatan tulang

Karena mengonsumsi kopi dapat membuat tubuh kita kekurangan mineral, maka hal ini juga akan berdampak buruk untuk kesehatan tulang kita. Kepadatan mineral yang ada di dalam tulang akan menurun dan membuat tulang rapuh.

8. Berkurangnya pH cairan tubuh

Asam yang dikeluarkan oleh kopi dalam tubuh kita juga bisa menyebabkan pH cairan tubuh kita berkurang menjadi 3. Sementara pH ideal tubuh sehat itu adalah 7,2 – 7,4. Dengan berkurangnya pH tubuh, maka tubuh akan mudah terserang penyakit.

Penetralisir Kelebihan Asam dari Kopi

Seperti yang tertulis diatas, salah satu dampak dari meningkatnya asam yang dikeluarkan kopi dapat membuat pH cairan tubuh kita berkurang. pH cairan tubuh itu harus berimbang, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang juga.

Jika pH tubuh berkurang (terlalu asam) atau berlebih (terlalu basa) maka akan membuat kita mudah mual, sakit kepala, sesak nafas, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Untuk menetralisir pH cairan tubuh karena kita menkonsumsi kopi, maka kita perlu makanan dan minuman dengan pH cairan tubuh yang tinggi agar hidup seimbang. Berhubung pH kopi 3, maka kita perlu makanan dan minuman dengan pH diatas 7 agar pH tubuh kita netral.

Apa saja makanan dan minuman yang mengandung pH cairan diatas 7?
Makanan dan minuman ber pH netral diatas 7 ada pada buah-buahan seperti apel, anggur dan lemon.

Pristine 8+
pH meter (capture from website pristine 8+)

Itu kan buah mahal semua, Mba..
Iya memang, ada kualitas ada harga. ^_^ Eh, tapi jangan lesu duluuu.. PT. Super Wahana Tehno memproduksi air mineral yang diionisasi sehingga memiliki pH 8+. Namanya Pristine 8+

Pristine 8+

Tentang Pristine 8+

Pristine 8+ merupakan Air minum Alkaline dengan kandungan pH 8+ (Melebihi 8) yang memberikan manfaat detoxifikasi bagi tubuh kita.

Seperti yang banyak kita dengar dan baca artikel bahwa air alkaline ini memilik banyak manfaat dan pastinya sangat baik untuk tubuh yang bisa menjaga keseimbangan kadar pH dan efektif untuk membantu proses detoxifikasi.

Pristine 8+ berasal dari sumber mata air terbaik di kawasan konservasi Gunung Gede Pangrango dan diproses dengan teknologi Ionisasi dari Nihon Trim Jepang sehingga menjadikan Pristine 8+ tentu berbeda dibanding dengan air mineral lainnya. Biasanya air mineral lain melalui 2 proses, kalau Pristine 8+ melalui 3 tahapan, yaitu Water Treatment, Ionization Process, dan Filling into the bottle.

Pristine 8+ juga melewati 2 proses penyaringan sehingga ukuran molekul airnya jadi lebih kecil (mikromolekul). Mikromolekul membuat Pristine 8+ lebih cepat diserap tubuh.

Dr. Otto H. Warburg, Nobel Prize Winner mengatakan bahwa minuman ber-pH- netral atau alkaline dapat menahan berkembangnya sel-sel kanker, karena sel-sel kanker bersifat acidic (asam).

Kemasan dan Harga Pristine 8+

Dipasaran Pristine 8+ dijual dengan beragam ukuran, yaitu 400ml, 600ml, 1500ml dan galon. Kita bisa mendapatkan Pristine 8+ di mini market, super market dan bisa beli langsung di websitenya Pristine 8+.

Kita cukup mengisi data yang tercantum dalam website Pristine 8+ dan jumlah botol atau galon Pristine 8+ yang hendak kita beli. Nanti akan dihubungi melalui email atau no telepon yang kita cantumkan. Bila ingin cepat, langsung saja menghubungi nomor tertera pada gambar dibawah ini.

Pristine 8+
form pembelian Pristine 8+

Untuk harga kamu cukup merogoh kocek Rp 3.000 per botol untuk kemasan 400ml. Murah kan?

Pristine 8+
harga prestine 8+ di supermarket


Prinstine 8+ sudah halal kah?
Setelah saya mengetahui kelebihan air mineral Pristine 8+ saya mencoba membeli di super market di Depok. Tapi sebelum beli seperti biasa saya cek dulu kehalalannya, secara Pristine 8+ ini diproduksi oleh perusahaan Jepang. Alhamdulillah Pristine 8+ sudah halal, terbukti dengan adanya logo halal MUI di botol kemasan.

Pristine 8+
logo halal pristine 8+

Jadi, buat para pencinta kopi jangan khawatir lagi terserang sakit asam lambung. Kita bisa simbangkan dengan mengkonsumsi Pristine 8+ setiap hari, seperti layaknya kita mengkonsumsi kopi setiap hari. Jadi seimbang kan?

Pristine 8+
photo by retake from coffee toffee menu book

Yuk, Netralkan asam tubuhmu dengan Pristine 8+


Wassalam






Sumber tulisan :
Hellodoc
Pristine
Booklet Coffee Toffee

8 comments

  1. Aku suka banget ngopi, hampir coffe shop di bandung daerah dago udah khatam hihihi

    ReplyDelete
  2. Telat makan juga bikin asam lambung naik. Buruan deh minum prestine 8+ biar tidak mengalami dehidrasi

    ReplyDelete
  3. Waahhhh baru tau kalau kopi bisa bikin stress kalau kebanyakan.
    Saya kadang sih minum kopi, tapi kopi yang di sobek alias kopi sachet hahaha.

    Harus sedia Pristine deh ini, manfaatnya banyak :)

    ReplyDelete
  4. Dulu saat masih kerja shift saya bersahabat dengan kopi murni mbak.. Tapi sekarang enggak kuat lagi hihihi.. Yang ringan saja macam latte, cqpuccino dan kopi sasetan..

    Bagus bangetss ya Pristine 8+ ini manfaatnya. Harganya terjangkau pula😊

    ReplyDelete
  5. Salah satu aku malas ngonsumsi kopi ya karena masalah lambung...

    Pristine ternyata bisa menetralisir semua ya....keren deh pristine

    ReplyDelete
  6. cuma rasa asam kopi juga yg bisa aku detect.. soalnya kan kata bbrp expert kopi ada jg rasa seperti rasa buah dan rasa coklat dari bbrp jenis kopi tertentu.. aku udh cobain, tapi sumpah ga bisa cecap rasa buah ato coklatnya samasekali hahahahaha. lidahku ga pro berarti

    aku minum pristine kalo dikantor... selalu nitip ama OB, sehari minum 5. krn aku peminum kopi jg tiap pagi... seandainya yg versi galon banyak dijual yaaa, aku beli juga deh untuk rumah... udh cari sktr rumah ga ada... ribet kalo terlalu jauh :(

    ReplyDelete
  7. Wow diriku ini yang harus banget minum kopi. Berarti mesti diseimbangkan dengan minum Pristine yak, biar nggak kena asam lambung, terutama pas lagi puasa nih.

    ReplyDelete
  8. Wah. Nambah ilmu tentang kopi. Good artikel👏

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^