Mengenal Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia

Wednesday, June 26, 2024

Libur tlah tiba.. libur tlah tiba.. nyanyian ini sedang berkumandang sekarang. Tapiiii para emak, udah siap-siap hunting seragam sekolah anak-anak juga nih, terutama yang baru masuk sekolah, baik SD SMP ataupun SMA. Sudah tau belum kenapa seragam sekolah di Indonesia seperti itu? Kalau belum, yuk kita mengenal dulu jenis-jenis seragam sekolah di Indonesia!

Jenis-jenis seragam sekolah di Indonesia

Bismillahirrahmanirrahiim, Mengenal Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia

Seragam sekolah menjadi pakaian wajib yang digunakan anak-anak Indonesia mulai dari TK hingga SMA. Anak-anak baru bisa merasakan pergi ke sekolah atau tempat belajar tanpa seragam ketika mereka kuliah.

Jika kita melihat di film-film barat sekolah tidak menggunakan seragam, namun di Asia hampir semua menggunakan seragam sekolah. Menurut yang saya baca di detik.com seragam sekolah di Indonesia mulai diberlakukan sejak era orde baru.

Saat itu pemerintah memberikan peraturan untuk semua anak sekolah menggunakan seragam. Tujuan pemerintah saat itu, agar tidak adanya persaingan tidak sehat dan kesenjangan sosial selama anak-anak belajar di Sekolah. Sebab pemerintah ingin seluruh penduduk di Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang sama. Bukan seperti era penjajahan, dimana pendidikan hanya bisa dirasakan oleh kaum berada.

Ketentuan seragam sekolah secara nasional baru diberlakukan era Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef pada tahun1987-1983, melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 Tanggal 17 Maret 1982. Surat ini menjelaskan warna-warna seragam resmi untuk peserta didik di Indonesia sekaligus maknanya masing-masing.

Makna Warna Seragam Sekolah di Indonesia

Warna yang ditentukan oleh Pak mentri adalah warna putih merah untuk seragam SD, putih biru untuk seragam SMP dan putih abu-abu untuk seragam SMA. Ternyata pemilihan warna tersebut ada maknanya loooh.

Warna merah diberikan untuk anak-anak SD, karena warna merah menunjukkan warna semangat. Pemerintah berharap anak-anak SD yang baru mulai belajar, mempunyai semangat belajar yang menyala seperti menyalanya warna merah.

Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia
photo source : bekawan.com

Sementara warna biru untuk murid-murid SMP, karena warna biru mencerminkan kemandirian. Usia-usia pra remaja adalah usis dimana anak-anak diharapkan sudah bisa mandiri. Tidak lagi “disuapin” layaknya anak-anak SD.

Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia
photo source : bekawan.com

Untuk warna abu-abu ke murid SMA, mencerminkan peralihan. Yes, warna abu-abu adalah perpaduan warna hitam dan putih. Di usia remaja, usia mereka mulai memasuki dewasa muda, mereka mulai mengenal mana yang baik dan mana yang buruk (pemerintah menggambarkannya dengan hitam untuk yang buruk dan putih untuk yang baik). Memilih warna abu-abu, menandakan ketenangan. Dimana anak-anak seusia anak SMA (16 – 19 tahun) berusaha berada ditengah-tengah.

Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia
photo source : bekawan.com


Jenis-Jenis Seragam Sekolah di Indonesia

Selain warna kemeja putih, sekolah mulai memasukkan kemeja motif batik sebagai seragam sekolah, tentunya warna batik ini disesuaikan dengan motif sekolah masing-masing.

Saya tidak menemukan tahun berapa seragam batik mulai digunakan. Yang jelas era saya tahun 1980an belum ada tuh seragam batik masuk ke sekolah. Saya hanya baca dari beberapa artikel, mereka mengambil dari situs kebudayaan.kemendikbud.go.id, yang mengatakan bahwa seragam batik itu sudah ada sejak tahun 1900an. Dimana seragam batik digunakan oleh pelajar-pelajar STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) di pulau Jawa.
 
Foto Pelajar STOVIA (Photo source : Kompas.com)

Semakin kuat ketentuan harus adanya seragam batik disetiap sekolah, semenjak UNESCO resmi menetapkan bahwa batik menjadi kain tradisional Indonesia. Ya, batik bukan hanya ada di pulau Jawa saja. Tapi diseluruh Indonesia mempunyai kain corak batik masing-masing yang khas dan unik.

Dan menurut Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 50 Tahun 2022, di Indonesia terdapat 4 jenis seragam sekolah, yaitu :

1. Pakaian Seragam Nasional

Pakaian seragam nasional ini, seragam yang tadi kita bahas diatas. Seragam yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sehari-hari, yaitu:

  • Seragam SD : Kemeja putih dan celana/rok merah hati.
  • Seragam SMP : Kemeja putih dan celana/rok abu-abu.
  • Seragam SMA : Kemeja putih dan celana/rok biru dongker.

Selain itu, ada atribut yang digunakan, seperti:
  • Topi pet dan dasi sesuai warna seragam nasional.
  • Topi khusus dengan logo Tut Wuri Handayani.

2. Pakaian Seragam Pramuka

Seragam pramuka menjadi wajib digunakan. Untuk penggunaan harinya, bisa digunakan pada Hari Pramuka atau hari lain yang ditentukan oleh sekolah. Untuk atributnya mengikuti ketentuan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

3. Pakaian Khas Sekolah

Pakain khas sekolah ini merupakan pakaian khusus dari sekolah tersebut yang digunakan pada hari atau acara tertentu, sesuai dengan ketentuan pihak sekolah. Seragam khas sekolah ini memiliki ciri khas yang menunjukkan identitas sekolah tersebut. Contoh : batik sekolah, seragam olahraga, seragam ekstrakurikuler, dll.

4. Pakaian Adat

Indonesia memiliki beberapa hari besar nasional, pada hari-hari besar nasional tersebut, biasanya menggunakan pakaian-pakaian adat sesuai adat dan budaya setempat.

Ketentuan menggunakan pakaian adat ini ditentukan oleh sekolah masing-masing. Baik dari jenis pakaian adatnya, hingga atribut pakaian tersebut. Tentunya sudah sesuai kesepakatan antara pihak sekolah dan orangtua murid. Agar tidak menjadi beban atau ketentuan sepihak.

Tujuan Seragam Sekolah di Indonesia

Diawal sempat dibahas tujuan pemerintah mewajibkan murid-murid untuk menggunakan seragam sekolah. Namun selain untuk menghindari kesenjangan sosial, ada beberapa tujuan pemerintah untuk mewajibkan seragam sekolah, yaitu :

  • Menanamkan rasa persatuan dan kesamaan di antara siswa.
  • Meningkatkan disiplin dan etika dalam berpakaian.
  • Membangun identitas sekolah.
  • Mempermudah pengawasan terhadap siswa.
  • Menjaga keamanan dan ketertiban sekolah.

Bagaimana? Sekarang sudah mengenal jenis-jenis seragam sekolah di Indonesia kan? Untuk pembeliannya seragam sekolah di Indonesia, khususnya yang seragam negeri, cukup datang ke toko-toko pakaian yang ada di pasar tradisional atau di Mal atau pusat perbelanjaan. Bisa juga kita mencarinya di marketplace. Itu untuk yang sekolah di sekolah negeri yaa.. kalau sekolah swasta, biasanya sudah disiapkan langsung dari pihak sekolah.

Nah, buat para orangtua, saatnya kita hunting seragam sekolah untuk anak-anak kita nih. Selamat belanja!


Wassalam


6 comments

  1. Dengan seragam sekolah tidak terlihat kesenjangan antara siswa. Wah ternyata ada maknanya setiap warna ya, btw soal pakaian adat sebenarnya gak berat cari yang simpel yang menunjukkan ciri khas daerah, kalo di riau pakainya baju kurung melayu polos...biasa..

    ReplyDelete
  2. Anak-anakku termasuk lumayan awet seragamnya, beli baru karena sdh kekecilan aja seragamnya, hihi. Di sekolah anakku kebetulan ga mewajibkan pake baju adat, jadi bersyukur ga usah repot2 beli, tapi ada seragam identitas khas sekolah aja

    ReplyDelete
  3. nah kenapa ya seragam anak jaman now tuh kualitasnya gak sebagus jaman aku sekolah dulu, masih menjadi misteri

    ReplyDelete
  4. Eh aku penasaran tiap kata seragam ada gambar lupnya, gimana itu mbak Ade?
    Kalau dulu seragam SD ya putih merah. Sekarang ini makin macem-macem terutama sekolah swasta ada yang pakai rompi, jadi lebih casual. Seragam jadi identitas sekolah tersebut, lebih mudah mengenalinya.

    ReplyDelete
  5. Nah, iya tujuan dibuat pakaian berseragam baik ya. Mencerminkan kesetaraan, terlihat lebih kompak dan belajar disiplin mengenakan seragam yang sudah ditentukan. Aku seneng sih, ada seragam batik di sekolah. Sejak aku SD sudah mulai ada baju batik.
    Semangat hunting seragam sekolah, have a great day 😇

    ReplyDelete
  6. Kalau dipikirkan, keberadaan seragam sekolah lebih memudahkan untuk orangtua karena gak terus beli. Dan untuk si anak terasa adanya kebersamaan tanpa ada perbedaan status

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^