Tips Agar Anak Fokus Belajar di Rumah

Mengajar anak- anak itu bukan pekerjaan yang mudah bagi kita yang bukan berprofesi guru. Saya saja yang 13 tahun menggeluti dunia pendidikan harus terus berinovasi agar mengajar saya menyenangkan anak-anak. Makanya kebayang deh ketika wabah corona mengharuskan anak belajar di rumah, bagaimana pusingnya orangtua (terutama ibu) yang harus membantu guru mengajar anak-anak di rumah. Melihat kendala tersebut, saya mau berbagi tips agar anak fokus belajar di rumah. So, cekidot!

Tips Agar Anak Fokus Belajar di Rumah
Bismillahirrahmanirrahim, tips agar anak fokus belajar di rumah
Teman-teman pasti sudah dengar kan keputusan mendikbud Nadiem Makarim yang sudah mengijinkan untuk kembali sekolah tatap muka di tahun 2021? Yes, keputusan tersebut banyak menuai pro dan kontra, terutama ibu-ibu. Iya yang menggantikan guru selama masa pandemik kan ibu-ibu. Jarang sekali bapak-bapak mau menemani anaknya belajar. Dari curhatan para guru dadakan dari grup manapun, yang kontra itu karena mereka takut anaknya tertular virus covid, sedangkan yang pro, rata-rata mereka sudah lelah mengajar anak di rumah. Kalau anaknya 1 sih nggak masalah yaa, kalau anaknya lebih dari 2, apalagi kalau semuanya masih duduk dibangku sekolah dasar. Duh nggak kebayang deh. Mereka mengeluh karena anak-anak itu nggak bisa fokus jika belajar online. Udah ngajarin materinya susah, makin susah lagi kalau anak nggak fokus.. duuuuh.. Segala tips agar anak fokus belajar di rumah akan mereka cari.

Saya bersyukur memiliki anak yang jedah usianya cukup jauh, yaitu 10 tahun. Jadi Abang Fi yang sudah remaja bisa mandiri. Paling hanya saya pantau sesekali tugas yang diberikan oleh ustadz-ustadznya. Walau demikian, saya juga masih membutuhkan tips agar anak fokus belajar di rumah untuk Adek Fi yang baru mulai belajar di usia jelang 5 tahun.

Itu sebabnya, pada tanggal 19 november 2020, saya pun ikut press confrence dengan materi tentang tips agar anak fokus belajar di rumah yang diselenggarakan oleh Nestle Breakfast Cereal Indonesia. Tema press conference yang diangkat adalah bagaimana anak-anak selalu siap belajar di rumah bersama Koko Krunch Nutrismarta

Tips Agar Anak Fokus Belajar di Rumah


Hal-Hal yang Membuat Anak Tidak Fokus dalam Belajar di Rumah

Sebagai ahli gizi di press confrence Koko Krunch, Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, menjelaskan bahwa kelas virtual membuat beban otak anak semakin berat. Hal itu disebabkan, karena anak harus lebih fokus untuk bisa menangkap pesan (dari suara) yang disampaikan oleh guru dan temannya. Selain itu anak membutuhkan tenaga lebih besar untuk bisa memahami bahasa non verbal dari guru dan teman-temannya.

Kondisi belajar di rumah juga membuat anak selalu merasa diawasi oleh guru dan semua temannya dari kamera dengan posisi on. Sehingga anak tidak bisa membedakan waktu sekolah dan bermain, karena semuanya dilakukan dalam satu tempat.

Kondisi tersebutlah yang memang jadi tantangan orangtua dalam mengajar anak-anaknya di rumah. Terutama siswa SD dan TK. Apalagi mereka harus belajar selama 5 – 7 jam sehari, belum tugas-tugas yang diberikan oleh guru-gurunya. Dimana tugas-tugas tersebut harus di selesaikan di hari yang sama. Otomatis mereka tidak akan bisa fokus dengan pelajaran yang diberikan oleh guru-gurunya. Mungkin diawal-awal pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih bisa untuk fokus dan mengikuti semua kegiatan sekolah. Tapi kalau sampai berbulan-bulang, bahkan hampir setahun, cendrung banyak yang mengabaikan. Iya nggak? Lalu bagaimana solusinya?

Tips Agar Anak Fokus Belajar di Rumah 

Dr. Rita bukan hanya sekedar memberikan permasalahannya saja, namun ia juga memberikan tips agar anak fokus saat belajar di rumah sebagai solusinya. Sesuai dengan Nestle yang mempunyai komitmen dalam membantu 50 juta anak untuk menjalani hidup sehat. Pada kesempatan itu Dr. Rita menjelaskan 3 tips agar anak fokus dalam belajar di rumah, yaitu : 

1. Wajib Sarapan

Mungkin bukan hal aneh lagi bagi kita mendengar kata "wajib sarapan" sebagai awal kegiatan kita hari itu. Sarapan memang mempunyai dampak yang baik pada perkembangan otak manusia (terutama anak), disaat memulai kegiatannya. Kalau sarapannya baik, maka kegiatan yang kita lakukan hari itu pun baik. Namun kalau buruk, akan kebalikannya. Apalagi jika tidak sarapan.

Mengapa sarapan menjadi kata “wajib” untuk anak-anak?
Saat tidur, anak banyak menggunakan energi untuk pembentukan hormon pertumbuhannya. Hormon tersebut merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, serta meregenarasi berbagai sel. Selain regenerasi sel, kadar glukosa darah akan turun setelah tidur 5 jam tidak makan. Jadi wajarlah yaa kalau mereka butuh asupan energi saat bangun pagi. 

Apa akibatnya jika tidak sarapan?
Efek dari tidak sarapan (baik untuk anak ataupun kita yang orang dewasa), kita tidak mempunyai energi dan zat gizi yang cukup untuk mendukung kegiatan kita hari ini, termasuk salah satunya belajar daring. Tidak sarapan juga bisa mengakibatkan indeks massa tubuh menjadi meningkat, terutama bagi anak. 

Bahkan menurut Watanabe et al 2014, tidak sarapan blebih beresiko gemuk dibandingkan makan malam menjelang tidur. Nah looo? Saya yakin banyak yang menunda sarapan, malah tidak sarapan sama sekali. Alasannya mau mengurangi makan alias diet. Wakwaaw.. ternyata malah bikin gemuk ya?

2. Ada Aktifitas Fisik

Aktifitas fisik pada anak ini bisa berupa olahraga ringan atau kegiatan menyenangkan yang mengajak tubuh anak bergerak. Aktifitas fisik itu seperti menari, bersepeda, lari-lari kecil yang semuanya itu bisa dilakukan dengan cara bermain. Kita tau yaa dunia anak itu kan tak jauh dari bermain.

Setiap aktifitas fisik menurut Dr. Rita akan menstimulasi aktifitas di dalam pencernaan, sehingga anak bisa mencerna makanan dengan baik dan meningkatkan metabolisme energi untuk melawan proses inflarmasi kronis (peradangan yang mengakibatkan mudahnya virus, bakteri dan jamur masuk kedalam tubuh). Selain itu aktifitas fisik juga mampu meningkatkan hormon endorphin, hormon yang membuat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan perasaan positif (mood baik).

3. Disiplin Jadwal Makanan

Saat mendengarkan pemaparan Dr. Rita, saya pikir jadwal makanan hanya untuk orang yang sedang diet saja. Ternyata jadwal makanan itu perlu untuk semua orang yang mau hidup sehat, terutama anak-anak. Jadwal makanan disini meliputi 3 hal, yaitu : 

Prosi makanan
Pada saat memberikan makanan kita harus tau betul prosi makan anak-anak. Tentunya dengan pedoman gizi seimbang, dimana didalamnya terdapat karbohodrat, protein, lemak, sayur-mayur dan buah-buahan juga susu. Dan perlu diingat, porsi makanan anak itu sebesar kepalan tangan anak ya. Jadi jangan mengukur dengan besarnya kepalan tangan kita. Kalau anak sudah makan sebanyak itu, berarti cukup untuk kebutuhan tubuhnya.

Waktu makan
Selain porsi, disiplin waktu makan itu perlu juga diperhatikan, agak tidak terjadi kekosongan perut, yang membuat konsentrasi belajar anak jadi buyar. Jadwal yang dianjurkan Dr. Rita adalah : 
  • Sarapan
  • Selingan (pukul 10 pagi)
  • Makan Siang
  • Selingan (pukul 3 – 4 sore)
  • Makan malam
  • Selingan malam (pukul 8)

Untuk selingan malam cukup dengan memberikan susu 1 jam sebelum tidur. Sedangkan selingan pagi dan sore dapat berupa snack atau buah-buahan. 

Gizi makanan
Untuk gizi makanannya, kita bisa memilih makanan yang mengandung zat gizi optimal sesuai kebutuhan tumbuh kembang, perlindungan dan mendukung proses belajar online anak. Zat gizi yang dibutuhkan untuk kerja otak anak, yaitu :

  • Glukosa : berfungsi sebagai sumber energi otak.
  • Vitamin B1, B2, B3 dan B6 : berfungsi untuk kebutuhan metabolisme energi yang siap digunakan otak dan fungsi normal sistem syaraf.
  • Asam Folat (Vitamin B9) : berfungsi untuk membangun alat transpor oksigen dan zat gizi ke otak serta meningkatkan perkembangan syaraf otak dan motorik anak.
  • Zat Besi : berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan zat gizi lainnya ke otak serta meningkatkan perkembangan fungsi normal kognitif dan kesehatan mental.

Sarapan Sehat dengan Koko Krunch Nutrismarta

Nestlé Breakfast Cereals (NBC), sebagai penyelenggara acara ini mendukung semua pemaparan Dr. Rita dalam tips agar anak fokus belajar di rumah. Itu sebabnya NBC menghadirkan Koko Krunch Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak-anak, dan menjadikan sarapan sebagai momen yang menyenangkan.

Business Executive Officer Nestlé Breakfast Cereals Indonesia, Alaa Shaaban mengatakan, “Koko Krunch Nutrismarta adalah salah satu wujud nyata komitmen Nestlé untuk membantu anak-anak di Indonesia menjalani kebiasaan hidup yang lebih sehat. Koko Krunch Nutrismarta mengandung gandum utuh, kombinasi vitamin B dan zat besi untuk membantu orang tua dalam menyediakan sarapan yang membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak. Di samping itu, kami juga ingin mengajak anak-anak Indonesia menjalankan gaya hidup sehat dan aktif dengan menghadirkan Koko Dance. Gerakan dance yang dipandu Koko Koala bisa dilakukan di sela-sela waktu istirahat agar anak-anak tetap gembira dan semangat menjalani kegiatan belajar.”

tips agar anak fokus belajar di rumah


Komplit banget kan dukungan dari Koko Krunch? Ada gizi lengkap dari cereal gandum utuh untuk anak plus ada gerak aktifitasnya pula. Dr. Rita juga menjelaskan, “Salah satu sumber gizi yang penting adalah serealia utuh, karena serealia utuh masih memiliki keseluruhan tiga lapisan (kulit, endosperma, dan inti) yang mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan protein.”

tips agar anak fokus belajar di rumah

Nah, semua itu ada di Nestle Koko Krunch Nutrismarta. Sarapan praktis plus ditambah susu. Hal ini tentu memudahkan kita para ibu yang sibuk dengan kegiatan paginya. Seperti yang diungkapkan oleh Mba Dona Agnesia sebagai tamu undangan untuk sharing seorang ibu dalam mendampingi anak-anaknya belajar daring. “Tidak mudah bagi saya untuk membagi waktu antara melakukan work from home sekaligus menemani tiga anak belajar dari rumah. Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemi cukup menyita energi dan konsentrasi anak-anak, sehingga saya merasa perlu untuk mempersiapkan asupan zat gizi yang seimbang terutama saat sarapan untuk mengawali hari dengan semangat. Namun, saya tidak khawatir karena dengan KOKO KRUNCH saya dapat menyiapkan sarapan secara praktis dengan rasa lezat yang disukai anak-anak,” ujar beliau. 

tips agar anak fokus belajar di rumah

Hmm.. iya juga yaa.. selama ini saya sibuk mikirin makan apa yaa anak-anak untuk sarapan. Sekarang mah ga usah ragu lagi karena ada Nestle Koko Krunch. Tinggal tuang dimangkok, kasih susu. Ini suka banget nih anak-anak kalau begini.

Nah, saya sudah memaparkan tips agar anak fokus saat belajar di rumah, plus dikasih tau juga menu sarapan praktis namun gizinya komplit, apalagi kalau bukan dengan koko krunch. Semoga tip ini bisa diterapkan dan bermanfaat bagi yang membaca yaa.. Selamat mencoba!


Wassalam




39 comments

  1. Waaaah, kok samaan yach, Rafa dan Fakhri juga demen banget sama Koko Crunch tuh. Hampir tiap pagi sarapan ini dipaduin dengan susu rasa vanila yummy banget :) Sarapan itu wajib buat aku dan keluarga. Ntar ada semacam coffee break atau milk break pas jam istirahat PJJ. Makin semangat belajar daring-nya deh. Kadang malam2 juga anak2ku masih ngunyah, kasih Koko Crunch lagi deh hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kasih si gempal Fakhri mah semangkok belum tentu kenyang hahaha beda sama Rafa :D Susunya juga banyak, demen dia. Biasanya makan Koko Krucnh buat sarapan atau selingan menuju siang atau malam. Bisa dibuat topping cake juga ya :)

      Delete
  2. Jadi ingat dulu waktu aku masih kecil 'dipaksa" sarapan telur setengah mateng 2 butir, plus susu segelas .. dulu sih uweeek yaaa

    tapi berasa pas di sekolah ngga kalap jajan, apalagi aku kan di daerah terpencil di Nunukan - Tarakan - yang jajannya hanya ada jam 10 pagi, singkong goreng dan teh panas manis hihihi.. mevvaaah

    Nah kalo lapar banget ya pulang dulu ke rumah deh
    eh kok jadi nostalgia yaaa

    ReplyDelete
  3. Sarapan emang penting banget mbak buat anak-anak, terutama anak saya yang kalau nggak sarapan kadang gagal fokus dengan pelajaran. Pelajaran kadang nggak masuk karena dia merasa lapar

    ReplyDelete
  4. Salah satu cara agar anak fokus saat belajar adalah sarapan dulu. Isi perut dulu, dengan menu yang pas, artinya bukan menu yang mengenyangkan. Kalo kenyang nanti ngantuk hehe.. Favoritnya anakku ini, koko krunch kasih susu, lahapp

    ReplyDelete
  5. Belajar di rumah kadang emang ngebuat anak jadi lebih susah fokus ya maaaak. penting banget juga untuk memberikan anak sarapan sehat sebelum mulai belajar yaaaa.. aku juga baru tau nih keunggulan gandum utuh, untung terkandung dalam koko krunch nutrismarta yaa

    ReplyDelete
  6. Aku juga mewajibkan anak-anak di rumah sarapan sebelum berkegiatan..ternyata manfaatnya memang penting sekli, seperti dipaparkan Dokter Rita tadi. Dan ternyata memilih Koko Krunch tepat karena ada gizi lengkap dari cereal gandum utuh untuk anak plus mendukung gerak aktifitasnya pula. Apalagi salah satu sumber gizi yang penting adalah serealia utuh, karena serealia utuh masih memiliki keseluruhan tiga lapisan (kulit, endosperma, dan inti) yang mengandung lebih banyak serat, vitamin B, karbohidrat dan protein. Bagus kandungan nutrisinya buat anak-anak pasti

    ReplyDelete
  7. Sarapan penting bnget untuk memulai Hari ya mba Dan yg lebih penting lagi memilih sarapan yg tepat

    ReplyDelete
  8. Aku kalau pagi malas masak, anak-anak juga sarapannya Koko krunch aja. Praktis dan mereka udah bisa bikin sendiri.
    Emang ya sarapan itu penting banget buat asupan energi mereka sepanjang hari

    ReplyDelete
  9. Anakku semua kayanya malah gak bisa beraktivitas kalo engga sarapan dulu. Kalo di sodorin koko krunch pada nambah2 dah itu, doyan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..bener mbak, sarapan tuh penting banget. Jadi jangan sampai telat diberikan, atau bahkan kelupaan. Heuheuheu. Apalagi kalau menu sarapannya Koko Krunch, wahh jadi makin semangat tuh~

      Delete
  10. Ibuku juga mnegajarkan hal ini padaku, kak..
    Dan sampai sekarang, kalau kami menginap di rumah Ibu, juga masih dengan kebiasaan yang sama ketika aku masih kecil dulu, yakni sarapan bersama.

    Penting sekali memenuhi nutrisi anak di pagi hari.
    Dengan Koko Crunch, anak-anak merasa kenyang pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selingan di saat pembelajaran ini penting banget yaa, kak..
      Agar anak tidak mudah lelah dan bisa mengikuti pelajaran selanjutnya kembali.
      Jadi pengen ikutan sarapan Koko Crunch bareng kak Ade...

      Delete
  11. Iya mbak banyak yang kewalahan karena harus mengahjari anak nih apalagi ibu bekerja yang harus WFO. Kalau sarapanb buat anak-anak di rumah wajib banget gak harus nasi tapi bisa diganti dengan menu lainnya, jadi gak pernah melewatkan sarapan. Aku sedia koko krunch juga mbak

    ReplyDelete
  12. Saya juga mengandalkan koko krunch untuk sarapan anak-anak. Terutama kalau mereka lagi gak mood makan, biasnya mau makan koko krunch.

    ReplyDelete
  13. Makasih sharingnya, mbak. Si sulung saya nih tipikal anak yang gampang gak fokus saat belajar. Hiks. Mau coba terapkan menu selingan seperti di atas itu ah. Siapa tahu emang gak fokus karena kurang menu selingannya.

    ReplyDelete
  14. Iya juga ya. Saya baru menyadari bagaimana anak merasa seperti diawasi sepanjang waktu saat belajar ddarong karena ada kamera yang on selama pelajaran

    ReplyDelete
  15. Anakku ada masalah sensori mba. Jadi pjj ini benar2 tantangan banget. Dia g bisa denger suara lain selain skulnya. Dengar suara adek langsung ga fokus. Pingin ikut main. Adiknya tl kucutiin daripada dia ikutan ngerjain tugas tk adiknya. Hiks. Ya benar2 nasib sih pjj jadi ga maksimal. InsyaAllah bisa offline lagi kalo corona mereda. Kalo soal sarapan selalu sarapan. Ngemil snack juga. Cococrunch kadang jadi snack kadang buat sarpaan.

    ReplyDelete
  16. Anakku juga suka sarapan pake Koko Crunch, Mbak. Kadang buat camilan di antara waktu PJJ juga. Terima kasih tipsnya ya, terutama beraktivitas fisik sebelum PJJ. Bakal aku praktikkan mulai besok.

    ReplyDelete
  17. benar banget. walaupun belajar dirumah aja, aktivitas fisik dan sarapan sehat jangan sampai terlupa

    ReplyDelete
  18. Enyaaakkk banget nih Nestle Koko Crunch.
    Anakku juga sukakk
    karena gizinya ok, rasanya juga mak nyus.
    semakin semangat untuk belajar ya

    ReplyDelete
  19. Anakku yg besar udah bisa mandiri, yang kecil sesekali aja diingatkan. Mengajarkan anak belajar gak gampang soalnya kitanya juga harus mempelajari dulu supaya mengerti sebelum diajarkan. Sarapan wajib banget walaupun belajarya di rumah ya mbak supaya bisa fokus belajar.

    ReplyDelete
  20. Aku ingat dulu Keponakan seneng pas awal Pandemi karena di rumah. Terus lama-lama ngamuk karena bosan belajar sendiri apalagi aku katanya galak, hahaha. Jadi tiap mau belajar ya sarapan dulu. Jeda istirahat buat main. Btw, dia juga suka Koko Krunch. Makannya dicamil aja

    ReplyDelete
  21. Sarapan ini memang penting banget ya, pernah pas tatap muka sama gurunya anak saya izin makan, lapar katanya. Hehehe, sejak saat itu selalu saya ajak sarapan sebelum pelajaran online dimulai

    ReplyDelete
  22. Ini tuh sarapannya anakku tiap pagi mbak Ade, dia gak boleh skip sama Coco Crunch. Pokoknya kalau Coco Crunch sudah tinggal sedikit dia langsung request belanja online buat Coco Crunchnya.

    ReplyDelete
  23. Aduh Mba Ade, kalau Koko krunch mah itu mah sarapan anak aku juga tiap pagi hahaha 😂. Nih tadi pagi dia makan koko krunch juga. Soalnya selain enak, bergizi dan nggak rempong emaknya nyiapin. Sarapan bikin bahagia ini mah soalnya tanpa drama wkwkwk 😂

    ReplyDelete
  24. Inget koko crunch ini, inget masa kecil anakku yang syuka banget sarapan ini, dan keluarga yang mewajibkan sarapan jadi turun temurun deh.
    Salah satu hal yang membuat si anak agar fokus belajar meski di rumah yaa.

    ReplyDelete
  25. Anak saya yang pertama kalau gak sarapan suka jadi gak enak badan. Belajar juga auto gak fokus. Makanya dia bener-bener gak boleh skip sarapan. Adiknya pun ikut disiplin

    ReplyDelete
  26. Disiplin jadwal makan. Nah ini yang masih jadi PR banget buat saya. Kadang kalau udah banyak ngemil, anak-anak tuh jadi malas makan besar (nasi)

    ReplyDelete
  27. Memang banyak tantangannya belajar di rumah tapi kondisi seperti ini, kumasih ingin anak-anak belajarnya di rumah saja, Mbak. Nutrisinya penting diperhatikan ya ... salah satu caranya supaya bisa fokus.

    ReplyDelete
  28. Sepakat banget mba. Wajib sarapan tuh bisa bikin anak konsentrasi. Dan ini juga buat anak belajar makin rajin

    ReplyDelete
  29. benar banget mbak, sarapan sangat penting bagi kemampuan berpikir anak
    apalagi kalau sarapannya sehatdan bergizi seperti koko krunch ini
    tiap pagi anak anakku juga makan koko krunch

    ReplyDelete
  30. Terima kasih tipsnya, Mbak. Anakku tuh susah banget fokus kalau lagi zoom class. Padahal pasti sarapan ndulu sebelum belajar. Ternyata harus ditambah aktivitas fisik juga ya. Nanti dicoba.

    ReplyDelete
  31. Biar anak fokus belajar kudu pas jadwal makannya juga ya..jangan sampai kelewat sarapan...bisa kacau pas belajar karena lapar...

    ReplyDelete
  32. Ini menu sarapan anakku dahulu bwsktu usianya masih anak-anak sampai SMP. Tapi bener loh kalo perut kosong jadinya gak bakal fokus belajarnya

    ReplyDelete
  33. Sarapan emang bikin stronghg mau belajar atau bermain sama enaknyaaa

    Di sini jam 6 dah pada sarapan, dulu pas masuk sekolah sering juga pakai kokocrunch. Sekarang di rumah aja jarang

    ReplyDelete
  34. Kalau sarapan rutin maka konsentrasi anak bAIK. Namun pas di masa Pandemi anak anak jadi kurang disiplin untuk sarapan

    ReplyDelete
  35. Benar banget ya Mbk, kalau anak-anak sudah sarapan dan perut kenyang, insya Allah akan fokus dalam belajar daring ya

    ReplyDelete
  36. kok ya pas sekali ya mbak, anak saya suka banget makan coco crunch pakai susu. Bener banget tuh mbak, kalau bisa sebelum belajar anak-anak dibekali dulu dengan sarapan sehat. Biasanya anak saya juga sarapan dulu biar bisa konsentrasi mengerjakan tugas. Sayangnya anak saya gak dapat penjelasan materi dari guru, huhuhu. Sedih banget

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^