Kamis, 26 Oktober 2017

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Pada tanggal 19 - 21 Oktober kemarin, saya main-main ke gedung Smesco Convention Hall yang di Jl. Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta. Awalnya saya tertarik kesana karena melihat beberapa flyer bertebaran di media sosial tentang event 2nd Quilt and Needle Craft Festival 2017. Wow sudah kedua saja ya acaranya? berarti tahun lalu pun pernah ada. Kenapa saya nggak ngeh ya?

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017



Ya, Smesco kini tiap tahun mengadakan pameran karya para pengrajin Quilt yang tersebar di seluruh nusantara, bahkan saat ini Smesco coba menampilkan hasil Quilting dari 4 negara, diantaranya Belanda dan Jepang. Dan tidak tanggung-tanggung, Menurut Mba Ari Nurul, selaku ketua panitia acara 2nd needle and craft ini mereka juga menghadirkan Miss Reiko Kato langsung dari Jepang untuk menjadi tutor membuat beberapa kerajinan Quilting.

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
Ibu Ari Nurul H.

Saya, saat itu datang pada tanggal 19 Oktober. Sengaja saya datang dihari pertama, untuk melihat acara pembukaan pameran tersebut. Saat datang masih sepi (saya datang pukul 08.50). Iya lah masih sepi, wong acara dimulai pukul 10.00 WIB. Rajin bener yaaa?

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
saat memasuki hall pameran

Dengan comutterline dan ojek online saya tiba di gedung Smesco. Begitu memasuki hall, saya disambut dengan tampilan hasil quilting dari manca negara. Bentuknya berupa bedcover. Ada yang terbuat dari mesin dan ada juga yang dijahit tangan.. woow... asli saya terkagum-kagum.

Eh.. eh.. dari tadi ngomongin quilting.. quilting.. memang quilting apa sih?

Apa itu Quilting?
Quilting adalah seni menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik. Menggabungkan kain tersebut disebut juga dengan Patchwork. Kemudian patchwork ditindas dengan jahitan model jelujur yang ukurannya harus sama jika dilihat dari sisi manapun. (info : nisaquilt.com)

Makanya saya terkagum-kagum, saya membayangkan bagaimana tekunnya pengrajin quilting menjahit pola dengan tusuk jelujur di kain berukuran 2 x 2 meter. Masya Allaaaah...

Bagaimana Asal Mula Quilting?
Quilting ini diperkenalkan oleh penduduk Eropa yang pada saat itu sedang melakukan perpindahan dari Eropa ke Amerika. Dan pada abad ke 18-19 mulailah berkembang kemajuan dengan banyaknya hasil dari kreasi tehnik quilting ini. Sementara Quilting Indonesia tehnik menggabungkan potongan potongan kain perca ini baru saja mulai berkembang. Dalam perkembangannya tehnik quilting menggunakan bahan bekas dari pakaian atau sisa dari pembuatan pakaian yang tidak dipakai sesuai perkembangan zaman saat ini tehnik quilting menggunakan kain khusus yang dipergunakan untuk quilting. (info : hiloninside.com)

Hmmm... pantas saja saat pembukaan kemarin, banyak bule-bule yang menjadi tamu undangan.

Selain hasil karya quilting, saya juga melihat hasil kerajinan yang lainnya, seperti hasil dari rajutan. Sesuai dengan nama acaranya. Needle and Craft, Needle artinya jarum, Craft artinya kerajinan. Jadi acara festival saat itu adalah pameran dari hasil-hasil karya yang dibuat dengan menggunakan jarum. Dan di pameran tersebut ada 64 booth yang ikut berpartisipasi. Banyak yaaa... dan cantik-cantik deh hasil karyanya.
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
patchwork tudung saji

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
kerajinan dari kulit jagung

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
kerajinan rajut

Yang unik dari acara pembukaan saat itu ada fashion show baju-baju hasil rajutan dan sulam. Tapi jangan membayangkan model berwajah segar-segar tinggi semampai, karena yang menjadi model saat itu wanita-wanita usia diatas 50 tahun. Duuuh, makin kagum deh. Saya jadi salah fokus. Bukan melihat baju-baju sulaman dan rajutan yang ditampilkan model, tapi malah melihat model-model usia lanjut tersebut. Jalannya masih gagah melenggak lenggok diatas panggung catwalk dan dari wajahnya masih terpancar kecantikannya. Masya Allah..
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
para model cantik usia lanjut

Satu lagi acara yang unik adalah penampilan dari anak berkebutuhan khusus (ABK) yang mempunyai suara merdu, begitupun yang menjadi basis. Jika kita tutup mata, maka bayangan kita yang nyanyi itu Donni Sibarani (vokalis dari Ada Band). Jonas (penyanyi ABK) ini menyanyikan lagu-lagu kids jaman now, dan itu baguuuuus, Masya Allah.

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
Jonas dan temannya yang basis
Yang mau dengarkan suara merdu jonas, silakan klik disini.

Ini sebenarnya acara pameran apa dzikir akbar sih? hehehe.. soalnya tidak berhenti bibir saya mengucap kata Masya Allah karena kekaguman saya melihat keunikan yang tampil di acara tersebut.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh petinggi-petinggi di Indonesia dan juga tokoh-tokoh terkenal, seperti bapak Mentri Koperasi, Ibu Rieke Diah Pitaloka, dan Ibu Dewi Motik.
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
Para petinggi dan tokoh terkenal bersama penderita breast cancer

Festival yang bertajuk Nawa Cita Nusantara ini seolah ingin mengangkat 9 harapan (Nawa Cita) dari quilting Indonesia. Salah satunya harapan terangkatnya quilting Indonesia masuk di jajaran quilting terbaik di mancanegara. Aamiin...

Pada acara festival ini banyak digelar pelatihan-pelatihan gratis untuk umum, yaitu :
  • Membuat glass placement dari komunitas RAJUT
  • Membuat placement bunga kering dari komunitas ASPRINGTA
  • Membuat pernik cantik variasi sulam dari komunitas SULAM
  • Membuat pernik mungil patchwork dari komunitas P2N
  • Membuat rajut charity dari komunitas KNOCKKERS INDONESIA
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017

Selain pelatihan ada juga beberapa Talkshow dan Seminar Bisnis yaitu tentang :
  • Langkah jitu menjadi Womenpreneur sukses.
  • Mengenal batik dan potensinya untuk pasar luar negeri.
  • UKM  go online dan percepatan sistem perdagangan nasional bebasis elektronik yang terintegrasi.
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017

Nah seru kaaaan?
Waktu hari pertama saya datang kesana, saat itu ada pelatihan membuat glass placement dan placement bunga kering berupa pembatas buku. Cantiiiik deh.. dan yang mengajar itu sudah lansia, namun kreatifitasnya saya perlu acungi jempol. Untungnya peserta pelatihan usia 20 dan 30an. Iya laaah regenerasi kerajinan seperti ini untuk anak-anak mudanya.

Saat acara Ibu Ari juga menghadirkan para penderita breast cancer untuk mengenalkan breast knitting atau payudara rajut. Breast knitting ini digunakan sebagai pengganti payudara yang hilang karena operasi. Menurut 3 penederita breast canser yang hadir saat itu, menggunakan breast knitting mereka merasa nyaman dan percaya diri. Rajutannya juga tidak membuat iritasi kulit ataupun aleri. Hmm.. baru tau kaaan? atau saya saja yang baru tau ya? hehehe...
Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017
Breast knitting (photo taken by knittedknockers.org)

Pada acara festival itu, tepatnya di hari Sabtu, 21 Oktober 2017, ada volunteer dan charity bagi wanita. Kita bisa deteksi dini kanker payudara.

Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017

Hari itu saya benar-benar puas melihat ragam kreatifitas dari Quilting dan Craft. Sayangnya saat itu saya nggak bawa uang banyak. Kalau bawa uang pasti sudah terkuras dompet saya untuk beli pernik-pernik cantik dari rajutan, quilting dan sulam. Semoga saja tahun depan, diadakannya pas tanggal muda. hahaha.. Saya jadi nggak sabar menunggu Festival tahun depan, pastinya acara lebih menarik dari tahun ini.

Sekian laporan pandangan mata saya pada acara Smesco 2nd Needle and Craft Festival 2017. Happy reading ^_^

Wassalam


16 komentar:

  1. Waduh padahal Quilting gini acara gu banget ya
    Sayangnya belum bisa datang untuk saat ini

    BalasHapus
  2. Sabar dan penuh perhatian ya, bapak jonas. Pastinya gak mudah mendidik dan mengembangkan bakat anak autis

    BalasHapus
  3. waahh, kain rajutnya keren-keren mbak. Aku suka, tapi kebanyakan yang aku suka mahal-mahal, jadi gak jadi beli deh rajutnya *loh :D

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah nih bikin2 atau belajar quilting mba, kalau dasar2 jahit mah sedikit paham, karena enyak bisa jahit. Pasti butuh sabar dan ulet nih, hihi, aku kan orangnya gak sabaran... :D

    BalasHapus
  5. Rajutan dan tehnik quilting memang menjadi incaran para bule mba, karena teknik pengerjaannya yang menggunakan tangan bukan mesin, jadi mereka suka. Semoga hasil kerajinan dari para pengrajin UKM Indonesia semakin mendapat tempat pada pasar eropa ya mba

    BalasHapus
  6. Zaman dulu tuh rajut-merajut ibarat kerjaan lansia ya biasanya para nenek. Nah sekarang jangan ditanya hhmmm udah makin variatif model dan motifnya. Malah udah diciptakan mesin quilt ya mbak Ade. Harganya pun selangit nih hasil karya quilt and needle craft. Memasuki pangsa pasar dunia pula 😊 Bikinnya harus sabar dan tawakal ya hehehe adikku bisa nih pernah dia bikin dompet kecil atau tempat pensil.

    BalasHapus
  7. wah bikin betah nih hadir di acara kayak gini. mengamati satu- satu biasanya mupeng aku kalau liat hasil kerajinan tangan beraneka ragam gini

    BalasHapus
  8. Menunggu mba Ade bikin kerajinan Quilt juga. Penasaran hasilnya.

    BalasHapus
  9. LIhat kerajinan kulit jagung keren banget ya. Nggak nyangka bener kalau itu dari kulit jagung. Harus kreatif dan imajinasinya tinggi ya mba

    BalasHapus
  10. Smg tahun dpn ada lagi dan bs ikutan workshopnya

    BalasHapus
  11. Aku selalu amaze dengan hasil quilt ini atau kerajinan kain ini ya. Entah itu nyatu-nyatuin kain atau pun rajut. Karena susah loh untuk dpt memiliki ketrampilan ini. Enggak semua orang bisa. Dan aku salah satunya yg ngga mudeng meski dah diajarin hahaha. Mknya kagum bgt sama yg bisa.

    BalasHapus
  12. Wah seru banyak WS, mana gratisan lagi :D
    Aku suka liat hasil kerajinan quilting2 gtu juga mbak.
    Bagi mereka yang belajar kalau ditekuni bisa jadi pendapatan jg ya :D

    BalasHapus
  13. Mbaaa, cantik-cantik banget hasil quiltingnya, aku mau lihat ah kalau tahu depan ada lagi

    BalasHapus
  14. Cakep2 karyanya. Suka deh waktu baca bagian kalau kegiatan ini diadakan sebulan sekali. Smoga lain waktu lebih sering deh. Biar lebih bnyk karya karya anak bangsa yg terpajang di sini. Sykur syukur bisa bikin karya tersebut banyak peminat baik dalam maupun luar negeri.
    Makasih share pengalamannya mbk ade. 😊

    BalasHapus
  15. Harga home made itu lohbkadang wow dan harus benar2 menghargai tiap detailnya

    BalasHapus
  16. Saya pun baru tau ttg tekhnik quilting ini. Gileee... bikin jahit bedcover pake tangan. Telaten sangat yak. Yang dibikin pun juga macam2 ya, bahkan yg menyerupai payudara untuk perempuan yg payudaranya udah terangkat. Iya sih memang pameran seni yg berkelas banget. Ibu DeMoNo aja sampe ambil bagian juga.

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^