Selasa, 07 November 2017

Restoran Taj Mahal Pasar Baru - Jakarta Pusat

Restoran Taj Mahal Pasar Baru

Bismillahirrahmanirrahimm
Assalamu'alaikum w.w.

Haiii.. Masih ingat kalau saya mau tulis tentang restoran yang dikunjungi setelah jalan-jalan dengan Mpok Siti?

Hmm.. buat kamu yang belum kenal Mpok Siti silakan baca ini :
Wisata Sehari Dengan Mpok Siti

Sudah 2x kami berwisata dengan Mpok Siti. Pertama naik Mpok Siti rute Jakarta Modern. Nah, pas naik yang pertama ini, di Mpok Siti saya searching kulineran enak di seputaran Juanda. Dapatlah kami rekomendasi ke restoran Taj Mahal di pasar Baru, tepatnya di :

Jl. H. Samanhudi No. 10A
Pasar Baru - Jakarta

Restorannya bukan restoran besar. dan dia terselip di ruko-ruko. Kalau tampak mukanya restoran Taj Mahal terlihat kumuh. Tapi begitu masuk, restorannya bersih dengan pernak-pernik meriah ala-ala rumah India (saya sih belum pernah ke penduduk India asli, tapi lihat-lihat saja di film Bollywood hehehe). Pernak pernik dengan hiasan dinding dari pecahan kaca.
Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Interior dalam Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Restoran Taj Mahal Pasar Baru
pojok meja yang kami pilih karena dekat dengan televisi (Photo taken by tripadvisor.com)

Ketika kami masuk, kami disambut dengan bapak tua berpakaian rapih. Walau wajahnya sudah tak lagi muda, bapak itu tetap terlihat gagah dan menyapa kami dengan ramah. Awalnya kami pikir beliau adalah pemilik restoran tersebut, ternyata beliau hanya seorang pramusaji restoran.

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Bapak pramusaji dan sekaligus kasir yang menyambut kami datang

Kami pun diberikan menu pilihan. Dari nama restorannya saja seharusnya kita sudah paham bahwa makanan yang disajikan disini adalah makanan-makanan khas India. Makanan yang serba kari. Setelah melihat-lihat menu, kami pun memesan Mutton Briyani, Nan Thali Mutton, Nan Thali Chicken dan Sweet Lassi.

Ok kita bahas satu-satu yaaa.. makanan apa saja kah itu?

1. Mutton Briyani
Hmm.. dari namanya sudah kebayang, ini pasti nasi Briyani. Yes, You're Roght kalau berpikir seperti itu. Lalu Mutton itu apa? Mutton disini artinya daging kambing. Ada 3 jenis nasi Briyani yang dijual di restoran Taj Mahal, yaitu :
  • Mutton Briyani (Nasi Briyani dengan daging kambing)
  • Chicken Briyani (Nasi Briyani dengan daging ayam)
  • Prawn Briyani (Nasi Briyani dengan udang)
Nasi Briyani Mutton (photo taken by tripadvisor.com)
Kalau saja Adek Fi nggak punya alergi, pastinya saya memilih Prawn Briyani. Karena saya memang penggemar seafood banget. Tapi ya itu, Adek Fi masih asi dan Adek Fi punya alergi seafood.. hiks. Akhirnya Mutton adalah pilhan kedua untuk mencoba Nasi Briyani ini.

2. Naan Thali Mutton
Naan adalah roti khas negara-negara Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Selatan. Terbuat dari gandum, ragi dan sedikit rempah seperti jintan hitam, lalu diberi taburan wijen diatasnya. Adonan roti naan dipipihkan lalu dipanggang dengan oven tandoor. Oven tandoor adalah sejenis oven tanah liat tradisional berbentuk seperti tabung dengan panas yang sangat tinggi, di mana adonan naan yang sudah mengembang dipipihkan dan ditempelkan pada sisi dalam oven selama beberapa menit. Tapi dijaman serba canggih ini naan sudah banyak dimasak dengan menggunakan oven gas.

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
oven tandoor

Nah, yang saya suka di restoran Taj Mahal ini roti nan dimasak dengan menggunakan oven tandor. Rotinya juga lembuut nggak keras. Karena kalau dipanggang dengan oven kata pelayannya agak keras.

Roti Naan dimakan dengan thali mutton. Thali adalah adalah sebuah masakan India dan Nepal yang terdiri dari berbagai hidangan. Pada Naan Thali di restoran Taj mahal, dihidangkan 3 menu, yaitu
  • Mutton curry (kari kambing)
  • Dal (Sayur kacang hijau)
  • Youghurt
Nah, pengalaman saya makan Naan Thali Mutton ini, kalau di cocolnya satu-satu, rasanya aneh di lidah saya. Yang cocok hanya cocolan kari kambing saja. Tapi kalau kita gabungkan semua cocolannya lalu taruh di roti naan, hmmmm ini baru uenaaak.

Abang Fi aja yang nggak suka sayur kacang hijau, kemakan juga tuh semua. Oiya, Abang Fi pesan Naan Thali Chicken, tapi yang pakai nasi putih. Karena Abang Fi nggak afdol kalau nggak pakai nasi. Dia bilang takut nggak kenyang. xixixixi... ^_^

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Naan Thali Chicken pesanan Abang Fi

Untuk Naan Thali ini, Naan-nya bisa kita tukar dengan nasi putih. kalau saya nasi putih sudah biasa, maka saya pesan roti Naan saja. Dan bagi vegetarian, restoran ini juga menyediakan Vegetarian Thali. Harganya bisa beda 10K lebih murah dari yang daging.

3. Sweet Lassi
Nah, untuk menu yang ketiga ini adalah menu minuman. Ini pernah saya bahas dalam tulisan bersama #14foodtalk. linknya bisa dibaca disini ya :
2 Minuman Segar dengan bahan Youghurt

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Sweet Lassi

Lalu Adek Fi makan apa? alhamdulillah Adek Fi suka sekali kari. Jadi dia makan roti Naan yang dicocol hanya dengan kuah kari saja. Pedas nggak? Makanannya tidak ada yang pedas, jadi aman buat yang nggak suka pedas. Rasa rempahnya berasa sekali, sesuai khas masakan India yang kaya rempah.

Harganya berapa?
Ini pasti menjadi pertanyaan primer disetiap tulisan tentang restoran. Harga di restoran Taj Mahal Pasar Baru, tidak sampai merogoh kocek terlalu dalam. Kalau saya bilang sih masih harga standar yaa untuk ukuran restoran India. Harganya kisaran 10K - 80K.

Buat kamu yang pencinta makanan India, restoran Taj Mahal ini bisa jadi rekomendasi makanan khas India yang pas dengan lidah kita orang Indonesia. Habis keliling wisata dengan Mpok Siti mampir deeeh ke Restoran taj Mahal.

Selamat makaaaan ^_^

Wassalam

27 komentar:

  1. wah, ini berasa kek makan di India ya Mba..

    BalasHapus
  2. Makanan India selalu oenuh dengan protein ya, Pantes banyak orang india IQ nya tinggi-tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.Sebenarnya hampir serupa dengan orang Sumatera, mas ^_^

      Hapus
  3. Suka film India dan penasaran banget pengen coba hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba, Mba. Nanti penasarann loh

      Hapus
  4. Duuuuhhh.... enak dan nikmat bangeed ini makanan2nya. Kebetulan aku lagi cari2 restoran kayak gini. Belum pernah soalnya hehe. Roti Naan enak ya mbak ade? Makannya pake kari gitu ya masakan India? Minumannya Sweet Lassi...lucu ya namanya. Pasti seger nih.Rotinya lembut hhmmm kalau ke Pasar Baru mampir ke sini ah 😀😀😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaak roti naan. Ade suka. Karinya juga enak disana.

      Hapus
  5. Gak perlu ke India ya, cukup muterin Jakarta ikut Mpok Siti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta turun juanda juga dah sampe, mba. Ga oerlu ikut nuter sama Mpok siti.

      Hapus
  6. Wah aku harus nyobain nih mbak. Thx infonya
    Bbrp kali sering ke Pasar Baru suka bingung mau makan dimana. Kdng mesti agak jauh ke stasiun baru makan di sana. Pernah pula keblusuk makan di hotel deket sana harganya mahal hahaha. Btw tapi halal kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi.. kemarin juga gitu sih. Tapi searching2 alhamdulillah dpt.

      Hapus
  7. Aku pernahencoba roti Naan di Malaysia, mba. Emang lebih tepat pakai kare ya. Unik cara pembuatannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak memang kalau dicocol kari. Waktu ke Malaysia nyobainnya roti jala sih.. bukan Naan.

      Hapus
  8. nyam nyam, nyoba makanan ala ala india itu enak banget emang. Apalagi rempah rempah pada makanan, menambah kenikmatan makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeet.. jalan2 ke malaysia n sing aja saya lebih coc9knya ke masakan india. Xixixi.

      Hapus
  9. acha...acha...liat india food jadi pengen ikutan goyang kepalanya he he. klo diresto ini rempahnya kerasa banget ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. nggak terlalu banget kok. Karinya seruoa dengan masakan2 sumatera.

      Hapus
  10. Wah mba Ade, kapan nih kita kuliner bareng.. fav aku yang Naan Thali Mutton pake tandoor yang bikin seru.. harga terjangkau pulak, masuk list kuliner nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, mba.. nanti aku mau nyobain juga resto arab di deket rmh papa xixixi

      Hapus
  11. Mbak, aku suka banget makanan ini. Mau deh ke sana... arahnya dari mana sih? Dekat restoran Ragusa es krim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dr juanda naik ojol atau taksi online dulu, nin. Ga jauh kok. Paling 10 menit klo ga macet.

      Hapus
  12. Hujan gini lihat makanan ala India nikmat banget ya. Deket juga di Pasar Baru. Bisa naik CL dri depok.

    BalasHapus
  13. Huaaah aku mesti banget nih nyobain makan di Taj Mahal.. Kesan kumuh karena bangunannya lama kali ya Mba Ade.. Aku pingin banget nyicipin itu roti naan-nya.. Ajak suami aku aaah, dia suka nasi biryani juga soalnya.. :D Tfs mbaa..

    BalasHapus
  14. Pasar baru ga jauh dr kantorku sih sbnrnya... Emg jrg makan di sana mba, baru tau ada resto india enak. Aku lumayan suka ama makanan india.. Mungkin krn kaya rempah kayak makanan sumatra kali yaa :) . Jd lidah terbiasa

    BalasHapus
  15. Rasa dan bumbunya khas yah pernah sekali diajak kesini udah lama.Pasar Baru daerah jajahan ku waktu SMA hahaha

    BalasHapus
  16. Pankapan ajak aku jalan dong mba. Kalo ke Jkt masih segan sendirian atut di culik wkwkwk. Ga deng, lebih ke karna ga tahu jalan. Oya harga makanannya masih terjangkau ya, jadi makin pengen, penasaran sama briyaninya

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^