Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus Ksatria Petir

Akhir tahun memang saatnya penerimaan semua siswa baru dr TK hingga perguruan tinggi. Begitu pun penerimaan mahasiswa baru di Kampus Ksatria Petir. Heh? Ksatria Petir? Penasaran kaaan dengan Kstria Petir itu apa? Baca sampai tuntas yaa!

penerimaan mahasiswa baru di kampus ksatria petir it pln
Bismillahirrahmanirrahiim, penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir Jika baca kata Ksatria Petir yang terlintas pertama kali apa hayo? Kalau mikirnya The Flash atau Gundala Putra Petir, berarti sama dengan saya.. xixixi… Duuuh gundalaaaa, ketauan yaaa angkatan tahun berapa saya lahir. Kebayang nggak sih kalau The Flash atau Gundala ikut penerimaan baru di kampus Ksatria Petir? Atau jangan-jangan justru mereka pengajarnya?

Memang makna Ksatria Petir dalam bahasa Indonesia itu berarti seorang yang spesial yang selalu cepat tanggap dalam menerangi dunia. Kata Ksatria itu sendiri diadopsi dari kata Knight yang artinya seorang bangsawan dan tokoh masyarakat bertugas sebagai penegak keamanan, penegak keadilan, pemimpin masyarakat, pembela kaum tertindas atau kaum lemah karena ketidakadilan dan ketidakbenaran. Sedangkan Petir adalah suatu peristiwa yang memunculkan kilatan cahaya di langit. Namun makna Ksatria Petir untuk IT PLN adalah sebutan untuk para mahasiswanya.

Ooo.. jadi pemerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir itu maksudnya di kampus IT PLN? Yeeess, pinteeeer... ^_^

penerimaan mahasiswa baru di kampus ksatria petir it pln

Tentang Kampus Ksatria Petir IT PLN

IT PLN atau Institut Teknologi PLN merupakan salah satu anak perusahan dari yayasan PLN. Berdiri sejak tahun 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik – PLN (STT-PLN). Pada tanggal 31 Januari 2020 secara resmi sesuai SK Mendikbud Nomor:181/M/2020 berubah menjadi Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara atau disebut dengan Institut Teknologi – PLN (IT-PLN).

Dengan meningkatnya kebutuhan energi listrik, pembangkit listrik skala besar yang menggunakan bahan bakar minyak, batubara dan gas serta mulai dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) di Pulau Jawa, mendorong tercipta sistem interkoneksi Jawa – Bali yang panjangnya sampai ribuan kilometer dan menggunakan tegangan ekstra tinggi 500 kV. Dimana kebutuhan tersebut diperlukan dalam rumah tangga ataupun industri besar.

Maka dari itu IT PLN siap membuka penerimaan mahasiswa baru di Kampus Ksatria Petir IT PLN sebagai generasi penerus yang ahli dalam disiplin ilmu tentang energi, diantaranya disiplin keteknikan Sipil, Elektro, Mesin dan Informatika. Dimana disiplin ilmu tersebut sesuai dengan kebutuhan dunia akan ketenagalistrikan.

Program Pendidikan di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa IT PLN siap membuka penerimaan mahasiswa baru kampus Ksatria Petir IT PLN dengan disiplin ilmu sebagai berikut :

1. Program Diploma di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Kampus Ksatria Petir IT PLN menyediakan 2 jurusan diploma, yaitu : 
  • D3 Teknologi Listrik
  • D3 Teknik Mesin

2. Program Sarjana di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Untuk program sarjanannya, Kampus Ksatria Petir IT PLN memiliki 4 jurusan, yaitu : 
  • S1 Teknik Mesin 
  • S1 Teknik Elektro 
  • S1 Teknik Sipil 
  • S1 Teknik Informatika

3. Program Pasca Sarjana di Kampus Ksatria Petir IT PLN 

Kampus Ksatria Petir IT PLN juga memiliki 1 program sutdi pasca sarjana, yaitu S2 Magister Teknik Elektro.


4. Program Kelas Karyawan di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN juga membuka untuk para calon Ksatria Petir IT PLN yang sudah bekerja. Calon Ksatria Petir IT PLN yang sudab bekerja, namun mau melanjutkan kuliah, bisa mengikuti program studi kelas karyawan. Adapun keunggulan mengikuti kelas karyawan di Kampus Ksatria Petir IT PLN yaitu sebagai berikut :

  • Biaya studi terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan.
  • Program Studi telah Terakreditasi BAN-PT.
  • Jadwal kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa.
  • Menyediakan fasilitas E-learning agar mahasiswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja.
  • Tidak membatasi umur mahasiswa.
  • Tidak membatasi tahun lulus pada pendidikan sebelumnya.
  • Diajarkan oleh Tenaga Pengajar berpengalaman dan Praktisi yang profesional dibidangnya.
  • Proses pendidikan diatur secara terstruktur dan terjadwal agar mahasiswa lulus tepat waktu.
  • Kualitas dan proses pendidikan dirancang sama dengan Program Reguler.
  • Tersedia Carrier Development Center untuk meningkatkan karir mahasiswa.

Keunggulan Kuliah di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Penerimaan mahasiswa baru tentunya butuh informasi tentang keunggulan di Kampus  Ksatria Petir IT PLN. Kalau sekilas, Kampus Ksatria Petir IT PLN terlihat sama seperti kampus-kampus IT lainnya. Namun Kampus Ksatria Petir IT PLN ini mempunyai beberapa keunggulan yang berbeda dengan kampus lain, yaitu :

1. Sertifikasi Kompentensi Ksatria Petir IT PLN

Penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN memberikan informasi bahwa setiap mahasiswa di kampus Ksatria Petir IT PLN wajib memiliki 3 kompetensi setelah lulus, yaitu bidang teknologi informasi, bahasa Inggris dan kompentensi sesuai bidang studi

Dan dari 3 kompetensi itu Kstaria Petir IT PLN dibekali sertifikasi kompentensi berskala nasional dan internasional, serta free alias bebas biaya. Sertifikasi ini yang bisa diikuti para Ksatria Petir IT PLN antara lain Microsoft Office Specialist (MOS) dan Microsoft Technology Associate (MTA). Dimana sertifikasi semacam itu memakan biaya jutaan loh kalau kamu merogoh kocek sendiri. Tuh jangan sia-siakan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN.

2. Program Magang Ksatria Petir IT PLN

Panitia penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN memberikan informasi bahwa setiap calon Ksatria Petir IT PLN akan mendapatkan program magang yang bekerjasama ke perusahaan-perusahaan. Baik perusahaan swasta ataupun perusahaan BUMN. Untuk program magang di BUMN, Kampus Ksatria Petir IT PLN dapat sertifikat dan magangnya hingga 6 bulan, sedangkan perusahaan swasta atau departemen negeri hanya 3 bulan saja.

Magangnya tidak cuma di Jakarta, lho! Magang bisa dilakukan di daerah masing-masing tempat asal Ksatria Petir IT PLN. Dan dari program magang ini 70% Ksatria Petir IT PLN sudah mendapatkan pekerjaan sebelum di wisuda.

3. Program Beasiswa Ksatria Petir IT PLN

Penerimaan mahasiswa baru di Kampus Ksatria Petir IT PLN memberikan banyak program beasiswa yang ditawarkan, antara lain : 
  • Beasiswa Bidikmisi : Beasiswa untuk keluarga calon ksatria petir yang kurang mampu. 
  • Beasiswa Aperti : Beasiswa yang bekerjasama dengan BUMN dibawah naungan Asosiasi Perguruan Tinggi (Aperti). 
  • Beasiswa YBM Cahaya Hati : Beasiswa dari Yayasan Baitul Maal milik PLN yang diperuntukkan kepada anak yatim/piatu/yatim piatu calon Ksatria Petir IT PLN. 
  • Beasiswa Keluarga PLN : Beasiswa untuk calon Ksatria Petir IT PLN yang berasal dari keluarga PLN (orangtua bekerja/pensiunan dari PLN). 
  • Beasiswa Non PLN : Beasiswa untuk calon Ksatria Petir IT PLN secara umum, namun berperstasi di bidang akademik atau non akademik seperti olahraga, seni, dll dengan skala nasional atau internasional.

4. Pelatihan Alumni Ksatria Petir IT PLN

Di Kampus Ksatria Petir IT PLN, para alumni Ksatria Petir diberikan kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada adik-adik kelasnya. Dimana pelatihan tersebut digunakan untuk bekal dalam dunia kerja kelak.

5. Program Pengabdian Masyarakat Ksatria Petir IT PLN

Dalam program belajar selama di Kampus Ksatria Petir IT PLN, para calon Ksatria Petir diikutsertakan dalam program pengabdian masyaraka. Dimana program tersebut dibuat untuk membantu kebutuhan listrik dan teknologi desa-desa terpencil yang belum tergapai oleh pemerintah. Program ini bukan sekedar melatih mahasiswa untuk peduli sekitar, tapi juga melatih mengembagkan kreatifitas ide-ide yang dibutuhkan di masyarakat.


6. Pembinaan Karir Ksatria Petir IT PLN 

Kampus Ksatria Petir IT PLN memilik program CDC (Career Development Center) dimana para Kstaria Petir IT PLN dibimbing untuk bekal di dunia kerja nanti (pembekalan karir). Program tersebut memiliki beberapa kegiatan, yaitu: career day and recruitment, temu alumi, info lowongan kerja dan magang, kunjungan perusahaan dan sharing knowledge dari profesional. Info lengkapnya teman-teman bisa lihat langsung di IG @cdcitpln.

7. Kampus Ksatria Petir IT PLN = Kampus Nusantara

Kenapa kampus Ksatria Petir IT PLN disebut juga Kampus Nusantara? Karena yang menjadi Ksatria Petir IT PLN angkatan sebelumnya itu bukan hanya dari Jabodetabek saja, walaukampusnya di Jakarta. Tapi mahasiswa dan mahasiswi Ksatria Petir IT PLN berasal dari Sabang sampai Marauke looh. Makanya di kampus Ksatria Petir IT PLN ada perkumpulan mahasiswa daerah.

8. Fasilitas Penunjang Teknologi/Pendidikan dan Internet di Kampus Ksatria Petir IT PLN

Internet di zaman sekarang sudah jadi semacam kebutuhan pokok, termasuk bagi mahasiswa. Ksatria Petir IT PLN dibekali cloud storage sebesar 5 Terabyte dan punya akses internet unlimited gratis. Karena Kampus Ksatria Petir IT PLN bekerja sama dengan Wifi.id Telkom. Jadi dimanapun Ksatria Petir IT PLN berada, selama ada fasilitas wifi.id Telkom bisa mengakses internet. Mantab kaan!

9. Ksatria Petir IT PLN Bebas Biaya Praktikum

Namanya kuliah teknik, pasti akan banyak praktikum yang diikuti. Biaya praktikumnya bisa mencapai Rp1,5 jutaan per semester. Namun, para Ksatria Petir IT PLN nggak perlu mengeluarkan biaya praktikum, di Kampus Ksatria Petir IT PLN bebas dari biaya praktikum.

Selain itu, fasilitas laboratorium di IT PLN terbilang jauh lebih lengkap dari fasilitas di kampus lain. Nanti Ksatria Petir IT PLN akan menjumpai beragam peralatan yang terbilang asli alias sama dengan peralatan yang digunakan di lapangan atau dunia kerja sesungguhnya. 

10. Kurikulum Kampus Ksatria Petir IT PLN

Sesuai industri ketenagalistrikan Indonesia memiliki total penduduk terbanyak keempat di dunia. Sayangnya, konsumsi listriknya masih jauh lebih rendah dibanding negara-negara tetangga yang jumlah penduduknya lebih sedikit. Belum lagi, pemerintah mendapat tantangan untuk menciptakan pembangkit listrik yang hemat waktu, tenaga, serta biaya yang sedikit.

Maka dari itu, perubahan status badan hukum pendidikan dari STT PLN menjadi IT PLN, membuat IT PLN lebih leluasa meningkatkan perannya sebagai perguruan tinggi vokasi khusus di bidang ketenagalistrikan.

Berdasarkan visi misi kampus Ksatria Petir IT PLN, pada penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN memberikan informasi bahwa kurikulum yang disusun sesuai industri ketenagalistrikan agar listrik yang dikelola oleh rakyat relatif murah dan mudah dengan teknologi yang terbarukan.

Apabila sebelumnya hanya terdiri saja dari satu fakultas saja, maka setelah bertransformasi menjadi institut, nantinya akan terdiri dari beberapa rumpun ilmu yang berbeda dengan penambahan jurusan baru seperti S1 Energi Terbarukan, S1 Bisnis Energi, S1 Pembangunan Wilayah, dan S1 Sistem Informasi Jadi buat para calon Ksatria Petir IT PLN yang saat SMA ambil jurusan IPS bisa leluasa memilih jurusan seperti Bisnis Energi dan Pembangunan Wilayah.


Fasilitas Kampus Ksatria Petir IT PLN

Tahun ini, disaat mahasiswa kuliah di rumah, Kampus Ksatria Petir IT PLN mulai revitalisasi (merenovasi dan penambahan ruang baru pada kampus). Ada banyak fasilitas yang dibuat sesuai kebutuhan mahasiswa dan para karyawan. Fasilitasnya dibangun mengukuti gaya anak millenial loh dan banyak ruang terbukanya buat santai kongkow-kongkow mengerjakan tugas bareng. Fasilitas lengkapnya bisa ditonton di youtube dibawah ini yaa..




Lokasi Kampus Ksatria Petir IT PLN

Nah, programnya sudah. Fasilitas dan keunggilannya pun sudah. kini saatnya kita cari tau lokasi penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN. Kampus Ksatria Petir IT PLN ada 2, yaitu: 

a. Untuk program Diploma dan Sarjana lokasi perkuliahan bertempat di : 
Menara PLN
Jl. Lkr. Luar Barat, RT.1/RW.1
Kel. Duri Kosambi
Kecamatan Cengkareng
Kota Jakarta Barat 11750
Daerah Khusus Ibukota Jakarta

b. Untuk program Pasca Sarjana bertempat di : 
Jl. Lebak Bulus Tengah No. 5
RT 02/RW 04
Kel. Cilandak Baru
Kec. Cilandak
Kota Jakarta Selatan 12430
Daerah Khusus Ibukota Jakarta


Penerimaan Mahasiswa Baru Di Ksatria Petir IT PLN

Buat teman-teman yang berminat menjadi calon Ksatria Petir IT PLN, teman-teman bisa melihat langsung saja klik link Penerimaan Mahasiswa Baru.  

Dilink tersebut juga terdapat penjelasan detail tentang Kampus Ksatria Petir IT PLN. Setelah masuk ke webnya langsung klik DAFTAR SEKARANG, nanti tinggal mengikuti petunjuknya yaa. 

Jangan lupa sebelumnya teman-teman sudah menyiapkan file dalam bentuk foto atau scanning berikut ini : 
  1. KTP/ Kartu Pelajar
  2. KK 
  3. Raport (semester 1 – semester 5) 
  4. Surat Keterangan Sehat (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)
  5. Surat Keterangan bebas Buta Warna untuk Prodi Elektro dan Mesin (bisa menyusul setelah pengumuman kelulusan)

Saat mengupload file-file tersebut, pastikan file raport, ktp dan KK yang aksesnya dibuat jadi public. Jika teman-teman masih bingung, teman-teman bisa hubungi Whatsapp Kampus Ksatria Petir IT PLN di 081291263800, 085715321021, 085715814992.

Oiya, nanti saat isi formulir teman-teman bisa memasukkan kode LCM9B lumayan loooh dapat potongan harga Rp 200.000. Yuk, segera daftar sebelum kehabisan diskon pendaftarannya. Waktu Penerimaan mahasiswa baru di kampus ksatria petir it pln dibagi 4 gelombang ya. Untuk gelombang 1 waktunya hingga 17 Desember 2020 dan gelombang 2 hingga 28 Januari 2021. 

Kode diskonnya hanya berlaku pada pendaftaran gelombang 2 yaa. Yuk, ikuti pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di kampus Ksatria Petir IT PLN! Selamat mendaftar dan menjadi calon Ksatria Petir IT PLN dan belajar di Kampus Ksatria Petir IT PLN!

penerimaan mahasiswa baru di kampus ksatria petir it pln



Wassalam












Sumber Tulisan : 
  • itpln.ac.id 
  • https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-keunggulan-institut-teknologi-pln-itpln/
  • Youtube IT PLN

31 comments

  1. Sejak zaman SMA tahu banget ada STT PLN dulu kalau ga salah namanya ya mb, saya malahan baru tahu sekarang namanya jadi Kampus Ksatria Petir IT PLN, prospek kerja ketika lulus saya pun dengar bagus di sana.

    ReplyDelete
  2. IT PLN sudah ada sejak 1980 ya mba ade.. tapi saya baru tau sekarang.. hehehe
    Ketinggalan banget ya..
    Bahkan semakin maju. Kayaknya anak saya yang ketiga cocok nih nanti masuk kuliah di sana, karena paling suka dengan printilan listrik sejak kecil.

    ReplyDelete
  3. Unik banget nama kampusnya mbak. Btw, Asik banget ya ada potongan harga, lumayan banget kan menghemat 200K.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau nama kampus ini kak sebelumnya soalnya aku gak lama tinggal disini juga kan...bagus kayaknya yah jadi rekomendasi

    ReplyDelete
  5. Waaah, kita sejaman kali ya mba... Gundala Putra Petir itu memang terkenal sekali dimasa lampau, heheu.
    .
    Kampus IT- PLN ini berarti mirip dengan STT Telkom gak sih mba?

    ReplyDelete
  6. Awalnya mikir ih nama kampusnya unik yaaa, beda aja dari yabg lain. Tapi pas baca kalau ini kampus IT PLN, langsung ohh pantes hehhee

    ReplyDelete
  7. Saya baru denger nama kampus ini, unik banget. Noted banget nih, siapa tau entar sepupu ada yg mau kuliah disini, apalagi keponakanku ceritanya mau kesini nyari kampus.

    ReplyDelete
  8. Duuuh begitu baca dari atas sampe bawah,
    tak terasa meremang bulu kuduk.... almarhum abang Naufal dulu pengen masuk ke sini, tapi akhirnya alm kuliah di TELKOM univ. Kebayang bahagianya dia memakai jaket almamater, bahkan waktu ga ada pun mengenakan jaket itu :(

    semoga adiknya bisa masuk ke sini, terimakasih Ade infonya

    ReplyDelete
  9. Ya ampun aku mikir dulu setelah baca paragrap pertama, kampus petir di mana sih memangnya ada ya. Ternyata IT PLN toh hehehe kudet banget aku ya. Ada referensi lagi nih buat nanti anak-anak kuliah.

    ReplyDelete
  10. oh ini kampus PLN ya.. udah buka pendaftaran murid baru dengan ragam fakultas. bisa jadi pilihan kampus untuk adik-adik yang ingin lanjut kuliah

    ReplyDelete
  11. Kaget aku tuh, tadi kepingin tahu secara detail kan. Banyak juga ya jurusannya. Betul sekali, akhir tahun kemarin sudah mulai mendaftarkan anak ke SD, daftar ulang anak SD

    ReplyDelete
  12. Wah saya baru tahu kalau PLN juga punya lembaga pendidikan tingkat tinggi, bahkan ada program pasca sarjananya pula. Jurusannya juga nggak melulu ketenagalistrikan, tapi juga jurusan-jurusan penunjang lainnya.

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata kampusnya PLN ya namanya unik pisan hihihi...bagus programnya ya ada magang jadi nanti lulus bisa berpengalaman kerja terus ada beasiswa juga..

    ReplyDelete
  14. Ponakanku ada yang lulus SMA tahun ini, bias nih aku infoka ke dia, secara dia pengin lanjut ke Teknik. Baru tahu ada IT PLN siap membuka penerimaan mahasiswa baru di Kampus Ksatria Petir IT PLN sebagai generasi penerus yang ahli dalam disiplin ilmu tentang energi, diantaranya disiplin keteknikan Sipil, Elektro, Mesin dan Informatika. Lengkap juga jurusannya ya

    ReplyDelete
  15. aku pikir kok keren banget nama kampusnya ini. Ksatria Petir. lain dari yang lain. ternyata oh ternyata. itu sebutan untuk mahasiswa IT PLN ya mbak. aku baru tahu mih kalau PLN punya kampus juga

    ReplyDelete
  16. Mentang-mentang PLN berhubungan dengan listrik dan petir, mahasiswanya disebut Ksatria Petir, unik jadinya. Lulusan SMA nya mesti IPA atau STM berarti ya kalau mau masuk IT PLN ini.

    ReplyDelete
  17. Wehhh, kok aku baru tau ya Mak, ke mana aja dirikuuu selama ini?
    Ternyata udah berdiri sejak 1998 dengan nama Sekolah Tinggi Teknik – PLN (STT-PLN).
    Mantuulll nih, kalo ada ponakan yg cari kampus, mau aku arahkan ke sini aahhh

    ReplyDelete
  18. Saya saking lamanya ga update sama PTN jadi baru tahu kalau ada Institut seperti ini
    Makin banyak pilihan untuk anak-anak kelak ketika memilih menimba ilmu di PTN

    ReplyDelete
  19. Baru tau ada IT PLN, keren yah sekarang. Yang mau kuliah bisa langsung kesini nih , kasi tau anaknya tante ah tentang IT PLN ini, makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  20. Wah, banyak pilihan program study ya. Ada kesempatan magang dan beasiswa dari PLN juga ya..

    ReplyDelete
  21. Keren banget sih sebutannya ksatria petir, hihihi... Mantap nih informasinya untuk adik-adik yang mau kuliah tahun ini...

    ReplyDelete
  22. omg awalnya kukira benerab namanya kampus ksatria petir beneran, hehe
    banyak beasiswanya ya mbak, tapi nggak ikatan dinas ya?

    ReplyDelete
  23. Unik banget nama Universitas ini ya. Semoga makin banyak alumni berhasil dan buat yang mau masuk, semangat selalu!

    ReplyDelete
  24. Beragam banget ya pilihan PT sekarang, sampai2 namanya jg belum familiar. Ksatria petir semoga mencetak lulusan yg handal dan sukses ya mba.

    ReplyDelete
  25. Ini ikatan dinas bukan sekolah petir ni mba? Bagus nih buat disosialisasikan sama siswa ku

    ReplyDelete
  26. Aku jadi ingat beasiswa bidikmisi yang selalu dinanti karena denger-denger yang nominalnya paling besar.
    Salut sama PLN.

    Pasti lulusannya terakreditasi dengan baik, jaminan mutu karena akan bekerja di BUMN untuk Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Aku kok baru tahu ini, tahu gitu ade dikulihan disini aja ya. Duuh telat banget ini

    ReplyDelete
  28. Ini dia tempat para calon engineer belajar dengan maksimal ya. Ada banyak program beasiswa juga ternyata di situ. Ngebantuin banget nih untuk para pembelajar yang membutuhkannya.

    ReplyDelete
  29. Baru tahu PLN sekarang punya sekolah teknik sendiri. Bisa jadi pilihan buat adik-adik yang ingi belajar teknik nih.

    ReplyDelete
  30. Bakal ngerekomendasiin ini ke mantan murid-muridku yang masih SMA Mak. Kesempatan kuliah kayak gini nggak boleh dilewatkan, terutama kalo bener-bener ada potensi untuk masuk sana. Makin cocok lagi kalo suatu saat bisa dapet beasiswa buat lanjut sekolah lagi pas udah lulus :D

    ReplyDelete
  31. Nama kampusnya macho banget ya, Ummi, hehe... Ksatria Petir. Rekomendasi banget deh buat yang pingin belajar IT.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^