Kosmetik Termurah

Monday, August 29, 2016

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hampir di setiap majalah wanita yang aku baca, pasti ada iklan kosmetik kecantikan. Yang aku ketahui harga produk paling murahnya puluhan ribu rupiah bahkan ada yang harganya hingga jutaan. Dan itu pun kalau kita mengikuti aturan pakainya mungkin kurang lebih terpakai hingga 1 bulan. Hmmm... harga yang lumayan mahal untuk suatu kecantikan.

Di era ini wanita memang sudah sangat memahami arti kecantikan lahiriah. Mereka berlomba-lomba agar selalu tampak terlihat muda dan cantik. Untuk wanita yang mempunyai uang lebih, tentunya sangat rela mengeluarkan uang jutaan rupiah agar terlihat selalu cantik. Terutama mereka yang berprofesi menghadapi orang banyak, seperti artis, PR manager, Marketing, dll.

Baca juga : Scalling di Global Estetik membuat pencinta kopi tersenyum lebar

Sungguh sangat disayangkan, jika uang sebanyak itu hanya digunakan untuk sekedar membeli kosmetik. Padahal Ada 1 kosmetik dalam sunah Rasulullah yang jika dilakukan tanpa kita sadari membuat wajah terlihat cantik baik terlihat secara lahiriah maupun batiniah. Dan itu Allah kasih harga GRATIS.


Kosmetik itu adalah SENYUM. Bahkan Rasullullah bersabda :
“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” Hadits Riwayat At Tirmidzi

Coba deh kita berkaca di depan cermin untuk membuktikan 'Benar ga sih hanya dengan senyum kita bisa berubah jadi cantik?". Dengan hanya senyum sedikit penuh keikhlasan, tanpa kita sadari mampu menghilangkan kerutan-kerutan di wajah dan tentunya senyum mampu membuat wajah kita terlihat jauh lebih ceria dan menyenangkan.
Setelah mencoba hal tersebut, coba lagi menatap cermin dengan wajah datar atau cemberut. Yang mana ya yang lebih enak dilihat?

Selain wajah terlihat lebih ceria, senyum mampu menyegarkan tubuh yang terasa lelah. Sekarang buktikan lagi, jika setiap kita hendak berangkat sekolah, kerja, keluar rumah atau hendak mengerjakan sesuatu, kita awali dengan senyum. Sekali lagi tanpa kita sadari seolah tubuh kita penuh energi seperti baterei yang baru di charge. Mengerjakan sesuatu pun tampak lebih ringan dengan senyum jika dibandingkan dengan dahi berkerut dan bibir cemberut.

Pernah suatu kali saat murid-muridku menunggu giliran agar lekas duduk di meja komputernya (karena sebelum mulai belajar biasanya aku mengawalinya dengan anak-anak duduk berbaris di bawah untuk membuka pelajaran dan membaca doa), aku berkata, "Miss Ade akan memilih yang duduknya tertib dan wajahnya tersenyum."

Mereka pun tersenyum. Sekalipun awalnya mereka terpaksa, hanya karena menunggu giliran, namun akhirnya mereka tersenyum geli melihat wajah-wajah manis teman-temannya. Setelah barisan mereka terpilih untuk siap belajar di meja komputer, salah seorang murid ada yang berkata, "Eh, kamu wajahnya cantik banget deh kalau senyum kayak tadi". Dan pastinya jawaban anak kecil kepada temannya,"Kamu juga.." hihihihi...

Subhanallah, ternyata senyum juga mampu berdampak positif bagi orang-orang di sekitar kita. Orang akan lebih senang jika melihat seseorang tersenyum padanya. Bandingkan jika kita bertemu teman dengan wajah cemberut, dibelakang pasti kita berbisik-bisik,"Kenapa tuh? Hati-hati ah.. kayaknya dia lagi ada masalah.. jangan deket-deket deh.."

Beda jika bertemu dengan yang wajah tersenyum, pasti ucapannya,"Waahh... kenapa nih? seneng banget... bagi-bagi dong kalau dapet rejeki", tanpa harus berbisisk-bisik di belakang.

Itu mungkin yang Rasulullah bilang kita bersedekah dengan senyum. Karena dari senyuman kita mampu membuat orang senang, berpikiran positif kepada kita dan membawa aura bahagia (bukan aura kasih ya.. hehe).

Tentunya dalam Islam segala sesuatunya dilakukan tidak boleh berlebihan. Karena yang berlebihan itu lebih banyak membawa dampak negatif bagi diri sendiri. Termasuk juga senyum. Senyum berlebihan akan disangka oleh orang lain bahwa kita kurang waras.. Nggak mau kan?

Jadi buat apa beli kosmetik mahal hingga jutaan jika bibir ini jarang tersenyum. Semua akan terlihat sia-sia. Cukup gerakan menggeser bibir ke kiri dan ke kanan 1 cm, mampu membuat kita tampak cantik luar dalam dan selalu terlihat segar.

Hmmm.... Ayo bertanya dengan diri sendiri, "Sudahkan kita tersenyum hari ini? Dan sudahkan kita membahagiakan orang di sekitar kita dengan senyum?"

Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang membahagiakan oranglain. Aamiin.

Wassalam








10 comments

  1. Saya sudah tersenyum mom Ade 😊
    Tapi memang faktanya jika kita tersenyum maka energi positif kita menular kepada orang lain yang kita senyumin.

    ReplyDelete
  2. ternyata untuk jadi cantik gak harus mahal ya Mom.. cantik dari hati terpancar dari senyum yg tulus :) apa gunanya ya pakai kosmetik mahal tp muka jutek.. stay positive :)

    ReplyDelete
  3. Kosmetik yang nggak perlu mahal dan pakai operasi yah ummi, cukup dengan tersenyum maka hasilnya sudah wah 😍

    ReplyDelete
  4. Sangat mudah dilakukan tapi inilah yang akan membawa perubahan. Senyuman yang tulus mengurai semua permasalahan dan beban

    ReplyDelete
  5. Aamiin mba, senyum selain bikin cantik bisa bikin hati tenang, yang melihatnya juga jadi senang. Hebat si senyum ini :)

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka senyum mba ade. Bahkan suka juga senyum-senyum sendiri kalau lagi inget hal yang lucu-lucu hihihi. Senyum itu menurut aku kekuatan. Orang lagi cemberut di jalan kalau diksh senyum suka ikutan bls dengan senyum juga hihihi

    ReplyDelete
  7. Betul banget mbak, senyum itu kosmetik paling murah sekali. Selain murah bisa dapat pahala lagi ya.. hehe

    ReplyDelete
  8. Langsung senyum deh baca artikel ini..padahal sebelumnya merengut karena si adik lagi bikin kezeeel..kwkwk. Makasih sudah mengingatkan bahwa kosmetik termurah sudah dihadiahkan Allah pada kita sejak dulu kala..: sebuah senyuman.

    ReplyDelete
  9. banyak yang mau ibadah senyum tapi banyak juga yang gak mau balas senyum, malah kasih wajah jutek. Hmm, mungkin yang ngajak senyum kurang populer atau kurang "cantik" hihihi, semoga tercerahkan setelah membaca artikelnya mba ade.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget mba, karena dari senyuman yg tulus mampu melahirkan kecantikan yg sejati #tsahh. Dan, senyuman emang ampuh banget ya mba, karena juga bisa membahagiakan hati pelakunya

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^