Air Nabeez dan Susu Kurma

www.adeufi.com


Assalamu'alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahim

Menjadi seorang ibu memang banyak sekali cobaannya. Saat dia hamil dan menyusui dia tetap punya kewajiban untuk berpuasa. Namun Allah maha pengasih dan penyayang, diberi kemudahan bagi para ibu spesial itu untuk tidak berpuasa. Akan tetapi kasih sayang Allah itu malah jadi kegalauan sebagian ibu, "kuat nggak yaa aku puasa?" atau "Aaah.. aku nggak puasa deh, kasian bayinya" atau "Nanti kalau aku puasa ASI ku habis" Nah, kali ini saya mau mencoba menghilangkan kegalauan para ibu hamil dan ibu menyusui dengan resep minuman multivitamin kegemaran Rasulullah SAW, yaitu Air Nabeez.


Seperti yang diriwayatkan oleh Hadits Riwayat Muslim berikut :

َعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْبَذُ لَهُ الزَّبِيبُ فِي السِّقَاءِ فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ وَالْغَدَ وَبَعْدَ الْغَدِ فَإِذَا كَانَ مَسَاءُ الثَّالِثَةِ شَرِبَهُ وَسَقَاهُ فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ أَهَرَاقَهُ

Dari Ibnu Abbas Radhiyalahu ‘anhu, ia berkata,”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa , beliaupun menuangnya.”

Sumber : www.almanhaj.or.id

Apa sih Air Nabeez itu?

Seperti yang dipaparkan hadits diatas, Air Nabeez adalah cairan yang berasal dari rendaman kurma/kismis. Membuatnya sangat sederhana, yaitu kita cukup merendam kurma yang sudah dibuang bijinya atau kismis dengan air dingin selama 8 - 12 jam. Jadi kalau kita hendak meminumnya Magrib, maka kita rendam dari Subuh. begitupun sebaliknya. Tapi jangan dicampur ya.. Kalau mau buat dengan kurma, ya kurma saja. Kalau mau kismis, ya kismis saja. Karena kalau dicampur kandungannya akan beda dan tidak lagi bermanfaat.

Air Nabeez Kurma
Ada Kadarluasanya Nggak?
Ada. Air Nabeez ini hanya boleh diminum jika kita merendamnya selama 2 x 24 jam (2 hari). Itupun jika disimpan dalam lemari es. Lewat dari 2 hari Air Nabeez ini berubah menjadi Khamr dan haram untuk diminum, karena sudah difermentasi dan mengeluarkan alkohol.

Air Nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu membuang kandungan toksin yang berbahaya didalam tubuh. Dalam kata lain berguna sebagai sebagai detox.

Air Nabeez tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran. Agar kita tidak mudah lupa.

Kita juga mengetahui dari segi kesehatan manfaat dari buah kurma, yaitu :
1. Pemberi & pemulih tenaga (inilah sebab mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa).
2. Tinggi kandungan fiber yang dapat menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).
3. Pemberi zat besi yang sangat bagus.
4. Kaya akan pottassium yang penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.

Karena Air Nabeez terbuat dari kurma, maka segala manfaat dari kurma juga kita rasakan saat meminum air tersebut.

Sumber : www.tribunnews.com

Lalu hubungannya apa dengan Ibu hamil dan Ibu menyusui?
Kita sudah baca segala manfaat dari Air Nabeez, maka minuman tersebut pun baik untuk dikonsumsi Ibu hamil. Tapiii untuk Ibu hamil ataupun menyusui, mereka butuh kalisum tambahan. Kalsium itu biasanya dikonsumsi dari segelas Susu. Air Nabeez dan Susu Kurma mempunyai kesamaan cara membuatnya.


www.adeufi.com


Nah, berdasarkan cerita teman saya yang tinggal di Jeddah, disana ada kebiasaan bagi Ibu menyusui atau Ibu hamil untuk selalu minum Susu Kurma sebagai penambah tenaga dan ASI Booster, terutama saat di bulan Ramadan. Dan teman saya itu sudah membuktikannya. Kenapa saya bilang begitu, saat itu saya sedang menyusui Adek Fi dan saya sedang galau karena ASI saya menipis saat berpuasa. Tiba-tiba teman saya itu menyarankan minum Susu Kurma. Spontan lah saya tanya, awalnya pertanyaan saya "beli dimana?" Eeh.. dia malah memberikan resepnya. Teman saya memang sedang menyusui anaknya yang ke-4. Jadi dia selalu buat itu.

Alhamdulillah teman saya mau berbagi resepnya, dan saya pun hendak berbagi ke teman-teman. Yuk, kita coba resepnya!


[RESEP] SUSU KURMA

Bahan-bahan :
- Kurma (hitungan ganjil, 3, 5, 7... butir)
- Air matang 200ml
- Susu segar 200ml (saya pakai susu Bearbrand atau UltraJaya rasa plain)

Cara membuat Air Nabeez Kurma :
- Ambil daging kurma dan buang bijinya.
- Rendam dengan air matang selama 8 - 12 jam. (jadi kalau mau diminum malam, rendam saat pagi. Kalau mau diminum pagi, rendam sebelum tidur). Akan lebih nikmat jika air rendamannya disimpan dalam lemari es.

Cara membuat Susu Kurma :
- Lakukan hal yang sama seperti membuat Air Nabeez, hanya saja airnya diganti dengan susu segar (lebih enak lagi jika disimpan kedalam lemari es). 
- Blender rendaman susu dan kurma tersebut hingga kurmanya halus.
- Susu Kurma siap disajikan.

Rasanya hmm... buat saya yang pencinta susu, pasti akan saya bilang enak. Manisnya tidak nyelap karena sudah berasa manis kurma. Jika tidak suka susu yang tertalu kental, saat memblender bisa ditambahkan air dingin 200ml.

Tips Minum Air Nabeez atau Susu Kurma :
- Baca Bismillah sebelum minum bagi yang muslim.
- Minum dalam posisi duduk.
- Enaknya diminum dingin.
- Minum dipagi hari sebagai pelengkap sarapan. Jika hendak berpuasa, minum saat sahur.
- Bagi yang tidak suka minum susu, boleh minum Air Nabeez-nya saja. Kalsium bisa dicari dari makanan atau minuman yang lain.
- Sebelum minum Air Nabeez, makan dulu kurma yang ada dalam rendamannya, selanjutnya kita tuntaskan dengan Air Nabeez-nya.
- Tetap mengkonsumsi makanan kaya serat dan sehat lainnya, seperti sayur buah.
- Jangan mencampur susu dengan Air Nabeez. Karena menurut kitab Ath-Thibbun Nabawi karya Imam Ibnul Qayyim (hal. 324), Bab "Berbagai Anjuran yang Bermanfaat dalam Pengobatan dan Gaya Hidup" menyatakan:

"Barangsiapa yang menggabungkan dalam lambungnya susu dengan nabeez, maka apabila ia menderita lepra atau asam urat, tidak ada yang bisa disalahkan kecuali dirinya sendiri."

Pernyataan hampir sama didapati pada kitab Al-Adab Asy-Syar'iyyah (II/359), karya Imam Ibnu Muflih al-Maqdisi al-Hambali. Beliau rahimahullah mengutip pernyataan para dokter waktu itu, bahwasanya tidak cocok menggabungkan dalam lambung antara susu dengan nabeez karena akan mencetuskan penyakit lepra dan asam urat. 

Nah, sudah rau cara buat dan tipsnya. Silakan dipraktekkan yaa.. Alhamdulillah benar terbukti. Setelah saya minum susu kurma, saya tidak merasa lemas saat berpuasa dan Adek Fi tetap kenyang karena ASI-nya Insya Allah cukup. Jadi ibu-ibu jangan galau lagi disaat kita punya bayi, Insya Allah dengan minum Air nabeez atau Susu Kurma ini, ibu kuat dan bayi pun sehat.

Selamat mencoba ! ^_^

Wassalam






7 comments

  1. Muter-muter nyari referensi ttg nabeez, ketemulah postingan ini. Makasih infonya mbak, sangat bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  2. Mba, susu kurmanya bisa disimpan bro lama ya kalo dlm suhu kulkas dan freezer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susus kurma sebaiknya segera diminum. Karena sudah direndam selama semalaman. Paling tahan hingga 2 hari.

      Delete
  3. Assalamu'alaikum mba, kurma yg di rendam dengan susu apakah airnya tidak menjadi nabeez jg? Atau yg dinamakan nabeez hanya kurma yg direndam dengan air matang? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, Mba. Kalau air nabeez ya air dan kurma aja. Airnya itu yg tidak baik kalau dicampur susu.

      Delete
  4. Kupikir rendam daging kurmanya cuma 30 menit sampai 1 jam. Ternyata lama banget ya. Kalau ga dipakein susu gimana khasiatnya berubah kah? Aku sempet sih nyoba minum air kurma buat diet2an ceritanya tapi sekarang ga lagi. Btw kurmanya dimakan sekalian atau ga tuh pas minum?

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^