Suntik Vaksin Meningitis di RS Pusat Otak Nasional (PON)


Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai-hai,
Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang vaksin meningitis. Saya menulisnya tentang :
Pertanyaan Seputar Vaksin Meningitis.

Vaksin meningitis adalah salah satu syarat untuk perjalanan kenegara-negara endemik, seperti Afrika, Amerika Utara, Timur Tengah dan Selandia Baru. Jika kita hendak berpergian ke negara-negara tersebut pastinya kita diminta buku kuning. Apa itu buku kuning? Buku kuning adalah alat bukti bahwa kita sudah disuntik vaksin meningitis. Masa berlakunya buku kuning adalah 2 tahun. Jadi kita cukup sekali suntik meningitis untuk perjalanan selama 2 tahun. Lalu bagaimana cara dan tahapan melakukan suntik meningitis? Yuk, cekidot!


LOKASI
Sebelum kita lebih lanjut bagaimana tahapannya, kita harus cari dulu lokasi suntiknya dimana. Selama ini jika saya searching dari om google, saya hanya mendapatkan 7 tempat suntik meningitis di Jakarta, yaitu di :

1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hata
Area Perkantoran Bandara Soekarno Hatta
Cengkareng
No Telp : 5502277

2. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Halim Perdana Kusuma.
Jln Jengki No.45 Rt 8 Rw 2
Kelurahan Kebon Pala
Kecamatan Makassar - Cililitan
Jakarta Timur.
No. Telp : 8000166

3. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pelabuhan Tanjung Priuk
Jln Nusantara No.2
Pelabuhan Tanjung Priok
No. Telp : 43931045

4. KKP Tanjung Priok - Marunda
Jln. Raya Jayapura No. 1
Pelabuhan Marunda
Jakarta Utara
No. Telp : 44853773

5. KKP Tanjung Priok - Sunda Kelapa
Jln. Baruna Raya No. 1
Pelabuhan Sunda Kelapa
Jakarta Utara
No. Telp : 6917647

6. Asrama Haji Pondok Gede
JL. Kemakmuran, No. 72
No. Telp : 88960946

7. Garuda Sentra Medika
Jl. Angkasa Kav. 1 Bl. B/15
Kemayoran
Jakarta Pusat
No Telp : 4241000

Nah, kali ini saya dapat info baru bahwa di RS Pusat Otak Nasional (PON) menerima bagi yang hendak suntik meningitis. Alamat tepatnya berada di :

Jl. MT Haryono Kav. 11
Cawang, Kramat Jati
RT.1/RW.6
Jakarta Timur

photo by katamedia.com
Jika teman-teman menggunakan trasnportasi umum bisa menggunakan 2 moda transportasi, yaitu :
  • Bus Trans Jakarta : Naik bus trans yang melewati Jl. MT Haryono lalu turun di halte bus BNN.
  • Commuterline : Naik hingga stasiun Cawang, lalu lanjut nyebrang ke halte Bus Trans Jakarta diatas jembatan. Naik yang jurusan PGC atau ke arah Cawang Cililitan. Turun di Halte BNN.
Jam buka RS PON adalah 24 Jam, tapi untuk suntik vaksin meningitis hanya buka di hari :
Senin, Rabu dan Jum'at.
Jam buka untuk pendaftaran adalah jam 08.00 - 16.00 WIB dab untuk pelayanan adalah jam 08.00 - 14.00




TAHAPAN PELAKSANAAN VAKSIN
Setelah kita tau dimana lokasinya, mulailah kita menyusun apa saja yang kita persiapkan. Pada dasarnya seluruh tempat pelaksanaan vaksin meningitis itu mempunyai aturan-aturan tersendiri. Namun Hampir sebagian besar sama dalam persiapannya.
Nah, kali ini saya menjabarkan tahapan pelaksanaan jika ingin suntik vaksin meningitis di RS Pusat Otak Nasiona (RS PON). Berikut tahapannya :


1. Siapkan Berkas
Segala sesuatu untuk keperluan yang bersifat internasional, Hukum kelengkapan berkas itu adalah wajib. Berkas apa saja yang dibutuhkan untuk vaksin meningisitis? Kelengkapannya adalah sebagai berikut :
  • Fotokopi KTP : 1 lembar
  • Fotokopi Paspor : 1 lembar
  • Foto 4 x 6  : 1 lembar
 Hal yang perlu diperhatikan :
  • Siapkan foto yang 80% terlihat wajahnya. Bilang saja sama tukang fotonya, untuk naik haji. Maka mereka akan mencetak foto yang 80 % wajah kita.


    2. Ambil Formulir 
    Rumah sakit PON menyiapkan formulir pendaftaran yang harus diisi sebagai syarat berkas. Pengambilan formulir langsun ke RS PON dan ada di meja Informasi, yang dijaga oleh Pak Satpam. Posisi meja informasi ada persis di depan pintu masuk utama RS PON. Kita bisa meminta formulir pendaftaran vaksin disana.

    meja informasi

    Biasanya formulir tersebut hanya bisa diambil saat datang waktu menyuntik. Namun, tergantung bagaimana kita melobi pak satpamnya. Nah, perbanyak membantu kesusahan orang lain dalam segala hal, maka segala sesuatunya akan dipermudah sama Allah. Salah satunya mendapatkan formulir ^_^

    Hal yang perlu diperhatikan :
    • Saat hendak mengambil formulir, siapkan berkas komplit, karena sebelum memberikan formulirnya. Pak Satpam akan meminta kelengkapan berkas tersebut.

    3. Datang Lebih Pagi
    RS PON seharinya untuk suntik hanya menyediakan 100 kuota saja. Dan biasanya diukur dari pemberian formulir. Pemberian formulir disertai nomor antiran. Itu sebabnya terkadang kalau kita kurang pandai melobi Pak Satpam, ya kita wajib datang di hari H lebih pagi dari jam biasanya.

    Kemarin sebenarnya saya sudah mempersiapkan diri untuk datang setelah sholat subuh, yaitu dengan menginap di rumah papa. Kebetulan rumah papa dekat sekali dengan RS PON, hanya 5 menit naik ojol (Ojek Online). Tapi Alhamdulillah, kakak sepupu saya (yang juga satu rombongan umroh dengan saya) sudah sampai di RS PON dari jam 04.00 WIB. Masya Allaaaah... padahal beliau rombongan dari Kelapa Dua, Depok.

    Alhamdulillah lagi, beliau dipermudah hanya memperlihatkan beberapa berkas yang ikut saat itu, beliau bisa mendapatkan 7 nomor sekaligus. Dan tau doong kami dapat nomor berapa? Yes, kami dapat no 1 - 7.


    Hal yang perlu diperhatikan :
    • Moment seperti saya diatas hanyalah keberuntungan dari Allah semata. Belum tentu bisa dapat oleh yang lain. Jadi tetap persiapkan sesuai prosedur dengan membawa kelengkapan berkas.
    • Datanglah lebih pagi dari jam buka pendaftaran vaksin meningitis. Biasanya jam 7 saja nomor antrian sudah habis.
    • Siapkan pulpen. Waktu yang lama saat menunggu pembukaan loket pendaftaran, bisa dimanfaatkan mengisi formulir yang diberikan oleh Pak Satpam.
    • Kalau setelah ambil nomor tidak bisa pulang lagi, sebaiknya siapkan bekal sarapan. Karena di RS PON hanya ada coffee beand restoran dibawah.

    4.  Daftar ulang
    Setelah kita mendapatkan nomor antrian, kita langsung naik ke lantai 2 di hari yang sama. Kita ke tempat pendaftaran yang meja pendaftarannya dekat dengan ekskalator. Tunggu hingga petugas datang dan dipanggil nama kita. Disana kita hanya diminta kelengkapan berkas kita dan setelah selesai di cek, petugas pelayanan RS akan memberikan kembali berkas kita untuk selanjutnya diberikan ke kasir.

    loket pendaftaran vaksin

    Hal yang perlu diperhatikan :

    • Siapkan berkan dan formulir sudah diklip dan dimasukkan ke map rapi. Agar saat dipanggil bekas kita selalu rapih, sehingga mempercepat kita dan mempermudah petugas dalam pengecekan.

    5.Membayar di Kasir
    Setelah kelengkapan data kita komplit, kita membayar ke kasir. Posisi loket kasir rawat jalan yang ada dibelakang loket pendaftaran vaksin dan masih di lantai 2. Harga suntik vaksin meningitis adalah Rp 305.000.
    loket kasir rawat jalan

    kwitansi pembayaran

    Hal harus diperhatikan :
    • Saat saya membayar, saya tidak melihat mesin EDC (mesin gesek kartu kredit atau debit) dimeja kasir. Sebaiknya kita siapkan uang cash sejak awal. Jika tidak sempat, dilantai 1 ada Bank Mandiri dan ATM nya.

    6. Periksa Tensi
    Setelah mendapatkan kwitansi pembayaran, kwitansi tersebut beserta berkas kita diberikan ke petugas yang duduk di depan ruangan suntik. Nantinya kita dipanggil untuk diperiksa tensi dan suhu tubuh kita saat itu.
    meja tensi

    Hal harus diperhatikan :
    • Buat mengenakan lengan panjang sebaiknya lengannya agak mudah digulung keatas. Soalnya selain untuk tensi, suntik meningitisnya dilengan. 

    7. Ambil Buku Kuning
    Setelah selesai tensi, kita diminta untuk membawa berkas kita ke ruang di sebelah kiri belakang meja tensi. Disana kita menyerahkan berkas kita dan mengambil buku kuning yang kosong untuk ditanda tangani oleh pejabat berwenang.

    buku kuning

    Hal yang perlu diperhatikan :
    • Perhatikan detail dan teliti data pribadi kita yang diisi di buku kuning, sebelum kita keluar ruangan.


    8. Suntik Vaksin Meningitis
    Selesai mengambil buku kuning, berkas dikembalikan lagi ke kita. Lalu kita serahkan kembali keruangan sebelah kanan dibelakang meja tensi. Disana kita cukup menyerahkan berkas saja, lalu kita keluar lagi untuk kembali dipanggil untuk suntik.

    Setelah nama kita dipanggil, kita di suntik di lengan sebelah kiri. Sakit? nggaaaaak.. saya pikir juga awalnya seperi digigit semut. Tapi ternyata malah nggak berasa sama sekali. Tau-tau sudah selesai. ^_^

    Selesai disuntik, petugas kesehatan memberikan buku kuning yang sudah dicap menandakan kita sudah disuntik.
    cap buku kuning dan masa kadarluasanya

    Hal yang perlu diperhatikan :
    • Bagi pasangan produktif, sebaiknya sebelum berangkat, tes tespack terlebih dahulu. Karena biasanya petugas kesehatan begitu melihat usia produktif langsung deh diminta hasil tespack yang menyatakan pasangan tidak sedang hamil. Petugas ternyata khawatir suntik akan berpengaruh kepada janin.
    • Efek samping suntik untuk tiap orang beda-beda. Biasanya jika ada alergi kita sudah ditanya sebelumnya dari petugas kesehatan yang mengukur suhu badan kita di meja tensi. Jika tidak ada keluhan alergi, tangan akan berasa pegal sekali. Bahkan saya sampai ke pinggang. Tapi reaksinya tidak langsung, kira-kira 30 menit sampai sejam, baru bisa kita rasakan efeknya.


    MASA BERLAKU KARTU KUNING
    Ketika kita selesai disuntik, petugas kesehatan mengisi expired date suntikan yang diberikan ke kita. Masa berlaku vaksin meningitis itu adalah 2 tahun. Jadi jika teman-teman dalam 2 tahun kedepan hendak umroh kembali, tak perlu suntik lagi, cukup serahkan buku kuning tersebut kepada travel.

    Nah, selesai deh suntik vaksin meningitis di RS PON, Jakarta Selatan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya ^_^

    Wassalam



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^