Rekomendasi Semen Ramah Lingkungan

Saturday, April 1, 2023

Sudah pernah denger semen ramah lingkungan? Buat yang belum, kalian tidak sendiri.. Xixixi.. Saya salah satu yang belum pernah dengar. Tapi kali ini saya akan menulis tentang semen ramah lingkungan. Tentu saja sesuai judul saya juga akan memberikan rekomendasi semen ramah lingkungan dalam tulisan ini. So, cekidot!

Rekomendasi semen ramah lingkungan
Bismillahirrahmanirrahiim, Rekomendasi Semen Ramah Lingkungan.
Menjaga kelestarian lingkungan memang menjadi tugas kita masing-masing ya. Dan hal tersebut suatu kewajiban a.k.a harus. Karena efek pencemaran lingkungan bisa mempengaruhi kesehatan bahkan perekonomian suatu wilayah.

Dengan banyaknya kesadaran manusia untuk menjaga kesehatan lingkungan, membuat beberapa produsen suatu barang berinovasi untuk memproduksi produk yang ramah lingkungan. Termasuk salah satunya pada sektor properti. Di bidang properti sudah banyak bahan-bahan bangunan yang diproduksi ramah lingkungan. Salah satunya adalah semen ramah lingkungan.

Apa sih yang membuat semen itu wajib ramah lingkungan?

Seperti yang kita ketahui ya, bahwa sekarang ini sudah masuk era pemanasan global. Pemanasan global dipicu karena berlebihnya emisi gas karbon.

Nah, pada proses pembuatan semen sebagai bahan utama material bangunan, baik itu untuk bangunan rumah ataupun jalan beton, emisi gas karbon dihasilkan mencapai 5% dari total secara global. Angka tersebut sudah sangat besar.

Gas karbon pada semen itu berasal dari beberapa proses. Mulai dari proses penambangan batu kapur sebagai bahan semen, hingga proses distribusinya.

Proses pembuatan semen itu membutuhkan air yang sangat banyak dan suhu yang sangat panas juga. Itu sebabnya emisi karbon dan penggunaan air dalam membuat semen sangatlah banyak.

Proses pembuatan semen yang panjang dan banyak menggunakan karbon ini menjadi kontributor utama kerusakan lingkungan.

Itu sebabnya kini banyak produsen semen berusaha untun membuat semen ramah lingkungan.

semen ramah lingkungan

Apa saja yang bisa mengurangi penggunakan karbon pada produksi semen?

Ada 3 hal yang bisa dilakukan dalam pembuatan semen agar semen menjadi semen ramah lingkungan

  1. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil pada proses penambangan dan pencampuran.
  2. Proses pemanasan atau kalsinasi bisa dikurangi dengan mengurangi jumlah kapur serta menyesuaikan resep pembuatan semen agar emisi karbon yang dihasilkan lebih sedikit.
  3. Menggunakan capture and storage (CSS) untuk menangkap gas karbon yang dihasilkan saat proses pembuatan semen.

Apakah semen ramah lingkungan memiliki kualitas yang sama dengan semen konvensional?

Berdasarkan hasil googling yang saya baca, menurut para ahli peneliti menyatakan bahwa hasil yang didapat dari penggunaan semen ramah lingkungan adalah positif.

Hasil positif tersebut berdasarkan pengujian pada kekuatan dan daya tahan semen tersebut. Ditemukan bahwa semen ramah lingkungan, memiliki karakteristik kekuatan dan daya tahan yang baik.Seperti yang Anda ketahui, bahwa pemanasan global dipicu oleh emisi gas karbon yang berlebih.

Rekomendasi Semen Ramah Lingkungan

Sebenarnya ada banyak semen terbaik yang sering digunakan untuk membangun di Indonesia ini. Di rumah saya ada 3 semen rekomendasi dari tukang yang biasa dipakai untuk membangun, namun masuk rekomendasi semen ramah lingkungan, yaitu :

Semen Dynamix

Semen Dynamix Serba Guna adalah produk inovatif dari SIG dengan Micro Filler Particle, butiran mineral mikro yang halus, mampu mengisi rongga dengan sempurna, memberikan kekuatan dari dalam, sehingga hasil akhir kuat dan permukaan halus.

Semen Gresik

Semen Gresik adalah merk semen terbaik berikutnya yang ramah lingkungan. Kualitas dari semen Gresik terbukti kokoh dan andal untuk setiap bangunan. Hal tersebut terbukti dari penggunaan semen Gresik dalam pembangunan berbagai landmark dan struktur monumental. Semen Gresik juga sudah mengantongi sertifikasi ISO 14001 sebagai tanda produk semen tersebut yang ramah lingkungan.

Semen SCG PCC 50 kg

Salah satu produksi semen yang ramah lingkungan lainnya adalah semen SCG PCC 50 kg. Tujuan SCG dalam melaksanakan ESG 4 Plus adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, konsumsi energi, dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebih serta merangkul kolaborasi dengan banyak pihak yang terkait.

Rekomendasi semen ramah lingkungan


Kelebihan Semen SCG PCC 50 kg

Beberapa kelebihan pada semen SCG adalah memiliki daya ikat kuat dan rendah penyusutan. Semen SCG PCC 50 kg kuat dan tahan lama jika digunakan untuk pemasangan batu bata, plesteran, acian dinding, serta aplikasi beton.

Inovasi formula terbaru dari Semen SCG PCC 50 kg membuat dinding dapat mencapai kekeringan pada waktu yang tepat sehingga menghemat waktu pengerjaan dan biaya konstruksi.

Formula khusus pada semen SCG juga membuat tekstur semen lebih halus dan menambah daya rekat sehingga lebih mudah diaplikasikan, menghasilkan dinding yang halus, kuat sekaligus indah.

Rekomendasi semen ramah lingkungan


Nah, sekarang sudah paham kan apa itu semen ramah lingkungan? Semoga bisa jadi informasi bermanfaat ya

Wassalam

18 comments

  1. aku juga baru tau mbak ada semen ramah lingkungan, aku kira selama ini yang namanya semen ya itu-itu aja
    Kalau semen Gresik, udah ga asing lagi, mungkin karena aku tinggal di Pulau Jawa
    Beli semen kalau bisa juga nggak ngasal ya mbak, kita harus tau kelebihan produk itu, pastinya kita pengen bangunan jadi lebih kokoh berdiri

    ReplyDelete
  2. Teknologi pabrikasi makin modern ya, sampai bisa membuatnya jadi ramah lingkungan. Berarti pabrik baru yang didesain sedemikian rupa. hasilnya juga bisa lebih baik. Soal harga, selisihnya banyak ga ya?

    ReplyDelete
  3. Di toko itu yang paling laris adalah semen Dynamix terus disusul semen gresik. Hehe, padahal jualan ya, tapi baru tahu kalau ternyata ini tuh semen ramah lingkungan 🙈

    ReplyDelete
  4. banyaakk bgt kelebihan klo kita pilih semen yg ramah lingkungan yah.

    yg jelas, ikut berperan utk kelestarian planet bumi ya mba

    ReplyDelete
  5. Terobosan yang bagus ya ini. Semen ramah lingkungan supaya bumi tetap terjaga. Kalau mau bangun rumah, lebih baik pake semen ini.

    ReplyDelete
  6. Waah aku baru tau mbak ada semen ramah lingkungan dari artikel ini. Bagus ya inovasi semen gresik untuk mengeluarkan semen SGC yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  7. Aku selama berarti enggak pakai semen ramah lingkungan nih. Tapi karena kita sama, mbak. Baru tau. Hihihi. Next coba cari SGC deeeh

    ReplyDelete
  8. Informatif sekali bun, emang ya sekarang kalau bisa beralih ke yang ramah lingkungan supaya alam terjaga dengan baik,.untuk keberlangsungan anak cucu nanti. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. Wah, jadi tahu ya mengenai semen yang ramah lingkungan saat bikin rumah aku nggak mau tahu soal bahan bangunan setelah baca ini perlu juga nih mengetahui tentang semen

    ReplyDelete
  10. Sudah waktunya kita beralih ke berbagai produk ramah lingkungan nih. Salah satunya dengan menggunakan semen ramah lingkungan ini. Kalau enggak dimulai dari pilihan hidup kita masing2 gini, mau kapan lagi ye kaan kita punya kontribusi untuk mengurangi beban bumi.

    ReplyDelete
  11. di tempat saya banyak yang jual semen merek ini mba Ade, katanya bagus dan katanya kalau buat lapisan sebelum cat itu bagus kayak langsung nempel gitu catnya katanya, ternyata memang punya tekstur halus dan cepat merekat ya Mba Ade, bisa jadi rekomendasi buat rumah kalau nanti bangun lagi

    ReplyDelete
  12. ternyata ada yaa semen yang ramah lingkungan. nanti kalo bangun rumahku, saya mau pakai semen yang ramah lingkungan ini ahh

    ReplyDelete
  13. Noted banget ini buat rekomendasi kalau next mau renov rumah lagi, jadi lingkungan tetap aman ya dengan penggunaan semen ini

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat kasus pabrik semen. Emang lumayan parah buat lingkungan sekitar. Kalau ada yang ramah kaya gini, jadi lebih tenang ya saat bikin bangunan. Yang Semen SCG ini nih yang masih agak asing dipakai di daerahku

    ReplyDelete
  15. yeaayy, produsen semen pun sekarang sudah menerapkan untuk membuat semen ramah lingkungan ya, artinya sudah semakin banyak dan meluas yang care pada lingkungan ini, semoga inovasi ini bisa diikuti juga oleh produsen lain tanpa mengurangi kualitas tentunya. Masyarakat pun juga harus semakin sadar untuk memilih barang atau produk yang ramah lingkungan ya.

    ReplyDelete
  16. wah makasih infonya umi Ade, aku juga baru tahu lho ada semen yang ramah lingkungan. Yah secara saya gak begitu ngeh sama bahan bahan bangunan kayak begini. biasanya cuma tahu udah jadi aja nih bangunan. selain ramah lingkungan juga lebih bagus ya dibandingkan semen lainnya. thanks rekoemndasinya

    ReplyDelete
  17. Tahunya selama ini semen untuk membangun rumah tapi tidak tahu ada yang lebih spesifik semen yang ramah lingkungan

    ReplyDelete
  18. Dulu diriku ngiranya semen itu lebih ke kualitas awetnya aja. Ternyata berpengaruh juga dg ramah lingkungan ya

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^