Cobain Mortgage Calculator Money Game Dulu, Sebelum Kita Keluar Negeri

Tuesday, August 29, 2023

Pernah nggak sih ketika kita jalan-jalan ke luar negeri, trus kita beli sesuatu, kita susah itung uang kembalian. Takut keliatan nggak taunya, itu uang kembalian pastikita langsung masukin ke dompet kan? Tanpa menghitung lagi. Jujur... saya tuh begitu, pas saya jalan-jalan ke negara tetangga. Tapi sekarang mah kayaknya bakalan cepet nih. Soalnya saya sudah latihan dulu di Mortgage Calculator Money Games. Latihannya gimana? Baca terus yaa tulisan saya!

Mortgage Calculator Money Games


Bismillahirrahmanirrahiim, Cobain Mortgage Calculator Money Game Dulu, Sebelum Kita Keluar Negeri

Jalan-jalan keluar negeri... cakeeep.. eh bukan.. bukan lagi pantun. Saya lagi mau cerita. Jalan keluar negeri pasti nggak akan jauh dari yang namanya belanja. Minimal beli oleh-oleh kan buat orang di Tanah Air? Nah, kalau dah judulnya belanja.. UUD = ujung-ujungnya duit deeeh. 

Terus terang kalau belanja diluar negeri, saya selalu ajak Pak Suami. Dia yang bagian ngitungin uangnya.. hahaha.. soalnya saya suka keder. Diluar negeri uang sen itu kan masih ada, sedangkan dikita sudah nggak ada lagi. Uang kita paling kecil ratusan. Sementara disana masih ada 1 sen. 

Mortgage Calculator Money Games

Nah, saya suka keder tuh kalau ngitungin barang yang harganya ada koma-komanya, misal $2,15. Kedernya kalau sudah di kasir deh tuh. Demi pencitraan, biar nggak keliatan oon-nya. Saya selalu kasih uang besar. Misal harganya $2,15 saya kasihnya $5 atau 3 lembar $1. Trus kembaliannya langsung masukin dompet, percaya-percaya aja dah... xixixi...paling kalau kebetulan dapat yang nakal, ilang 2 - 5 sen aja. Biar dah mungkin itu udah rejeki dia.

Sekarang kalau diajakin keluar negeri lagi, insya Allah udah bisa daah.. soalnya saya latihan di Mortgage Calculator Money Games. 

Mengenal Mortgage Calculator Money Games

Pertama kali kenal dengan Mortgage Calculator itu taunya website untuk menghitung hipotek keuangan properti. Saya pernah menulisnya di blog ini yang judul tulisannya Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Pasca Pandemik. Dan kemarin saat saya iseng blogwalking, saya melihat beberapa teman membahas soal Mortgage Calcuator Money Games. Saya klik deh, Ternyata isinya games semua.

Mortgage Calculator Money Games

Varian Permainan di Mortgage Calculator Money Games

Ada banyak macam games disana. Kebanyakan tentang strategi dan keuangan. Sesuai dengan judul websitenya ya. Berikut kategori permainannya :
  • Game Real Estat : Games ini tentang membeli dan menjual properti, membuat kota LEGO berkembang, dan membersihkan kekacauan atau kuman. Kita juga dapat membangun bangunan yang stabil, atau menggunakan dinamit untuk meledakkan bangunan.
  • Money Games: adalah games menghitung uang dan memberikan kembalian. Permainan ini merupakan cara yang menyenangkan untuk berlatih penjumlahan, pengurangan, dan perkalian sambil juga belajar tentang nilai mata uang.
  • Permainan Mata Uang Kripto: Berupa permainan pengantar spekulasi dan gelembung keuangan yang mudah dipahami. Permainannya menampilkan Bitcoin dan tulip modern - NFT.
  • Game Simulasi Pertanian: Games dimana kita menumbuhkan pertanian virtual, atau membangun bisnis berbasis pertanian.
  • Permainan Toko Kelontong : Ini permainan menjalankan supermarket dan menyimpan persediaan barang.
  • Game Simulasi Restoran : Games ini buat kita yang suka dengan bisnis makanan, dimana kita menjalankan kedai kopi, kedai burger, atau pizzaria.
  • Game Simulasi Bisnis: Nah kalau ini permainan membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi penguasa perusahaan.
  • Game Pengembangan Perangkat Lunak : Disini permainannya mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean serta cara perangkat lunak dibuat dan diuji, serta game idle clicker yang berfokus pada membangun bisnis startup yang sukses.
  • Game Politik Kantor : Untuk yang bercita-cita jadi politikus, games ini merupakan game clicker ragdoll yang unik dapat digunakan untuk menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik & pembangunan tim, dan pejuang tanpa akhir
  • Permainan Lingkungan : Buat pencinta lingkungan bisa main games yang merupakan games daur ulang, energi hijau, dan pengelolaan sumber daya.
  • Dan games lainnya

Permainan Nilai Mata Uang di Mortgage Calculator Money Games

Nah, mainan yang saya bilang melatih saya untuk menghitung uang dengan nilai uang dollar itu ada di Mortgage Calculator Money Games, kategori Money Games. Ada 3 Games yang saya suka mainkan, yaitu :

1. Cashier Simulator

Games ini merupakan permainan dimana kita menjadi seorang kasis. Pemain diminta mengoperasikan mesin kasir di toko kelontong. Nilai mata uang yang dipakai hanya 2, yaitu US dollar dan Poundsterling. 

Cara bermainnya mudah. Kita cukup melihat setiap item yang dibeli pelanggan. dan kita menghitungnya sesuai dengan harga yang tertera dengan mesin kasir. Namun ada juga dengan cara di scan barcode. 

Setelah dijumlah, pelanggan akan memberikan uang dan kita menghitung kembaliannya.Jika sudah benar kembaliannya, maka pelanggan akan diberikan struk belanja.

Selain menggunakan uang cash, ada pelanggan yang juga menggunakan kartu kredit. Kartu kreditnya juga ada 2 macam, kartu kredit yang pakai pin dan ada yang tanpa pin. 

Tidak usah khawatir kita salah bermainnya, karena setiap instruksi ada petunjuknya, tinggal menjalankan petunjuk yang diarahkan dari games.

Mortgage Calculator Money Games

2. Cash Back

adalah permainan dimana pemain memberi pelanggan uang kembalian yang benar menggunakan uang kertas dan koin.

Dalam permainan ini kita diberikan tayangan tutorialnya, jadi kita bisa pelajari dulu cara bermainnya. Jika sudah paham kita bisa langsung bermain.

Di games Cash Back ini, kita akan diberikan soal cerita matemetika tentang jual beli. Lalu kita diminta untuk memberikan kembaliannya dengan nilai mata uang yang ada dilayar. Nilai uang kembaliannya sudah dijawab juga dalam soal. Kita hanya memberikan kembalian dengan lembar uang yang mana.

Pada permainan ini ada 3 tingkatan bermain, easy medium dan hard. Tentunya soal yang diberikan sesuai tingkat kesulitan bermain ya. 

Mortgage Calculator Money Games

Dua permainan diatas bolak balik saya mainkan. Serius awal-awal keder sama uang sennya, tapi lama-lama jadi terbiasa. Dan ready nih diajak jalan-jalan lagi plus nggak pencitraan lagi.. xixixixi...

Nah, buat teman-teman yang punya masalah menghitung uang seperti saya, kayaknya wajib cobain Mortgage calculator Money Games ini dulu, sebelum berangkat keluar negeri. Selamat Mencoba! ^_^

Wassalam

28 comments

  1. Banyak juga variasi permainannya ya mbak. Lumayan untuk mengusir rasa jenuh nih, bisa saya mainkan pas istirahat di kantor

    ReplyDelete
  2. Ini aku banget loh mba, males itung uang receh pas ke LN 🤣🤣.

    Apalagi ada beberapa negara yg uang recehnya mirip, atau bahkan angkanya itu keciiiiik. Malah ada yg pake aksara angka lain, ini cthnya arab sih hahahahha. Lah kan makin keder ngitungnya.

    Jadi sejujurnya, aku cuma itung uang gedenya aja, kembalian sen, biarlah akh oercaya ama seller. Kalo mereka boong, mereka yg dosa 😂. Padahal dulu aku terbiasa ngitungin uang begini, lah kan basic ku sebagai teller di bank. Dan dulu kerjanya di HSBC yg mana mata uangnya ada 11 curency, itu ada semua uangnya. Jadi aku terbiasa ngeliat uang kertas dari 11 currency itu. Tapi ga ada koinnya, Krn koin asing ga diterima kalo di sini. Jadi kalo ada kembalian koin, itu harus tellrnya ubah ke IDR. Lebih rumit 🤣.

    Masalahnya praktek di lapangan pas ke LN beda lagi 😄. Beneran pake koin, mana koinnya suka aneh2, dan ga jelas. Jadi aku ga tertarik ngitungin 😂. Malah dulu sempet salah, antara koin 100 sen jepang Ama 100 sen Korsel. Pas di Korsel aku kshnya 100 sen jepang 😅. Tapi kasirnya langsung tahu itu bukan uang korea . Akhirnya aku tumpahin aja recehanku , aku suruh dia ambil sendiri berapa senn yg dibutuhkan 😄. Ceritanya aku mau kosongin uang receh waktu itu

    Mungkin aku mau refresh lagi utk main games gini, biar ga keder Ama duit receh asing 😄🤧

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah nah.. ada temen... wkwkwkwk... saya baru ketemu 4 nilai mata uang aja dah keder... wkwkwk.. Emang di Arab yang bentuk mata uangnya beda-beda.. sama kayak di thailand juga, Mba. itu beda-beda 1 nilainya

      Delete
  3. Aku udah cobain juga permainan ini. Ada yang gampang banget, ada yang lumayan susah. Bisa buat healing sejenak setelah ngerjain deadline wkwk.

    ReplyDelete
  4. Apakah ini monopoli versi terkini dan lebih upgrade? Mana udah ada main crypto segala, kekinian banget nih, haha. Curiga kalo main di awal2 aku juga bisa keder nih, apalagi berhubungan sama ngitung2 duit.

    ReplyDelete
  5. Seru banget ini gamenya, apalagi buat anak-anak, beneran jadi sekalian belajar ya mak mereka. :D

    ReplyDelete
  6. Bisa latihan dulu disitu ya mba. Ngitung uang emang enak kalau rupiah atau dollar kali ya. 😆 gamesnya banyak banget pilihannya. Aku main jg tapi bukan yg uang soalnya lieur kalau aku mbaa

    ReplyDelete
  7. Ayo belajar hitung dari game biar pas praktek langsung bisa dan gak grogi

    ReplyDelete
  8. keren amat ya zaman sekarang, banyak permainan yang unik-unik, aku dulu kynya jarang main game deh, jadi kurang update game dr masa ke masa, kalau suamiku tuh suka ngegame jadi kynya cepet paham kalau ada game2 baru. Aduh aku mah dulu sukanya main onet di PC, wkwkwkw

    ReplyDelete
  9. Saya juga udah nyobain beberapa game yang ada di Mortgage Calculator Money ini. Ada beberapa game yang butuh ketelitian dan menguji kemampuan berhitung kita ya...
    Ya, lumayan jadi mikir dikit hehehe

    ReplyDelete
  10. aih seru bisa main money game dulu sebelum beneran belanja di luar negeri. iya bener, pasrah aja kalo belanja di luar negeri dulu ga pernah itung kembalian. malah duit koin yg banyak numpuk jadi koleksi ga jelas :D

    ReplyDelete
  11. aku main game cash back juga, hahaha yang ini tapi pilih yang level easy supaya gampang ngitungnya.
    nah di cashier simulator kan pakai sen, langsung ku skip, hahaha
    aku pun bingung kalau udah ketemu sen, koinnya kecil, angkanya kecil, suka ketuker-tuker gitu.

    ReplyDelete
  12. Saya tahunya mortage calculator tuh juga alat bantu ngitung keuangan, ternyata ada banyak gamenya juga. Eh tapi tetap, gamenya berhubungan dengan keuangan ya

    ReplyDelete
  13. Wah selain bisa latihan menghitung kembalian uang di luar negeri, MORTGAGE CALCULATOR MONEY GAME ini ternyata bisa latihan money game yang lain juga ya. Nah investasi kripto sedang marak. Saya yang tidak tahu sama sekali mata uang digital ini, bisa ikut latihan di sini biah melek. Siapa tahu nanti juga bisa ikutan investasi kripto benaran hahaha

    ReplyDelete
  14. Oalah ternyata bermanfaat juga ya game yang sering dimainin anak anak buat kita nih, bener banget aku aja sering keliru kadang ngitung kembalian pakai uang rupiah aja apalagi mesti pakai uang negara lain haha bisa bisa kena tipu terus deh

    ReplyDelete
  15. boleh juga niihh. karena sarat faedah bgt yak.
    buat ajarkan financial plan tipis tipis ke para bocah bisa juga lho yaaa.

    ReplyDelete
  16. permainan sekarang memang sesuai dengan kenyataan yang ada ya, mbak. termasuk kesulitan-kesulitan yang dialami

    ReplyDelete
  17. hehe jadi ingat katanya Indonesia ini salah satu negara yang mata uangnya gede banget. jadi pas orang lihat di rekening kita uang puluhan juta dikira kaya banget padahal kalau dibanding kurs negara mereka kecil banget nilainya. hihi

    ReplyDelete
  18. Wah, kok asik gink game nya
    Anak anak jadi belajar tentang uang sambil main game ya mbak

    ReplyDelete
  19. ini mah game-nya gak hanya seru tapi sekaligus memberikan edukasi terkait literasi keuangan ya

    ReplyDelete
  20. Koin-koin kecil kalau di LN suka aku manfaatin buat jajan di vending machine mbak, tapi tergantung juga sih. Terus ini melihat beberapa permainan mortgage simulatornya lumayan juga ya, kalau untuk anak-anak jadi bisa sekalian untuk belajara juga.

    ReplyDelete
  21. Kreatif banget ini game-nya, bisa main duit-duitan (eeeehhh). Ok, aku latihan dulu main Mortgage Calculator Money biar lancar acara belanjaku di luar negeri, nggak keder lagi sama uang kembalian.

    ReplyDelete
  22. Mortgage calculator sangat ngebantu emak2 yang sudah banyak pikiran bisa2 itung2an salah...aku kalau ke LN mak receh2 aku kluarin kalau mau bayar biar si kasir ambil pilih sendiri saking puyeng aku...

    Di jepang sekarang ada mesin penghitung uang receh jadi kalau mau byr pake receh langsung masukin mesin tar muncul.di.layar total nominal uangnya yg masuk mesin.

    ReplyDelete
  23. Ada permainan gamesnya juga berati lengkap y aplikasi Mortgage Calculator Money Game kemarin sih baca2 juga buat ngatur cash flow gitu , sipp jadi penasaran aku mau tau lebih lengkap juga sebelum keluar negeri

    ReplyDelete
  24. Banyak sekali ya keuntungan dari Mortgage Calculator Money ya,De. Cuma di Indonesia (sepertinya) hitungan belanjaannya bulat. Kalau diluar'kan pake koma, ada pecahan recehannya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  25. Oh..iyaya, bekelnya biar teliti dan gak keder kudu belajar di Mortgage Calculator Money Games. Rasanya aku dulu ke Jepang serba ketakutan mo belanja apa-apa. Mau kereta aja takut.. karena nominalnya belibet. Huhuuhu, memang dasarknya ga suka angka, jadi rada-rada alergi kalok ada buntutnya.

    ReplyDelete
  26. Lucu amat ya ada game jadi kasir, membantu kita jadi lebih teliti dan fokus ya game ini seru jugaa

    ReplyDelete
  27. Huaah, jadi ini game isinya seputar keuangan semua ya mak. Bisa sekalian mengenalkan edukasi keuangan buat anak-anak ini mah. Seru-seru kayanya. Pengen liat liat ah, terus nanti tawarin anak juga, siapa tau mereka tertarik main, hehe

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^