Jenis Blog yang Bisa Menghasilkan Uang

Sejak tahun 2009 saya sudah mulai aktif menulis di blog. Dulu saya tidak punya pikiran blog akan menghasilkan uang. Saat itu yang tepikir oleh saya adalah menyalurkan hobi nulis saya saja. Tidak menyangka kini dari blog kita bisa mendapatkan cuan lumayan loh. Nah, tulisan saya kali ini adalah tentang jenis blog yang bisa menghasilkan uang tuh apa saja ya? Yuk, lanjut baca! 

Jenis Blog yang Menghasilkan Uang

Bismillahirahmanirrahim, Jenis Blog yang Bisa Menghasilkan Uang. 


Sebelum saya menulis tentang jenis blog yang menghasilkan uang  saya bercerita sedikit sejarah saya menjadi seorang blogger. 

Menjadi seorang blogger itu sama sekali tidak terlintas sedikit pun dalam benak saya. Saya dulu buat blog semata-mata hanya untuk memenuhi kewajiban saya sebagai seorang guru. Ya, saya guru TIK SD dari tahun 2001.


Di tahun 2009, saya diminta untuk mengajarkan blog kepada murid-murid saya yang kelas 6 SD. Saat itu blog memang sedang naik, karena boomingnya blog Raditia Dika. Otomatis doong mau tak mau saya harus pelajari materi ajar saya.


Dan alhamdulillah saya senang sekali, karena ternyata blog itu bisa membuat saya menyalurkan hobi nulis saya. Maka, sejak saat itu saya mulai isi blog saya dengan tulisan-tulisan bermanfaat setiap harinya.. Iya lah yaa namanya juga jadi materi ajar, sudah pasti akan dibaca bocah.


Jadi pilihan tulisan pun tidak panjang, tapi bermanfaat dan mudah di cerna anak usia 11-12 tahun. 


Sebenarnya sih sejak 2009 buat saya blog sudah menghasilkan uang, karena dari tulisan-tulisan blog lah saya bisa lulus langsung tanpa pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi guru. 


Namun saya baru benar-benar merasakan blog yang bisa menghasilkan uang sejak saya resign jadi guru di tahun 2016. Dimana saya pertama kali ikut acara dari Nestle yang saya dapat dari Komunitas Emak Blogger (KEB). 


Tulisan blog yang menghasilkan uang adalah Serunya Acara Demo Kreasi MPASI Bernutrisi dari Cerelac. Sejak itulah saya bisa menabung dari hasil menulia di blog, bahkan blogger jadi profesi baru saya. 

Seiring jalannya waktu saya semakin paham jenis blog yang bisa menghasilkan uang, yaitu :


1. Blog Review

Blog review adalah blog (ambil dr slide). Biasanya menulis review produk saya dapatkan dari komunitas atau dari brandnya langsung. 


Disini saya menulis review blog secara detail, mulai dari isi produk, proses pembuatan, bahkan detail perusahaan yang membuuatnya. Begitu juga kalau ada acara-acara yang akan atau sedg<ang dilaksanakan oleh brand.

Jenis blog yang menghasilkan uang


2. Blog Adsense

Setelah beberapa kali ikut acara dari brand dan mereview produknya, saya diajak oleh teman untuk mendaftarkan blog saya ke google adsense. 

Blog adsense itu sendiri adalah blog yang digunakan sebagai tempat meletakkan iklan dari google. 

Dengan rajin menulis dan memainkan SEO (Search Engine Optimation) blog saya pun perlahan berubah menjadi blog yang mengahasilkan uang dari hasil klik iklan dari google yang ditempatkan di blog saya. Jadi blog saya macam billboard iklan dimana google memilih iklan yang pas dengan niche tulisan blog saya.

Jenis blog yang mengahasilkan uang


3. Blog Content Placement

Blog yang bisa menghasilkan uang ketiga adalah dari content placment. Content placement ini adalah menitipkan tulisan yang sudah dibuat oleh brand, tentunya dengan menyisipkan link mereka di blog kita. Jadi bisa dibilang brand menyewa blog kita sebagai salah satu blog yang bisa mereka gunakan sebagai tempat berjualan produk mereka. 

Jenis blog yang mengahasilkan uang


4. Blog Lomba 

Sejak makin maraknya digital marketing lewat blog, banyak brand yang menawarkan lomba blog sebagai salah satu alat mempromosikan produknya. Jika menang lumayan banget kita bisa mendapatkan hadiah baik itu berupa cash ataupun produk mereka sendiri. 

Jenis blog yang mengahasilkan uang


5. Blog Affiliate

Nah, untuk blog yang bisa menghasilkan uang salah satunya adalah affiliasi. Dimana kita bekerja sama dengan brand dalam penjualan. Jika ada yang membeli krn dapat info dari blog kita, maka kita bisa mendapatkan fee marketing dari penjualan tersebut. 

Jenis blog yang mengahasilkan uang



Itulah kelima jenis blog yang bisa menghasilkan uang selama saya menjadi blogger. Tapi kalau disuruh fokus, untuk memilih salah satunya, saya memilih sebagai blogger review produk, karena dari jenis blog itulah saya mendapatkan uang yang bisa ditabung. Bukan cuma uabg tapi juga produknya. 


Nah, jika teman-teman sudah mempunyai blog, kira-kira mau fokus ke jenis blog mana yang bisa menghasilkan uang? 


Ditunggu dikomentarnya ya! ^_^



Wassalam









36 comments

  1. blog aku yg belum itu, affiliate sama adsense :)

    ReplyDelete
  2. Iya gak nyangka yah, aku mulai nulis di blog tahun 2009. Awalnya sekedar hobi nulis yg ingin disalurkan, makin kesini mendapatkan manfaat lebih. Cuma masih penasaran ama adsensešŸ˜

    ReplyDelete
  3. Hai Bu guru Ade,ini Dennise.Baru tau loh kalau backgroundnya guru.Keren euy! Aku selalu hormat dan salut dengan guru karena sabarnya itu loh dalam mengajar. Dapat pencerahan nih aku blog www.dennisesihombing.com baru 40 hari umurnya belum bisa ya daftar ke Blog Adsense?

    ReplyDelete
  4. Pengen blog adsesnse tapi belum bisa. Sedih juga tapi mau gimana lagi. Sementara berusaha untuk review ama kalau bisa ya pas ikutin lomba. Sapa tahu nyantol dan dapat rejeki :)

    ReplyDelete
  5. Saya pribadi belum pernah mencoba afiliasi sih. Dan kalau AdSense cuma 1 blog yang baru lolos. Kalau review tempat biasanya saya tulis organik

    ReplyDelete
  6. Blog AdSense ni yg belum aku icip, wkwk gagal melulu settingannya, ga ngerti kenapa, udah diotak-atik juga masih belum muncul iklannya

    ReplyDelete
  7. Wah, makasi infonya. sangat mencerahkan bgt bagi yg bergelut di bidang dunia perbloggeran nih.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah,
    Kak Ade seneng banget kalau blognya bisa produktif menghasilkan yaa.. Paling engga, hobi yang ditekuni bisa menjadi pundi-pundi rupiah yang bisa diandalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hu uh alhamdulillah, bukan sekedar menyalurkan hobi saja ya, Len

      Delete
  9. Yang belum pernah aku terapkan yang point akhir deh, berapa kali ditawarin aku belum tertarik aja. Tapi jadi pengen coba sih, dan yang lomba huhuhuhu udah lama gak lomba

    ReplyDelete
  10. Sekarang memang banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog ya, Mbak. Saya mengamati banyak blog teman-teman yang selain ada review produk juga pasang adsense, menerima content placement dan punya link afiliasi. Yang penting blognya dirawat dengan baik supaya bisa menghasilkan cuan.

    ReplyDelete
  11. banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog ya mba.. saya sudah jalani semua kecuali afiliasi. Walaupun lomba jarang banget ikut tapi beberapa kali ikut dan hasilnya lumayan jutaan rupiah. Saat ini adsense juga sudah semangat transfer ke rekening hehehe. Ayooo semangat semua ngeblognyaaa

    ReplyDelete
  12. Mbak Ade, itu link blog Nestle KEB-nya belum dimasukkan ke artikel.
    Setuju, blog bisa menghasilkan uang dan tinggal pilih saja mau pakai jalan yang mana.
    Lengkap penjelasannya, Mbak. Keren, sudah 10 tahun ngeblog berarti ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk... iyo lali.. dah saya masukin tuh.. ma kasih remindernya ya

      Delete
  13. ternyata banyak banget yaa macam macam jenis blog yang bisa menghasilkan uang. sekarang jadi tau deh setelah baca ini. makasih ya mbak informasinyaaa semangat terus untuk kedepannya

    ReplyDelete
  14. Kecuali yang adsense dan affiliate karena dua itu saya tidak menggunakannya. Biar blog bersih dan diharapkan yang baca nyaman. Soalnya pengalaman sendiri kalau main ke blog orang, ada iklan itu langsung ilfil. Malas baca jadinya

    ReplyDelete
  15. Makasih banyak bu guruuu jadi tahu, bener bener newbie di dunia blog saya.

    Selama beberapa bulan punya blog cuma rajin nulis pengalaman pribadi saja sama ikut lomba blog 2x.

    ReplyDelete
  16. Yang nomor lima nih aku belum berminat, berapa kali ditawarkan masih mikir-mikir. Bagus ga ya kira-kira kalau aku ambil, bagus impactnya gitu. Umi ade udah coba belum point 5 itu?

    ReplyDelete
  17. Wah keren mbak, Uda ngeblog dari dulu
    Blog memang jadi salah satu peluang dalam menghasilkan uang ya mbak
    Asal tahu caranya

    ReplyDelete
  18. Senang yaa, kak Ade.
    ketika sudah mengetahui cara memonetisasi blog, maka selalu ada cara untuk memperoleh rejeki dari buah karya yang membutuhkan riset dan mewujudkannya melalui tulisan yang bisa dinikmati pembaca. Karena masih banyak sekali yang membutuhkan review jujur berupa ulasan produk dari tulisan yang di search melalui google.

    Semoga semua buah karya juga bisa menuai pahala di akhirat, kelak.

    ReplyDelete
  19. Blog lomba dan Affiliate ini bukan blogku. Udah lama juga gak ikut lomba. Sekarang makin banyak Blogger kece sih!

    Btw, aku juga gak nyangka bisa jadi blogger. Awalnya dulu cuma ngeblog buat curhat. Sekarang udah lebih dari itu

    ReplyDelete
  20. blog content placement walau receh tapi lumayan menambah penghasilan saya, mbak. kalau adsense lama banget cairnya kecuali blognya sehari bisa 1000 pv bisa deh itu cepat cair adsensenya

    ReplyDelete
  21. mesti rutin update 3 tulisan seminggu, itu masih berat buat saya mbak. Eh tapi emang harus konsisten sih ya kalau blognya mau jadi mesin uang

    ReplyDelete
  22. Kalau di blogku selama ini dapet cuannya ya dari review produk, content placement, ditipin backlink aja, sama lomba blog (yang ini baru dikit banget sih, hehe..).
    Kalau Adsense sama affiliate belum tertarik karena PV masih minim, huhu..
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    ReplyDelete
  23. So far, saya baru dapat uang dari review aja nih, Mak.. Pengen sih adsense-nya bisa segera cair, hehe.. Walaupun memang ada beberapa yang ngga suka dengan blog yang isinya banner-banner iklan ya, kayak komen Mak Okti di atas saya. Hehe.. Tapi gimana dong, uangnya menggiurkan je, Mak..

    ReplyDelete
  24. Aku bafu tahu dari baca ini lho kalo ada og Affiliasi. Kudet banget yak. Huhu

    Aku bikin blog pertama kali 2011, tapi gak diisi. Hehe.

    ReplyDelete
  25. Pernah pakai adsense tapi entah mengapa settingnya berubah dan nggak muncul lagi, bingung juga gimana memperbaikinya haha. Sekarang lebih seringnya review dan placement aja di blogku.

    Semoga lancar-lancar terus ngeblognya ya, Mbak Ade. Sukses selalu...

    ReplyDelete
  26. Banyak yg enggak menyangka kalau Blog bisa menjadi ladang penghasilan ya, Makk. Aku lebih ke blog review aja.

    ReplyDelete
  27. Kalo blog saya dapat penghasilan dari review, konten placement gitu-gitu mba, udah pernah saya daftarkan adsense tapi ditolak. Trus saya patah hati dan ga pernah daftar adsense lagi sampe sekarang

    ReplyDelete
  28. Mba Ade, dapat sertifikasi guru itu kan berarti PNS ya? Bisa resign ya?

    Gimana ceritanya Mba Ade bisa lulus sertifikasi dengan menulis? Keren beud dah... Hihihi, aku nanya karena belum tergambar aja ini Mba Ade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sertifikasi kan buat semua guru bukan guru negeri aja. Jadi ya guru swasta juga dapat.

      Saya waktu itu angkatan kedua yang masuk sertifikasi. Masih jaman ngumpulin ijasah asli dan dijilid dan dinilai untuk penentuan masuk pelatihan atau lulus langsung. Saya masuk 7 orang guru yang lulus langsung di sekolah induk saya dari 20 orang yang dipanggil namanya untuk sertifikasi. Semua berkat menulis. Tulisan blog saya lampirkan dan dimasukkan kedalam kolom tulisan di media yang dapat poin 5, kalau dimasukkan kolom karya tulis dapat poin 3. Berhubung banyak tuh tulisan di blog yang saya print.. plus draft novel lawas saya (masih draft loh bukan udah terbit). Itu buat nilai sertifikasi saya jadi diatas 1000 poinnya... waktu itu syarat yang lulus langsung itu minimal nilainya diatas 850. Beruntung kaaan... xixixi.. Malah pas daftar assesornya bilang.. duh ini udah kayak Al Quran, tebel banget... hahaha... mgkn juga salah satu alasan saya lulus langsung karena assesornya malas nilai jilidan tebal.. hahaha

      Sekarang saya sudah lepas sertifikasinya karena saya nggak punya sekolah induk sebagai guru setelah resign.

      Delete
  29. keren banget banyak pilihan ya jadi bisa makin menambah penghasilan ya dari blog

    ReplyDelete
  30. diantara semuanya blogku masih belum masuk Afiliasi, sayanya sih yang belum ngerti untuk ini, rasanya masih kecil peluang blogku untuk berafiliasi hihih

    ReplyDelete
  31. Kalau memang harus memilih, diriku juga lebih milih review aja, Mi. Karena kan kita udah nyobain langsung ya. Tapi placement juga dulu ada beberapa. Kalau affiliate, diriku masih belum pingin :D

    ReplyDelete
  32. Alhamdullilah ya dari blog bisa mewujudkan banyak hal, nabung dll. Jadi kerjaan buat emak di rumah aja

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah banget hobi menulis di blog bisa menambah penghasilan, happy banget bisa mendokumentasi juga kegiatan anak2 dan keluarga

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^